PROPOSAL USAHA “KEMAYU “ Accecories Manik-Manik dan Kerajinan Kayu”

A. Pendahuluan 1. Latar Belakang “Manik adalah benda indah. Setiap butir merupakan karya seni kecil. Sesungguhnya manik adalah bentuk seni pertama yang dikenal di mana pun. Semua orang menggemarinya: tidak ada yang tidak menggunakannya!” (Peter Francis Jr., seorang ahli manik dari Amerika)

2. Visi Perusahaan Perusahaan kami memiliki visi, “Menjadi penyedia pembuat kerajinan cantik dari bahan manik-manik dan kayu dan pusat kebutuhan aneka macam accecories dan kerajinan ”.

3. Misi Perusahaan Misi dari perusahaan kami adalah Meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Meningkatkan kualitas produk dan pelatihan-pelatihan pekerja Meningkatkan kreasi dan inovasi pada setiap produk yang akan dihasilkan

B. TUJUAN 1. Menyalurkan minat kewirausahaan dengan menuangkan ide unik sekaligus memperoleh untung yang menggiurkan dari penjualan. 2. Membuat berbagai accecories dan kerajinan dari manik-manik dan kayu untuk menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai jual tinggi. 3. Memperkenalkan berbagai macam accecories dari manik-manik dan kerajinan tangan dari kayu dengan berbagai kreasi dan kreasi. 4. Menciptakan peluang usaha baru yang inovatif dengan produk yang lebih unggul ditengah sulitnya persaingan usaha.

Nama perusahaan PT. Alamat tempat usaha Jl. Kemayu’s shop 2. memiliki karyawan yang bekerja sejak jam 08. Bentuk badan hukum PT (Perseroan Terbatas) 6. 5. ASPEK ORGANISASI DAN PERSONALIA 1. Direktur : Muskariman . Bagan struktur organisasi DIREKTUR WAKIL DIREKTUR PJ.A.PEMASARAN PJ.00 – 19. Bantul KM 10 Yogyakarta Telp (0271) 784827. Kemayu’s shop berproduksi hari senin sampai sabtu. CP: 085799020791. Nama produk “Kemayu” 4. Nama pemilik/ pimpinan Muskariman 3.PRODUKSI PJ.00 WIB. Jabatan dan uraian tugas Kemayu’s shop adalah perusahaan keluarga yang didirikan dengan modal keluarga dengan ide awal oleh Ambar Febriyanti. Perincian karyawan Kemayu’s shop : 1.QUALITY CONTROL 7.

Penanggungjawab Produksi 4. Mengawasi pelaksanaan standart program kerja d.2. Melakukan penyeleksian bahan baku c. Melakukan pembelian bahan baku b. Menentukan arah terhadap seluruh kegiatan b. Bertanggung jawab terhadap kinerja yang diperoleh   2 Wakil Direktur Membantu direktur dalam menjalankan tanggung jawab tertinggi roda organisasi Mengkoordinasi serta memberikan arahan bagi kegiatan perusahaan 3 Penanggungjawab Produksi Tugas dan fungsi a. sasaran dan program kerja c. tujuan. Pekerja Perincian karyawan PT. Wakil Direktur 3. Penanggungjawab Pemasaran 5. Membuat strategi. Penanggungjawab Quality Control 6. D’One: No 1 Jabatan Direktur : Riyanti : Ambar Febriyanti : Mei Lina Astuti : Sutrisno : 5 orang Tugas Tugas dan Fungsi a. Melakukan produksi sesuai skema produksi Wewenang dan Tanggungjawab Menjaga kebersihan dan kualitas yang unggul terhadap . Menentukan sistim (peraturan) yang digunakan c. Membuat dan menetapkan standart peraturan pada setiap fungsi kegiatan perusahaan d. misi b. Membuat dan menentukan indicator form record pada setiap fungsi dan kegiatan di perusahaan e. Membuat sistem pengawasan dan pengendalian program kerja pada setiap fungsi kegiatan di perusahaan Wewenang dan Tanggungjawab a. Membuat visi.

Memberikan insentif kepada customer sesuai dengan matriks wewenangnya c. Menjaga dan memelihara kebersihan dan keamanan barang yang terdapat di fungsi penjualan d. Menjaga hubungan baik dengan customer Wewenang dan Tanggung Jawab a. Mengantarkan barang-barang produksi ke tempat penjualan e. keluarga  Broadcast message  Ditawarkan secara online    7 QC Melakukan pengukuran mutu produk baik sebelum dan sesudah diproses Menjaga kestabilan kualitas produk dari awak hingga akhir proses Memberikan penjelasan yang detail dan baik didalam produksi tentang kualitas seperti apa yang bisa diterima ataupun yang bisa ditolak .  diskon sesuai dengan matriks Menjaga dan mengontrol ketersediaan barang-barang ditempat penjualan Strategi pemasaran antara lain:  Brosure  Mulut ke mulut mulai dari teman. Melakukan penjualan dengan harga yang telah ditetapkan b. Memberikan informasi kepada customer d. saudara. Melayani customer dengan ramah dan santun c.produksi 4 Penanggungjawab Pemasaran Tugas dan Fungsi a. Memberikan wewenangnya b.

Gelang manik-manik Manik-manik Benang Senar Lem tembak Benang Senar Peniti . Kawat/ benang senar 4. Pengait untuk kalung dan gelang a. SARANA PRASARANA 1. Manik-manik 2. Peniti pengait 6.Bros manik 1.A. 6. Aneka manik Manik. Aspek Peralatan Produksi Peralatan produksi yang dibutuhkan antara lain :  Aksesories manik-manik Gelang/kalung manik. Gunting/tang / 2. lem tembak. Gunting 4. Aspek Bangunan Bangunan perusahaan adalah kios yang disewa di jalan Bantuk sebagai tempat produksi dan kantor dengan luas 150m2. Kawat 5.1. Sarangan bros 3. 2. bagian belakang peniti 5. Benang senar 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful