PEMBAHASAN PAQ – DISEDIAKAN OLEH SHALINI A/P SHANMUGALINGAM

PEMICU 3 1) Bagaimana terjadinya bunyi jantung opening snap, mid diastolik dan pansistolik ? Bunyi opening snap adalah karena tekanan yang memaksa pembukaan katup mitral manakala mid diastolik dan pansistolik adalah karena stenosis dan regurgitasi katup mitral yang disebabkan oleh penyakit rematik jantung. 2) Bagaimana infeksi berulang boleh menyebabkan penyakit jantung ? Penyakit rematik didahului oleh demam rematik yang berulang yaitu dengan infeksi pada faring oleh mikroorganisma Group A beta hemolitus streptococcal faringitis. Mikroorganisme ini menyebabkan timbulnya respon pada tubuh yaitu memproduksi antibodi spesifik. Mikroorganisme mempunyai M-protein mimik dengan protein pada katup sehingga menyebabkan terjadinya reaksi silang antara antibodi anti-M dengan protein pada katup dan menyebabkan penebalan daun-daun katup kemudian menyebabkannya menjadi immobile sehingga menyebabkan katup menjadi stenosis dan regurgitasi. 3) Bagaimana dari penyakit jantung rematik boleh menyebabkan gagal jantung ? Terjadinya mitral stenosis dan mitral regurgitasi akibat penyakit jantung rematik akan menyebabkan peningkatan volume dan tekanan pada atrium kiri sehingga memaksa katup mitral untuk membuka menyebabkan bunyi opening snap yang kemudian menyebabkan peninggian tekanan pada paru sehingga menyebabkan oedem pada paru. Pada masa yang sama ini akan mengakibatkan darah dari ventrikel kanan tidak boleh diejeksi ke arteri pulmonari karena hipertensi paru yang kemudian menyebabkan peningkatan tekanan di ventrikel kanan sehingga menyebabkan regurgitasi trikuspid. Mitral stenosis dan regurgitasi menyebabkan gagal jantung kiri manakala regurgitasi trikuspid menyebabkan gagal jantung kanan. 4) Kenapa cepat kenyang ? Apabila terjadi gagal jantung , sistem renin-angiotensin-aldosteron akan teraktif dan menyebabkan oedem pada bagian abdomen (ascites). Pada masa yang sama terjadi gagal jantung kanan akan menyebabkan darah sukar masuk ke atrium kanan sehingga menyebabkan hipertensi portal yang kemudian menyebabkan pembesaran hati. Ascites dan pembesaran hati ini menekan lambung sehingga cepat kenyang. 5) Kenapa terjadi oedem ? Apabila terjadi penurunan cardiac output ini akan mengaktifkan sistem rennin-angiontensinaldosteron sehingga menyebabkan retensi air dan natrium pada ginjal yang kemudian meningkatkan tekanan venous. Ini seterusnya menyebabkan meningkatan tekanan

12) Pengobatan pada gagal jantung ? Pada gagal jantung biasanya diberi loop diuretik untuk mengatasi pembendungan dimana ia dapat mengurangan volume vaskuler dengan merangsang ekresi oleh ginjal yang . 8) Kenapa berkeringat ? Apabila terjadi penurunan cardiac output . Pemberian obat ini merupakan pencegahan sekunder. Ini akan mengakibatkan kekurangan ATP sehingga menyebabkan cepat penat .23 tahun 1992 Pasal 15 menyatakan dalam keadaan darurat upaya untuk menyelamatkan jiwa ibu hamil dan atau janinnya dapat dilakukuan tindakan medis tertentu dan tindakan medis harus mengikut indikasi yang benar. Pemberian obat ini bertujuan sebagai profilaksis supaya penyakitnya tidak kumat lagi. 11) Apakah aspek etik dan hukum kedokteran tentang aborsi ? Aborsi boleh dilakukan sebagai suatu tindakan terapeutik dan harus mendapat sependapat dari 2 orang dokter yang dipilih berkat kompentasi. 9) Apakah merupakan obat suntikan setiap bulan dan kenapa harus diberi ? Kemungkinan obat suntikan itu adalah Penisilin Benzatin G yang diberi secara intamuskular setiap bulan .hidrostatik sehingga menyebabkan cairan keluar dari pembuluh darah ke ekstravaskuler dan berakumulasi dan menyebabkan oedem.NO. Prosedur aborsi harus dilakukan oleh 1 dokter yang kompeten di instalasi yang diakui oleh suatu otoritas yang sah UU. 7) Kenapa cepat penat ? Apabila terjadi pengurangan cardiac output ini akan menyebabkan kurang oksigen yang ditransportasi sehingga menyebabkan kekurangan metabolism aerob . 10) Kenapa kehamilan memparahkan penyakit gagal jantung ? Kehamilan akan menyebabkan stroke volume dan cardiac output meningkat. Peningkatan ini akan menyebabkan kompensasi gagal jantung tidak mampu lagi untuk beradaptasi karena terjadi pengurangan efisiensi jantung yang disebabkan oleh gagal jantung. Pada masa yang sama terjadi pengurangan kapisitas tidal paru yang mengurangi lagi volume oksigen . Kongesti paru dan pengurangan volume oksigen akan menyebabkan lebih sukar untuk bernapas ketika baring supine maka dengan berbaring setengah duduk kondisi dapat diperbaikan. 6) Kenapa harus berbaring dengan posisi setengah duduk ? Apabila dengan posisi berbaring akan terjadi peningkatan volume darah sentral yang memburukkan kongesti paru. ini akan merangsang reseptor regang dalam aorta dan sinus karotikus akan diaktivasi sehingga menyebabkan terjadi peninggian norepinephrine yang menyebabkan peningkatan refleks dalam aktivasi simpatis sehingga menyebabkan berkeringat.

cardiac output akan berkurang ini akan menyebabkan peningkatan rangsangan simpatis yang menyebabkan peningkatkan inotropik yang menyebabkan jantung berdebar-debar. diberi glikosida jantung yang akan menghambat Na+/K+-ATPase yang akan meningkatkan konsentratsi Na+ yang kemudian meningkatkan influks Ca2+ yang mengaktifkan pemendekan serabut otot dan ini dapat meningkatkan performance ventikular . Selain itu juga.Pada masa yang sama terjadi pengurangan perfusi oksigen yang menyebabkan deplesi ATP sehingga menyebabkan lemas. 13) Bagaimana terjadi sesak napas. Sesak napas karena pada gagal jantung menyebabkan hipertensi jantung sehingga menyebabkan kongesti paru yang menyebabkan penurunan komplians paru karena alveolar kaku dan kurang area penukaran gas sehingga menyebabkan sukar bernapas sehingga menyebabkan sesak napas. jantung berdebar-debar dan perasaan lemas pada ` gagal jantung kiri akut ? Apabila terjadi gagal jantung kiri.menyebabkan preload berkurang sehingga menurunkan oedem pada paru serta tempat lain dan juga mengurangkan beban jantung. Selain itu . . diberi ACE-I yang dapat menghambat penukaran angiotensin I ke angiotensin II yang menghambat terjadinya vasokontriksi sehingga beban jantung berkurang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful