You are on page 1of 5

PEMANFAATAN SISA PENCUCIAN AIR BERAS SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN SABUN

LAPORAN PENELITIAN

Oleh :

Mia Santi Ayu Rizky Amalia Bahri Winda Vita Putri Lubis

SMA SWASTA HARAPAN 2 MEDAN JALAN IMAM BONJOL NO 35 MEDAN 20152 SUMATERA UTARA

Mujio MSi .LEMBAR PENGEASAHAN Judul Penelitian : Pemanfaatan sisa pencucian air beras dalam pembuatan sabun kesehatan Nama Siswa : Mia Santi Ayu Rizky Amalia Bahri Winda Vita Putri Lbs Nama Guru Pembimbing Asal sekolah : Muhammad Ardian Spd : SMA SWASTA HARAPAN 2 Medan Disahkan oleh Kepala Sekolah SMA HARAPAN 2 MEDAN Drs. H.

DAFTAR ISI Halaman Lembar Pengesahan Daftar Isi Ringkasan BAB I Pendahuluan 1.2. Latar Belakang Masalah Perumusan Masalah Uraian Singkat Tujuan dan Pemanfaatan Penelitian i ii iii 1 1 2 2 2 3 3 5 5 6 7 9 10 BAB II Telaah Pustaka 2. 1. Gum Arab BAB III Metode Penulisan BAB IV PEMBAHASAN BAB V Simpulan Daftar Pustaka .3.1.1. Deskripsi putih telur 2.4. 1.2. 1.3. LEM/PEREKAT 2.

yang berfungsi untuk bahanpengemulsi. gom arab direndan selama 24 jam agarhancur supaya hasil lem yang terbentuk homogen dan tidak terdapatbongkahan. Putih telur digunakan karena di dalamnya terdapatsenyawa kimia yang mampu merekatkan antara satu benda denganyang lain.Pada proses pengerjaan. Seperti napza dan LSD. Pada percobaan ini dibuat lem yang berfungsi untuk merekatkan kaca. Hal ini sudah lebih dulu digunakan pada manusia zaman dahulu.Bahan yang digunakan yaitu gom arab.Hasil yang didapatkan yaitu lem dengan struktur homogen danberwarna putih. Maka dengan itu perlu adanya solusi pengganti perekat dengan bahan yang alami. Diagram alir pembuatan lem kaca. Skema atau diagram alir proses pembuatan lem kaca dapat dilihat sebagai berikut: Gambar . contohnya pembangunan piramida atau candi yang ada di Indonesia. dimana zat itu akan mudah memuai ketika dalam kondisi panas dan berbahaya jika benda yang kita perbaiki berada didekat kita atau juga disekitar anak-anak. selanjutnya putih telur sebagai perekat dan air bersihuntuk melarutkan gom arab. dan lem tersebut mengh tegandung zat kimia yang berbahaya untuk tubuh. dan putih telur mempunyai sifat yang sangat lengket dan rekat. . Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap kaca.RINGKASAN Hampir tiap harinya di masyarakat menggunakan lem.

lemak dan protein. 50% mangan (Mn). Maka dari itu. 60% zat besi (Fe). . air tersebut juga mengandung 80% vitamin B1. dan asam lemak esensial yang terbuang percuma. 90% vitamin B6. air tersebut dapat di manfaatkan untuk membuat produk-produk kesehatan dan kecantikan yang bernilai ekonomis . Selain cucian beras mengandung zat amilum yang tinggi . namun pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yang sangat bermanfaat tersebut. masyarakat selalu membuang air sisa pencucian beras ke saluran pembuangan air sehingga dapat menimbulkan pencemaran air.BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Pada kenyataannya. 70% vitamin B3 . Fosfor berperan dalam memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda. Padahal air sisa pencucian beras mempunyai nilai kegunaan yang tinggi . 100% serat. Nutrisi lainnya adalah zat besi yang penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) juga berperan penting dalam pembentukan karbohidrat. Meskipun banyak nutrisi yang telah hilang . Misalkan fosfor (P). 50% fosfor (P).