NAMA :AHMAD HISYAM NRP :2410030023

5 MACAM ALAT UKUR

VOLTMETER voltmeter merupakan suatu alat ukur yang akan menunjukan beda potensial pada sustu rangkaian. Meter ini selalu dipasang pararel pada potensial yang berbeda. voltmeter elektrostatik dibuat dalam bentuk kapasitor variabel dengan sepasang pelat logam stasioner dan sepasang pelat logam ringan setimbang yang berputar pada sebuah sumbu pusat (Gambar 1-1). Sebuah jarum penunjuk dipasang pada pelat yang berputar. Sebuah pegas spiral akan mengembalikan jarum penunjuk ke kedudukan nol. Bila pelat pada meter dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan dc, maka pelat muatan positif dan muatan negatif akan saling menarik. Pelat yang berputar akan bergerak ke arah tetap (stasioner) melawan tegangan pegas, sehingga memutar jarum penunjuk pada skala.

Gambar 1-1

Sensor : jarum pada voltmeter Pengolah sinyalnya : rangkaian yang terdapat dalam voltmeter Didplay : skala ukur pada voltmeter  AMPEREMETER Amperemeter adalah alat untuk mengukur kuat arus listrik dalam rangkaian tertutup. Amperemeter biasanya dipasang secara seri (berderet) dengan elemen listrik. Dalam praktikum sumber listrik arus searah , amperemeter biasanya digunakan untuk mengukur besarnya arus yang mengalir pada kawat penghantar. Sensor : jarum pada amperemeter Pengolah sinyalnya : rangkaian yang terdapatdalam amperemeter Display : skala ukur pada ampere mete

alt rumah tangga dan sebagainya. Wattmeter digunakan untuk mengukur daya listrik pada beban beban yang sedang beroperasi dalam suatu sistem kelistrikan dengan beberapa kondisi beban seperti : beban dc. Sensor : biasanya berupa penjepit yang terdapat pada megger Pengolah sinyalya :rangkaian yang terdapat dalam megger Display :skala ukur pada megger . Besarnya hambatan listrik ini ditentukan mengikuti rumusan: V menyatakan voltase dan I menyatakan besarnya arus listrik yang mengalir. Sensor :jarum pada wattmeter Pengolah sinyal :rangkaian yang terdapat dalam watt meter Disply :skala ukur pada watt meter  MEGGER Megger adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tahan isolasi dari suatu instalasi atau untuk mengetahui apakah penghantar dari suatu instalasi terdapat hubung langsung. Pengujian tersebut dimaksudkan unruk mengetahui apakah peralatan tersebut memenuhi persyataratan PUIL yang telah ditentukan.NAMA :AHMAD HISYAM NRP :2410030023  OHM-METER Ohm-meter adalah alat pengukur hambatan listrik. apakah antara fasa dengan fasa atau dengan nol(tanah). beban AC satu phase serta beban AC tiga phase. Besarnya satuan hambatan yang diukur oleh alat ini dinyatakan dalam ohm. Dalam hal lain alat ukur ini juga dapat digunakan pada peralatan listrik seperti mesin listrik. yang kemudian dikalibrasikan ke satuan ohm. Alat ohm-meter ini menggunakan galvanometer untuk mengukur besarnya arus listrik yang lewat pada suatu hambatan listrik (R). yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suatu konduktor. Sesor :jarum kutub pada ohm meter Pengolah sinyal :rangkaian yang terdapat dalam ohm meter Disply :skala ukur pada ohm meter  WATT METER Wattmeter adalah instrumen pengukur daya listrik nyata yang pembacaan nya dalam satuan Watt.

NAMA :AHMAD HISYAM NRP :2410030023 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful