Mekanisme Persalinan

Anna Mieke Nina Nurnaenayatin

Dr. Rustam Mochtar MPH. Ilmu kebidanan. Sarwono Prawirohardjo 2006 .Prof. Sinopsis Obstetri.Defenisi Persalinan :  Proses pengeluaran produksi konsepsi yang viable melalui jalan lahir biasa.  Suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup dari dalam uterus melalui vagina ke dunia luar.

KALA PERSALINAN Proses persalinan terdiri dari 4 (empat) kala yaitu : Kala I : Waktu untuk pembukaan servix. sampai menjadi pembukaan lengkap 10 cm Kala II : Pengeluaran janin.waktu uterus dengan kekuatan his ditambah kekuatan mengedan mendorong janin keluar sehingga lahir Kala III: Waktu untuk pelepasan dan pengeluaran uri Kala IV: Mulai dari lahirnya uri selama 1– 2 jam .

Kepala janin telah turun masuk ke rongga panggul sehingga terjadinya tekanan pada otot dasar panggul yang secara reflektonis menimbulkan rasa mengejan .his terkoodinir.kuat.cepat dan lebih lama kirakira 2 – 3 menit sekali.Pada kala pengeluaran janin.

Pada wanita yang primipara mengalami pembukaan serviks mendatar terlebih dahulu.kemudian dilatasi. .

mengalami mendatar dan membuka bisa bersamaan serta berlangsung selama 6 – 7 jam .Ini berlangsung selama 13 – 14 jam sedangkan pada wanita multipara.

Mekanisme persalinan ini terjadi Karena adanya :  Kekuatan – kekuatan yang ada pada ibu seperti kekuatan his dan kekuatan mengedan Keadaan jalan lahir  Janinnya sendiri Ilmu kebidanan.Sarwono Prawiroharjo 2006 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful