04/07/13

Harian Kompas | Kompas TV

5 Aroma yang Melenyapkan Nafsu Makan - Kompas.com

Female
TEKNO ENTERTAINMENT OTOMOTIF HEALTH FEMALE TRAVEL PROPERTI FOTO

Register | Sign In

Search

Go

Kamis, 4 Juli 2013

NEWS

EKONOMI

BOLA

VIDEO

FORUM

KOMPASIANA

Home / Diet /

5 Aroma yang Melenyapkan Nafsu Makan
Penulis : Christina Andhika Setyanti | Rabu, 26 Juni 2013 | 08:05 WIB Komentar: Share:

Like

18 people like this.

|

KOMPAS.com - Tak diragukan lagi kalau aroma makanan yang sedap bisa membuat perut mendadak jadi lapar. Coba saja cium aroma sedap seperti bau roti yang baru keluar dari panggangan, ayam goreng tepung, atau nasi goreng dengan telur yang sedang didadar. Aroma ini bisa "berbahaya" untuk Anda yang sedang diet.
SHUTTERSTOCK

Adas memiliki sifat diuretik, dan aromanya dapat mengurangi nafsu makan.

Artikel Terkait: 10 Aturan Makan Sehat Trik Diet Aman dan Berkelanjutan Sudah Coba Diet 8 Jam? Diet Alkalin, Bikin Langsing dan Penuh Energi Diet Aman Saat Masih Menyusui
Readers Digest

Tetapi berita baiknya, mencium aroma tertentu ternyata juga bisa membuat nafsu makan Anda lenyap. Ini contohnya: 1. Extra virgin olive oil (minyak zaitun murni) Sebuah studi dari German Research Center untuk Food Chemistry menemukan bahwa menghirup aroma minyak zaitun murni ini saja akan membuat Anda merasa lebih kenyang. Penelitian ini dilakukan dengan cara menambahkan ekstrak minyak zaitun ke dalam yogurt. Peserta penelitian diminta untuk menyantap yogurt ini. Hasilnya, kalori tubuh mereka menurun dan mereka memiliki gula darah yang normal dibandingkan yang hanya menyantap yogurt tawar.

Wakapolri: Ormas Tak Boleh "Sweeping" Mendag Jamin Stok Kebutuhan Pokok Aman Polri Tindak Tegas Ormas Anarkistis pada Bulan Ramadhan

Minyak zaitun ternyata mampu meningkatkan kadar hormon serotonin yang memengaruhi tingkat kekeyangan. Selain itu, minyak ini juga mengandung MUFA, yaitu lemak sehat yang membantu menghilangkan tumpukan lemak di perut. 2. Bawang putih Berdasarkan studi yang dilakukan tahun 2012 dan dimuat dalam jurnal Flavour, aroma kuat bisa membuat Anda makan lebih sedikit. Carilah makanan yang pedas, berbumbu, atau beraroma kuat seperti bawang putih untuk mengerem nafsu makan Anda. 3. Apel hijau dan pisang Studi yang dilakukan di Smell & Taste Treatment and Research Foundation mengungkapkan bahwa penderita kelebihan berat badan yang mencium aroma kedua buah ini saat lapar, akan kehilangan nafsu makannya. Kedua buah ini diduga memiliki aroma manis yang bisa menetralkan rasa lapar. Jika tak memiliki apel hijau atau pisang, cobalah untuk mencium aroma vanila atau peppermint. 4. Adas Tanaman adas mempunyai fungsi diuretik alami, dan bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan ngidam makanan tertentu. Teh biji adas juga menjadi cara sederhana untuk mengontrol nafsu makan, sekaligus meningkatkan energi. Ketika sedang lapar, Anda juga bisa menghirup aroma biji adas atau minyak esensialnya.

female.kompas.com/read/2013/06/26/0805226/5.Aroma.yang.Melenyapkan.Nafsu.Makan

1/2

Jeruk bali Sama seperti buah jeruk lainnya. menyarankan untuk mencium bau jeruk kupas ini terlebih dulu sebelum menyantapnya. responden yang diekspos dengan minyak jeruk selama 15 menit ternyata nafsu makannya menurun dan lama-kelamaan berat badannya berkurang. All Rights Reserved.Aroma.Makan 2/2 . jeruk bali juga mengandung vitamin C dan likopen.Nafsu.Melenyapkan. female. Editor :Felicitas Harmandini Like 18 Tw eet 63 News About Ekonomi Bola Tekno Policy Entertainment Site Map Otomotif Career Health Contact Us Female Travel Properti Foto Video Forum Kompasiana Advertise with Us Pedoman Media Siber ©2008 .yang.2013 PT. Jepang. Biasanya para pelaku diet gemar menyantap buah ini karena kandungan vitamin di dalamnya.04/07/13 5 Aroma yang Melenyapkan Nafsu Makan . Para peneliti ini menemukan.Kompas.com 5.com/read/2013/06/26/0805226/5. Namun para peneliti di Osaka University.kompas. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia).