You are on page 1of 22

LAPORAN PENELITIAN

NURISMAN ADI 0090840125

PEMERIKSAAN FUNGSI PENDENGARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT AUDIOMETRI PADA KARYAWAN PLN YANG BEKERJA PADA MESIN DIESEL DI JAYAPURA

karena belum mengganggu percakapan sehari-hari. 2007). (Soetjipto D. . yang pada awalnya tidak disadari.LATAR BELAKANG MASALAH Gangguan pendengaran akibat bising adalah Penurunan pendengaran tipe sensorineural.

2 %) penduduk dunia mengalami gangguan pendengaran. . 50 % di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Survei nasional 7 provinsi di Indonesia (1994 – 1996).Data dari WHO tahun 2005 dijumpai 278 juta (4.

penduduk Indonesia mengalami gangguan pendengaran sebanyak 16. .4 % (Soetjipto D. 2007).8 % dan ketulian 0.

.RUMUSAN MASALAH Bagaimana Pemeriksaan fungsi pendengaran dengan menggunakan alat audiometri pada karyawan PLN yang bekerja pada mesin diesel di Jayapura.

.TUJUAN PENELITIAN • TUJUAN UMUM Untuk mengetahui fungsi pendengaaran dengan menggunakan alat audiometri pada karyawan PLN yang bekerja pada mesin diesel di Jayapura.

Mengetahui tingkat kebisingan pada lokasi kerja sesuai karakteristik kegiatannya.TUJUAN PENELITIAN • TUJUAN KHUSUS 1. 2. .Deteksi dini adanya kasus Noise Induced Hearing Loss yang timbul menjadi permanen.

. Meningkatkan disiplin dan kesadaran dalam penggunaan alat peindung diri terhadap kebisingan.3. 4. Meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai kebisingan dan pengaruh terhadap kesehatan.

Menumbuhkan perubahan perilaku karyawan dan semua unsur terkait kearah yang mendukung program di atas.5. . melalui program promosi kesehatan di tempat kerja.

Sebagai informasi bagi Fakultas Kedokteran Uncen untuk pengembangan keilmuan bagi mahasiswa kedokteran. 3. 2. Sebagai sumber informasi untuk penelitian yang lebih lanjut. Untuk menambah kemampuan bagi penulis dalam penulisan karya ilmiah.MANFAAT PENELITIAN 1. .

METODE PENELITIAN • JENIS PENELITIAN Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif menggunakan metode retrospektif. .

LOKASI DAN WAKTU PENELITIAN • LOKASI PENELITIAN Penelitian akan dilakukan di kantor PLTD Jayapura dan di poliklinik RSUD dok 2 Jayapura pada bulan Juli 2013. .

.• WAKTU PENELITIAN Penelitian akan dilaksanakan pada bulan Juli 2013 dengan mengambil data sekunder di poliklinik THT RSUD dok 2 Jayapura periode Maret 2013 – Mei 2013.

POPULASI DAN SAMPEL • POPULASI Seluruh karyawan yang bekerja pada bagian mesin diesel di PLTD Jayapura dan Semua pasien Noise Induced Hearing Loss (NIHL) yang berada di poliklinik RSUD dok 2 Jayapura periode Maret 2013 – Mei 2013. .

.• SAMPEL Seluruh karyawan yang bekerja pada bagian mesin diesel di PLTD Jayapura dan Semua pasien Noise Induced Hearing Loss (NIHL) yang berada di poliklinik RSUD dok 2 Jayapura periode Maret 2013 – Mei 2013.

VARIABEL PENELITIAN a. Lamanya Kerja . Umur Karyawan b.

. Umur Umur yang dimaksud adalah karyawan antara umur 17 – 45 tahun yang bekerja di PLTD Jayapura dan pasien yang menderita Noise Induced Hearing Loss (NIHL) di poliklinik THT RSUD Dok 2 Jayapura.DEFINISI OPERASIONAL a.

b. . Lamanya Kerja Lamanya kerja yang dimaksud adalah lama terpapar dari bising mesin diesel di PLTD Jayapura.

.CARA PENGUMPULAN DATA Cara pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder tentang karyawan yang terpajan bising dari suara mesin diesel di PLTD Jayapura.

PENGOLAHAN DAN ANALISA DATA Pengolahan data dilakukan dengan sistem tabulasi dan analisa data berdasarkan hasil presentase yang di tampilkan dalam bentuk tabel. .

TERIMA KASIH .