GAMBARAN KOMUNIKASI TERAPETIK SEBAGAI SALAH SATU PENDEKATAN DASAR DALAM PERUBAHAN PRILAKU KESEHATAN TERHADAP PEMELIHARAAN KESEHATAN

GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA 6-12 TAHUN DI POLI GIGI IBU DAN ANAK BANDA ACEH TAHUN 2013 Nama pasien Umur Pekerjaan Alamat : : : : Penilaian pelaksanaan tahap komunikasi terapetik oleh perawat gigi pada pasia anak 6-12 tahun Penerapan Komter Pra interaksi a. b. c. d. e. f. a. b. c. d. e. f. g. h. Tahap kerja a. b. c. d. e. f. g. a. b. Aspek yang di nilai Kesiapan dari perawat Menghilangkan rasa cemas, ketakutan Mengeksplorasi dan perasaan Memulai pembicaraan dan sensitiv terhadap perasaan orang lain Mendapatkan data tentang pesien Merencanakan pertemuan pertama dengan pasien Memberikan salam dan tersenyum pada pasien Menanyakan nama pasien Menanyakan keluhan pasien Empati/ikut merasakan perasaan pasien Mengidentifikasi masalah pasien dengan komunikasi terbuka Merumuskan kontrak(waktu, tempat pertemuan dan topik pembicaraan) Merumuskan tujuan interaksi dengan pasien Memberikan kesempatan pada pasien untuk bertanya Menempatkan posisi duduk pasien Saat berhadapan dengan pasien kaki dan tangan tidak bersilang dan tersenyum pada pasien Menunduk atau memposisikan tubuh ke arah yang lebih dekat dengan pasien Menentukan diagnosa pada pasien Mempertahankan kontak mata sejajar dan natural Bersikap tenang dan tidak terburu-buru dalam melakukan tindakan Memberikan penyuluhan pada pasien Mengevaluasi pencapaian tujuan dari interaksi yang telah dilakukan sebelumnya Menyepakati tindak lanjut interaksi yang telah dilakukan dan merencanakan pertemuan berikutnya Kesan terakhir ada Nilai Tidak ada Nama dokter :

Nama perawat :

Orientasi

Terminasi

c.

Untuk menjaga gigi tetap sehat b. 2 kali sehari b. Makanan apa saja yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adik-adik ? a. Makanan yang mengandung serat dan air c. Pada saat mandi pagi dan sore c. Tidak tahu 4. Ketika sakit saja b. Berapa bulan sekali adik-adik memeriksa gigi kedokter ? a.Berikan tanda silang (X) pada jawaban yang anda anggap paling benar ! 1. Berapa kali dalam sehari adik-adik menyikat gigi ? a. 1 setaon sekali 5. Apakah manfaat menjaga kebersihan gigi dan mulut ? a. 3 kali sehari c. Untuk menjaga kebugaran jasmani . Makanan yang manis-manis b. 1 kali sehari 2. Pada saat Sesudah makan b. 6 bulan sekali c. Untuk menjaga gigi agar terlihat indah c. Kapan saja adik-adik menyikat gigi dalam sehari ? a. Pada saat setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful