PERAWATAN PENGARUH DULOXETIN PADA PASIEN DENGAN NYERI PUNGGUNG BAGIAN BAWAH YANG KRONIS : A 41 MINGGU TIDAK TERKONTROL

, PENELITIAN TANPA PENGUKURAN DOSIS
OLEH : VLADIMIR SKLJAREVSKI, MD,* SHUYU ZHANG, MS,* AMY S. CHAPPELL, MD,*† DANIEL J. WALKER, PHD,* ISABELLE MURRAY, MSC,* AND MIROSLAV BACKONJA, MD‡

Milchatun Ni’mah 01.207.5528

dan relaxan otot Duloxetin  kemanjuran dalam menangani nyeri    .PENDAHULUAN  Etiologi  sebagian besar kasus  tidak diketahui LBP  akan membaik beberapa hari – minggu  kira-kira 5-10 % CLBP Obat CLBP  NSAID. opioid.

TUJUAN duloxetin CLBP .

METODE  Desain Penelitian Pasien dengan nyeri punggung masuk pada fase perpanjangan 41 minggu setelah melengkapi 13 minggu fase perawatan plasebo terkontrol. Terdiri dari 2 kelompok : DLX dan PLA   .

spondilolisthesis tingkat tinggi dan pasien dengan depresi. Pasien dengan radikulopati.KRITERIA INKLUSI o Pasien wanita / pria paling tidak berusia 18 tahun. o . Nyeri terbatas hingga punggung bawah hampir setiap hari pada 6 bulan yang lalu. o KRITERIA EKSKLUSI o Pasien yang mengkonsumsi antidepresan dan antikonvulsan.

.

fungsi fisik.HASIL  Perespon awal terhadap perawatan duloxetin menunjukkan kemajuan signifikan yang lebih jauh (dalam kelompok) pada nyeri.  . Duloxetin bertoleransi baik dengan tidak adanya penemuan keamanan baru yang dilaporkan. Kemajuan yang signifikan dalam kelompok juga diteliti dalam fase perpanjangan untuk pasien yang menjalani perawatan plasebo yang berganti ke perawatan duloxetin. dan kualitas hidup.

.

.

.

.

Peningkatan lebih lanjut selama 41 minggu pengobatan lanjutan dengan duloxetin. .   Duloxetin ditoleransi dengan baik dan menunjukkan profil keamanan.KESIMPULAN  Pasien dengan CLBP terus meningkatkan ukuran rasa sakit yang terjadi selama fase plasebo terkontrol 13 minggu.

CRITICAL APPRAISAL     Judul tidak terlalu panjang Sudah menggambarkan variabel yang diteliti Menggambarkan isi utama penelitian Periode penelitian tidak dicantumkan .

PENDAHULUAN  Terdiri 3 paragraf Didukung oleh pustaka yang relevan Dicantumkan tujuan penelitian Kurang dicantumkan manfaat penelitian    .

BAHAN DAN METODE  Jenis penelitian tidak dicantumkan Tidak disebutkan tempat dan waktu penelitian Kriteria inklusi dan eksklusi sudah dijelaskan Tidak disebutkan besar sampel    .

HASIL  Disertakan tabel karakteristik subjek penelitian Jumlah subjek tidak disebutkan Semua hasil dalam tabel disebutkan dalam naskah Semua outcame yang penting disebutkan dalam hasil    .

PEMBAHASAN       Semua hal yang relevan dibahas Diskusi dihubungkan dengan pertanyaan penelitian Dibahas hubungan hasil dengan teori/penelitian terdahulu Disertakan simpulan utama penelitian Tidak disertakan saran penelitian selanjutnya Daftar pustaka disusun sesuai dengan aturan jurnal dan daftar pustaka yang dipakai relevan dan update .