P. 1
Standing Poin Ksk Tentang Amerika 2003

Standing Poin Ksk Tentang Amerika 2003

|Views: 2|Likes:
Published by Ardila Putri

More info:

Published by: Ardila Putri on Jul 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/16/2013

pdf

text

original

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas

Sampul Depan Tugas
Nama Ardila Putri (0910852029)

Mata Kuliah

Security And Strategic Studies

Dosen Pengasuh

Zulkifli Harza

Judul/Topik Tugas

Is american primacy a concern? If so, how and could it be contained?

Jumlah huruf

Pernyataan Kecuali pada bagian yang sengaja dikutip, seluruh tugas tulisan ini merupakan buah dari karya dan pemikiran saya sendiri. Tugas ini belum pernah sekalipun diberikan pada perkuliahan yang lain. Seandainya ditemukan adanya penjiplakan pada tulisan ini, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Ditandatangani oleh: Tanggal:

© Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Andalas, 2010
http://fisip.unand.ac.id/hi

2. bahkan kebijakan sebuah negara banyak yang dipengaruhi oleh corporate itu dan memarjinalkan rakyat biasa. biasanya untungnya haruslah berpihak kepada amerika serikat sedangkan negara lain untung ataupun rugi itu tergantung situasi dan kondisi saja. 2010 http://fisip.id/hi . 3. Amerika Serikat Cenderung Berusaha Mempertahankan Status Quonya Sebagai Hegemony Dan Big Brother Hal ini dapat kita lihat ketika ada negara yang berani membangkang atas dominasi amerika serikat maka akan dicoba untuk digulirkan.unand.ac. contohnya saja ketika wikileaks mengungkap konspirasi amerika serikat terhadap berbagai negara dan menjadikan kedutaannya sebagai agent spionase juga menyebarkan agennya terutama CIA di berbagai negara yang dicurigai akan menjadi cikal bakal counter hegemonynya. © Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Andalas. Banyaknya Corporate Milik Warga Negara Amerika Serikat Yang Menguasai Berbagai Negara Dalam Sistem Internasional (dominasi melalui MOP) Pengaruh corporate ini sangat mengkhawatirkan karena banyak dari mereka yang menguasai hajat hidup orang banyak. tak ada negara yang terang-terangan berani melawan negeri paman syam ini kalaupun ada akan sangat terbuka kemungkinan mereka akan dihancurkan baik itu dengan soft power ataupun hard power. Sudah pasti Keunggulan Amerika Ini sangat mengkhawatirkan Bagi Kita Dan Sudah Pasti Dan Wajib Kita Khawatirkan. How And Could It Be Contained? Berbicara tentang Amerika Serikat tentu saja yang ada dibayangan kita adalah sebuah negara super power yang menjadi hegemoni tunggal pasca berakhirnya perang dingin. Kebijakan Amerika Serikat Selalu Berdasarkan Kepentingannya tentu saja kebijakan itu diambil dengan mempertimbangkan untung dan ruginya. beberapa dekade terakhir amerika serikat muncul sebagai big brother dan “menguasai” hampir keseluruhan negara dalam sistem internasional.hal ini disebabkan karena beberapa alasan yaitu: 1. begitu banyak konspirasi yang bergulir mengenai hal ini.Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Is American Primacy A Concern? If So.

ac. Amerika Serikat Akan Berani Menggunakan Kekerasan Jika Seandainya Ada Negara Lain Yang Berani Melawannya (Caesarism) Kita bisa mengambil studi kasus tentang penyerangan terhadap afganistan. bahkan yang tidak liberal dan demokrasi dianggap “the orhers”. Amerika Serikat Memanfaatkan Regim Internasional Dan Global Governance Sebagai Alat Untuk Mencapai Kepentingannya (Dominasi Melalui Institusi) Regim internasional dan global governance saat ini banyak kebijakannya yang labh menguntungkan amerika serikat sebagai hegemon. Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa keunggulan amerika serikat itu sangat mengkhawatirkan walaupun begitu sebenarnya Keunggulan Amerika Serikat Itu Bisa Dilawan Dan Ditanggulangi . Mengingat Amerika Serikat Adalah Negara Super Power Maka Yang Harus Kita Lakukan Adalah Melawannya Dengan Soft Power Hal ini dapat dilakukan indonesia dengan cara benar-benar mempraktekkan politik luar negri bebas aktifnya (mendayung diantara dua karang) © Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Andalas. Pasar Bebas Dan Demokrasi Yang Diusung Amerika Serikat Lebih Banyak Menguntungkan Negara Itu Dan Para Rulling Classnya Saja (Dominasi Melalui Idiologi) Ide-ide liberal saat ini dikembangkan secara paksa ataupun dengan common sense. ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk itu yaitu: 1. irak dan libya.unand. Liberalisasi. Bisa kita lihat dari kebijakan IMF dan World Bank. 6.Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas 4. Style Dan Idola Bagi Para Generasi Muda (Common Sense) Hal ini dapat terlihat banyaknya warga amerika serikat (terutama artisnya) yang menjadi idola kaula muda sehingga muncullah common sense yang menyataakan bahwa segala mode dan gaya yang datang dari maerika serikat itulah yang dinamakan modern sedangkan nilai-nilai asli indonesia diabaikan. 5. Amerika Serikat Menjadi Kiblat Mode. 7. 2010 http://fisip.id/hi .

4. 2010 http://fisip. Pemantapan Politik Domestik Jika ingin menanggulangi dampak dominasi amerika serikat maka politik domestik haruslah stabil sehingga bisa mengurus urusan luar negri. 6. 3.Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas 2. Meningkatkan Bargaining Position Indonesia Pada Lembaga Internasional Sebenarnya sangat terbuka kemungkinan untuk indonesia meningkatkan bargaining positionnya mengingat begitu banyak sumber daya baik manusia ataupun alam yang bisa dimanfaatkan indonesia sebagai daya jualnya tapi sayangnya saat ini indonesia masih “menjual diri” dengan murah.id/hi . Posisi sebagai ketua ASEAN pun akan memberikan peluang besar bagi indonesia untuk menunjukkan eksistensinya di dunia internasional. Meningkatkan Budget Pertahanan Serta Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Prajurit Sama-sama kita ketahui salah satu sebab yang mendukung amerika serikat mampu mendominasi adalah karena adanya dukungan dari militer oleh karena itu untuk menanggulanginya kita juga harus meningkatkan kekuatan militer. Meningkatkan Kerja Sama Regional (Balancing) Belajar dari keberhasilan uni-eropa dalam membentengi negara mereka dari pengaruh dominasi amerika serikat maka kita juga dapat mempraktekkannya di ASEAN. © Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Andalas. jika politik domestik masih seperti saat ini maka akan mudah amerika serikat melakukan dominasinya. Rasa nasionalisme yang tinggi mungkin akan menyebabkan regenerasi ini akan berjalan dengan lancar dan cepat.ac. sudah saatnya Indonesia sebagai ketua ASEAN untuk meningkatkan kerjasama regionalnya di berbagai bidang. Mengembangkan Nilai-Nilai Asli Indonesia Dan Meminimalisir Masuknya NilaiNilai Barat Yang Mendukung Dominasi Amerika Serikat (Menciptakan Idiologi Alternatif) Sudah saatnya budaya Indonesia dibangkitkan kembali dengan melakukan regenerasi budaya terhadap anak muda.unand. sudah saatnya ide-ide tentang cosmopolitan citizenship dipraktekkan di kawasan regional ASEAN. 5.

Civil society walaupun dalam waktu lama akan mampu mengorganisir massa dan menciptakan kesadaran baru bahwa dengan menggunakan produk sendiri serta cinta dan bangga terhadap negri sendiri akan mampu membuat indonesia sejahtera dan lebih dihargai dikalangan internasional. 8.unand.ac. 2010 http://fisip.Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas 7. keseluruhan dari partai politik itu berorientasi pada massa sehingga ketika nantinya menempatkan perwakilannya di badan-badan perwakilan rakyat bukanlah karena kemampuannya untuk mengemban amanah itu melainkan hanya kemampuannya dalam pencitraan dan ekonomi. War Of Position Berupa Pasive Revolution Melalui Civil Society (memanfaatkan para organic intelectual / modern price) Mungkin peran negara tidak bisa seutuhnya bisa menanggulangi dampak dominasi Amerika Serikat ini karena adanya interdependency yang komplek antara ke dua negara tapi dengan memanfaatkan civil society melalui gerakan sosial akan bisa mengubah mindset masyarakat dan bisa menanggulangi derasnya pengaruh globalisasi yang menjadi salah satu alat bagi amerika serikat untuk melancarkan dominasinya. Seharusnya saat ini kurikulum harus diubah menjadi kurikulum yang berorientasi pada pemantapan sumberdaya manusia yang berpikir mandiri dan berorientasi untuk menghasilkan manusia terdidik. Perubahan Sistem Pendidikan Institusi pendidikan di indonesia saat ini lebih bayak berkiblat kepada dunia barat. jika ditilik ke akar masalahnya maka harus dimulai dengan pembenahan terhadap partai politik. sudah saatnya para wakil rakyat yang notabenenya banyak menghasilkan peraturan perundang-undangan itu merupakan orang yang ahli dan pakar. 9. walaupun banyak partai politik yang ada di indonesia tapi tak ada satupun yang berorientasi pada pengkaderan.id/hi . © Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Andalas. Perombakan Partai Politik Yang Awalnya Berorientasi Pada Masa Beralih Orientasi Pada Kaderisasi Walaupun banyak pihak merasa bahwa indonesia cukup baik dalam berdemokrasi tapi kenyataannya tidak begitu. contohnya saja dalam mata pelajaran yang diberikan.

unand. Menggalakkan Program Cinta Indonesia (Meningkatkan Rasa Nasionalisme) Walaupun saat ini telah digalakkan program cinta indonesia tapi itu belum memberikan dampak yang signifikan tapi jika program ini berlanjut maka rasa nasionalisme terhadap bangsa sendiri akan membuat masyarakat untuk berpikir ke depan dalam memajukan negara sendiri sehingga mengurangi kebergantungan terhadap negara lain terutama Amerika Serikat. mungkin kita harus kembali mencontoh rasa nasionalisme yang dimiliki oleh para leluhur kita dulu yang begitu gigih memperjuangkan kemerdekaan.Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas 10. faktor sejarah dan agama ini bisa digunakan untuk kembali meningkatkan rasa nasionalisme warga negara Indonesia. © Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fisip Universitas Andalas. lagi pula agama sudah mensyariaatkan tentang cinta tanah air (hubbul wathoni) itu sebagian dari iman.id/hi . 2010 http://fisip.ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->