You are on page 1of 3

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang Poliomielitis adalah suatu pernyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dan

dapat mengakibatkan terjadinya kelumpuhan. Sebagian besar kasus polio terjadi pada balita berusia antara 3-5 tahun.Virus berkembang di dalam dinding faring atau saluran cerna bagian bawah, menyebar ke jaringan getah bening dan menyebar masuk ke dalam aliran pembuluh darah sebelum menembus dan 2008),(Soedarmo,2008). Dalam World Health Assembly 1988 yang diikuti sebagian besar negara di dunia, di buat kesepakatan untuk melakukan Eradikasi Polio (ERAPO) tahun 2000. artinya dunia bebas polio pada tahun 2000. Program Erapo pertama dilakukan imunisasi sesuai rekomendasi WHO sejak lahir 4 kali dengan interval 6-8 kali per minggu (Fadizah,2005) Rendahnya tingkat imunitas masyarakat dan kebiasaan yang tidak higienis mempermudah penyebaran penyakit (Nelson, 2005). Tahun 2005 merupakan tahun munculnya kembali kasus polio), sejak Maret-Desember 2005 di seluruh Indonesia terdapat 303 kasus dengan VPL positif (virus polio liar) yang terbanyak adalah di provinsi Banten dan Jawa Barat.Mengatasi keadaan ini dilakukan Outbreak Respons Immunizaton (ORI) di lokasi Kejadian Luar Biasa (KLB),melakukan penyuluhan imunisasi di beberapa desa,kecamatan serta melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) sebanyak 5 putaran.(Ranuh, I.G.N., 2008). Tindakan penanggulangan tersebut di atas telah berhasil menekan kejadian polio, ditemukan 2 kasus pada tahun 2006 yaitu di Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam) dan ini di Jawa Timur masing-masing 1 kasus (Ranuh, I.G.N., 2008). Pada tahun 2007 hingga tahun 2008, jumlah anak-anak yang menderita penyakit campak dan polio di Sumut mencapai 555 orang, sementara hingga akhir hari).(Ranuh I.G.N,

Universitas Sumatera Utara

Rumusan Masalah Dari uraian latar belakang di atas dapat dirumuskan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Penyakit Poliomielitis Pada Balita di di RSUP Haji Adam Malik Medan Periode Juni .September 2011.2.Juli 2009.3.September 2011. Tujuan Khusus Tujuan khusus penelitian ini adalah : 1.September 2011. Untuk mengetahui pengetahuan ibu berdasarkan karateristik ibu. Untuk mengetahui pengetahuan ibu berdasarkan pengertian penyakit poliomielitis dan tanda-tanda penyakit poliomielities pada balita di RSUP Haji Adam Malik Medan Periode Juni . Tujuan Penelitian 1. Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu berdasarkan cara penulanaran dan cara pencegahan penyakit poliomielities pada balita di RSUP Haji Adam Malik Medan Periode Juni .3. Universitas Sumatera Utara .September 2011. Untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu berdasarkan gejala-gejala penyakit dan jenis-jenis polio pada balia di RSUP Haji Adam Malik Medan Periode Juni .1. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Penyakit Poliomielitis Pada Balita di RSUP Haji Adam Malik Medan Periode Juni . Tujuan Umum Tujuan umum dari penelitian ini untuk meningkatkan pengetahuan ibu terhadap penyakit poliomielitis serta menurunkan angka kejadian poliomielities pada balita. 1. 3. 2.2. 4.3. ditemukan sebanyak 164 anak-anak yang menderita kedua penyakit itu (Arief.September 2011 1. 1.2009).

Bagi Peneliti Selanjutnya Manfaat penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan masukan atau sumber data untuk peneliti selanjutnya dan sebagai bahan masukan bagi peneliti selanjutnya Universitas Sumatera Utara .1.4. Manfaat Penelitian a. Bagi Tempat Penelitian Manfaat penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai bahan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan khususnya penyakit poliomielitis pada balita c. Bagi Responden Manfaat penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang penyakit poliomielitis pada balita b.