You are on page 1of 5

FORMAT PENULISAN SKRIPSI

1. Naskah makalah ditulis dalam spasi 1,5. Font Times New Roman 12. Gunakan kertas ukuran A4, 70 gr. 2. Ukuran kertas penulisan 4 cm untuk tepi atas dan tepi kiri, 3 cm untuk tepi kanan dan tepi bawah. Alenia baru diketik 6 ketukan. Jika ada tabel, diberi nomor urut dan judul tabel. Demikian halnya dengan gambar, grafik atau bagan. 3. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang berlaku (EYD), terutama dalam kalimat, ejaan, pemenggalan kata, penulisan kata asing (cetak miring), tanda baca dll. 4. Perhatikan tanda baca, nama orang huruf besar di awal kata. Kata sambung tidak boleh di awal kalimat terlebih di awal paragraf. 5. Daftar pustaka harus sejalan dengan yang ada di dalam makalah. Jika dalam makalah ada penulisan (Shaw & Costanzo. 1985), maka dalam daftar pustaka harus tercantum nama Shaw & Costanzo dengan tahun yang sama (notasi menggunakan sistem Harvard). 6. Daftar pustaka diurutkan berdasarkan alfabet nama pengarangnya. Standar penulisan daftar pustaka sudah harus merujuk pada APA (American Psychological Assossiation).

1

. A. & Kusumah. Inc. Untuk penulisan dari internet yg tidak ada penulisnya. halaman. Proposal Penelitian. 2 . Diakses tgl. Singapore. E. Nomor jurnal. Nama Jurnal (cetak miring).. P. Tahun artikel. McGraw-Hill. Judul Artikel. Judul artikel. Tahun terbit. Di Perguruan Tinggi. Untuk Penulisan dari buku Sudjana. Untuk penulisan dari artikel dari Jurnal Nama penulis. 2000. Sinar Baru Algensindo. Theories of Social Psychology. & Costanzo. Nama penulis. M. Alamat website. Bandung. N. Diakses tgl.FORMAT PENULISAN SKRIPSI FORMAT PENULISAN DAFTAR PUSTAKA Untuk penulisan Handbook Shaw. Untuk penulisan dari internet yang ada nama penulisnya. NN (No Name). Alamat website. 1985. R. Judul artikel. TT (Tanpa Tanggal).

Teori. Teori-teori lanjutan D. Tujuan Penelitian C.teori lanjutan G. Latar Belakang Masalah B. Teori-teori Variabel Bebas F. Subjek Penelitian dan Teknik Sampling D.FORMAT PENULISAN SKRIPSI 7. Manfaat Penelitian BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Teknik Analisis Data DAFTAR PUSTAKA 3 . Tata cara penulisan skripsi Untuk Penelitian Kuantitatif BAB I PENDAHULUAN A. Operasionalisasi Variabel Penelitian C. Definisi Variabel Bebas E. Teori-teori Variabel Terikat C. Teknik Pengumpulan Data E. Identifikasi Variabel Penelitian B. Hubungan / Pengaruh antara Variabel terikat dan variabel bebas H. Hipotesis BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Definisi Variabel Terikat B.

Teknik Analisis dan Interpretasi data E. Definisi Variabel Terikat 2.teori lanjutan C. Manfaat Penelitian BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Desain Penelitian B. Definisi Variabel Bebas 1. Teori. Variabel Terikat 1. Karakteristik Partisipan C. Teknik Pengumpulan Data D. Teori-teori lanjutan B.FORMAT PENULISAN SKRIPSI Untuk Penelitian Kualitatif BAB I PENDAHULUAN A. Definisi Variabel Bebas 2. Fokus Penelitian C. Keaslian Penelitian D. Hubungan / Pengaruh antara variabel terikat dan variabel bebas BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Teknik Verifikasi Data DAFTAR PUSTAKA 4 . Latar Belakang Masalah B. Tujuan Penelitian E.

FORMAT PENULISAN SKRIPSI 5 .