Nama kelompok 4

1. Dwi Setyo Rini 2. Iga Yustiasari () (1101100049)

Pengertian • MBA (Married By Accident) atau disebut Hamil di luar nikah merupakan .

• Mereka tinggal dirumah orangtua laki-laki. menikah juga karena pergaulan bebas yang mengakibatkan hamil duluan makanya mereka (wanita itu dan suaminya) akhirnya sama-sama tidak lulus SMP. . berumur sekitar 22 tahunan dengan anak 1 yang di asuh oleh buyut anak itu. karena sang laki-laki dan sang perempuan masih sangat muda sama-sama belum dewasa dan sama belum memiliki pekerjaan. karena wanita itu bekerja dan tidak memiliki suami lagi karena sudah bercerai beberapa tahun yang lalu. • Wanita ini menikah pada saat menjelang ujian kelas 3 SMP.Contoh Kasus • Wanita muda. awal-awal pernikahan mereka bingung. untuk makan sehari-hari masih bergantung pada orang tua laki-laki.

hampir setiap hari mereka ribut terus hanya karena hal-hal sepele.• Setelah anaknya lahir wanita itu anggaplah si A namanya. • Beberapa tahun kemudian. . dengan anak yang masih berumur 2 th. mereka telah bercerai. si A hanya berusaha menikmati hidupnya. bekerja menjadi cleaning service disuatu departemen store. karena menurut dia sebenarnya capek hidup seperti ini. Mungkin karena nikahnya juga karena keterpaksaan mengakibatkan kehidupan mereka seperti itu. dan tidak tau sampai kapan dia akan berubah. Si A saat ini bekerja di sebuah bar. Dengan gaji seadanya dan suaminya pun bekerja serabutan dengan hasil pas-pasan.

Film porno yang beredar bebas Pendidikan seks yang tidak adekuat karena dianggap tabu oleh sebagian besar orang tua 3. Kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap anak 8. 2. Pergaulan dengan teman-teman yang tidak sebaya 9. Pendidikan seks yang tidak diajarkan di sekolah atau kampus 4. Kebebasan dalam pergaulan (minuman keras. Ingin coba-coba 6.Penyebab 1. Kurangnya kasih sayang orang tua 7. Kebebasan yang berlebihan 11. narkoba. Dasar-dasar agama yang kurang 10. Masalah yang dipendam . dan sebagainya) 5.

2.Dampak • Dampak resiko kesehatan yang mungkin bisa terjadi dari MBA : 1. Kanker Serviks melakukan hubungan seks. IMS (Infeksi Menular Seksual) IMS bisa terjadi sebagai akibat dari pola seksual multi partner atau promiskuitas. 3. terutama pada usia muda dibawah 18 tahun turut juga menyumbang penyebab utama dari kanker serviks. dimana pada usia muda ini belum terjadi kematangan dari alat-alat kandungan. Gangguan Mental .

2.Solusi / Penanggulangan 1. 3. Jangan pernah mengucilkannya . Bimbinglah untuk mohon pengampunan 5. Jangan emosi berlebihan Berikan motivasi dan dukungan Jangan pernah menyalahkannya secara berlebihan(jangan timpakkan kesalahannya hanya pada dia) 4.

Perlunnya bimbingan kepribadian sekolah. 6. radio. Perlunnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun 2. Sebagai orang tua harus jadi tempat “curhat ” yang nyaman untuk si anak .Pencegahan 1. baik lebih tua darinnya 4. Perlunnya pembelajaran agama. Membiarkan anak bergaul dengan teman sebaya yang hanya beda umur 2 atau 3 tahun. internet. dan handphone 5. Diajarkan pendidikan sex berdasarkan nilai-nilai agama 8. Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti televisi. Adannya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang 3. yang dilakukan sejak dini 7. karena di siswa lebih banyak menghabiskan waktunnya di lingkungan sekolah.

MATTUUUURRRRR THANK YOUUU ^_^ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful