I.

Pendahuluan
Pentingnya komunikasi dengan manusia adalah suatu hal yang tidak bisa dipungkiri manusia, begitu juga halnya dengan organisasi. Tidak hanya pengetahuan dasar tentang komunikasi, pengetahuan dasar tentang organisasi sebagai suatu lingkungan tertentu yang berstruktur,

berkarakteristik, serta memiliki fungsi tertentu adalah suatu hal yang mendukung kelancaran komunikasi organisasi . Para psikolog berpendapat bahwa kebutuhan utama manusia dan untuk menjadi manusia yang sehat secara rohani adalah kebutuhan akan

Begitu pun dengan departemen lain dan anggota ikami yang selalu berusaha memberikan konstribusi nyata untuk kemajuuan IKAMI Ciputat. Macca na Warani I. Awalnya Departemen ini mepunyai 4 anggota.hubungan sosial yang baik dengan orang-orang lain. Tak lupa kami ucapkan terimkasih untuk ketua ikami sulsel cabang ciputat periode 2012/2013 yang telah membantu dan mempercayakan program kerja selama ini. namun karena adanya ketidaksanggupan beberapa anggota sehingga yang tersisa di akhir kepengurusan hanya tersisa 2 orang. Departemen Informasi dan Komunikasi Ikami Sulsel Cabang Ciputat adalah salah satu Departemen dari 7 Departemen yang ada di Ikami Sulsel Cabang Ciputat. pergaulan.Salam Lempu’. memberi dan menerima persahabatan. Struktur Anggota Kepala Departemen Anggota : : Andi Faried Muzakkir Ayu Firda Raisera Agustina Randy . rasa diterima. Maslow menyebutkan bahwa salah satu dari empat kebutuhan utama manusia adalah terfasilitasinya kebutuhan sosial untuk memperoleh rasa aman lewat rasa memiliki dan dimiliki. Tentunya kendala ini bukan menjadi alasan untuk tidak berinovasi dan berkarya untuk kemajuan Ikami Ciputat. Kepengurusan a.

b.Menjadi mediator informasi dalam menampung dan merealisasikan gagasan anggota . Tanggung Jawab . Laporan Program Kerja Berikut beberapa kegiatan dan agenda program kerja Departemen komunikasi dan informasi selama setahun kepengurusan periode 2012/2013 NO Agenda/Nama Kegiatan Pembuatan Stiker Ikami Sulsel Cabang Status Terlaksana 1 Ciputat Pembuatan dan penyebaran flyer 2 perekrutan anggota baru Ikami Sulsel Cabang Ciputat Pembuatan Website Ikami Sulsel 3 Cabang Ciputat Sayembara Tulisan terbaik Anggota 4 Ikami Sulsel Cabang CIputat Sharing mingguan tentang dunia TI 5 bersama anggota IKAMI 6 Mengadakan kerjasama pembuatan (tidak maksimal) Terlaksana Terlaksana Terlaksana Terlaksana Terlaksana . II.Memberikan Inovasi dan gagasan kreatif yang berhubungan dengan informasi dan komunikasi.

program ini dimaksudam untuk melakukan promosi yang lebih luas melalui media stiker. Pembuatan Stiker Ikami Sulsel Cabang Ciputat. Pembuatan Stiker ini dikordinatori langsung oleh ketua ikami sulsel cabang ciputat.5 x 6 cm. Selain menumbuhkan kemandirian. Pembuatan stiker ini dimaksudkan untuk mengadakan penggemburan dana ikami ciputat.website KKSS Cabang Ciputat. 7 Pembuatan Kartu Anggota (On progress) Tidak Terlaksana III. Program kerja yang terealisasi a. Desain di buat dengan adobe photoshop dengan ukuran 12. .

Output desain dicetak dalam berbagai ukuran (A6. Yayasan Aldina Nusantara dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Pembuatan dan Penyebaran Flyer/poster Perekrutan Anggota Baru Pembutan desain flyer perekrutan anggota baru Ikami ciputat dimaksudkan untuk menarik calon anggota melalui media poster/flyer. A4 dan A3) dan disebarkan di kampus yang ada di Ciputat seperti UIN Syarif Hidayatullah. .b. Pembuatannya menggunakan software Adobe photoshop dan Corel Draw X5.

350. Sayembara Tulisan terbaik Anggota Ikami Sulsel Cabang CIputat Departemen Informasi dan komunikasi membuat sebuah sayembara sederhana untuk memilih tulisan terbaik yang telah diposting oleh admin website ikami ciputat. Pembuatan Website Ikami Sulsel Cabang Ciputat Website Ikami Sulsel Cabang Ciputat yang beralamat di www. Portal informasi yang berupa website merupakan hal yang sangat dibutuhkan sebagai media informasi internal dan eksternal dari sebuah organisasi.000 untuk pembelian domain dan hosting konten. Selain untuk menumbuhsuburkan kegiatan berpikir dan menulis. d. Pembuatan website IKAMI Ciputat menghabiskan biaya sebesar Rp.ikamiciputat.c. sayembara ini juga bertujuan untuk memperbanyak .org adalah program kerja unggulan yang telah direalisasikan oleh departemen informasi dan komunikasi.

Sharing mingguan tentang dunia TI bersama anggota IKAMI Departemen informasi dan komunikasi mengadakan sharing tentang dunia IT dalam lingkup internal. Pengadaan website ini sementara dalam proses dan dikordinatori oleh ketua bidang informasi dan komunikasi. e. Dana yang digunakan berasal dari pemasangan banner iklan di website Ikami Ciputat. membuat media interaktif.konten berkualitas pada website ikami ciputat. Mengadakan kerjasama pembuatan website KKSS Cabang Ciputat. Sharing ini belum dilaksanakan secara kontinyu mengingat ketersediaan pemateri yang belum mumpuni. Pembahasannya seputar pembuatan website sederhana. Departemen informasi dan komunikasi mengadakan kerjasama pembuatan website KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan). f. pengetahuan seputar flash dan animasi effect. .

Pembuatan Kartu Anggota Program kerja ini telah direncanakan di awal kepengurusan hingga menghampiri tahap eksekusi. . Program Yang Tidak Terealisasi . IV. Hal ini pun telah dibicarakan pada RAPIMNAS di Makassar bulan lalu dan diputuskan untuk membuat kartu anggota yang disepakati oleh PB IKAMI.Pembuatan website KKSS juga melibatkan anggota departemen informasi komunikasi untuk mempraktikkan secara langsung ilmu pengetahuan yang didapatkan dari sharing setiap minggunya. namun terdapat kendala ketidakjelasan PB Ikami dalam membuat atribut organisasi berupa kartu anggota Ikami sulsel skala nasional.

Rasa kekeluargaan dan kebersamaan harus tetap terus terjaga VII. VI. Saran Adapun saran dari departemen komunikasi dan informasi adalah sebagai berikut : Peningkatan koordinasi antar sesama Anggota Ikami Sulsel cabang Ciputat. Adapun Laporan Pertanggungjawaban ini kami buat sebagai bentuk tanggungjawab kami terhadap IKAMI dan sebagai bukti bahwa Departemen Komunikasi dan Informasi telah dipercayakan melaksanakan kegiatan sesuai dengan kesepakatan.Jumlah anggota aktif sangat sedikit Teknis penyampaian informasi yang tidak sampai ke semua anggota. terutama antara koordinator dan anggota departemen masing-masing.V. Penutup Demikianlah rangkaian agenda Program kerja Departemen Komunikasi dan Informasi Ikami Sulsel Cabang Ciputat. Hambatan Adapun hambatan yang dialami oleh departemen informasi dan komunikasi adalah sebagai berikut . Melakukan pendataan anggota sebagai database kanggotaan. . Semoga apa yang telah dilaksanakan mencapai sasaran yang kita harapkan.

Ciputat 20 Juni 2013 KETUA DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI IKAMI SULSEL CABANG CIPUTAT PERIODE 2012/2013 Andi Faried .Laporan Pertanggungjawaban ini kami buat dengan sebenarbenarnya untuk dijadikan perhatian semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Semoga apa yang telah kami susun dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful