You are on page 1of 4

Lampiran 3 INSTRUMEN PENELITIAN Tingkat Kepuasan Pasien pada Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap RSUP.

HAM Ruang RA-5

Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner data demografi responden dan kuesioner harapan perilaku caring perawat serta kepuasan pasien terhadap perilaku caring perawat di ruang rawat inap RSUP HAM Ruang RA-5. Kuesioner ini akan digunakan dalam melakukan pengumpulan data terhadap responden penelitian. Ada tiga bagian yang termasuk di dalam instrument penelitian ini yaitu : Bagian 1 : Kuesioner data demografi Bagian 2 : Kuesioner tingkat kepuasan pasien terhadap perilaku caring perawat. Kode :

Tanggal : Petunjuk Umum Pengisian Saudara/i (Responden) diharapkan : 1. Menjawab pertanyaan yang tersedia dengan memberikan tanda checklist (√) pada setiap tempat yang disediakan. 2. Semua pertanyaan diisi dengan satu jawaban. 3. Bila ada yang kurang dimengerti dapat ditanyakan pada peneliti.

tahun : Laki-laki 3.1. Pendidikan terakhir : SD SMP SMA 4. Lama dirawat : ………hari Wiraswasta Belum bekerja/Mahasiswa Pensiunan Lain-lain. sebutkan…………. Pekerjaan : PNS Petani Buruh IRT 5. Akademi Sarjana Perempuan . Usia 2. Kuesioner Data Demografi 1. Jenis Kelamin : ……….

2. Keterangan : Y: Ya K : Kadang-kadang TP : Tidak pernah NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Pernyataan Perawat memberi salam Perawat memperkenalkan diri Perawat menjelaskan peraturan rumah sakit saat pertama kali anda masuk RS Perawat menjelaskan tujuan perawatan terhadap pasien Kepala ruangan menunjukkan tanggung jawab kepada pasien Perawat memperhatikan keluhan pasien Perawat menanggapi keluhan pasien Perawat memberikan penjelasan tentang masalah yang dihadapi pasien Perawat menanyakan hal yang ingin saya ketahui sehubungan dengan penyakit atau masalah yang saya alami Perawat memberikan penjelasan sebelum melakukan tindakan keperawatan Perawat meminta persetujuan kepada pasien atau keluarga sebelum melakukan tindakan YA KADANG2 TIDAK PERNAH . Kuesioner Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Perilaku Caring Perawat Bagian ini menyatakan kepuasan pasien terhadap perawat di ruang rawat inap RSUP HAM Ruang RA-5 Petunjuk menjawab : Jawablah pertanyaan di bawah ini dan pilih salah satu jawaban dengan memberikan tanda checklist (√) yang menurut pendapat Saudara paling dominan dirasakan.

12 12 13 14 15 16 17 18 19 20 22 23 24 25 26 27 28 Perawat menjelaskan prosedur tindakan yang akan dilakukan sebelum melakukan tindakan Perawat menjelaskan resiko atau bahaya suatu tindakan pada pasien sebelum melakukan tindakan Perawat selalu memantau dan mengobservasi keadaan pasien secara rutin Perawat memberitahu saya dan keluarga cara berperilaku hidup sehat Perawat selalu menjaga kebersihan ruangan Perawat melakukan tindakan keperawatan dengan terampil dan percaya diri Setelah melakukan tindakan keperawatan. minum. perawat selaul menilai kembali keadaan anda Penampilan dokter dan perawat rapi dan bersih Kecepatan perawat dalam menanggapi panggilan pasien Komunkasi tenaga medis dengan pasien berjalan baik Kesesuaian pemberian obat dengan jadwalnya Perawat membantu saya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari (misal : makan. BAK) Perawat membantu saya untuk tidur/ istirahat ketika saya mengahadapi kesulitan tidur Perawat memberi pujian atas usaha saya dalam mematuhi program pengobatan/perawatan Dokter melakukan kunjungan setiap pagi untuk melihat perkembangan keadaan pasien Pasien puas dengan kunjungan yang dilakukan oleh dokter Pasien puas dengan menu diet yang diberikan oleh rumah sakit . BAB.