Pola Kegiatan Perekonomian (Konvensional

)
Sistem ekonomi ( sistem Pengaturan kegiatan ekonomi ) dapat dibedakan kepada tiga bentuk : ekonomi pasar, ekonomi campuran dan ekonomi perencanaan pusat. Ekonomi pasar adalah perekonomian yang kegiatannya dikendalikan sepenuhnya oleh interaksi antara pembeli dan penjual di pasar. Ekonomi campuran adalah sistem ekonomi pasar yang disertai campur tangan pemerintah. Sedangkan sistem ekonomi perencanaan pusat adalah sistem ekonomi yang kegiatannya diatur sepenuhnya oleh pemerintah. Sistem ekonomi campuran adalah sistem yang dipraktekkan di banyak negara, termasuk negara kita, maka ciri-ciri dan corak kegiatan dari sistem ekonomi tersebut perlu dikenal dengan sebaik-baiknya. Pertama, hal tersebut bermanfaat karena kita akan dapat melihat bagaimana suatu perekonomian yang kita kenal sehari-hari berfungsi dan menjalankan kegiatannya. Suatu sistem ekonomi campuran berfungsi dan menjalankan kegiatannya. Terlebih dahulu akan diterangkan bagaimana suatu perekonomian uang berfungsi. Sesudah itu akan diterngkan pelaku-pelaku utama kegiatan ekonomi dalam suatu masyarakat. Uraian dalam bab ini seterusnya menunjukkan (i) interaksi antara pelaku kegiatan ekonomi dalam sistem pasar, (ii) kebaikan dan keburukan sistem pasar, (iii) peranan pemerintah dalam memperbaiki efisiensi sistem pasar.

Uang, Perdagangan dan Spesialisasi Perekonomian dunia telah mengalami perubahan yang sangat drastis dalam dua setengah abad belakangan ini. Mula-mula perubahan tersebut terutama berlangsung di negara-negara maju. Akan tetapi sejak Perang Dunia Kedua banyak negara berkembang juga mengalami perubahan corak kegiatan ekonomi yang sangat nyata. Di dalam berbagai corak kegiatan perekonomian tersebut kegiatan ekonomi tidak lagi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sendiri akan tetapi untuk memenuhi keinginan-keinginan yang wujud di pasar. Kegiatan perdagangan yang bertambah efisien selanjutnya menimbulkan pula perkembangan spesialisasi dalam kegiatan memproduksi. Bertambah pentingnya peranan perdagangan dan spesialisasi kegiatan memproduksi merupakan ciri penting dari suatu perekonomian modern.

PRODUKSI DAN PERDAGANGAN DALAM PEREKONOMIAN SUBSISTEN Sebelum melihat sifat utama dari kegiatan perekonomian modern secara mendalam, ada baiknya perhatikan dahulu kegiatan ekonomi masyarakat yang relative primitive.

Tingkat produktivitas relative rendah dan tingkat produksi hanya kehidupan yang sederhana. POLA KEGIATAN EKONOMI DALAM PEREKONOMIAN UANG Ciri-ciri Perekonomian Uang Perekonomian yang menggunakan uang sebagai perantara dalam kegiatan tukar menukar (perdagangan) dikenal sebagai perekonomian uang. Kegiatan ekonomi yang penting lainnya adalah berburu dan menangkap ikan. Kegiatan menghasilkan barang industri sangat terbatas sekali. Jarang sekali terdapat kelebihan (surplus) produksi yang dapat dijual di pasar. unit produksi terutama terdiri dari keluarga petani tradisional yang menggunakan cara dan alat bercocok tanam yang masih sederhana. Istilah inggrisnya dinamakan double coincidence of wants atau kesesuaian ganda dari keinginan. Dalam perdagangan seperti itu haruslah wujud keadaan di mana (i) seseorang ingin menukar barang yang dihasilkannya dengan suatu barang lain. atau perekonomian subsisten. Perdagangan barter harus terdapat dua keinginan yang saling bersesuaian. Mereka hanya perlu menjual hasil produksinya di pasar. uang telah digunakan sebagai alat perantara tukar menukar. maka untuk memperoleh suatu barang menjadi lebih sederhana. dan dengan uang yang diperolehnya tersebut dapat digunakan untuk membeli sesuai keinginan. Syarat ini menyebabkan perdagangan barter tidak dapat dilaksanakan seluas seperti perdagangan yang dilakukan dalam perekonomian yang modern dimana uang digunakan sebagai alat perantara tukar menukar.  Perdagangan Barter Perdagangan barter yaitu perdagangan secara pertukaran barang dengan barang. Namun demikian pentingnya . dan (ii) seorang lain memproduksi barang yang diingini oleh orang yang pertama. Dengan adanya uang. Dengan demikian “kesesuaian ganda dari keinginan” bukan lagi syarat yang perlu untuk mewujudkan perdagangan. Dalam perekonomian subsisten kegiatan perdagangan sudah berlaku tapi dalam skala yang terbatas.  Pola Perdagangan Perekonomian Subsisten Kini perdagangan secara barter tidak banyak lagi dilakukan. Pada kebanyakan perekonomian subsisten.Produksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Sendiri Dalam perekonomian yang masih primitif.

Mempertingi efisiensi penggunaan faktor produksi : Dalam spesialisasi seorang pekerja atau tenaga ahli akan digunakan pada kegiatan yang sesuai dengan keahliannya. Hal ini karena makin maju perekonomian maka makin penting kegiatan perdagangan dalam perekonomian tersebut. Yang mereka perlu lakukan adalah melakukan spesialisasi dalam memproduksi barang-barang sehingga dapat dihasilkand engan cara yang paling efisien. Sebaliknya tanpa spesialisasi suatu perekonomian tidak dapat mencapai perkembangan yang tinggi. tukang kayu menghasilkan peralatan pertanian dan peralatan rumah tangga. Ia tidak perlu . Spesialisasi penting untuk perkembangan ekonomi disebabkan oleh beberapa sumbangan berikut : 1. Spesialisasi dan Perdagangan Contoh sederhana tentang spesialisasi perdagangan adalah antara petani. Secara umum.uang dalam masyarakat berbeda satu sama lain. yaitu setiap orang tidak lagi menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan. sebaliknya dengan di Amerika Serikat dan Jepang. Dalam perekonomian subsisten perdagangan adalah terbatas karena produksi yang dihasilkan terutama untuk memenuhi kebutuhan sendiri. dan tukang jahit menghasilkan pakaian. Dalam perekonomian subsisten uang tidak terlalu penting peranannya karena kegiatan perdagangan masih sangat terbatas. Kebaikan-Kebaikan Spesialisasi Wujudnya spesialisasi yang tinggi merupakan cirri penting suatu perekonomian modern. Terdapat kaitan yang rapat antara perkembangan ekonomi dan spesialisasi dimana semakin tinggi perekembangan ekonomi. Selanjutnya spesialisasi akan mempercepat perkembangan ekonomi. tukang kayu dan tukang jahit tidak perlu menghasilkan semua barang yang mereka ingini. Artinya perdagangan yang bertambah luas dan semakin efisien akan menimbulkan spesalisasi yang lebih baik. Mengapa spesialisasi merupakan prasyarat bagi perkembangan ekonomi ? Apakah keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dari spesialisasi ? Spesialisasi semakin berkembang sebagai akibat penggunaan uang dan sebagai akibat perkembangan perdagangan. semakin tinggi pula tingkat spesialisasi. kemajuan perekonomian akan menyebabkan peranan uang menjadi semakin penting dalam perekonomian. tetapi mengkhususkan menghasilkan barang atau jasa yang dapat disediakannya dengan lebih efisien. Penggunaan uang telah memungkinkan mereka melakukan spesialisasi. Maka petani akan menghasilkan makanan.

kekayaan alam dan harta tetap seperti tanah dan bangunan. misalnya menjadi dua kali lipat. Untuk kegiatan tertentu. Spesialisasi menyebabkan berbagai masyarakat tidak perlu lagi membeli alat-alat produksi yang sama jenisnya. Mendorong perkembangan teknologi : Spesialisasi menyebabkan pasaran berbagai barang menjadi bertambah luas. PELAKU-PELAKU KEGIATAN EKONOMI  Rumah Tangga Adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian.lagi mengerjakan semua pekerjaan yang diperlukan untuk memenuhi segala kebutuhannya. yaitu barang-barang modal. Mempertinggi efisiensi memproduksi : Efisiensi memproduksi yang semakin tinggi tersebut dikenal sebagai economics of scale atau skala ekonomi. berarti produksi harus ditambah dengan cepat. Pengusaha memiliki keahlian . Disamping itu spesialisasi menghemat penggunaan alat-alat produksi.  Perusahaan Perusahaan adalah organisasi yang dikembangkan oleh seseorang atau kelompok dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Berarti biaya produksi rata-rata bertambah rendah. Berbagai jenis pendapatan tersebut akan digunakan oleh rumah tangga untuk dua tujuan. dan pendapatan juga akan disimpan atau ditabung. Maksudnya apabila produksi ditingkatkan. Sebagai balas jasa penggunaan faktor produksi ini maka sector perusahaan akan memberikan pendapatan. Dengan cara ini faktor-faktor produksi akan digunakan dengan lebih efisien. 3. Sektor ini menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan. 2. Ini artinya suatu daerah atau negara tidak perlu lagi menghasilkan seluruh barang yang dibutuhkannya tetapi cukup melakukan spesalisasi dalam kegiatan yang paling menguntungkan negara atau wilayah tersebut. Mereka akan menawarkan faktor produksi ni kepada sector pemerintah. biaya produksi tidak akan meningkat sebesar peningkatan produksi yang berlaku ( dua kali lipat dalam contoh ini ). Untuk memenuhi kebutuhan ini para pengusaha akan berusaha menggunakan teknologi produksi yang lebih baik dan lebih tinggi produktivitasnya. Memiliki faktor-faktor produksi yang lain. yaitu untuk membeli barang atau jasa yang diperlukan. yang mereka disebut dengan pengusaha.

Produksi sektor pemerintah berarti hasil-hasil kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh badan-badan pemerintah sedangkan sektor swasta adalah hasil-hasil kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaanperusahaan yang dimiliki masyarakat. kemudian akan menentukan pada tingkat pendapatan total yang mana perbedaan antara pendapatan total dan biaya produksi adalah yang paling besar. Keputusan tentang jumlah barang yang perlu diproduksi dan bagaimana cara memproduksinya selalu dipertimbangkan berdasarkan keinginan untuk mencapai untung tang maksimum. Oleh sebab itu adalah kurang menguntungkan kepada perusahaan-perusahaan yang dimiliki masyarakat untuk mengembangkan prasarana. Biasanya kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah adalah kegiatan yang kurang menguntungkan kepada pihak swasta. Pasar Barang dan Pasar Faktor . Badan-badan seperti itu termasuklah berbagai departemen pemerintahan. Tujuan mereka yang utama adalah memperoleh keuntungan dari usaha mereka.keusahawaan dan kegiatan mereka dalam perekonomian ialah mengorganisasi faktor-faktor produksi sedemikian rupa sehingga berbagai jenis. pemerintah derah. badanbadan penyelidikan menjaga ketertiban dan keamanan negara dan menyediakan jasa-jasa penting peranannya dalam perekonomian ( jasa angkutan kereta api. udara.  Pemerintah Yang dimaksud dengan pemerintah adalah badan-badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Untuk memperoleh keuntungan yang maksimum. jembatan. jasa pos. angkatan bersenjata dll. pelabuhan dan lapangan terbang. Badan-badan tersebut akan mengawasi kegiatan rumah tangga dan perusahaan supaya mereka melakukan kegiatan dengan cara yang wajar dan tidak merugikan masyarakat secara keseluruhan. sektor ekonomi dapat dibedakan menjadi sektor pemerintah dan sektor swasta. Oleh karena pemerintah juga cukup aktif dalam kegiatan ekonomi. bank sentral. parlemen. Salah satu kegiatan demikian adalah kegiatan mengembangkan prasarana ekonomi seperti jalan-jalan. badan yang mengatur penanaman modal. Kegiatan lain yang dilakukan pemerintah adalah mengembangkan prasarana sosial seperti institusi pendidikan. Pemerintah juga melakukan sendiri beberapa kegiatan ekonomi. telepon dll ). pengusaha akan menganalisis struktur biaya dan pendapatan total yang diharapkan. Prasarana tersebut penting sekali artinya dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang lain tetapi biayanya sangat mahal dan adakalanya modal yang ditanamkan tidak dapat diperoleh kembali.

Pasar dapat memberikan informasi yang lebih tepat. kemajuan teknologi dan pertambahan penduduk akan mengembangkan . Pasar dimana para pembeli dan para penjual melakukan interaksi dapat dibedakan dalam dua jenis pasar barang dan pasar faktor. Pasar barang adalah tempat di mana para pembeli dan penjual dari suatu barang atau jasa melakukan interaksi untuk menentukan jumlah dan harga barang atau jasa yang diperjualbelikan. Pasar Memberi Perangsang untuk Mengembangkan Kegiatan Usaha. Pertambahan pendapatan. Sedangkan pasar faktor adalah tempat di mana para pengusahan (pembeli faktor-faktor produksi) mengadakan interaksi dengan pemilik-pemilik faktor produksi untuk menentukan harga (pendapatan) dan jumlah faktor-faktor produksi yang akan digunakan dalam menghasilkan abrang-barang dan jasa-jasa yang diminta masyarakat. Mekanisme Pasar : Suatu Penilaian Awal Mekanisme pasar adalah sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian tetapi dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya. Beberapa Kebaikan Mekanisme Pasar Mekanisme pasar dapat mengalokasikan faktor-faktor produksi dengan cukup efisien dan dapat mendorong perkembangan ekonomi disebabkan karena ia memiliki beberapa kebaikan sbb : 1. Pasar untuk karet dan timah misalnya. bukanlah dimaskudkan sebagai tempat jual beli karet atau timah disuatu kampung atau wilayah tertentu tetapi meliputi interaksi di antara produsen-produsen dan para pembeli karet atau timah di seluruh pelosok dunia. Pasar memberikan informasi .Dalam analisis ekonomi pengertian pasar tidak terbatas kepada suatu tempat tertentu tetapi meliputi suatu daerah. 2. Para pengusaha melakukan kegiatan memproduksinya untuk mencari untung. memberikan keterangan tentang harga barang dan sampai di mana besarnya permintaan kepada berbagai barang. negara dan bahkan dunia internasional.

Persaingan yang sangat bebas menyebabkan gologan yang kuat kedudukannya menjadi bertambah kuat. Pasar yang semakin meluas berarti lebih banyak harus diproduksi. Sistem pasar dapat menimbulkan monopoli. Kelemahan-Kelemahan Mekanisme Pasar 1. 2. di bidang perpajakan.permintaan. Misalnya pengusaha besar mematikan usaha kecil. Inflasi dapat tiba-tiba muncul dan pengangguran yang sangat buruk muncul pada masa berikutnya. Pasar Memberi Perangsang untuk Memperoleh Keahlian Modern. 4. Akibat dari harga yang diatur secara permintaan dan kelangkaan ini maka masyarakat akan lebih hati-hati dalam menggunakan berbagai jenis barang yang tersedia. Tidak selalu mekanisme pasar itu merupakan suatu sistem pasar persaingan sempurna dimana jumlah barang dan harga yang diperjualbelikan ditentukan oleh permintaan pembeli dan penawaran penjual yang jumlahnya banyak. Ini akan memberikan doorngan kepada pengusaha untuk menambah produksi dan meningkatkan kegiatan ekonomi. Jepang dan . Makin besar permintaan makin tinggi harganya dan makin langka penawarannya akan semakin tinggi harganya. Dalam perekonomian yang sudah sangat moderen seperti di Amerika. teknologi yang lebih modern harus digunakan dan kemahiran teknik dan manajemen yang modern diperlukan. Tidak seorang pun di dalam paar mendapat suatu tekanan di dalama menjalankan kegiatannya. Kegiatan Ekonomi Sangat Tidak Stabil Keadaannya. Harga suatu barang ditentukan oleh permintaan dan kelangkaannya. 3. Kebebasan ini dapat merugikan golongan yang lemah dan kaum minoritas. dibidang keuangan. Pasar Menggalakkan Penggunaan Barang dan Faktor Produksi Secara Efisien. Para pengusahan dapat memperleh untung yang banyak secara mendadak di satu ketika dan mengalami kehancuran pada ketika berikutnya. Ia bebas untuk membeli berbagai macam barang yang diinginkan dan begitu pula ia mempunyai kebebasan untuk menjual faktor produksi yang dimiliki kepada pengusaha yang menurut pendapatnya akan memberikan pembayaran yang paling menguntungkan. Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu. Pasar Memberikan Kebebasan yang Tinggi Kepada Masyarakat untuk Melakukan Kegiatan Ekonomi. Di berbagai negara yang mengalami kegoncangan seperti ini masalahnya dicoba dihindari dengan cara meneraplan kebijakan pemerintah seperti kebijakan di sektor ekspor dan impor. 5. Untuk memeprcepat pertambahan produksi. Mekanisme pasar yang bebas menyebabkan perekonomian selalu mengalami kegiatan naik turun yang tidak teratur. 3.

2.perekonomian negara-neraga eropa barat satu atau beberapa perusahaan raksasa dapat menguasai pasar. 4. polisi dan tentara yang penggunaannya dilakukan secara kolektif oleh masyarakat untuk mempertinggi kesejahteraan sosial masyarakat. Mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan. Bentuk-Bentuk Campur Tangan Pemerintah 1. Menyediakan barang bersama yaitu barang-barang seperti jalan raya. Menjaga agar perekonomian dapat tumbuh dan mengalami perkembangan yang teratur dan stabil. terutama perusahaan-perusahaan besar dapat mempengaruhi psar agar mereka tidak menjalankan praktek-praktek monopoli yang merugikan. Menjamin agar kesamaan hak untuk setiap individu tetap wujud dan penindasan dapat dihindarkan. 3. Mengawasi agar eksternalitas kegiatan ekonomi yang merugikan masyarakat dihindari atau dikurangi masalahnya. Kegagalan ini mendorong pemerintah untuk menjalankan beberapa kegiatan ekonomi. Tujuan Campur Tangan Pemerintah Berdasarkan kelemahan-kelemahan dari mekanisme pasar seperti yang telah diterangkan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan dari campur tangan pemerintah adalah untuk : 1. Mereka selalu membatasi produksi pada tingkat di mana mereka akan memperoleh keuntungan yang maksimum. Mereka mempunyai kekuasaan yang sangat besar di pasar dalam menentukan harga dan menentukan jenis dan jumlah barang yang ditawarkan. 5. Membuat Peraturan-peraturan : Tujuan pokok dari peraturan pemerintah adalah agar kegiatan-kegiatan ekonomi dijalankan secara wajar dan tidak merugikan khalayak ramai. KEGAGALAN PASAR dan CAMPUR TANGAN PEMERINTAH Yang dimaksud dengan kegagalan pasar adalah ketidakmampuan dari suatu perekonomian pasar untuk berfungsi secara efisien dan menimbulkan keteguhan dan pertumbuhan ekonomi. .

yaitu mempengaruhi suku bunga. Contohnya adalah kegiatan pendidikan. Menjalankan Kebijakan Fiskal dan Moneter Kebijakan Fiskal adalah Strategi dan langkah-langkah pemerintah dalam pengeluarannya dan dalam sistem dan cara-cara pengumpulan pajak. Tindakan masyarakat menyediakan pendidikan kepada sebagian besar anak-anak yang memerlukan dapat menghindari pengeluaran yang sangat besar untuk pendidikan. kegiatan ekonomi yang dilakukan pemerintah bukan saja meliputi bidang-bidang tersebut melainkan banyak bidang lainnya seperti di sektor perkebunan. listrik dan telepon 3. Perekonomian selalu menghadapi masalah inflasi dan pengangguran. perbankan. operasi bank-bank dan mengatur jumlah uang yang beredar. Pendidikan memberi kemungkinan untung yang besar apabila sepenuhnya dijalankan oelh pihak swasta. yaitu : 1.dsb. Kegiatan pengankutan kereta api 2. pertambangan. Adakalanya seseorang memperoleh keuntungan yang besar dalam kegiatan ekonomi yang dijalankan tetapi masyarakat mengalami kerugian. Kegiatan yang biasa dilaksanakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi keuntungan perorangan dan memaksimumkan keuntungan sosial. Perusahaan jasa untuk penyediaan air bersih. sedang pada masyarakat merupakan kerugian karena biaya yang besar dalam memperoleh pendidikan. upah dan tunjangan lain yang wajar dan tidak menindas. 2. bukan saja terbatas pada kegiatan dan pendirian industri tetapi juga kegiatan ekspor impor. Hal tersebut bertujuan untuk . termasuk kita.Contohnya peraturan mengenai syarat kerja pada para pekerja di sektor industri adalah dibuat untuk menjamin dalam pemberian gaji. Perusahaan jasa pos Di banyak negara. kebijakan ini merupakan tindakan untuk mengatasi kenaikan harga dan kekurangan pekerjaan. sehingga kegiatan industri ini tidak mengganggu masyarakat sekitar dan menghindari pencemaran udara. Kebijakan Moneter adalah langkah-langkah pemerintah untuk mempengaruhi situasi keuangan dalam perekonomian. Peraturan dibuat oleh pemerintah meliputi berbagai aspek kegiatan ekonomi. pengembangan perusahaan dan aspek kegiatan ekonomi lainnnya. perbaikan lalu lintas. Kedua kebijakan ini sangat penting dalam mengatur kegiatan ekonomi. 3. Melakukan Kegiatan Ekonomi Secara Langsung : Dalam kegiatan ekonomi terdapat perbedaan nyata antara keuntungan yang dinikmati oleh orang yang melakukannya (keuntungan pribadi) dan keuntungan yang diperoleh masyarakat secara menyeluruh (keuntungan sosial). Contoh lain peraturan mengenai lokasi pengembangan perusahaan yang bertujuan agar industri tidak dikembangkan secara sembarangan. industri.

UANG. 3. Ekonomi pasar.wordpress. PERDAGANGAN DAN SPESIALISASI Perekonomian . Ekonomi perencanaan pusat. Mikro Ekonomi http://akuntansibubung. sistem ekonomi dapat dibedakan menjadi tiga bentuk: 1. 2.berdasarkan tingkat kemajuannya. yaitu perekonomian yang kegiatannya dikendalikan sepenuhnya oleh interaksi antara pembeli dan penjual dipasar. * referensi : Sadono Sukirno.memaksimumkan keuntungan yang akan diperoleh masyarakat dari berbagai kegiatan tersebut.com/2012/04/04/metodologi-dan-liputan-analisisekonomi-pola-kegiatan-perekonomian/ POLA KEGIATAN PEREKONOMIAN (oleh: Salman husin) Secara garis besar.yaitu sistem ekonomi yang kegiatannya diatur sepenuhnya oleh pemerintah. dapat dibedakan kepada perekonomian subsisten dan perekonomian modren. .yaitu sistem ekonomi pasar yang disertai campur tangan pemerintah. Ekonomi campuran.

terutama di golongan pekerja dan golongan pengusaha. produksinya berupa. namun uang lah yang digunakan sebagai alat untuk melakukan tukar menukar yaitu uang digunakan untuk melancarkan kegiatan perdagangan. Mempertinggi efisiensi memproduksi 3. perdagangan tidak lagi menggunakan sistem barter.  Pola Perdagangan Perekonomian Subsisten pada masa sekarang ini perdagangan tidak lagi menggunakan sistem barter. Seseorang ingin menukar barang yang dihasilkannya dengan barang lain 2. namun uang lah yang digunakan sebagai alat untuk melakukan tukar menukar yaitu uang digunakan untuk melancarkan kegiatan perdagangan. .mereka hanya perlu menjual hasil produksinya dipasar dan dengan uang yang diperolehnya dari hasil penjualan tersebut sekarang dapat membeli barang yang diingininya. Perdagangan Barter Di dalam perekonomian primitif atau subsisten perdagangan dilakukan secara barter yaitu perdagangan secara pertukaran barang dengan barang Dalam barter ini haruslah wujud keadaan dimana 1. Seseorang yang memproduksi barang yang diingini oleh orang pertama dan bersedia menukarkan barang tersebut dengan yang dihasilkanoleh orang yang pertama. perdagangan yang lebih lancar dari barter ini mendorong spesialisasi yaitu setiap pelaku kegiatan ekonomi membatasi kegiatannya kepada suatu kegiatan tertentu.dengan demikian “kesesuaian ganda dari keinginan” bukan lagi syarat yang perlu untuk mewujudkan perdagangan. PRODUKSI DAN PERDAGANGAN DALAM PEREKONOMIAN SUBSISTEN Produksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Sendiri Tingkat produktifitasnya rendah dan produksi hanya untuk kebutuhan sendiri. Sebagai akibat spesialisasi.dalam perekonomian modren terdapat pemisahan yang jelas di antara berbagai pelaku kegiatan ekonomi. Mendorong perkembangan teknologi.menangkap ikan. Mempertinggi efisiensi pengguna faktor-faktor produksi 2.perdagangan sudah berlaku namun masih skala yang terbatas. Spesialisasi menimbulkan tiga kebaikan utama : 1.seiring berkembangnya zaman.bercocok tanam.berburu.

Kemajuan perekonomian akan menyebabkan peranan uang menjadi semakin penting dalam perekonomian Penggunaan uang telah memungkinkan mereka melakukan spesialisasi   Spesialisasi Dan Perdagangan    Menghasilkan produk sesuai dengan keahlianya Lebih produktif dan efisien Tidak diperlukan “kesesuaian ganda dari keinginan” dalam perdagangan (karena mediasi uang) KEBAIKAN-KEBAIKAN SPESIALISASI Terdapat kaitan yang erat antara perkembangan ekonomi dan spesialisasi dimana semakin tinggi perkembangan ekonomi semakin tinggi pula tingkat spesialisasi Spesialisasi menimbulkan kebaikan-kebaikan seperti : 1. Mempertinggi efisiensi memproduksi 3. Mendorong pengembangan teknologi PELAKU-PELAKU KEGIATAN EKONOMI Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi dibedakan menjadi tiga golongan 1.POLA KEGIATAN EKONOMI DALAM PEREKONOMIAN UANG Ciri-ciri Perekonomian Uang  Suatu perekonomian yang menggunakan uang sebagai alat tukar menukar atau perdagangan dikenal dengan perekonomian uang. Tumah tangga 2. Pemerintah . Mempertinggi efisiensi penggunaan faktor produksi 2. Perusahaan 3.

mereka menawarkan faktor-faktor produksi ini kepada perusahaan. sewa dan kleuntungan lainnya PERUSAHAAN Perusahaan adalah organisasi yang dikembangakan seseorang atau sekumpulan orang dengan tujuan untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. dan mengawasi kegiatan rumah tangga dan perusahaan supaya mereka tidak merugikan masyarakat secara keseluruhan Selain mengatur dan mengawasi pemerintah juga melakukan sendiri kegiatan kegiatan ekonomi.yaitu barang-barang modal. tujuannya adalah untung memperoleh keuntungan dari usaha mereka Berdasarkan lapangan kerja yang dijalankan. sektor ini menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan.bunga . SIRKULASI ALIRAN PENDAPATAN .dan beberapa faktor lain. RUMAH TANGGA rumah tangga adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Oleh karena pemerintah cukup aktif dalam kegiatan ekonomi . 1. sektor swasta Untuk membiayai pengluarannya pemerintah mengenakan pajak kepada rumah tangga dan perusahaan . Industri skunder 3. sektor pemerintah dan 2.kekayaan alam. orang atau sekumpulan orang tersebuat disebut pengusaha yang mengorganisasi faktor-faktor produksi sehingga barang dan jasa yang diperlukan rumah tangga dapat di produksi sebaikbaiknya. dan harta tetap seperti tanah dan bangunan.baik itu upah . perusahaan-perusahaan terbagi tiga.pajak di bedakan jadi pajak langsung dan pajak tidak langsung .selain dari pajak pemerintah mendapat pula pendapatan dari pembayaran royalti dari perusahaan yang mengekploitasi kekayaan alam dan keuntungan dari perusahaan yang di milikinya. Industri primer 2.sebagai balas jasa perusahaan akan memberikan berbagai jenis pendapatan ke rumah tangga.Masing masing golongan ini menjalankan peranan yang sangat berbeda dalam suatu perekonomian.yaitu mengembangkan prasarana ekonomi dan mengembangkan prasarana sosial.sektor ekonomi dapat dibedakan menjadi: 1. Industri tertier PEMERINTAH yang dimaksud dengan pemerintah adalah badan-badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi..

yaitu. aliran barang dan aliran uang.  Ahli-ahli ekonomi biasanya membuat suatu diagram yang di namakan Sirkulasi Aliran Pendapatan. 2. Sedangkan pasar sektor adalah tempat dimana para pengusaha ( pembeli faktorfaktro produksi ) mengadakan interaksi dengan pemilik faktor-faktor produksi yang akan di gunakan dalam menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang di minta masyarakat. antara sektor–sektor dalam kegiatan ekonomi 1. Penawaran dan penggunaan faktor-faktor produksi tersebut akan mewujudkan dua macam aliran. Pasar Barang dan Pasar Faktor Pasar dimana para pembeli dan para penjual melakukan interaksi dapat di bedakan dalam dua jenis : pasar barang dan pasar faktor. Pasar barang adalah tempat dimana para pembeli dan para penjual dari suatu barang atau jasa melakukan interaksi untuk menentukan jumlah dan harga barang atau jasa yang di perjual belikan. Diagram itu memberikan gambaran tentang aliran-aliran Faktor-faktor produksi Pendapatan Barang-barang dan jasa –jasa Pengeluaran. MEKANISME PASAR SUATU PENILAIAN AWAL . 4. SIRKULASI ALIRAN PENDAPATAN DAN EKONOMI PASAR Interaksi diantara sektor perusahaan dan sektor rumah tangga dalam dua jenis kegiatan berikut :   Menentukan jenis-jenis barang dan jasa yang perlu di produksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. perekonomian di bedakan dalam dua sektor : sektor perusahaan dan sektor rumah tangga Sektor rumah tangga meruakan pemilik faktor-faktor produksi yang akan menawarkan sumber-sumber daya kepada pengusaha dan para pengusaha akan menyambut tawaran tersebut karena mereka memerlukan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barangbarang dan jasa-jasa. Menentukan bagaimana faktor-faktor produksi akan di alokasikan keberbagai faktor produksi. JENIS-JENIS ALIRAN YANG WUJUD Dalam diagram tersebut. 3.

tatapi dalam keadaan tertentu ia menimbulkan akibat buruk sehingga di perlukan camur tangan pemerintah untuk memperbaikinya.Pada umumnya mekanisme pasar adalah sistem yang cukup efisien dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian.polisi dan tentara yang penggunaannya dilakukan secara kolektif oleh masyarakat untuk mempertinggi kesejahteraan sosial masyarakat Mengawasi agar eksternalitas kegiatan ekonomi yang merugikan masyarakat di hindari atau dikurangi masalahnya Bentuk-bentuk campur tangan pemerintah   Membuat peraturan-peraturan Menjalankan kebijakan fiskal dan moneter . BEBERAPA KEBAIKAN MEKANISME PASAR Mekanisme pasar dapat mengalokasikan faktor-faktor produksi dengan cukup efisien dan dapat mendorong perkembangan ekonomi di sebabkan karena ia memiliki beberapa kebaikan yang dijelaskan di bawah ini:     Pasar dapat memberikan informasi yang lebih tepat Pasar memberi perangsang untuk mengembangkan kegiatan usaha Pasar memberi perangsang untuk memeroleh keahlian modern Pasar menggalakkan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien KEGAGALAN PASAR DAN CAMPUR TANGAN PEMERINTAH Yang termasuk dengan kegagalan pasar adalah ketidakmamuan dari suatu perekonomian pasar untuk berfungsi secara efisien dan menimbulkan keteguhan dalam kegiatan dan pertumbuhan ekonomi Tujuan Campur Tangan Pemerintah Menjamin agar kesamaan hak untuk setia individu tetap wujud dan penindasan dapat di hindari     Menjaga agar perekonomian dapat tumbuh dan mengalami perkembangan yang teratur dan stabil Mengawasi kegiatan-kegiatan perusahaan’terutama perusahaan-perusahaan besar yang dapat mempengaruhi pasar agar mereka tidak menjalankan praktek-praktek monopoli yang merugikan Menyediakan barang bersama yaitu barang-barang seperti jalan raya.

Mekanisme pasar . operasi bank-bank. Pedagangan dan Spesialisasi 2. yaitu mempengaruhi suku bunga. dan mengatur jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. daftar pustaka: Sukirno Sadono. Kebijakan moneter adalah langkah-langkah pemerintah untuk mempengaruhi situasi keuangan dalam perekonomian. Rineka Cipta Jakrta. Uang . IV (Empat) Pengantar Ekonomi Mikro Pola Kegiatan Suatu Perekonomian 1. Sirkulasi Aliran Pendapatan 4.Kebijakan fiskal adalah strategi dan langkah-langkah pemerintah dalam pengeluaranya dan dalam sistem dan cara-cara pengumulkan pajak. Nama Lokal Nama MK Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan : : : : : Tri Anggoro S. 1992. mikro ekonomi teori pengantar edisi ketiga. Pelaku-pelaku Kegiatan Ekonomi 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful