You are on page 1of 28

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BALAI PENELITIAN SEREALIA MAROS

AMIRUDDIN

NIM. 096 120 1001

LATAR BELAKANG
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah orang yang bekerja dalam suatu organisasi yang sering pula disebut pegawai. Sumber Daya Manusia merupakan aset yang paling berharga dalam suatu instansi, tanpa manusia maka sumber daya perusahaan tidak akan dapat mengahasilkan laba atau menambah nilainya sendiri.

mengaktifkan dan menggerakkan dan motif itulah yang menggerakkan dan menyalurkan perilaku. . Dengan demikian suatu motif adalah keadaan kejiwaan yang mendorong. tujuan. (Siagian.1995:142). sasaran. sikap dan tindak-tanduk seseorang yang selalu dikaitkan dengan pencapaian tujuan. dorongan dan insentif. kebutuhan.LATAR BELAKANG Secara teori berbagai definisi tentang motivasi biasanya terkandung keinginan. harapan.

LATAR BELAKANG Kondisi pegawai yang ada saat ini pada Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros dijumpai masih adanya pegawai sering tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya secara benar. adanya pegawai yang tidak tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya dan masih adanya sebagian pegawai yang meninggalkan tugas pada jam kerja tanpa keterangan yang sah. . adanya pegawai bersikap pasif terhadap pekerjaan.

RUMUSAN MASALAH Apakah motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros ? .

TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros .

Manfaat Penelitian • Bagi Instansi Manfaat bagi instansi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pihak pimpinan dalam menerapkan strategi dalam memotivasi dan pemberian kompensasi pegawai sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai di Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros .

• Bagi Akademisi Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi atau kajian bagi penelitian-penelitian berikutnya mampu memperbaiki dan menyempurnakan kelemahan dalam penelitian ini .

1970) mengemukakan bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah.KAJIAN PUSTAKA . Ia menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid. . HIPOTESIS DAN KERANGKA PIKIR Kajian Pustaka • Pengertian Motivasi Abraham Maslow (1943.

• Hirarki Kebutuhan Maslow .

• Pengertian Kinerja Kinerja adalah kesediaan seseorang atau kelompok orang untuk melakukan kegiatan atau menyempurnakannya sesuai dengan tanggung jawabnya dengan hasil seperti yang diharapkan. .

maka hipotesisnya adalah “ motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros”. .HIPOTESIS Dari masalah yang telah dikemukakan di atas.

KERANGKA PIKIR Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros Motivasi Karyawan (X ) Kinerja Karyawan (Y) .

Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu dua variabel bebas ( variable independent ) dan satu variabel terikat ( variable dependent ). . Yang termasuk variabel bebas adalah motivasi kerja sedangkan kinerja adalah variabel terikat.

METODE PENELITIAN • Lokasi dan Waktu Penelitian Lokasi penelitian ini bertempat di pegawai Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros . yaitu bulan Februari sampai degan Juli 2013 . Adapun waktu pelaksanaan penelitian selama kurung waktu 6 (enam) bulan.

Hal ini ditetapkan dengan dasar pertimbangan bahwa metode ini akan mampu mengungkapkan sekaligus menguji hipotesis serta menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. • Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi sederhana.METODE PENELITIAN • Variabel dan Desain Penelitian Variabel yang diteliti yaitu pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai pada Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros. .

dan persepsi mengenai motif berdasarkan uang. Indikator yang digunakan untuk mengukur variabel motivasi adalah persepsi mengenai adanya tantangan pekerjaan. persepsi mengenai kemampuan pegawai untuk mengatasi kesukaran. .Defenisi Operasional Variabel • Motivasi Menurut Luthans (2006) motivasi adalah proses sebagai langkah awal seseorang melakukan tindakan akibat kekurangan secara fisik dan psikis atau dengan kata lain adalah suatu dorongan yang ditunjukan untuk memenuhi tujuan tertentu.

kinerja adalah hasil yang dicapai seseorang menurut ukuran yang berlaku untuk pekerjaan yang bersangkutan.Defenisi Operasional Variabel • Kinerja pegawai Menurut Moh As’ad (2003). . ketepatan waktu. kuantitas. keterampilan dan tingkat pengetahuan pegawai. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas. dan standar profesional kerja.

• Sampel adalah suatu himpunan bagian (subset) dari unit populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Simple Random Sampling (secara acak sederhana) dengan jumlah sampel yaitu 45 orang. . (2002: 108) merupakan keseluruhan dari subyek yang diteliti.Populasi dan Sampel • Populasi menurut Arikunto. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh pegawai Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros sebanyak 227 pegawai.

tetapi dengan menggunakan kualifikasi-kualifikasi. • Data kualitatif adalah data yang dicatat bukan dengan angka-angka.Jenis dan Sumber Data • Jenis data Jenis data atau informasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah: • Data kuantitatif adalah data yang dapat dihitung atau data yang berupa angka-angka hasil observasi atau pengukuran. .

merupakan data yang dikumpulkan sendiri oleh perorangan atau langsung melalui obyeknya. • Data sekunder. yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui media perantara. literatur.• Sumber data Sumber data atau informasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah: • Data primer. Pengumpulan data ini biasanya dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada obyek penelitian dan diisi secara langsung oleh yang responden. Data sekunder berupa jumlah pegawai. penelitian terdahulu. dan profil instansi. . tingkat absensi. Data yang didapatkan dari arsip yang dimiliki organisasi/instansi. studi pustaka. dan jurnal yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti.

Teknik Pengumpulan Data • Studi Pustaka • Metode studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang relevan dari buku-buku. jurnal. artikel. . peraturan perundang-undangan yang terbit dan bahan-bahan yang dapat menunjang penelitian.

Dokumen yang dibutuhkan antara lain stuktur organisasi. dan data komposisi pegawai menurut bagian pendidikan . data jumlah pegawai.• Dokumentasi Metode dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder yang dilakukan dengan meminta dokumendokumen yang dimiliki Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros yang menjadi obyek penelitian.

• Kuisioner Metode kusioner digunakan untuk mengumpulkan data primer yang dilakukan dengan memberikan daftar pertanyaan secara tertulis kepada responden. . • Wawancara Metode wawancara digunakan untuk mengumpulkan data primer yang dilakukan dengan melakukan tanya jawab secara lisan kepada responden.

dalam bentuk informasi yang ringkas. dimana hasil penelitian beserta analisanya diuraikan dalam suatu tulisan ilmiah yang mana dari analisis tersebut akan dibentuk suatu kesimpulan.Teknik Analisis Data Untuk membuktikan hipotesis yang telah dikemukakan maka dalam penelitian ini digunakan : • Analisis Deskriptif Kuantitatif Merupakan metode yang bertujuan mengubah kumpulan data mentah menjadi bentuk yang mudah dipahami. .

.• Analisis Regresi Sederhana Untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara motivasi terhadap kinerja pegawai digunakan teknik analisis regresi sederhana. untuk mengetahui besarnya pengaruh secara kuantitatif dari suatu perubahan (variabel X) terhadap kejadian lainnya (variabel Y).

• Analis regresi sederhana dapat dihitung dengan menggunakan rumus: Y = a + bX Keterangan: Y = Kinerja Karyawan a = Nilai Konstanta b = Koefisien Regresi X = Motivasi Kerja .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .