MAKALAH FARMAKOGNOSI II “SEJARAH PENEMUAN ANTIBIOTIK”

NAMA : INDAH YULIANTI NO. BI : 1043050034

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Fakultas Farmasi 2013

Sebagian besar penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotika bekerja seperti pestisida dengan menekan atau memutus satu mata rantai metabolisme. Sintetis antibiotik. biasanya kimia yang berkaitan dengan antibiotik alami. Namun. Penggunaan antibiotika khususnya berkaitan dengan pengobatan penyakit infeksi. ditangani dan dirawat melalui kelompok anti-bakteri dari senyawa dikenal sebagai antibiotik. baik alami maupun sintetik. Keefektifannya juga bergantung pada lokasi infeksi dan kemampuan antibiotik mencapai lokasi tersebut. Antibiotik tidak efektif menangani infeksi akibat virus. jamur. Ada antibiotika yang membidik bakteri gram negatif atau gram positif. ada pula yang spektrumnya lebih luas. yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat dicegah. Antibiotika adalah segolongan senyawa. atau nonbakteri lainnya. . telah sejak diproduksi yang menyelesaikan tugas-tugas sebanding. meskipun dalam bioteknologi dan rekayasa genetika juga digunakan sebagai alat seleksi terhadap mutan atau transforman. hanya saja targetnya adalah bakteri.Sebuah Pengantar Infeksi sangat umum dan bertanggung jawab atas sejumlah besar penyakit dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Definisi Antibiotik dapat didefinisikan sebagai berbagai zat yang berasal dari sumber bakteri (mikroorganisme) yang mengontrol pertumbuhan atau membunuh bakteri lain. khususnya dalam prosesinfeksi oleh bakteri. dan Setiap antibiotik sangat beragam keefektifannya dalam melawan berbagai jenis bakteri.SEJARAH PENEMUAN ANTIBIOTIK Antibiotik .

Di Yunani dan Serbia. toksisitas dan efek samping yang diberikan oleh antibiotik kelompok struktural yang sama. Antibiotik membunuh bakteri bakterisida sedangkan antibiotik bakteriostatik menghentikan pertumbuhan bakteri.Klasifikasi skema umum klasifikasi untuk antibiotik digambar berikut: Antibiotik juga dapat diklasifikasikan berdasarkan struktur kimianya. Sejarah Antibiotik Sejarah antibiotik dapat digambarkan dalam dua segmen sejarah awal dan sejarah modern. Sejarah Awal Selama zaman kuno.    Yunani dan India menggunakan cetakan dan tanaman lain untuk mengobati infeksi. roti tradisional yang berjamur digunakan untuk mengobati luka dan infeksi. Paling penting adalah penemuan pencillin oleh Alexander Fleming. Sebuah tingkat yang sama efektivitas. Tanah hangat digunakan di Rusia oleh petani untuk menyembuhkan luka yang terinfeksi. . Antibiotik spektrum luas yang efektif terhadap berbagai mikroorganisme dan dibandingkan dengan antibiotik spektrum sempit.

Sri Lanka tentara menggunakan bungkil kelapa (manisan) ke server baik sebagai pengering dan antibakteri. Pada tahun 1928 ketika ia mengamati sementara bereksperimen pada virus influenza bahwa jamur yang umum. sebagai hasil dari beberapa kebetulan cerdas. sifilis. yang ia beri nama lysozyme. Zat ini ada pada jaringan dan sekresi seperti lendir. Dia menjabat sebagai Kapten selama Perang Dunia I dan bekerja di rumah sakit medan di Perancis. Dia sekolah di Regent Street Polytechnic setelah keluarganya pindah ke London pada 1895. ia menemukan penisilin. Skotlandia pada 6 Agustus 1881 di sebuah keluarga petani. seorang ahli biologi Skotlandia.S. Penicillium notatum telah menghancurkan bakteri staphylococcus di sebuah piring budaya. imunologi dan kemoterapi. gangrene dan TBC. Dokter Babilonia menyembuhkan mata menggunakan campuran katak empedu dan susu asam. yang didefinisikan cakrawala baru untuk antibiotik modern dengan penemuannya enzim lisozim (1921) dan antibiotik penisilin substansi (1928).   Sumeria dokter memberikan pasien bir dicampur dengan sup penyu dan kulit ular. air mata dan putih telur tetapi tidak banyak berpengaruh pada sangat berbahaya bakteri. Setelah penyelidikan berikutnya.B. Penemuan Antibiotik "Orang kadang-kadang menemukan apa yang tidak mencari" (Sir Alexander Fleming) Penelitian dan studi selama karir militernya terinspirasi dia untuk menemukan alami antiseptic enzim pada tahun 1921. Dia juga berkontribusi sangat besar terhadap ilmu kedokteran dengan tulisannya pada mata pelajaran bakteriologi. Dia bergabung Medical School St Mary dan menjadi asisten peneliti untuk Sir terkenal Almroth Wright setelah ia memenuhi syarat dengan perbedaan pada tahun 1906. Setelah perang ia kembali ke St Mary pada tahun 1918 dan terpilih menjadi Profesor of Bacteriology tahun 1928. Ini baru ditemukan aktif substansi efektif bahkan ketika . Penemuan penisilin dari Penicillium notatum jamur menyempurnakan pengobatan bakteri infeksi seperti. Enam tahun kemudian.B. Sir Alexander Fleming. Alexander Fleming lahir di Loudon. Ia menyelesaikan gelar (M. ia menemukan bahwa jus cetakan telah mengembangkan zona yang menghambat pertumbuhan staphylococcus bebas bakteri.) dengan medali emas pada tahun 1908 dari University of London dan kuliah di St Mart sampai 1914.

com/history-of-antibiotics Sir Alexander Fleming Penemu Penisilin http://id. trimetoprim.prmob. spektinomisin.html .diencerkan sampai 800 kali. replikasi DNA. Penisilin. kloramfenikol. sulfonamid. 2. Dia menamakannya penisilin. SUMBER ACUAN : History of Antibiotics http://explorable. daptomycin. Berbagai jenis antibiotik bekerja di salah satu dari dua cara berikut: 1. nitrofurantoin dan kotrimoksazol adalah beberapa contoh antibiotik bakterisida. metronidazol. atau aspek lain dari metabolisme sel bakteri. fluoroquinolones. makrolida dan lincosamides. Beberapa antibiotik bakteriostatik adalah tetrasiklin.net/alexanderfleming/london/penicillium-2030322. Sebuah antibiotik bakteriostatik berhenti bakteri berkembang biak dengan mengganggu bakteri produksi protein. Ia memiliki gelar kebangsawanan pada tahun 1944 dan diberi Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1945 untuk prestasi luar biasa yang merevolusi ilmu kedokteran. Sebuah antibiotik bakterisida membunuh bakteri biasanya dengan baik mengganggu pembentukan dari bakteri dinding sel atau isi selnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful