Deskripsi Kasus Askep Keluarga dengan ibu hamil resiko tinggi

Ny. T berusia 18 tahun sedang hamil anak pertamanya dengan usia kandungan 28 minggu. BB ny.T pada saat sebelum hamil 50kg, pada saat hamil menjadi 65kg. TD 180/150mmhg, R 26x/mnt, N 118x/mnt. Ny.T tinggal bersama suami nya yang bernama Tn.K, Tn.K berusia 30tahun dan bekerja sebagai buruh kuli bangunan yang berpenghasilan sekitar 300-500rb/bulan. Karena

keterbatasan biaya Ny. T tidak memeriksakan kandungan nya ke dokter ataupun ke bidan, sehingga mengakibatkan kurang terkontrolnya kandungan Ny. T ini. Mereka tinggal di sebuah kamar kontrakan yang berukuran 3x3 meter dengan ventilasi dan pencahayaan yang baik. Ny. T mengatakan bahwa ibu nya dulu sewaktu mengandung mengalami hal yang sama dengan diri nya saat ini, yaitu hipertensi dan udem. Ny. T mengaku bahwa selama hamil tidak pernah mengontrol makanan yang dia makan, dia juga mengatakan bahwa dia lebih suka pada makanan yang asin dibandingkan dengan makanan yang manis.

Format Pengkajian Keperawatan Keluarga

I.

DATA UMUM 1. Nama Kepala Keluarga (KK) 2. Alamat 3. Pekerjaan Kepala Keluarga 4. Pendidikan Kepala Keluarga 5. Komposisi keluarga no 1 Nama Ny. T Jenis kelamin Perempuan

: Tn. K : jl. Valley No. 128 : buruh kuli bangunan : SD : Hubungan dengan KK Istri : Umur 18thn Pendidikan SD

6. Genogram

Amir 70 thn

Ana 69 thn

Ari 75 thn

Susi 71 thn

Andri 23 thn

Nana 17 thn

Keterangan: : Laki-laki : Laki-laki sudah meninggal

: Perempuan

: Perempuan sudah meninggal : Ibu hamil

T untuk berpendapat. maka . T dan Tn. K merupakan seorang yang keras sehingga tidak memberikan kesempatan kepada Ny. K masih menjaga hubungan antara keluarga nya dengan keluarga istri nya begitu pun Ny. Tahap perkembangan keluarga saat ini : keluarga baru/pemula (beginning family) 13. K keras dan tidak memberikan kesempatan pada Ny.  Membangun jaringan keluarga yang harmonis : meskipun Tn.  Merencanakan Keluarga : karena Tn. K ini keras tetapi Tn. RIWAYAT DAN TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA 12. Aktifitas rekreasi keluarga : Keluarga inti (Nuklear) : Sunda : Islam : Dibawah UMR : Nonton tv II. Agama 10. Status sosial ekonomi keluarga 11.: Identifikasi keluarga : Tinggal dalam satu rumah 7. Suku bangsa 9. T. karena Tn. sehingga bisa disimpulkan bahwa mereka sudah bisa menjalankan fungsi sosialisasi keluarga. K kurang baik. Tahap kembangan keluarga yang belum terpenuhi :  Membangun perkawinan yang saling memuaskan : dari hasil wawancara yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa komunikasi yang terjalin antara Ny. Tipe Keluarga 8. T untuk berpendapat.

TBC. Untuk Tn. T kurang mengetahui bagaimana cara nya melakukan parawatan pada dirinya yang sedang hamil. K mengatakan. Padahal Ny. T tidak menyadari bahwa kenaikan berat badannya tidak normal dan tekanan darah nya juga tidak normal. . Dengan kondisi nya yang sekarang Ny. luas kamar ± 3x3 meter2 dan hanya terdiri dari sebuah kamar. Riwayat keluarga sebelumnya : Tn. III. T tidak mempunyai riwayat penyakit yang berbahaya seperti kencing manis. PENGKAJIAN LINGKUNGAN 16. K yang menginginkan untuk segera mempunyai anak. T ingin nya menunda kehamilannya dikarenakan dia merasa belum mampu untuk merawat anak dengan kondisi ekonomi seperti sekarang ini. Jantung. keluarga Tn. Karakteristik rumah Kondisi kamar kontrakan permanent dengan lantai yang memakai ubin. Sehingga Ny.K selama 6 bulan terakhir ini hanya pernah merasakan flu dan batuk selama 4hari. Ny. T mengatakan belum pernah memeriksakan kandungannya ke bidan di karenakan tidak ada uang untuk membayarnya. K dan Ny. 14. Dan sembuh dengan mengkonsumsi obat warung. hepatitis. 15. Ventilasi dan pencahayaannya cukup baik yang berasal dari jendela dan ventilasi. hipertensi. Di kamar kontrakan nya ini kamar mandi terletak di luar kamar dan dipergunakan bersama-sama dengan tetangga kontrakan lainnya. Riwayat Keluarga Inti : Selama 6 bulan terakhir ini.untuk masalah KB ini keputusan nya diambil oleh Tn.

19. K mengatakan bahwa hubungan seluruh anggota keluarga dengan masyarakat lainnya cukup harmonis. C dalah sebagai berikut. 18. Mobilisasi geografis keluarga Tn. Karakteristik tetangga dan komunitas RW Tn. Dalam keluarga sering mengalami masalah serta konflik dalam berinteraksi . K mengatakan sering berkumpul dan berinteraksi pada malam hari setelah makan malam sambil menonton TV. Perkumpulan keluarga dan interaksi dengan masyarakat Tn. 1 2 17. K mengatakan bahwa keluarga mempunyai kebiasaan berpindah tempat karena keluarga belum memiliki rumah tetap. Denah rumah Tn.Sedangkan sumber air minum keluarga berasal dari ledeng. disini tidak ada budaya setempat yang mempengaruhi kesehatan. dalam melakukan suatu kegiatan dilakukan dengan gotong royong. jarak rumah dengan tetangga cukup dekat.

Nilai dan norma keluarga Ny. Ny. Struktur peran Tn. benang dan panglai .K. Sistem pendukung keluarga Yang merawat Ny. 24. T mengatakan bila ada sisa dari kebutuhan sehari-hari. T hanya suaminya. STRUKTUR KELUARGA 20. T sangat mempercayai kebiasaan pada orang sunda pada saat sedang hamil. Pola komunikasi keluarga Tn. ditabung untuk biaya persalinan. T kurang nyaman sehingga tidak dapat berdiskusi dengan baik untuk kesehatan kandungannya dengan Tn. 23. K mempunyai peran dalam rumah tangga sebagai pencari nafkah dan Ny. K ini sering kali adalah komunikasi 1 arah dan ini yang membuat Ny.IV. Struktur kekuatan keluarga Tn. K mengatakan bahwa anggota keluarga berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Sunda. K mengatakan apabila ada masalah maka dia sendiri yang akan mengambil keputusan tanpa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan istri. penitik. T sebagai ibu rumah tangga. Dia selalu membawa-bawa gunting. 22. 21. Komunikasi berlangsung dengan kurang baik karena yang dilakukan Tn.

26. Setiap anggota keluarga selalu membina kehangatan dalam rumah tangganya dan setiap malam selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan anggota keluarga. Fungsi sosial Tn. cukup dengan mengkonsumsi obat warung saja. karena alasan ekonomi. K mengatakan bahwa hubungan semua anggota keluarga baik. FUNGSI KELUARGA 25. Fungsi perawatan kesehatan Tn. norma budaya dan perilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di keluarga dan yang berlaku di masyarakat. Dia percaya bahwa itu semua dapat melindungi dirinya dan kandungannya. V. Fungsi Afektif Setiap anggota keluarga menghargai dirinya sendiri dan mereka saling membutuhkan satu sama lain. K mengatakan jika ada keluarga yang sakit.kemana pun dia pergi. . 27.

Fungsi reproduksi Ny. tempe. . K mengatakan masalah dalam keluarganya yang sampai saat ini masih dirasakan adalah masalah ekonomi. T mengatakan penghasilan di keluarganya hanya pas-pasan bahkan kadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. tahu. Anggota keluarga mempunyai pakaian ganti walaupun sangat sederhana. VI. K mengatakan penghasilan yang didapat hanya mencukupi kebutuhan makan sehari-hari dan keluarga hanya mampu menyajikan makanan seadanya seperti : nasi putih. T mengatakan bahwa tidak dia tidak mengetahui bagaimana cara nya merawat kandungan dan tidak pernah memeriksakan kandungannya tersebut ke bidan dikarenakan masalah ekonomi. 29. Keluarga belum bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada karena hawatir harus membayar. telor. sayur-sayuran. sehingga apabila ada anggota keluarga nya yang sakit cukup dengan mengkonsumsi obat warung saja. kadang-kadang daging.28. STRES DAN KOPING KELUARGA 30. Ny. ikan laut. Fungsi ekonomi Tn. Stressor jangka pendek dan jangka panjang  Sressor jangka pajang : Tn.

K mengatakan bahwa keluarga tidak pernah melakukan hal-hal yang menyimpang dalam menghadapi segala masalah yang ada seperti menyelesaikan masalah dengan menggunakan kekerasan dan selalu menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. . maka segera dibicarakan dengan anggota keluarga untuk mencari pemecahan masalah. Dia tidak tahu bagaimana cara merawat kandungannya tersebut. 31. K mengatakan bila ada masalah dalam keluarga. Strategi adaptasi disfungsional Tn. 32. 33. Stressor jangka pendek : Ny. K mengatakan anggota keluarganya tidak ada yang menggunakan cara-cara diluar cara umum seperti kekerasan dalam menghadapi masalah. Strategi koping yang digunakan Tn. Kemampuan keluarga berespon terhadap stressor : Tn. T merasakan kebingungan merawat kandungannya ini.

7 RR : 26x/mnt BB : 65 kg TB : 155 cm 5. tidak rontok Tidak ada luka Tidak ada Lonjong. simetris Merata. 2. T Baik. tampak kurus TD :130/100 mmhg Nadi : 90x/mnt Suhu : 36. gemuk TD : 180/150 mmhg Nadi : 118x/mnt Suhu : 36. Mata : Konjungtiva Simetris Visus Merah Simetris 6/6 Pucat Simetris 6/6 6. Kepala : Bentuk Rambut Kulit kepala Kelainan Lonjong. rontok Tidak ada luka Tidak ada sedikit Ny.VII.5 RR : 20 x/mnt 3. K Baik. PEMERIKSAAN FISIK No 1. Pemeriksaan fisik Keadaan umum TTV Tn. simetris Merata. Hidung : . Antropometri BB : 50 kg TB : 160 cm 4.

Mulut dan faring : Leher : kelenjar tiroid Tidak bengkok Tidak berdarah Tidak ada Tidak bengkok Tidak berdarah Tidak ada Sedang Tidak berdarah Baik Tidak ada keluhan Tidak membesar Sedang Tidak berdarah Baik Tidak ada keluhan Tidak membesar 10. Telinga : Ukuran telinga Lubang telinga Pendengaran 8. Thorak Paru-paru Tidak ada suara Tidak ada suara Tidak ada kelainan penyakit kulit Tidak ada kelainan tamabahan Jantung tambahan Tidak ada Tidak ada pembesaran pembesaran jantung Mamae jantung Tidak ada keluhan Terjadi pembesaran karena produksi air susu .Tulang hidung Septum nasi Kelainan 7. 9. Integument dan kuku Integument Tidak ada luka dan Tidak ada luka dan penyakit kulit Kuku 11.

pada fundus teraba keras. melenting dan keras bagian masih (kepala) dan terbawah dapat digoyang-goyangkan. teraba pada perut sebelah kiri Leopold 3 : Teraba bulat. tidak Leopold 1 : TFu 30 ada acites cm. Palpasi : tidak ada nyeri. Abdomen Tidak ada benjolan.12. bulat dan lunak (bokong). Leopold 4 : Kepala janin belurn masuk . Leopold 2 : Punggung janin terletak di bagiart perut kanan dan bagian keci-kecil (ekstremitas). usia janin ± 28 minggu.

HARAPAN KELUARGA Ny. T berharap bisa memantau lebih lanjut kondisi kadungannya ini hingga proses melahirkan nanti. Ekstermitas : Gerakan Udeme Dapat digerakan Tidak ada udeme : DJJ Dapat digerakan Udeme VIII. T juga berharap agar bisa mendapat keringanan biaya dalam hal pemeriksaan kehamilan dan proses melahirkan nantinya.PAP. Ny. . Auskultasi 100x/mnt 13.

serta tidak mengetahui apa diri nya sebelum hamil juga hipertensi atau tidak. T mengatakan denganketidakmampuankeluarga kehamilan usianya saat ini 18 merawatanggota tahun dan sedang diusiamuda keluargadengan BUMIL resti hamil 28 minggu. klien berat) mengeluh bahwa dia merasa nyeri leher dan kepala. Sebelum hamil klien menyatakan bahwa klien tidak tahu apa itu hipertensi. Klien tidak pernah menjalani diet apapun sehingga klien hanya makan makanan kesukaannya saja (makanan asin) Data objektif : TD : 180/150 mmhg Suhu : 36. . resti/ Anemia Ny. Masalah Kesehatan Data subjektif : Hipertensi pada Klien manyatakan kehamilan dirinya sedang (pre eklamsia hamil. T mengatakan sejak dulu tidak suka makan sayurDiagnosa keperawatan Hipertensi pada kehamilan berhubungan dengan tidak tahuan ibu dalam merawat kandungan.7 Nadi : 118x/menit RR : 26x/menit BB asal 50 kg Bb sekarang 65 kg 2. Ny.Analisis data No Data 1. T berhubungan Ny. Data subjektif : BUMIL.

Anemia Ny. sehingga tidak terpantau perkembangan kandungannya. T berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga dengan BUMIL resti . Ny. Ny.T mengatakan tidak tahu ba-haya kehamilan diusia muda.8°C RR = 23x/menit CRT = 3 detik DIAGNOSA 1. Hipertensi pada kehamilan berhubungan dengan tidak tahuan ibu dalam merawat kandungan.T mengeluh tidak dapat mengontrol kandungannya karena masalah ekonomi.sayuran Ny.T mengatakan kadangkadang pusing Data objektif : Konjungtiva anemis TD = 110/90 Mmhg N = 82x/menit S = 36. 2.

SKALA PRIORITAS MASALAH MASALAH KESEHATAN HIPERTENSI PADA KEHAMILAN No. T maka mereka tidak mengetahui cara mencegah bahaya kehamilan usia muda Harus ditangani segera supaya keluarga dapat memutuskan tindakan perawatan yang tepat pada anggota keluarga yang sakit. Menonjolnya masalah Segera ditangani = 2 Dirasakan tapi tidak segera ditangani =1 Masalah tidak dirasakan= 0 JUMLAH SKOR . Dengan tingkat pendidikan SD pada keluarga Ny. T tidak dapat mengontrol kandungannya karena masalah ekonomi 2. Kriteria Sifat masalah Potensial = 1 Resiko = 2 Aktual = 3 Perhitungan Skor 1 Pembenaran Saat ini Ny. Kehamilan usia muda dapat dicegah dengan tingkat pengetahuan tinggi dan perekonomian yang memadai. 4. T hamil 28 minggu pada usia 18 tahun kehamilan usia muda adalah keadaan dimana seorang mengalami masa konsepsi dengan usia < 20 tahunyang akan dapat menyebabkan komplikasi pada eklamsi dan preeklamsi dalam persalinan Ny. Kemungkinan masalah dapat diubah Mudah = 2 Sebagian = 1 Tidak dapat = 0 Potensi masalah untuk dicegah Tinggi = 3 Sedang = 2 Rendah = 1 0 3. 1.

SKALA PRIORITAS MASALAH MASALAH KESEHATAN PADA BUMIL RESTI No.Dengan tingkat pendidikan SD padakeluarga Ny. T hamil 28 minggu pada usia 18 tahun kehamilan usia muda adalahkadaan dimana seorangmengalami masa konsepsi dengan usia < 20 tahunyang akan dapat menyebabkan komplikasi pada eklamsi dan preeklamsi dalam persalinan Ny. 4. Kemungkinan masalah dapat diubah Mudah = 2 Sebagian = 1 Tidak dapat = 0 Potensi masalah untuk dicegah Tinggi = 3 Sedang = 2 Rendah = 1 0 3. Kriteria Sifat masalah Potensial = 1 Resiko = 2 Aktual = 3 Perhitungan Skor 1 Pembenaran Saat ini Ny. T tidak dapat mengontrol kandungannya karena masalah ekonomi 2. Menonjolnya masalah Segera ditangani = 2 Dirasakan tapi tidak segera ditangani =1 Masalah tidak dirasakan= 0 Kehamilan usia muda dapatdicegah dengan tingkat pengetahuan tinggi dan perekonomian yangmemadai. T makamereka tidak mengetahuicara mencegah bahayakehamilan usia muda Keluarga mengatakanmasalah BUMIL resti perlu untuk segera ditangani karena dikhawatirkan dapatmembahayakankese lamatan jiwa BUMILdan janinnya . 1.

JUMLAH SKOR Prioritas diagnosa adalah : 1. . Ketidakmampuan keluarga dalam merawat dan mengontrol kandungan karena masalah ekonomi. Kurangnya pengetahuan keluarga tentang preeklamsi berat 2.

T memakan ikan asin dan daging. T.Keluarga mengetahui bahwa penyakit hipertensi merupakan penyakit yang disebabkan krn gaya hidup yang salah. gejala dan penyebabnya dan bahaya komplikasi yang ditimbulkan tentang resiko pre eklampsi terhadap istri dan calon bayinya - . 1. Tujuan Umum Keluarga memiliki pengetahuan penanganan dan kontrol penyakit. .T. Kriteria Evaluasi Kriteria Standar Rencana Keperawatan Keluarga .Memberikan sejumlah informasi mengenai penyakit. Afektif - Anjurkan keluarga untuk memisahkan makanan anggota keluarga dengan makanan Ny.Keluarga memisahkan makanan anggota keluarga dengan makanan Ny. Afektif Memberikan daftar menu bagi ibu hamil dengan pre eklampsi .PERENCANAAN ASUHAN KEPERAWATAN No.Keluarga tidak membiarkan Ny. Diagnosa Keperawatan Hipertensi pada kehamilan berhubungan dengan ketidaktahuan ibu dalam merawat kandungan. Khusus Kognitif .

2. Jelaskan kembali hal-hal yang belum dimengerti 1. minggu gejala dan dampak diharapkan dari anemia pada keluarga ibuhamil. Sarankan KK untuk tetap memeriksakan kehamilan istrinya dengan teratur ketempat pelayanan kesehatan. Kognitif Keluarga mampu mengenal faktor pen yebab. Anemia Ny. K e l u a r g a dapat mengambil keputusan yang tepat untuk perawatan kehamilan istrinya. 2. 3. Gali pengetahuan keluarga tentang anemia yang dialami ibu. Anjurkan ibu untuk mengurangi aktivitas yang berlebihan. gejala dan dampak dari anemia pada ibu hamil 1. Keluarga mengenal selama 2 faktor penyebab. gejala dan dampak buruk akibat anemia pada ibu. 1. T berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga merawat anggota keluarga dengan BUMIL resti Setelah Setelah diberikan diberikan asuhan selama 30 asuhan menit diharapkan: keperawatan 1. Anjurkan ibu untuk makan makanan yang sehat dan bergizi. Sarankan pada KK untuk member perhatian yang lebih pada ibu. Jelaskan pada keluarga tentang pengertian .2. Keluarga mampu merawat dan memperbai ki kondisi ibu hamil dengan anemia 1. dapat mencegah terjadinya penyulit pada saat kehamilan dan persalinan 2. K e l u a r g a m a m p u merawat ibu hamil dengan anemia. 3. Afektif Keluarga dapat mengambil keputusan yang tepat Afektif 3. Anjurkan ibu untuk selalu memeriksakan kehamilannya dan memeriksakan kadar hemoglobin darahnya di pelayanan kesehatan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful