Ini 5 Cara Agar Tidak Jenuh Saat Belajar

Jadwal sekolah atau kuliah dan beragam aktivitas di sekolah atau di kampus bikin kamu jenuh? Mungkin hal itu sesuatu yang wajar saja, sebab yang namanya rutinitas, apa pun bentuknya berpotensi membuatmu jenuh. Memang cukup menyulitkan jika kamu berusaha keras mengembalikan mood-mu, entah itu mood belajar atau sekadar membuatmu sedikit rileks. Terlalu fokus belajar bisa membuatmu pusing, pun sebaliknya. Sebenarnya ada cara supaya kamu bisa tetap konsentrasi belajar tanpa kehilangan mood. Berikut ini adalah 5 cara agar tidak jenuh saat belajar. 1. Lantunan Musik. Mendengarkan musik sementara kamu mengerjakan tugas atau sekadar belajar untuk ulangan atau kuis esok hari bisa membantumu untuk menenangkan pikiran dan menjaga mood baikmu. Pilihlah musik favoritmu, baiknya jangan pilih aliran musik yang keras. Ingat, kamu sedang belajar, bukan sedang santai atau tengah dirudung kegalauan. 2. Perpustakaan. Bukan karena perpustakaan yang ditujukan untuk belajar saja, namun kamu bisa mendapatkan ketenangan di sana. Pilih tempat strategis yang kiranya bisa memudahkanmu mengambil buku. Suasana perpustakaan dipercaya bisa meningkatkan mood belajarmu. 3. Belajar lebih awal dan teratur. Belajar lebih awal maksudnya yaitu kamu sudah mempelajari materi lebih dulu sebelum pelajaran atau kuliah dimulai. Keuntungannya, kamu bisa menanyakan pada guru atau dosen, hal apa yang membuatmu bingung. Selain itu, kamu bisa memahami sesuatu lebih cepat dibanding lainnya, dengan begitu, tantangan semacam ulangan atau kuis atau ujian tengah semseter saja sih lewat 4. Pilih teman belajar. Percaya atau tidak, mood belajar acap kali dipengaruhi teman loh. Untuk itu, kamu harus bisa memilih teman untuk mendukung kegiatan belajarmu. Pilih yang kiranya enak diajak diskusi, ramah, dan kritis terhadap materi. Soalnya, kadang teman yang ber-IPK tinggi belum tentu enak diajak diskusi. 5. Bersenang-senang dalam belajar. Anggap perkuliahan atau belajar itu sebagai pengalaman yang seru, biasanya kebosanan melanda ketika dosen atau materi kuliah tidak menarik untuk kamu. Untuk itu, kamu perlu memotivasi dirimu untuk tetap tertarik dengan apa yang kamu jalani. Bersenang-senang saja dengan materi sekolah atau kuliah yang mungkin membuatmu bosan dengan cara membuat kuis dengan teman-teman seusai kelas, atau anggap guru atau dosenmu sedang melakukan dialog suatu pertunjukan dengan materi sekolah atau kuliahmu. Referensi:

cara meningkatkan mood belajar, cara agar bisa fokus belajar, cara agar fokus belajar, cara fokus kuliah, tips belajar, cara belajar agar tidak jenuh, fokus kuliah, cara menaikkan mood belajar, Cara belajar yang enak, tips meningkatkan mood belajar, meningkatkan mood belajar, tips agar fokus belajar, cara agar konsentrasi dalam belajar, Cara agar bisa konsentrasi belajar, jenuh belajar, tips agar konsentrasi dalam belajar, cara agar tetap fokus dalam belajar, cara meningkatkan mood, mengembalikan mood belajar, tips agar tidak jenuh belajar, cara agar konsentrasi belajar

Browse » Home » tips belajar » 6 Jurus Agar Semangat Belajar Tetap Fokus

6 Jurus Agar Semangat Belajar Tetap Fokus

6

Jurus

Agar

Semangat

Belajar

Tetap

Fokus- Belajar?Aaaaaarrrrrggggghhh!!!

Kok

bilang

aaaarrrgggghhhhh.....? Memangnya belajar itu menakutkan? Serem? Nyebelin?Padahal setiap hari kita pasti ketemu dengan yang namanya be-la-jar. Iya kan?Ceritanya.... Setiap hari kita bertemu dengan yang namanya belajar. Nah, hampir setiap hari pula korbannya ada yang selalu dibuatnya macam-macam dengan yang namanya belajar ini. (ini hasil pengalaman lhoo..)

Kalau gejala ringan sih, ada yang dibuatnya NGANTUK (lagi dengerin guru bicara di depan kelas.., eh saking khusyunya malah ketiduran..., bangun-bangun gurunya sudah bubaran); JANTUNG BERDEBAR ( saat lupa tidak mengerjakan PeEr ); HILANG NAFSU MAKAN (saat tahu nilai ulangan jeblok).

Kalu gejala menengah ada yang dibuatnya PUSING (saat melihat soal-soal fisika); KERINGAT DINGIN KELUAR DAN GEMETERAN (saat guru nyuruh maju mengerjakan soal matematika di depan); yang paling ngeri kalau sampai pada TRAUMA ( saat guru nyetrap di depan kelas karena tidak mengerjakan PeEr ); atau HISTERIS ( saat tahu ulangan paling jelek satu sekolah). Dan yang paling bahaya nih, kalau sampai pada STRESS (saat sadar kalau kita nggak pernah belajar, padahal waktu ujian tinggal 15 menit lagi). Tidaakkk…

Lalu dengan tekad dan niat yang bulat. saat itu ia menyaksikan suatu kejadian yang teramat penting dalam sejarah hidupnya. badannya merasa kecapekan. Di kelas. Matanya tertuju pada pemandangan yang sangat menakjubkan. hilangkanlah perasaan bodohmu. Wah. Ada anak yang lelet banget kalau di suruh belajar. Beginilah orang. ia pun menjadi murid terbodoh di kelasnya. Waspadalah! Nah untuk yang merasa menjadi orang terbodoh. bukannya jadi giat belajar.. Tidak pernah bisa mengerti apa-apa.. belajar saja tidak mau. yang ada hanya perasaan malu. ia memutuskan untuk pergi saja dari sekolahnnya. Suatu hari. Ia benar-benar tidak bisa cuek bebek seperti itu.. tetapi MALAS dan merasa menjadi orang terbodoh. alias Ngerti Gak Ngerti Yang Penting Sudah Ngajar. membuatnya berubah TOTAL.. Apalagi muridnya. Hasilnya. Nah.. ia pun packing untuk meninggalkan sekolah..” Begitulah dia mengutuki dirinya sendiri. kalau sudah seperti ini bisa berbahaya nih! Bagaimana bangsa ini mau maju kalu pendidiknya saja tidak profesional. Tambah malas lagi belajarnnya kalau guru yang ngajarmya itu yang ( eN Ge eN Ye Pe eS eN). Memang nasibku sudah menjadi orang bodoh. .Di saat kita tahu bahwa ulangan kita terjelek satu sekolah. Peristiwa yang akan merubah nasibnya. Peristiwa yang dilihat oleh matanya. ia pun beristirahat di pinggir sebuah sungai. Ia bukan tipe “cuex is the best”. Hilangkan rasa malasmu. pemandangan yang akan mengubah hidupnya selamanya. Setelah lama berjalan. “Aku sudah tidak tahan lagi menghadapi semua ini.. Ternyata dan ternyata. Alkisah. Dan ia benar-benar stress dengan situasi seperti itu. bodoh sungguh menderita. ia melihat sesuatu yang membuatnya melongo tidak bikin lagi bego. kebiasaannya adalah tidak paham dengan pelajaran. kalau kamu ingin mencapai kesuksesan yang di impikan. Ada baiknya kita bercermin pada kejadian seorang anak yang merasa menjadi orang terbodoh.

hingga Kemudian menyamai menyamai kakak-kakaknya. . Subhanalloh! Allohu Akbar! Maka anak yang dulunya terkenal bodoh itu. Hal ini membuat si anak terpana. membuat batu yang permukaannya keras itu jadi berlubang. kemudian berubah menjadi pelajar yang sangat cerdas. Ia merasa mempunyai semangat yang baru.. Maka dari itu ada beberapa tips cara mengatasi malas dalam belajar. aku pasti bisa pintar. yaitu : Niat yang kuat. tapi aku tetap masih di beri hidup sama Alloh. Nah. aku yakin kalau aku terus menerus berusaha seperti tetesan air itu. asal aku tidak menyerah dan terus berusaha. Dengan tetesan air yang tak kenal lelah menimpa batu besar. anak ini berubah drastis. Ia melihat setetes air (setetes air kok luar biasa. belajarnya yang selalu malas. Ia adalah Ibnu Hajar Al-Haitami (beliau mendapat julukan “ibnu hajar” alias si anak batu.Ia melihat dengan cermat penuh minat sesuatu yang menurutnya sangat “AJAIB”. kemampuannya melebihinya juga. dan berhasil melampaui teman-temannya. pintarnya sih ingin. YA AKU PASTI BISA. karena peristiwa melihat batu hitam itu). Dari yang paling bodoh di kelasnya ia menjadi yang paling pintar. Yang dulunya paling malas menjadi paling rajin. ia gunakan untuk belajar. Setelah melihat kejadian itu. memangnya ada apa dengan air??). cerdasnya juga iya. “ Aku memang bodoh.. Kalau air saja yang terus menerus menetes dapat membuat batu yang begitu keras menjadi berlubang. apalagi aku. Tapi masalahnya hanya satu. Nah. Masak aku tidak bisa merubah diriku sendiri menjadi orang pintar. anak ini menyaksikan sebongkah batu besar yang berlubang di tengahnya karena terkena tetesan air tersebut. gurunya dan sampai akhirnya melampauinya. bahkan berhasil menjadi seorang ulama besar yang di segani. Seperti peribahasa dalam bahasa sunda (cikaracak ninggang batu launlaun jadi dekok). Sedungu atau sebodoh apapun aku sekarang. Setiap waktu yang memungkinkan. Hingga munculah suatu PENCERAHAN dalam dirinya.

maka Allah Swt. Ya tentunya niatnya yang baik. menyesalinya. Amirul Mukminin menghukum dirinya sendiri dengan meletakan tangannya di atas api. dan niat nyari ilmunya untuk menggapai ridha Allah. kita akan terus semangat untuk mencapai impian yang kita inginkan itu.Hal ini yang terpenting dalam melakukan setiap hal. maka hari berikutnya harus 2x lipat dari hari sekarang. Buat perjanjian Buat perjanjian ini maksudnya buat hukuman tersendiri. kata seperti inilah yang jangan di ucapkan. sedikit akan terhilangkan rasa malas kita. kita akan mendapat hukuman yang kita buat. . bagaimana mau sukses? Tidak mengingat masa lampau “Andaikan dulu aku melakukan itu. Bukankah belajar juga suatu kewajiban? Dengan membuat perjanjian semacam ini. Di dunia saja. bergerak. Dengan punya impian dan motivasi. Karena ingin mengetahui betapa pedihnya siksaan Allah Swt. keinginan. Tetapi kalau kita hanya mengingat-ingat masa lalu. tujuan. Karena jika malas belajar. buat apa? Kapan belajarnya? Kalau waktunya hanya dihabiskan untuk menyesali. memang bagus. Pernahkah berpikir mengapa malas belajar? Mengapa kita selalu saja merasa malas? Jawabannya karena kita tidak memiliki motivasi. Kalau ingin bercermin pada masa lalu. Bagusnya kita berusaha. mengingat-ingat masa lalu yang tidak ada maknanya. Dalam hati kita harus selalu di tanamkan niat yang kuat. Suatu saati Amirul Mukminin tertinggal melaksanakan sholat tahajud. api sudah terasa sangat panas. Contohnya: kita mempunyai targetan satu hari 1 juz membaca Al-Quran. Jika niatnya sudah kuat. Karena meninggalkan suatu keutamaan dan sudah merasa suatu kewajiban. mungkin tak akan seperti ini”.Kita dapat mencontoh dari Amirul Mukminin Umar bin Khatab. supaya sekarang lebih baik dari pada dulu. Insya Allah. baik. dan menghabiskan waktu kita yang sekarang. dan impian. akan memudahkan urusan dan menjauhkan kita dari kemalasan. Kalau 1 hari targetannya tidak tercapai. Punya impian. apalagi di neraka jahannam. dan kalau malas lagi akan berlipat hukumannya. Nah. kalau itu yang baiknnya. Kalau masih tetap malas saja.

bisa membut kita dekat dengan Allah swt. supaya beristiqomah dalam kebaikan. Jika sudah beristiqomah. kemudian tempat untuk para santrinya mencari ilmu. Hadist. Ada seorang ulama besar yang sebelum ngajar. (tentunya pilih-pilih musiknya. Insya Allah stressnya bisa hilang. sementara rasa malas masih tetap ada. baca doa dahulu. tidak hanya dari sekolah formal. di semerbakkan dengan wangi-wangian juga. juga telah mewasitkan kepada kita. Sekarang sudah tahu cara mengatasi malas belajar. Janji Allah. Istiqomah Setelah melewati tips ke 1-5.Membuat “menu” pembangkit semangat belajar Contohnya: -Kata-kata motivasi/inspirasi (dari Al-Quran. akan mempermudah urusan kita. Jika ingin meraih kesuksesan yang di impikan. And dont forget before stady. supaya ilmu yang akan kita dapatkan . Al-Quran itu jadi obat untuk menenangkan jiwa. Belajar itu sangat terasa manis. bahkan melebihi manisnya madu. atau dari tokoh yang layak di contoh) -Foto idola. salah satunya mengatasi rasa malas ini.Belajar dapat dimana saja. Dengan seperti ini belajar pun jadi terasa indah. Allah Swt. ia terbiasa memakai wewangian. Karena Rosulullah Saw. jauh dari kemalasan. Memakai pewangi. semcam nasyid) atau dengan Murotal Al-Quran. cepat atasi sekarang juga. Contoh : Hasan Al-Banna -Planning Board (papan berisi rencana kegiatan selama seminggu atau sebulan) Musik. maka istiqomahlah. kapan saja. dan dari siapa saja. insya Allah. jauh dari rasa ngantuk. Musik itu dapat menghaluskan jiwa. dan merasakan nikmatnya/manisnya belajar. dan kita sudah berada dalam kebaikan.

Twitter. tidak bernafsu. Dan tunjukan bahwa yang salah itu salah. stress. malas ini diartikan sebagai 1. menurunnya kondisi kesehatan. Wa arinal baathila baathilan warzuqna ijtinabah. Faktor lingkungan seperti penggunaan teknologi yang berlebihan dan tidak mendukung orang untuk giat belajar diantaranya penggunaan teknologi atau situssitus dunia maya seperti Facebook. tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu. mahasiswa sampai orang dewasa pun pernah merasakannya. dan. “Ya Tuhan kami. Mengatasi Rasa Malas Ketika Belajar Mengatasi Rasa Malas Ketika Belajar Malas. dan berilah kami kesanggupan untuk mengikutinya. tidak ingin diatur. 2. remaja. Ya Allah…. sifat egois diri. Aaamin. . masa bodoh pada masa depan dan cepat putus asa. seseorang yang sifatnya labil mudah terpengaruh sifat yang negatif. tidak mempunyai tujuan hidup. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penyebab rasa malas secara umum dapat ditimbulkan karena beberapa hal seperti faktor fisik yaitu. segan. manja. Faktor kejiwaan seperti. tidak peduli atau cuek terhadap lingkungan. pelajar.mudah di pahami dan bermanfaat. malas dan malas. dan berilah kami kesanggupan untuk menjauhinya. semoga engkau berkenan mengabulkan do‟a kami. Dari kalangan anak-anak. kelelahan beraktifitas. tidak suka. Malas adalah sebuah rasa menurunnya semangat kejiwaan dalam keinginan yang positif yang di reflesikan dalam gerak tubuh untuk melakukan aktifitas rohani atau jasmani. Allahumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tibaa‟ah. Setiap orang pasti pernah mengalami rasa atau penyakit mental ini. Game Online dan situs-situs lainnya. tunjukilah bahwa yang benar itu benar.

Belajar juga merupakan proses pencerahan menuju perubahan berfikir yang diterapkan dalam tingkah laku. Jika kita sekarang malas ketika belajar. di sisi lain sebagian anak pelajar menggunakannnya untuk kepuasan dirinya sendiri. Banyak membaca biografi orang-orang sukses supaya kita termotivasi untuk bisa seperti mereka. maka hapus sudah harapan dan cita-cita yang kita inginkan. dan orang-orang menjadi bermalas-malasan. Untuk itu. dimana yang dulunya kita tidak tau apa-apa menjadi tau. Pada saat ini kebanyakan anak pelajar dari tingkat dasar sampai universitas sudah terjebak dengan kecanggihan teknologi dari sisi negatifnya. diantaranya kita bisa mendapatkan pengetahuan baru yang belum kita ketahui. begitu ruginya orang-orang tersebut. 3. Namun. kita pasti tau belajar merupakan hal sangat penting bagi kehidupan kita kelak. Padahal disisi lain teknologi ini memberikan sisi positif untuk anak pelajar dalam mencari informasi untuk membantu materi tugas sekolahnya. hasil dari belajar kita bisa digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Jika kita sekarang terpedaya dengan teknologi sekarang ini. dengan menciptakan sesuatu dari hasil pembelajaran kita. dan dengan belajar kita akan bisa memanfaatkan semua potensi yang ada di sekeliling kita untuk menunjang kebutuhan kita sendiri serta kita bisa menjadi penerus generasi bangsa untuk lebih maju.Teknologi semakin maju. ada beberapa tips untuk kita sebagai anak pelajar dalammengatasi rasa malas 1. tidak putus asa. Manfaat belajar itu sangat penting bagi kehidupan kita. Niat ketika yang kuat belajar diantaranya bahwa kita pasti : BISA. sebab jika tubuh yang tidak sehat malas untuk beraktifitas 4. Karena orang-orang sukses itu yaitu orang yang berasal dari orang yang tidak pernah menyerah. seperti bermain Game Online yang membuat waktu mereka terbuang dengan percuma. Sobat. 2. selalu rajin dan tidak malas. Jaga kesehatan. Bayangkan momen indah ketika kita meraih prestasi belajar baik itu di sekolah maupun di luar sekolah. .

13. tapi kita yang harus menguasai mereka. Jadi. 14. Jangan terlalu akrab dengan anak-anak yang malas.5. apakah termasuk Kinestik (jika belajar selalu mengerakkan salah satu anggota tubuh). bersungguhsungguhlah dalam belajar. Kenalilah gaya belajar kita. Jika sedang belajar merasa jenuh. So…kapan lagi ? Do it now mumpu ng . “ Jika saya malas. rajin Bodoh 12. hal ini bisa membantu untuk meningkatkan belajar kita. 10. lihatlah daun berwarna hijau. maka lakukanlah agar kamu tidak merasa jenuh dan bosan. 7. pasti Tidak bisa!” bisa“ berulang-ulang kata-kata negatif mengucapkan “Aku seperti “Aku malas. Bayangkan kesejukan dan kesegarannya. Bersabarlah dalam mengulang-ulangnya. Jika kamu lebih nyaman mendengarkan musik dalam belajar. sebenarnya obat untuk mengatasi rasa malas ini selain diri kita sendiri." semangatnya. Sobat jika kita ingin mengatasi rasa malas ketika belajar. Cari suasana yang nyaman untuk belajar. lakukanlah tips-tips diatas. karena sifat malasnya bisa menular. 9. Jika harus belajar dari buku maka usahakan buku di beri warna cerah. Nasihati diri sendiri di depan kaca. karena otak mudah menyimpan hal-hal yang menarik. Karena. Jangan pernah menyerah mencari ilmu. untuk bisa merubahnya. Visual (mudah menangkap pelajaran lewat gambar) atau Auditorial (lebih konsentrasi lewat pendengararan). 8. jangan biarkan teknologi menguasai diri kita dan otak kita. Tentunya tips diatas tidak akan bermanfaat jika kita tidak di iringi dengan kemauan yang kuat pada diri kita sendiri. Cari temen atau orang saingan yang membuat yang kita terpompa sukses. berarti saya tidak akan bisa menjadi 6. Yakinkan Lakukan Hindari pada diri sendiri bahwa belajar banyak dan dan manfaatnya. 11.

Sehingga kita tidak menganggap bahwa suatu mata pelajaran tersebut sebagai angin lalu.masih muda. maka kikta telah menutup diri kita terhadap ilmu yang diajarkan oleh guru. Belajar Artikel: Mengatasi Karya: Siti Hajar Fitrianti Putri (SMK-ICB . efisien dan efektif dalam suatu mata pelajaran. maka hendaklah kita tidak membenci mata pelajaran tersebut. Ingat bahwa guru akan senantiasa membantu dan mengajarkan denga sabar kepada anak didiknya yang belum paham. Memahami bahwa palajar memiliki kewajiban untuk belajar.Cinta Niaga Bandung) Cara Fokus Dalam Belajar Cara Fokus Dalam Belajar Agar kita dapat fokus. Berikut ini beberapa tips atau cara agar kita dapat mencintai semua mata pelajaran: 1. mari kita aktifkan rasa semangat kita. maka ajukanlah pertanyaan kepada guru. Karena sesungguhnya kitalah penerus generasi muda Rasa bagi Negara Malas ini untuk Ketika lebih maju. Kita tidak akan pernah bisa dan mampu menguasai pelajaran tersebut kalau kita sendiri bersikeras untuk menghindarinya. cobalah untuk memperhatikan penjelasan guru. . Jangan bersikap acuh atau tidak peduli dengan mata pelajaran Ketika kita sudah merasa tidak menyukai suatu mata pelajaran. Apapbila kita masih mengalami ketidak pahaman dalam materi tersebut. Walaupun susah. Mungkin kita akan bersikap acuh pada suatu kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung tindakan tersebut sebenarnya merugikan diri kita sendiri. maka kita harus dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban.

2. masih memiliki kesempatan untuk dapat menimba ilmu. dan mengarahkan anak didiknya memperoleh pembelajaran dan pendidikan. baik pendidikan formal ataupun non-formal. Kita tak lantas hanya menganggap bahwa sekolah adalah sebuah rutinitas yang biasa. Latihlah diri untuk selalu berfikir positif terhadap guru Profesi guru adalah pekerjaan yang mulia. Itulah memang kewajiban setiap pelajar terhadap guru. Tidak ada maksud lain kita mencari ilmu. Namun sebenarnya secara tidak langsung ilmu yang kita anggap tidak terlalu penting. guru hanya ingin untuk dihargai oleh anak didiknya. Rubahlah pemikiran tersebut. Karena dengan keinginan yang kuat tersebut. Teguhkanlah diri kita bahwa ilmu itu penting untuk masa depan kita. Belajarlah untuk mempunyai anggapan positif terhadap guru. penting Pendidikan adalah hal mutlak yang diperlukan oleh setiap orang. Kita harus mengetahui bahwa gurulah yang membina kita menjadi generasi yang berkualitas. Atau cara yang ampuh untuk belajar memahami sesuatu atau pelajaran dengan mudah dan cepat menggunakan cara-cara yang paling efisien dan efektif. Selain itu cara belajar efektif biasa disebut dengan cara belajar yang bermakna atau berkesan. Hindarilah pemikiran yang negative mengenai guru. dan yang paling utama adalah kita siap belajar mengetahui keinginan kita. Tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan. Kita sering menganggap bahwa beberapa ilmu yang kita pelajari tidak akan bermanfaat untuk kehidupan kita. Yakinlah bahwa ilmu adalah kunci untuk membuka gerbang kesuksesan. Teguhkanlah menurun diri bahwa dan ilmu adalah kurang. . Janganlah kebencian kita terhadap guru membuat semangat atau gairah belajar kita menjadi 3. kecuali ingin memperoleh kehidupan yang baik dikehidupan hari. Belajar mengenal kebiasaan kita. sangat bermanfaat dalam menjalani kehidupan. Niatkanlah untuk mencarai ilmu karena Thuanmu. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator yang membantu. kita bisa menjadi sangat fokus untuk melakukan sesuatu. Tak ada harapan dari seorang guru. Kita masih beruntung. Cara belajar efektif ini biasa dilakukan dengan belajar mengenal diri kita sendiri terlebih dahulu. membimbing. Belajar mengenal sikap dan sifat-sifat kita masing-masing.

efisien dan efektif salah satunya yaitu ada keinginan. Belajar fokus tersebut. maka Insya Allah kita akan menjadi cerdas. Semakin besar keinginan kita. kita sebaiknya meniru contoh yang diatas. dan menyenangkan baginya. Hal yang dapat membuat kita belajar dengan fokus. kemudian kita focus dan takun melakukan cara-cara efektif yang menuju kecerdasan. maka Insya Allah kita akan mendapatkan benda tersebut. Fokus dan keinginan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan adalah faktor yang sangat kuat dalam hal cara belajar yang efektif dan efisien. berarti: sangat serius. Sama halnya dengan belajar yang efektif. kemudian kita fokus. Dan ini adalah belajar yang efektif. dan tekun melakukan cara-cara efektif yang mengarah kepada pencapaian benda itu. Fokus adalah cara Seseorang bisa menjadi sangat fokus jika sesuatu yang ia pelajari itu ia sukai.Jadi inti dari cara belajar efektif adalah fokus. maka kemungkinan besar kita akan menjadi lebih kreatif untuk menemukan cara-cara yang paling efektif untuk mendapatkannya. Ø Dan jika kita menginginkan diri kita menjadi cerdas. Dan berusaha dengan keras memahami pelajaran atau ilmu pengetahuan itu dengan cara yang paling tepat. Yaitu ketika seorang laki-laki berusaha mendapatkan cinta dari seorang wanita yang sangat dicintainya dan disayanginya dengan sepenuh hati. atau mungkin kalian sendiri yang mengalaminya. Terlebih jika memang cara fokusnya untuk hal-hal yang mereka inginkan. maka ia akan bisa menjadi sangan fokus. Kita mungkin bisa . ditambah dengan fokus terhadap pelajaran tersebut. Yaitu dengan senang hati menyukai suatu pelajaran. berusaha dengan inti keras dari dan berkonsentrasi belajar untuk yang segera efektif memaham. diantaranya sebagai berikut: Ø Jika kita menginginkan sebuah benda. biasanya laki-laki tersabut akan sangat fokus dan berusaha keras supaya cepat mendapatkannya. Salah satu contoh tentang cara untuk fokus adalah sebagai berikut: jika kita perhatikan. Secara otomatis. Yaitu fokus terhadap pelajaran yang sedang dipelajari dengan cara cepat yang efektif.

maka cara yang paling efektif adalah kita harus menyukai ilmu fisika tersebut. maka hal tersebut juga akan mewabah ke kita. menyukainya. dan jadikanlah hal tersebut sebagai satu motivasi belajar. jika kita mau bergaul dilingkungan orangorang yang memang mengetahui ilmu fisika seperti kita. maka tanpa kita sadari. Dan akan lebih baik lagi. kita juga akan masuk kelingkungan tersebut. Mungkin disana kita bisa berbagi pengetahuan tentang fisika dan biasa belajar bersama-sama. Dan terkadang hal tersebut terjadi dipikiran bawah sadar kita. Apabila lingkungan di sekitar kita banyak memiliki yang berwawasan atau pengetahuan luas. mengetahui dan mendapatkan gambaran tentang mata pelajaran yang akan disampaikan esok hari oleh guru atau dosen Ø Melakukan praktek atau inisiatif sendiri. Begitu juga sebaliknya. lalu kita semestinya memiliki hobi dalam membaca artikel-artikel atau makalah yang berhubungan erat dengan ilmu fisika tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk belajar bahasa inggris dan bahasa-bahasa lain atau bidang ilmu yang lain. Ø Mendiskusikan pelajaran-pelajaran dengan teman-teman kita yang memiliki keinginan dan fokus belajar yang sama dengan kita. Ø Membaca materi pelajaran pada saat sebelum dan sesudah tidur dimalam hari. apabila lingkungan kita kebanyakan orang-orang yang tidak memiliki wawasan dan pengetahuan luas. sehingga akan ada lebih banyak lagi ilmu fisika yang bisa kita pahami. Tentunya kita akan bermalas-malasan saja bukan? Faktor-faktor lain supaya bisa mudah belajar secara efektif adalah faktor lingkungan dan wawasan.membayangkan satu waktu ketika kita tidak memiliki keinginan. Cara ini adalah cara belajar yang paling baik dan efektif untuk membuat pikiran kita supaya bisa lebih memahami materi-materi pelajaran. efisien dan efektif: Ø Kita ada keinginan dan mau fokus membaca. . Tips cara belajar yang fokus. Jadi misalkan kita ingin bisa memahami ilmu fisika. karena kita kita.

Disiplin dan tekun itu akan ada dengan sendirinya didalam pikiran bawah sadar kita. Dan tujuan dari disiplin ini adalah agar semua siswa dan murid bisa lebih memahami setiap pelajaran yang diberikan supaya lebih menjadi mudah dan efektif. maksud disiplin ini adalah untuk membantu para siswa atau murid agar lebih menyukai setiap pelajaran disekolah. mengetahui caracaranya dalam bersedia mengerjakan setiap prosesnya dengan akurat.Disiplin . . kita senantiasa harus mendapatkan unsur keinginan dan ketekunan ini didalam pikiran kira. fokus. Sebab keinginan adalah proses awal sebuah pencapaian. Selain itu agar kita dapat fokus. tekun.Jadi kesimpulannya adalah.Jika kita dapat disiplin terhadap segala sesuatu. Memahami bahwa palajar memiliki kewajiban untuk belajar. Setiap kali kita hendak tidur dimalam hari. Dalam hal belajar supaya bisa cepat memahami. Dalam hal belajar disekolah. Caranya adalah jika kita memiliki keinginan dan motivasi belajar. maka kita harus dapat bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban. Disiplin dalam belajar disekolah . jika kita menginginkan sesuatu dan mencintai Insya sesuatu Allah lalu kita kita berusaha akan dan mempelajarinya. Kesimpulan . lakukanlah hal berikut ini: pejamkan mata kita dan katakan kepada diri kita sendiri bahwa kita sedang melakukan sesuatu yang benar dan sedang tidak salah melangkah. Disiplin disekolah ini akan bisa menjadi efektif jika setiap siswa menerapkan caracara atau metode belajar yang efektif. cepat kemudian kita mengerjakan semua prosesnya dengan disiplin. efisien dan efektif dalam suatu mata pelajaran. dan efektif. maka kita juga akan dapat membiasakan diri terhadap segala sesuatu yang biasa kita lakukan. maka mendapatkannya. dan tekun dalam belajar berarti terus-menerus belajar sampai kita dapat memahami dengan benar. Sehingga kita tidak menganggap bahwa suatu mata pelajaran tersebut sebagai angin lalu.Seperti telah disebutkan diatas bahwa disiplin memiliki makna membiasakan diri. Jika dari sekarang kita sudah dapat disiplin. maka hendaklah kita tidak membenci mata pelajaran tersebut. maka kita juga akan dapat disiplin dalam melakukan fokus dan efektif dalam belajar.

Selamat membaca. efisien Dalam dan efektif dalam Belajar" belajar Karya: Renti Niasari (Madrasah Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta Cara Agar Bisa Fokus Posted on March 26. setiap kali kita hendak tidur. maka pemikiran kita akan dibawa menuju kepada kepercayaan atau merasa percaya diri dan kendali diri. Mungkin anda juga mengalami hal yang sama dengan kejadian yang saya alami. Berikut adalah kutipan mailing list Anne Ahira yang masuk ke inbox email saya. Setelah membaca artikel singkat ini saya merasa bahwa saya sendiri kesulitan untuk bisa fokus pada tujuan yang telah ditetapkan dan ingin dicapai. tetapi . kita tidak pernah konsentrasi pada kekuatan kita. Kebanyakan orang hanya mencoba-coba berbagai macam jalan dalam hidup mereka.Jika hal tersebut diatas kita lakukan setiap malam. Tapi kenyataannya. Mereka tidak pernah memutuskan untuk menguasai suatu bidang khusus” – Tony Robbins Masih ingatkah Anda percobaan membakar sebuah kertas dengan kaca pembesar ketika masih sekolah dulu? Kertas itu terbakar setelah kaca pembesar berhasil memfokuskan sinar matahari pada satu titik. Kita memang dapat melakukan apa saja. Toh jika kita belum menemukan cara-cara yang paling benar dan efektif. Artikel: "Cara Judul asli: Cara yang Fokus fokus. Salah satu alasan begitu sedikit orang yang meraih apa yang diinginkannya adalah karena kita tidak pernah fokus. Kita pun demikian! Manusia sebenarnya diciptakan Tuhan dengan potensi yang tidak terbatas. sedikit saja orang yang berusaha mencapainya. 2013 Tulisan tentang cara agar bisa fokus ini saya ambil dari mailing list Anne Ahira. kita akan secara otomatis dikendalikan oleh diri kita sendiri setiap malam sebelum tidur untuk selalu memperbaiki diri dan motivasi diri.

habislah Anda. Anda mungkin bisa menjadi orang yang mengerjakan banyak hal. kemudian atur buku Anda berdiri di atas meja. Teruslah bertumbuh dan tingkatkan diri. pejamkan mata Anda dan tarik nafas dalam beberapa kali. Jangan belajar di atas tempat tidur apalagi bersandar bantal/sambil tiduran. In TIPS MEMILIKI KONSENTRASI TINGGI DALAM BELAJAR Umi Konselor UPTBK UM Memiliki konsentrasi tinggi dalam belajar Mazidah • Ambil buku yang akan Anda pelajari. Mengatasi mata lelah Acapkali tanpa terasa ketika berjam-jam di depan komputer. bertumbuhlah untuk mencapai potensi maksimal dengan cara:  Fokus pada satu sasaran utama  Fokus pada peningkatan yang berkesinambungan  Fokus pada masa depan.musik ini mempengaruhi pikiran tak sadar. membuat Anda tidak fokus pada tujuan hidup. setelah itu belajarlah kembali. santai. duduk yang tegak di kursi Anda. putar mata Anda ke atas dan ke bawah. „ngebut‟ menyelesaikan tugas matakuliah yang harus segera dikumpulkan. karena menurut hasil penelitian Dr. Sebaiknya hindari menjadi orang yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan. • Mulailah Anda belajar dengan suasana hati yang santai dan damai. menjadikan mata kita lelah dan . condongkan badan ke depan dengan kaki rata di lantai. Rauscher. saat membuka mata. Frances H. Pengaksesan kondisi alfa ini bisa didukung dengan iringan musik yang lembut (Mozart/musik klasik). Membiarkan orang lain memutuskan agenda Anda dalam hidup ini. untuk mempertahankan lingkungan belajar yang optimal. ulangi latihan di atas. Anda harus merasa terpusat. Universitas California di Irvine bahwa “mendengarkan musik sejenis itu (musik piano Mozart) bisa merangsan g jalur saraf yang penting untuk kognisi” begitu juga menurut pendapat Rose “…. jika Anda merasa lelah/capek istirahatlah sebentar untuk melihat pemandangan yang hijau. karena hal ini akan membuat tetap Anda lebih Hal mudah ini dapat mengantuk Anda dan peroleh tidak dengan fokus dalam belajar latihan: • Gunakan kondisi Alfa (titik tenang) Anda dalam belajar. Di sanalah Anda harus mencurahkan waktu. Semoga artikel singkat tentang cara agar bisa fokus ini berguna untuk Anda. dan waspada. Dalam kepemimpinan. melakukan Duduk tegak. atau mengerjakan laporan. pikirkan tempat yang bisa membuat Anda santai dan damai. tetapi tidak dapat menguasai sepenuhnya. merangsang reseptivitas dan persepsi.kita tidak selalu dapat mengerjakan semua. atau barangkali merevisi skripsi hasil konsultasi dengan dosen pembimbing. energi dan sumber daya Anda. bukan masa lalu Fokus pada kekuatanmu dan kembangkan kekuatan itu. (biarkan suasana sunyi beberapa saat untuk menambatkan pikiran ini dalam benak Anda). atau Anda bisa mencoba tip mengatasi mata lelah. tetapi fokuslah pada satu keahlian. jika Anda berhenti bertumbuh. buka kembali mata Anda. yaitu dalam kondisi santai tapi waspada. Anda.

Dengan kata lain. tempelkan di kedua kelopak mata Anda sambil Anda memejamkan • Rasakan resapan sejuk dan dinginnya irisan mentimun masuk ke dalam kelopak mata Anda • Bayangkan diri Anda berada di suatu tempat yang indah dan damai. para ahli sepenuhnya mengabaikan bukti sebaliknya. ini sangat mengejutkan. banyak ahli akan mengatakan bahwa skor IQ (dan tingkat kecerdasan umum) adalah statis dan tidak bisa meningkat. Meskipun. dan pohon melambai-lambai ditiup angin • Gerakkan bola mata Anda ke kiri – ke kanan. tingkat stres. ke atas – ke bawah dan gerakan memutar. 2012 by anonymous Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja Otak dalam Belajar Ingin Fokus? Yes. atau mungkin ketika kita sedang asyik membaca buku atau modul. Selamat mencoba Posted on April 28. Di bawah Tip • Berbaringlah mata. tanpa kita sadari mata kita menjadi lelah dan terasa pedas setelah kita lebih dari satu jam membaca.pedas. kecemasan. Anda benar-benar dapat meningkatkan tingkat IQ Anda. Bahkan lebih dari itu. studi terbaru menunjukkan bahwa banyak IQ dapat meningkat secara signifikan dengan menggunakan metode metode pengobatan/terapi tertentu. Dengan kata lain. rasakan kembali segarnya mata Anda. seperti: „saya mampu menyelesaikan tugas ini dengan baik‟. dll. Coba Anda perhatikan hal-hal yang menyebabkan hilangnya fokus berikut. ini sangat baik untuk mengendurkan ketegangan pada otot-otot di sekitar bola mata Anda • Afirmasi diri Anda dengan kata-kata positif. Pertama. ini di ada mengatasi lantai tekan atau ringan di dengan tip mengatasi mata tempat kedua tidur tangan mata lelah. apakah anjing tua bisa belajar trik baru? Jawabannya adalah ya. ada Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja Otak dalam belajar atau bekerja. seperti di hutan di mana udara segar dan sejuk. keteraturan tidur. atau „saya memiliki kecepatan membaca dan pemahaman yang luar biasa!‟ atau katakan pada diri Anda betapa baiknya pekerjaan yang Anda lakukan saat ini • Secara perlahan ambil irisan mentimun dari kedua kelopak mata Anda dan buka mata Anda. Dalam kaitannya tentang Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja Otak dalam belajar atau bekerja mudah-mudahan bisa membantu anda. kita bahas penyebabnya aja dulu kali ya. Faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus antara lain adalah: . saya ingin memulai dengan menjelaskan bahwa IQ adalah dinamis tidak statis. Kemampuan kognitif adalah dinamis tidak statis. Skor pada tes IQ dapat berfluktuasi berdasarkan pada banyak faktor: kesehatan umum. Setiap orang dapat meningkatkan IQ nya. lelah Anda Anda • Ambil irisan tipis mentimun. kondisi seperti Hiperaktif atau ADD atau ADHD.

dan kemampuan berkonsentrasi. 3. Salah satu cara terbaik yang dapat di lakukan adalah dengan menonton film komedi. Belajar bahasa baru dapat merangsang berbagai bagian otak dan kini telah terbukti dapat menumbuhkan saraf baru dan . Anda harus mampu tetap fokus pada apa yang ada kerjakan walaupun banyak tugas-tugas lainnya yang mengantri. Salah satu kunci untuk meningkatkan kekuatan otak sebenarnya bersenang-senang. Cobalah mengambil napas dalam-dalam. Kondisi tubuh dan pikiran Anda. Suara-suara mengganggu di sekitar Anda. Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk berkonsentrasi dan meningkatkan memori Anda dalam keadaan pikiran yang rileks. Agar bisa melakukan ini. bu..1. Pengaruh obat 6. Menantang diri sendiri juga harus menyenangkan. Anda harus melihat pada hal yang dapat Anda kontrol dan mencoba untuk tidak terpengaruh oleh orang-orang dan faktor lain yang di luar kendali Anda dan Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja Otak Anda dengan cara meningkatkan konsentrasi dan fokus kerja otak. ada tuntutan lebih bagi Anda untuk tetap fokus. Anda harus mampu untuk multitask. hehe kita intip Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak [[http://www. Langkah ketiga: Belajar bahasa baru. Bosan dan lelah 4.htm]] Lima Cara Ampuh Meningkatkan Konsentrasi REP | 22 November 2012 | 16:35 Dibaca: 7088 Komentar: 0 0 Langkah satu: Jadilah bebas stres dan santai. Kesehatan Anda 2. Faktor-faktor lingkungan 7. ya yg sabar aja ya nak. pak.com/kecerdasan_daya_ingat. mudah dan cara yang bagus untuk meningkatkan memori. Hanya dalam keadaan rileks pikiran kita benar-benar bisa mulai bekerja pada peningkatan konsentrasi dan memori. Sangat menyenangkan. dengarkan musik santai dan lupakan semua tugas Anda dan juga kekhawatiran anda. Kemudian setelah film selesai coba ingatlah momen yang paling lucu dan berbagilah momen-momen itu dengan teman anda.seperti kekhawatiran dan kecemasan 5. Ilmu pengetahuan kini membuktikan bahwa tawa dan kegiatan yang menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan belajar Anda.gelombangotak. Stress Untuk menjadi sukses dalam pekerjaan Anda. Langkah dua: Ingat! Untuk meningkatkan konsentrasi dan memori Anda harus menantang diri sendiri. Ketika dunia menjadi lebih teknis.

Anda juga akan memiliki hubungan yang lebih kuat dengan orang yang berkomunikasi dengan Anda. Dengan mempelajari bahasa yang baru maka. Dengan menggunakan ujung jari Anda otak Anda mengirimkan sinyal dari otak ke ujung jari Anda memberikan otak Anda latihan mental. dan anda akan semakin cepat belajar. Cara terbaik untuk meningkatkan konsentrasi dan memori adalah dengan terlibat dalam percakapan. terima kasih. mohon bantuan solusinya. Anda akan meningkatkan memori dan konsentrasi. menjawab percakapan. saya merasa ingatan saya tidak bisa lama dan sulit sekali untuk menghafalkan pelajaran. 17 tahun. ukuran otak Anda akan mengembang dan menciptakan folder memori baru untuk bahasa baru itu. Langkah empat: Terlibat dalam latihan dan kegiatan yang menggunakan ujung jari Anda. namun hasilnya tetap tidak memuaskan. Mengatasi Sulit Konsentrasi Belajar Written By Admin on Selasa.07 Tanya: Nama saya JK. Terlalu banyak kali orang menemukan diri mereka dalam lingkungan sosial dan hanya melamun. terlibat dengan mereka. Dengan hanya menjadi sadar dan terlibat dalam percakapan. namun sejak naik kelas XI saya merasa setiap kali belajar tidak bisa konsentrasi apalagi kalau mau menghafalkan pelajaran yang sudah diberikan guru.jaringan. Sadarilah orang yang Anda ajak bicara. Langkah lima: Terlibatlah dalam kegiatan sosial. Dalam lingkungan sosial otak dapat semakinbekerja. Yang menjadi permasalahan yang cukup mengganggu saat ini adalah saya merasa kurang konsentrasi dalam belajar. JK . 07 Februari 2012 | 11. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk mempelajari alat musik. Apakah saya memang anak yang bodoh? Adakah cara untuk mengatasi permasalahan saya ini. padahal sudah berusaha untuk mengulang beberapa kali. saat ini naik kelas XIISMA. Pada waktu SMP saya merasa tidak seperti ini.

untuk dapat konsentrasi membutuhkan kondisi kejiwaan yang tenang. Maksudnya adalah bahwa sebenarnya Anda . Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yang memungkinkan menjadi penyebab Anda mengalami kesulitan belajar: Ada tekanan (beban) yang tidak Anda sadari yang menyebabkan sulit berkonsentrasi dalam belajar. Pahamilah kelebihan Anda dalam belajar. tidak ada beban yang mengganggu konsentrasi. Seperti Ujian Nasional bagi sebagian siswa menjadi beban yang secara tidak sadar justru dapat menyebabkan tidak dapat konsentrasi dan memahami pelajaran dengan baik. Kesulitan yang Anda alami untuk menghafalkan pelajaran mungkin banyak juga dialami oleh siswa-siswa lain sehingga kesulitan tersebut menjadi beban tersendiri bagi Anda dan siswa pada umumnya. Kesulitan untuk mengingat atau menghafalkan pelajaran tidak bisa langsung dikatakan bahwa Anda bodoh.Jawab: Buat mas JK. saya dapat merasakan kesulitan yang Anda alami dalam hal menerima dan menghafalkan pelajaran sekolah. sehinggga anda tidak terganggu dengan beban yang secara tidak disadari mengganggu konsentrasi belajar. dengan jiwa yang tenang seseorang akan merasa nyaman. Coba Anda telaah lebih lanjut beban-beban apa yang menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu. Cobalah untuk berpikir bahwa Ujian Nasional justru menjadi motivator dalam belajar dan usahakan dalam belajar dalam kondisi yang nyaman baik dari sisi lingkiingan maupun kejiwaan anda sendiri. Selesaikan masalah atau bahkan abaikan masalah anda untuk sementara. apalagi saat ini tuntutan mengharuskan anak harus lulus ujian nasional dipandang menjadi beban bagi siswa. Padahal. tetapi bisa disebabkan oleh banyak factor yang mengganggu konsentrasi sehingga kemampuan otak untuk menerima pelajaran menjadi tidak terkonsentrasi.

Apabila Anda lebih mudah menghafal atau memahami pelajaran dengan mendengar maka cobalah untuk belajar dengan menggunakan pendengaran sebagai sarana untuk menghafal atau memahami pelajaran sekolah.secara tidak sadar mempunyai kelebihan dalam belajar yaitu kemampuan seseorang dalam menangkap pelajaran. Dengan demikian kesulitan belajar yang anda rasakan dapat diselesaikan dengan baik. Belajar tidak hanya sekali-dua kali saja tetapi juga membutuhkan pengulangan beberapa kali yang memungkinkan anda dapat memahami dengan baik pelajaran. . jangan merasa cepat bosan. tetapi apabila anda mengalami kebosanan anda harus berusaha untuk merubah cara belajar maupun situasi yang dapat mendukung dalam menghafal atau memahami pelajaran. melihat atau dengan memakai tanda-tanda tertentu untuk menghafal atau memahami pelajaran. cobalah untuk Anda mengingat kemampuan Anda pada waktu belajar lebih mudah memahami dan menghafal dengan cara mendengar. Selamat mencoba semoga anda tidak cepat menjadi bosan untuk tetap belajar. apabila anda lebih mudah untuk menghafal dan memahami pelajaran dengan melihat maka cobalah anda lebih menekankan hal-hal yang dapat menjadi suatu yang mudah diingat dalam melihat pelajaran yang diperoleh atau dengan menandai hal-hal yang penting kemudian Anda dapat mengulang pelajaran sampai anda memahami.