You are on page 1of 4

Teori Belajar Konstruktivisme DI SUSUN OLEH : Aat Ahdiyat Aditya Pratama R Afimatun Lily H Erna Susilaningsih Fenni Maulida

Irfan Setiawan Rafika Wahyu N Suroyya Firdausia Yulia Rizky P Piaget 1896-1980 Vygotsky 1896-1934 PowerPoint Presentation: Teori Konstruktivisme Kontruksi berarti bersifat membangun , dalam konteks filsafat pendidikan , konstruktivisme adalah suatu upaya membangun tata susunan hidup yang berbudaya modern. Konstruktivisme merupakan landasan berpikir ( filosofi ) pembelajaran kontekstual yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit , yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong . PowerPoint Presentation: Piaget menegaskan bahwa penekanan teori kontruktivisme pada proses untuk menemukan teori atau pengetahuan yang dibangun dari realitas lapangan PowerPoint Presentation: konstruktivisme sosial yang dikembangkan oleh Vigotsky adalah bahwa belajar bagi anak dilakukan dalam interaksi dengan lingkungan sosial maupun fisik. PowerPoint Presentation: SISWA SEBAGAI INDIVIDU YANG UNIK Konstruktivisme sosial memandang setiap pembelajar sebagai individu yang unik dengan keunikan kebutuhan dan latar belakang Konstruktivisme sosial bukan hanya memahami keunikan dan kompleksitas pembelajar , namun juga membangkitkan , memanfaatkan dan memberikan penghargaan pada keduanya sebagai bagian integral dari proses pembelajaran ( Wertsch 1997). PowerPoint Presentation: S ELF REGULATED LEARNER (PEMBELAJAR YANG DAPAT MENGELOLA DIRI SENDIRI) Anakanak kadang berpikir sendiri secara mandiri, tetapi sebagai makhluk sosial kognisi mereka sering kali bersifat kolaboratif. Dalam pendekatan konstruktivis sosial menggunakan sejumlah inovasi dalam pembelajaran di kelas. Menurut pendekatan konstruktivis ini, murid dapat menyusun sendiri pengetahuannya. PowerPoint Presentation: TANGGUNG JAWAB PEMBELAJARAN Alasan kuat bahwa tanggung jawab belajar seharusnya berangsur-angsur diberikan kepada pembelajar . Karenanya kostruktivisme social menekankan pentingnya keterlibatan aktif pembelajar dalam proses belajar , tidak seperti pandangan dunia pendidikan sebelumnya yang meletakkan tanggung jawab belajar pada guru untuk mengajar sehingga peran pembelajar pasif , bersifat hanya menerima . PowerPoint Presentation: Motivasi Pembelajaran Definisi motivasi Motivasi berasal dari bahasa latin yaitu movere yang berarti “ menggerakkan ”. Berdasarkan pengertian ini motivasi menjadi berkembang . Wlodkowski (1985) menjelaskan motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu dan yang memberi arah dan ketahanan pada tingkah laku tersebut . PowerPoint Presentation: Strategi untuk merangsang minat dan perhatian siswa : Gunakan metode penyampaian pembelajaran yang bervariasi Gunakan media untuk melengkapi penyampaian pembelajaran Bila dirasa tepat gunakan humor dalam presentasi pembelajaran Gunakan peristiwa nyata , anekdot dan contoh-contoh untuk memperjelas konsep Gunakan teknik bertanya untuk melibatkan siswa

ciri khusus dari konsep Vygotsky (1978) yaitu zona perkembangan. PowerPoint Presentation: PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEBAGAI IMPLEMENTASI KONSTRUKTIVISME Implementasi pendekatan konstruktivis dalam pengajaran pada umumnya menerapkan secara luas pembelajaran kooperatif (Cooperative learning) dengan landasan berpikir. zone of development. siswa memulai pembelajaran dengan menghadapi masalahmasalah rumit dan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Piaget menyebutnya skema . DAMPAK TEORI KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMBELAJARAN: DAMPAK TEORI KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMBELAJARAN PowerPoint Presentation: . Vygotsky menyebutnya konsep spontan . sedang Vygotsky lebih menekankan peran sosiokultural . Sekarang para ahli berpendapat kedua jenis konstruktivisme itu saling melengkapi . PowerPoint Presentation: Peran Guru Sebagai Fasilitator Guru harus menyesuaikan perannya dari sebagai instruktur ke peran sebagai fasilitator ( Steffe dan Gale 1995). Piaget lebih menekankan peran personal.PowerPoint Presentation: Zona Perkembangan Boleh dikatakan bahwa trade mark. perannnya sebagai fasilitator membantu pembelajar untuk memperoleh pemahamannya sendiri tentang materi . Seperti yang disampaikan di depan terdapat perbedaan antara apa-apa yang dapat dilakukan siswa tanpa bantuan orang lain (zona perkembangan aktual. PowerPoint Presentation: Persamaan yang ada dalam kedua jenis konstruktivisme itu antara lain : a) Keduanya mengakui adanya pengetahuan atau konsep awal . zone of actual development) dengan apa-apa yang dapat dilakukan siswa dengan bantuan orang lain (perkembangan potensial). Keduanya sepakat bahwa pengetahuan itu dibangun oleh pembelajar . Ketika seorang guru memberikan pembelajaran dalam suatu mata pelajaran . yang sering disebut sebagai zona perkembangan terdekat (ZPD. zone of proximal development). bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit (top down process) jika mereka saling mendiskusikan masalah tersebut dengan temannya dalam kelompok-kelompok kecil (small group discussion) Piaget atau Vygotsky ?: Piaget atau Vygotsky ? Cukup lama konstruktivisme personal Piaget dan konstruktivisme sosiokultural Vygotsky dipertentangkan . sebelum mereka diberikan tugas untuk mengembangkan kemampuan dasar mereka terkait mata pelajaran yang sedang dipelajari. atau teman yang lebih pandai. PowerPoint Presentation: Kolaborasi Antar Pelajar Melakukan kolaborasi dalam penyelesaian tugas dan diskus-diskusi agar mencapai pemahaman yang sama tentang kebenaran dalam suatu wilayah bahasan yang spesifik PowerPoint Presentation: Pemagangan Kognitif Proses Top Down suatu proses yang menjadikan siswa sedikit demi sedikit memperoleh kecakapan intelektual melalui interaksi dengan orang yang lebih ahli. ZAD. Siapa yang dimaksudkan sebagai orang lain di sini adalah teman sebaya atau guru maupun orang tua. orang dewasa. Dalam proses konstruksi pengetahuan .

PowerPoint Presentation: Para konstruktivis berpendapat bahwa proses dialektika dan proses interkasi bagi perkembangan dan belajar melalui konstruksi aktif oleh siswa . melainkan suatu kegiatan yang memungkinkan siswa membangun sendiri pengetahuan yang dimilikinya. dapat difasilitasi dan dibantu oleh orang dewasa . diperlukan beberapa strategi kegiatan yang perlu dikerjakan dan beberapa pemikiran yang perlu dilakukan oleh guru. fungsi guru sebagai mediator dan fasilitator yang telah diungkapkan di atas. Namun. Guru perlu mengerti pengalaman belajar apa yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa . Sedangkan para penganut maturasionis romantic berpendapat bahwa perkembangan siswa berlangsung secara alami ( maturasional development) tanpa harus ada bantuan orang dewasadalam sutau lingkungan yang permisif . Ada suatu dilema antara belajar yang dipandu guru dalam kaitan perkembangan potensial dengan belajar tanpa bantuan guru ( Perkembangan Aktual ). guru perlu membiarkan siswa menemukan cara yang paling menyenangkan untuk bekerja sama dalam kelompoknya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi . sehingga dalam belajar matematika dengan PMRI. PowerPoint Presentation: Apabila dikaitkan dengan pembelajaran PMRI. kegiatan guru bukanlah memindahkan pengetahuan matematika yang dimiliki kepada siswanya. antara lain: Guru perlu banyak berinteraksi dengan siswa untuk lebih mengerti apa yang dibutuhkan siswa untuk belajar . karena kurang memperdulikan pengaruh konsistensi dari bimbingan . menafsirkan dan meramalkan informasi. yaitu ZPD. PowerPoint Presentation: Pembelajar diharapkan selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai dengan dirinya PowerPoint Presentation: Penilaian konstruktivisme tidak memelukan adanya test yang baku sesuai dengan tingkat kelas. Kesimpulan: . Aplikasi teori konstruktivisme dengan pembelajaran RME: Aplikasi teori konstruktivisme dengan pembelajaran RME PMRI merupakan bagian dari teori konstruktivisme.TUJUAN PEMBELAJARAN Menghasilkan individu atau anak yang memiliki kemampuan berfikir untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi PowerPoint Presentation: Kurikulum Kurikulum harus dirancang sedemikian rupa. justru memerlukan bagian dari proses pembelajaran (penilaian autentik) sehingga memungkinkan siswa berperan lebih besar dalam menilai dan mempertimbangkan kemajuannya atau hasil belajarnya sendiri. Dengan demikian . KRITIK ATAS KONSTRUKTIVISME: KRITIK ATAS KONSTRUKTIVISM E Kritik terutama dilancarkan terhadap konstruktivisme social vygotsky justru pada jantung teorinya . PowerPoint Presentation: Pengajaran Pengajar harus menyusun strategi pembelajaranya dengan memperhatikan respon/ tanggapan dari siswa serta mendorong siswa untuk menganalisis. Guru perlu menghargai pemikiran siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang dimilikinya . sehingga terjadi situasi yang memungkinkan pengetahuan maupun keterampilan dapat dikonstruksi oleh peserta didik.

.Kesimpulan Teori kontruktivisme adalah sebagai pembelajaran yang bersifat generatif . Piaget menegaskan bahwa penekanan teori kontruktivisme pada proses untuk menemukan teori atau pengetahuan yang dibangun dari realitas lapangan Konstruktivisme sosial yang dikembangkan oleh Vigotsky adalah bahwa belajar bagi anak dilakukan dalam interaksi dengan lingkungan sosial maupun fisik . yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari .