BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan Politeknik Negeri Bandung adalah lembaga pendidikan dengan salah satu jurusan Teknik Sipil dengan program studi DIII Teknik Konstruksi Sipil yang lulusan-nya dirancang untuk menjadi tenaga ahli dalam segi teoritis dan ahli dalam dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi di lapangan. Oleh karena itu, untuk memberi bekal dan wawasan tentang kehidupan dalam pekerjaan konstruksi dilapangan, pada awal semester V Politeknik Negeri Bandung. Mahasiswa diwajibkan melaksanakan mata kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan bobot 3 SKS. Kerja Praktek dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2013 sampai dengan 13 September 2013. Selama pelaksanaan Pratek Kerja Lapangan, mahasiswa dibimbing untuk mengamati dan melihat pekerjaan teknis dan non-teknis di lapangan,

mendokumentasikan perkerjaan konstruksi nyata yang sedang berlangsung dilapangan dan membandingkannya dengan bekal teori yang didapat selama menjalani masa perkuliahan di Politeknik Negeri Bandung. Hasil pengamatan dan dokumentasi di tulis dalam bentuk sebuah laporan yang merupakan syarat kelulusan di semester V. Proyek yang diamati selama pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan adalah Paket Peningkatan Jalan Bts. Kota Cileunyi – Nagreg. Proyek ini dimiliki oleh KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM DIREKTORAT JENDRAL BINA MARGA SATUAN KERJA PELAKSANAAN JALAN NASIONAL METROPOLITAN

BANDUNG PEMBUAT KOMITMEN BANDUNG – CILEUNYI – JATINANGOR

5.2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja lapangan. Konsultan. NUSVEY (konsultan). kontraktual. Memperoleh pengalaman secara langsung dari suatu perkerjaan konstruksi yang berhubungan dengan kerekayasaan. 1. Melatih mahasiswa untuk beradapatasi dengan lingkungan proyek dan mengetahui penanganan masalah yang terjadi. administratif dan pelaksanaannya. Menerapkan pengetahuan yang diterima selama perkuliahan dengan pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan. diantaranya adalah: 1. 7. Melakukan evaluasi dari permasalahan yang terjadi dilapangan. BIRO ASRI (kontraktor) dengan Pengawas PT. Memberikan kesempatan kepada mahasiswwa untuk terlibat langsung dalam kegiatan proyek (Kontraktor. 2. 1. pada KEMENTRIAN . Kota Cileunyi – Nagreg”. 3. Membina kemampuan dan keterampilan untuk membuat laporan/karya ilmiah dan mempersentasikannya. 6.(owner) yang dikerjakan oleh PT. Mengetahui metoda pelaksanaan perkerjaan dengan metoda perkerasaan kaku pada peningkatan jalan. Owner dan pihak-pihak yang terlibat lainnya) yang berkaitan dengan bidang ilmu Teknik Sipil. .3 Ruang Lingkup Pembahasan Ruang lingkup dari penulisan laporan Kerja Praktek ini mengenai “Tinjauan Pelaksanaan Peningkatan Jalan Bts. 4.

6. untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam laporan sebagai berikut: 1. Mempelajari gambar rencana yang telah ada untuk diamati dengan izin direksi. 3. 4.PEKERJAAN UMUM DIREKTORAT JENDRAL BINA MARGA SATUAN KERJA PELAKSANAAN JALAN NASIONAL METROPOLITAN BANDUNG PEMBUAT KOMITMEN BANDUNG – CILEUNYI – JATINANGOR 1. Melakukan Observasi dan pengamatan secara langsung pekerjaan yang dilakukan dilapangan yang di dukomentasikan dalam bentuk foto atau video. 2. Mengadakan Diskuksi dengan pembimbing dari pihak Politeknik atau Instansi yang terlibat. . Pengawas. Memperoleh data yang diperlukan dari pembimbing lapangan. Mencari referensi data-data yang berhubungan dengan tinjauan secara tertulis maupun gambar dari dokumen proyek. serta data-data yang diperlukan lainnya. jadwal dan metoda pelaksanaan.4 Metodologi Pengumpulan Data Dalam Penyusunan laporan kerja praktek ini. 5. Pemilik. Melakukan wawancara dan interview terhadap pihak-pihak yang terlibat (Penyedia Jasa. dan pihak-pihak yang terlibat dalam proyek). prosedur dan rencana mutu.

Gambar 1.1 Flowchart Metodologi Pengumpulan Data .

Dimana penyusunan dan pembahasan saling berhubungan dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.5 Sistematika Pembahasan Pada Laporan Praktek Kerja Lapangan akan disajikan dalam beberapa bab. perencanaan system konstruksi bagian peningkatan jalan. dan pekerjaan minor). data proyek (data teknis. dan gambar-gambar kondisi lapangan). metodologi pengumpulan data dan sistematika pembahasan Laporan Kerja Praktek Lapangan. BAB III TINJAUAN PERENCANAAN PROYEK Membahas tentang Latar belakang perencanaan. BAB IV TINJAUAN PELAKSANAAN PROYEK Membahas tentang pelaksanaan proyek (pekerjaan persiapan. pengendalian mutu dan pengawasan serta masalah teknis dan non . Kontraktor dan Konsultan). data administrasi. tujuan Kerja Praktek Lapangan. BAB V PERMASALAHAN DAN SOLUSI Membahas tentang permasalahan dan solusi pada pelaksanaan.1. BAB II TINJAUAN UMUM PROYEK Membahas tentang latar belakan proyek. pengendalian mutu (quality qontrol) dan pengawasan. yang terdiri dari: BAB I PENDAHULUAN Membahas mengenai latar belakang dilaksanakannya Kerja Praktek Lapangan. konsep perencanaan. struktur organisasi proyek (owner. ruang lingkup. peta lokasi. perkerjaan major.

.teknis. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN Simpulan dari laporan Praktek Kerja Lapangan dan saran-saran atas pelaksanaan proyek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful