STRUKTUR SISTEM OPERASI

 KOMPONEN SISTEM : 1. Manajemen Proses 2. Manajemen Memori Utama 3. Manajemen Penyimpanan Sekunder 4. Manajemen I/O 5. Manajemen File

Diah Arifah P., S.Kom

Struktur Sistem Operasi

1

file.. S.STRUKTUR SISTEM OPERASI  Manajemen Proses  Proses dinyatakan sebagai program yang dieksekusi  Sebuah batch job  Sebuah time-shared user program  Proses memerlukan resource untuk menyelesaikan task  CPU Time.Kom Struktur Sistem Operasi 2 .Program adalah entity pasif seperti file yang disimpan di disk. memori. I/O device  Semua resource dapat diberikan saat proses dibuat atau dialokasikan saat proses berjalan  Program bukan suatu proses. proses entiti aktif Diah Arifah P.

. S.Kom 3 .STRUKTUR SISTEM OPERASI  Aktifitas yang harus ditangani oleh OS yang berhubungan dengan manajemen proses :  Membuat dan menghapus baik proses user (mengeksekusi kode user) maupun proses system (mengeksekusi kode system)  Menghentikan sementara (suspension) dan melanjutkan (resumption) proses  Menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi proses  Menyediakan mekanisme untuk komunikasi proses  Menyediakan mekanisme untuk menangani deadlock Struktur Sistem Operasi Diah Arifah P.

. S.Kom Struktur Sistem Operasi 4 . dengan alamat tertentu  Memori adalah gudang pengaksesan data shared yang cepat oleh CPU dan I/O  CPU membaca instruksi dari memori utama selama siklus instruction-fetch dan baik membaca dan menulis data dari dan ke memori selama siklus data-fetch  Beberapa program harus diletakkan di memori untuk meningkatkan utilitas CPU dan kecepatan dari respon komputer Diah Arifah P.STRUKTUR SISTEM OPERASI  Manajemen Memori Utama  Memori adalah array besar ukuran byte.

Kom Struktur Sistem Operasi 5 .STRUKTUR SISTEM OPERASI  Aktifitas yang ditangani oleh OS yang berhubungan dengan manajemen memori:  Menyimpan bagian memori yang digunakan dan siapa yang menggunakan  Memutuskan proses yang disimpan ke memori bila tersedia ruang memori  Mengalokasikan dan mendealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan Diah Arifah P.. S.

STRUKTUR SISTEM OPERASI  Manajemen Penyimpanan Sekunder  Secondary storage (disk) digunakan sebagai penyimpanan online medium baik program maupun data  Penyimpanan sekunder harus digunakan secara efisien Diah Arifah P. S..Kom Struktur Sistem Operasi 6 .

Kom Struktur Sistem Operasi 7 .. S.STRUKTUR SISTEM OPERASI  Aktifitas yang ditangani oleh OS yang berhubungan dengan manajemen penyimpanan sekunder :  Manajemen ruang bebas  Alokasi Penyimpanan  Penjadwalan disk Diah Arifah P.

Kom Struktur Sistem Operasi 8 .STRUKTUR SISTEM OPERASI  Manajemen I/O  Salah satu tujuan OS adalah : menyembunyikan kerumitan device H/W dari user  Sistem I/O terdiri dari :  Sistem buffer-catching  General device-driver interface  Drivers for spesific H/W device Diah Arifah P.. S.

.STRUKTUR SISTEM OPERASI  Aktifitas yang ditangani oleh OS yang berhubungan dengan manajemen I/O :  Penyangga Menampung sementara data dari/ke device I/O  Spooling Melakukan penjadwalan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien  Menyediakan driver Untuk dapat melakukan operasi rinci untuk device I/O tertentu Diah Arifah P.Kom Struktur Sistem Operasi 9 . S.

Kom .. perlu ada kontrol oleh siapa dan dengan cara apa file diakses  OS akan memetakan file ke media fisik dan mengakses file melalui storage device Struktur Sistem Operasi 10 Diah Arifah P. bila banyak user mengakses file. S. byte.STRUKTUR SISTEM OPERASI  Manajemen File  Manajemen file adalah satu komponen yang visible dari OS  File adalah unit penyimpan logika  File adalah kumpulan informasi yang berhubungan dengan pembuatnya  File berisi urutan bit. baris atau record yang berarti bagi pembuatnya  File diorganisasikan ke dalam direktori.

S.Kom Struktur Sistem Operasi 11 .STRUKTUR SISTEM OPERASI  Aktifitas yang menjadi tanggung jawab OS yang berhubungan dengan manajemen file :  Pembuatan dan penghapusan file  Pembuatan dan penghapusan direktori  Primitif-primitif yang mendukung untuk manipulasi file dan direktori  Pemetaan file ke memori sekunder  Backup file ke media penyimpanan yang stabil (nonvolatile) Diah Arifah P..

dalam hal ini user tidak diperkanankan mengontrol I/O tersebut secara langsung. S..PELAYANAN SISTEM OPERASI  Layanan Sistem Operasi dirancang untuk membuat program menjadi lebih mudah  Pelayanan Sistem Operasi meliputi:  Eksekusi Program  Sistem memanggil program ke memori dan menjalankannya. program dapat mengakhiri eksekusinya dalam bentuk normal atau abnormal  Operasi I/O  Pada saat program sedang dijalankan terkadang membutuhkan I/O.Kom Struktur Sistem Operasi 12 . pengontrolan I/O dilakukan oleh OS Diah Arifah P.

memori. S.Kom Struktur Sistem Operasi 13 . device I/O dll Diah Arifah P..PELAYANAN SISTEM OPERASI  Komunikasi  OS harus menyediakan program yang memungkinkan proses bertukar informasi dengan proses lain  Komunikasi antar proses dapat terjadi pada komputer yang sama atau komputer yang berbeda  Mendeteksi Kesalahan  OS harus sanggup mendeteksi beberapa error yang terjadi pada CPU.

terminate process. write.Kom Struktur Sistem Operasi 14 . load. get file attributes. wait for time. read. wait event. execute. close. S. delete file. allocate and free memory  Create file.SYSTEM CALL  System Call adalah interface antara program dan bagian OS  System Call menjadi jembatan antara proses dan sistem operasi  System Call adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan sistem operasi  System Call dikelompokkan dalam 5 kategori :  Process Control  File Manipulation  End. set process attributes. get process attributes. reposition. create process.. abort. set file sttributes Diah Arifah P. signal event. open.

read. attach or detach remote devices Diah Arifah P. write. or device attributes. transfer status information. set process. get system data. send. receive message. get device sttributes. release device. delete communication connection. set time or date. get process. file or device attributes  Communication  Create. reposition.. S. file.SYSTEM CALL  Device manipulation  Request device. logically attach or detach devices  Information Maintenance  Get time or date. set device attributes.Kom Struktur Sistem Operasi 15 .

S. copy. rename dll Diah Arifah P..SYSTEM PROGRAM  OS terdiri dari kumpulan system program  System Program berada antara OS dan Program aplikasi  System program dibagi menjadi beberapa kategori:  Manipulasi File  Program ini umumnya memanipulasi file dan direktori : create.Kom Struktur Sistem Operasi 16 . delete.

jumlah pengguna memori atau disk space  Modifikasi File  Menyediakan beberapa text editor  Bahasa Pemrograman  Menyediakan compiler. waktu.. S. interpreter Diah Arifah P. jumlah user.Kom Struktur Sistem Operasi 17 .assembler.SYSTEM PROGRAM  Informasi Status  Beberapa program menanyakan sistem untuk informasi status seperti : tanggal.

dan relocatable loader  Komunikasi  Menyediakan mekanisme untuk membuat hubungan virtual antar proses..Kom Struktur Sistem Operasi 18 .SYSTEM PROGRAM  Loading dan Eksekusi Program  Menyediakan loader untk menyimpan program yang dicompile ke main memory seperti absolute loader. user dan sistem komunikasi yang berbeda  Program-program aplikasi  Program-program aplikasi yang digunakan bersama OS adalah pemformat text Diah Arifah P. S.