BAB III KERANGKA PENELITIAN

A. Kerangka Konsep Pelayanan merupakan kegiatan dinamis berupa membantu menyiapkan, menyediakan, dan memproses, serta membantu keprluan orang lain.Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselengarakan sendiri atau secara bersamasama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencengah dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehata perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat, (Wahid, 2009) Aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pada pasien adalah sikap pendekatan perawat pada pasien. Kualitas tindakan perawatan yang diterima oleh pasien, prosedur administrasi dan fasilitas-fasilitas yang disediakan di Rumah Sakit. Derajat kepuasan pasien adalah dimana mutu suatu pelayanan kesehatan di nilai baik apa bila pelayanan kesehatan tersebut dapat menimbulakan rasa puas pada diri setiap pasien yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk (Azwar, 1996). Berdasarkan konsep pemikiran di atas dapat di buat kerangka konsep penelitian sebagai berikut: Kepuasan pasien meliputi: -Sikap -Tindakan -Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

21

Koesioner Puas> Ordinal 50% Kurang puas<50% Devinisi Cara ukur Alat ukur Hasil ukur Skala ukur -Tindakan Perawat gigi Tanggapan yang diberikan oleh pasien terhadap tindakan perawat gigi yang sudah diterimanya.Pelayanan administrasi C.Tindakan perawat gigi . Devinisi operasional No 1. Variabel penelitian Kepuasan pasien diteliti dari pelayanan kesehatan gigi berupa: .B.Sikap perawat gigi .Fasilitas dipoliklinik gigi . Wawancara Koesioner Puas> Ordinal 50% Kurang puas<50% 22 . variabel Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi meliputi: Sikap perawat gigi Tanggapan yang Wawancara diberikan oleh pasien setelah membandingkan kenerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya.

Wawancara Koesioner Puas> Ordinal 50% Kurang puas<50% -Pelayanan administrasi Tanggapan yang diberikan oleh pasien terhadap pelayanan administrasi yang digunakan oleh perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi Wawancara Koesioner Puas> Ordinal 50% Kurang puas<50% 2.-Fasilitas dipoliklinik gigi Tanggapan yang diberikan oleh pasien terhadap fasilitas yang digunakan oleh perawat gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi. Mutu pelayanan kesehatan Kualitas pelayanan gigi ditinjau dari upaya yang dilakukan dan tingkat kepuasan pasien _ _ _ _ 23 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.