KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK GEOLOGI PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI

MAKALAH AGAMA ISLAM

ISLAM, DUNIA MODERN, DAN PENGETAHUAN

OLEH NAMA STB : APRILA F. PARMA : D611 12 259

MAKASSAR 2013

Bahar Akkase Teng.KATA PENGANTAR Segala puji penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan baik . disertai dengan analisa dan kesimpulan serta hal yang lain sesuai dengan tugas. Dalam penyusunan tugas ini tentu jauh dari sempurna. dapat memberikan wawasan baru bagi pembaca yang mungkin masih asing dengan dunia modern dan pengetahuan dalam mata Islam. Lcp sebagai dosen mata kuliah Agama Islam yang telah memberikan banyak saran dan wawasan baru mengenai pengolahan logam. Semoga dengan adanya tugas ini kita dapat belajar bersama demi kemajuan kita dan kemajuan ilmu pengetahuan. M. Dunia Modern. Bersama ini penulis juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya tugas ini. 3 Mei 2013 Penulis . dan pengetahuan. Tulisan ini adalah hasil pembicaraan dan penelitian penulis dalam memenuhi tugas mata kuliah Agama Islam berjudul Islam. terutama kepada Bapak H. Makassar. oleh karena itu segala kritik dan saran sangat penulis harapkan demi perbaikan dalam pembuatan tugas-tugas yang lain di masa mendatang. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dengan adanya penyusunan laporan seperti ini.

..................1 KESIMPULAN..................4..........2 SIFAT TIMAH............................23 3.................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1...........6 MANFAAT DAN DAMPAK PENGOLAHAN TIMAH .........................................9 2.................11 2...................................1 LATAR BELAKANG..........................3 TUJUAN........................17 2....1 PENGERTIAN TIMAH....................................2 BAB II PEMBAHASAN 2.....................................................................................................................................................................................................................................................................2 SIFAT FISIKA TIMAH.................4 PROSES PENAMBANGAN DAN PENCUCIAN TIMAH......................................................14 2....................21 BAB III PENUTUP 3...................1 1...................................3 2..............................................................................5 PROSES PENGOLAHAN TIMAH ........................................24 DAFTAR PUSTAKA .....................................1 SIFAT KIMIA TIMAH.....................................13 2..............10 2........1 1...................3 POTENSI TIMAH DI INDONESIA...................................2 RUMUSAN MASALAH.......................................................................................2 SARAN .........................................4..............

Seperti apa jahilnya kaum muslimin ? . maka tidak ada jalan lain kecuali dia harus sadar akan tanggung jawabnya dan melemparkan selimut kekolotan masa lampau dan harus pula memperlihatkan kepada masyarakat dunia bahwa umat muslim adalah golongan manusia yang paling berhak untuk hidup kekal di dunia ini berdasarkan watak dan sifat asli yang terdapat di dalam prinsip-prinsip agamanya. Bagaiman Tindakan-tindakan Barat yang agresif ? 4.BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Tidak dapat disangkal lagi bahwa perubahan-perubahan penting dan maha hebat telah timbul sebagai akiibat dari dua kali peperangan dunia yang terjadi dalam abad ini (Perang Dunia I dan Perang Dunia II) yang telah menggoncangkan jantung kemanusiaan serta sendi dasar pusaka budayanya dan menimbulkan kesulitan-esulitan yang bukan sedikit kepada seluruh umat manusia di seluruh penjuru dunia ini.2. Agar Islam dapat ikut aktif menyelesaikan masalah-masalah dunia. Bagaimana dunia islam di antara kapitalisme dan komunisme ? 5. makalah ini secara khusus akan membahas permasalahan : 1. Seperti apa pertentangan antara timur dan barat ? 3.1. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian tersebut diatas. Bagaimana kesatuan dunia islam dan sangkut pautnya satu sama lain ? 2. 1.

Bagaimana pendapat Islam tentanng pendidikan ? 1. .3. Bagaimana rencana dan usaha cendekiawan muslim ? 7. Tujuan Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah Agama Islam mengenai islam. dunia modern. Bagaimana bahaya peradaban Barat ? 9. Apa saja keagungan prinsip-prinsip Islam ? 8.6. dan pengetahuan agar pembaca dapat memahami mengenai proses modernitas pentingnya pendidikan dalam pandangan Islam.

Dan hal ini merupakan kemenangan yang mendadak yang diciptakan oleh suasana dan keadaan. Kesatuan Dunia Islam dan Sangkut Pautnya satu Sama Lain Sesudah usainya kedua Perang Dunia. yang disangka oleh orang yang kehausan seolah-olah air. akan tetapi setelah didatangi ternyata hanya bayangan belaka.1. karena cita-cita orang Barat itu tidak berlangsung lama dan akhirnya hanya merupakan fatamorgana saja. selalulah kaum cerdik cendekiawan dan ahli-ahli pikir Barat memperingatkan bangsanya agar jangan mengganggu kesatuan dan . mujurlah. Dan orang-orang Barat selalu memperhatikan kenyataan-kenyataan yang datang tiba-tiba ini – yang telah mendoron negara-negara Islam tersebut dalam jalan revolusinya ke arah kemerdekaan – tapi masih tetap dibayangi oleh perpecahan lahiriah dan ketidakseragaman bentuk-bentuk pemerintahan. Setelah itu. undang-undang dasar. makan kesempatan ini mereka pergunakan sebaik-baiknya untuk menghancurkan kembali kesatuan umat Islam yang abadi itu serta melumpuhkan segala ikatan-ikatan suci mereka selagi setiap negara Islam tersebut dalam kebingungan untuk menentukan susunan pemerintahan. serta peraturn mereka yang saling berbeda menurut keadaan negara mereka masing-masing.BAB II PEMBAHASAN 2. Akan tetapi. baik yang pertama maupun yang kedua nampaklah muncul negara-negara Islam dengan berbagai macam susunan pemerintahan dan undang-undang dasar yang disetujui oleh negara-negara itu masing-masing.

persatuan umat islam itu. 2. akan tetapi karena dia memiliki kekuatan sendiri yang sejati. Adapun yang menjadi sumber utama keagungan Islam ini adalah karena kekuatannya bukanlah didapat dari pengalaman-pengalaman hidup agama lain atau orang lain dan bukna pula pada kehendak masa dan suasana.2 Pertentangan Antara Timur dan Barat Adapun yang menjadi dasar utama pembagian tradisional itu adalah pendapat bahwa dunia ini terbagi kepada dua belahan yang berbeda. sebab mengganggu kesatuan ini. sama artinya dengan menggosok-gosok pohon berduri atau menggenggam bara api. yang berurat tunggang di dalam prinsip-prinsip Islam. Dan para penyelidik dan peneliti barat sellau menyatakan bahwa tidak pernah terdapat. di masa sekarang. yaitu timur dan barat. seorang Islam yang tidak gandrung dan merindukan persatuan dan kesatun besar umat Islam yang pada dasarnya tidak bersifat materialistis itu. seperti kesulitan-kesulitan dan berbagai rintangan yang timbul. . perasaan ini kadang tersembunyi di balik kenyataan=-kenyataan hidup yang ada. Padahal rasa persatuan ini selalu saja tumbuh kembali dan berkembang. baik di masa lampau. dan tentu tidak pula di masa yang akan datang. dan setiap belahan itu masing-masing mempunyai peradaban. Dan islam pun menghendaki agar manusi tetap memelihara segala sesuatu yang bersesuaian dengan prinsip-prinsip agama yang agung serta ajaran-ajarannya yang mulia. Akan tetapi. sehingga orangorang yang dangkal pikirannya mengira bahwa rasa persatuan dankesatuan itu telah mengecil bahkan hampir musnah sama sekali dari hati kaum muslimin.

Menurut pengertian pendeta Thomas Aquinas dengan agama Masehi menurut Pragmatisme Amerika. and never the twins can meet” -Rudyard KiplingAhli-ahli pikir barat memnag telah berusaha dengan sengaja untuk memperluas jurang pemisahan itu dan engan sengaja pula menyatakan tantangan mereka terhadap apa saja yang bersifat kerohanian dan secara terus terang mereka mengingkari segala sesuatu yang abstrakyang tidak diketahui sebab musababnya yang nyata. dan pusaka ilmu pengetahuan yang sungguh berlainan satu sama lain menurut konsep teori perbedaan.kebudayaan. Selanjutnya merek pun menghendaki pemisahan-pemisahanilmu-ilmu eksperimental dari agama dan mereka pun bertepuk tangan. Karena pengaruh teori pemisahan yang telah dicetuskanoleh ahli-ahli pikir barat modern itu. sehingga akhirnya terbentanglah di antara kedunaya jurang yang snagat dalam. yaitu : . yang mereka kumandangkan dengan hangat dan bersemangat sekali. menyorakkan keunggulan ilmu-ilmu eksperimental itu atas agama dan mereka nyatakanlah bahwa segala sesuatu yang tidak tunduk kepada eksperimen berarti tidak ada dan tidak pantas untuk dipercayai. terdoronglah Eropa ke arah jalan yang menyebabkan mereka secara sedikit demi sedikit menjauh dari peradaban Timur. ebagaimana diungkapkan oleh pengarang Inggris berikut : “East is East and West is West. menyatakan bahwa di dalam diri seseorang mungkin sekali berhimpun dua macam kepercayaan. adat istiadat. tradisi.

karena mereka menguasai kekuatan materi yang durjana secra berlimpah.tidak mungkin dapat diterima. Kepercayaan ini mengingkari apa saja yang tidak tunduk kepada eksperimen pancaindera dan menyerang secara gigih. dan tidak memikirkan cara-cara untuk mempertahankan kepercayaan tersebut. Ketiga hal inilah yang menyebabkan kesombongan memenuhi hati mereka lalu mereka memandang rendah kepada peradaban Timur yang senantiasa tinggal setia kepada prinsip-prinsip kerohaniannya yang suci. -. Kedua kalinnya karena mereka dapat memegang dua kendali seklaigus. yaitu penyerahan diri yang tidak memerlukan dasar-dasar logika dan tidak mencari-cari alasan. Ketiga kalianya. yang tidak hanya menusatkan perhatian dan kegiatan mereka di dalam ilmu-ilmu . Dan tempat kepercayaan ini adalah akad. yang mana oleh akal yang serendahrendahnya sekalipun. pertama sekali karena ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Kedua – Kepercayaan terhadap ilmu pengtahuan dan apa-apa ynag dikandungnya yang berupa berdirinya benda engan ujud yang hakiki. kendali penjajahan dan kendali pemerintahan. Oleh karena itu kita tidak dapat mengerti bagaiman orang-orang mendakwakan bahwa mereka itu adlah ahli-ahli pikir. Dan tempat kepercayaan ini adalah hati.Pertama – Kepercayaan keagamaan. dan yang paling mudah tertipu bahakn yang paling mudah tersesat. tidak sibuk unutk mencari-cari keterangan. asas-asas keTuhanan. yaitu berupa iman.3 Tindakan-Tindakan Barat yang Agresif Kekaguman orang Barat terhadap diri mereka sendiri. dapat engan mudah menerima logika yang tidak benar itu. 2.

yang telah menjamin kelestarian dankelanggengan hidup bagi peradaban Timur dengan kodrat yang tidak dapat digambarakan dan dipahami orang-orang Barat. Adapun sebab utama yang menyebakan mereka meletakkan prinsip-prinsip ekonomi pada urutan pertama dan memberikan prioritas kepadanya atas segala persoalan hidup lainnya. Akan tetapi keadaan jadi berbahay dan selayaknya kita lawan – bahkan kita tantang habishabisan ialah stelsel politi mereka yang diciptakan menurut ilham hawa nafsu yanga jahat dan tujuan yang angkara murka.pengtahuan keduniaan saja. mereka ciptakan berbagai macam hak-hak istimewa sebagai kamuflase seperti “hak perlindungan”. Yang patut disesalkan ialah bahwa ekspansi pengaruh barat itu sedikit demi sedikit telah melus dan setahap demi setahap meluncur ke dunia Timur dan berangsur-angsur menyusup ke dalam lingkungan hidup umat-umat di belahan bumi ini. dan sebagainya. apalagi untuk dicernakan dan diambil manfaatnya oleh mereka. “hak perwalian”. dan apa yang dikatakan “tetap pendirian”. tentulah bahayanya tidak akan . Selama materialisme menguasai pandangan hidup mereka. Dan seandainya persoalan itu hanya terhenti disitu saja. ialah kartena keinginan mereka untuk mencariakn jalan keluar bagi hasil-hasi industri dan perdagangan mereka. hingga meliputi seluruh daerah dan alam sekitarnya. atau “hak mengurus kepentingan orang lain”. tentu akan ringanlah akibat dan aksesnya ala kadarnya. Untuk kepentingan ini. Seandainya masalah ekspansi itu hanya terbatas pada segi-segi kehidupan materil belakan dan pada aspek-aspek praktis dari eksistensi manusia. Mereka mencap perbuatan orang-orang Timur itu statis.

sebagaimana yang disebut dengan istilah sekarang “Perang dingin” atau perang urat syaraf. dan menghancurkan cita-cita umat manusia. Hanya saja mujurnya. dan kemudian bertentangan. berbentrokan. Dalam keadaan demikian. melumpuhkan kekuatan. demi untuk kebenaran dan fakta sejarah – mestilah kita nytakan dan akui bahwa di . dan bergantian hantam-menghantam. dan tuduh menuduh. ekspansi itu telah menyerang rohani dan menaklukan jiwa bangsa-bangsa Timur dan menyelinap ke dalam lubuk hati sanubari mereka. yang telah diusahakan oleh dunia barat untuk menebarkan danmenyebarkannya dalam tindaknnya menguasai dunia Timur. untuk sementara ini terpaksa berubah. melemahkan moral. Akan tetapi celakanya. bahwa sesudah selesainya peperangan dunia yang kedua.begitu besar dan kerusakan-kerusakan tidak akan terjadi. disebabkan oleh tindakan saling menghantam di antara kedua blok tersebut tadi. bahkan berkeinginan hancur menghancurkan. berkontak.4 Dunia Islam diantara Kapitalisme dan Komunisme Sebagai kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. keadaaan sudah berubah sama sekali dan berbagai persoalan telah menjadi sulit dan rumit. 2. karena tidak lama sesudah itu kita telah dapat menyaksikan -. Karena betulbetul menegangkan urat syaraf. sikap ekspansi usang tiu. meguras kegiatan.sebagai akibat perbauran berbagai kebiadaban yang anarkistis yang telah ditimbulkna oleh peperangan dunia yang biadab itu – lahitnya berbagai macam mazhab dan teori di dalam bidang ekonomi dan politik yang satu sama lain mulai bertemu. yang harus menjadi tugas dan kewajiban kita.

yang pada dasatrnya keduanya bersamaan dalam tabiat. 2. bahwa sebagian besar kaum muslimin sekarang ini tidak sanggup memainkan peranan itu disebabkan karena sebagian golongan diantara mereka itu sama sekali tidak mengerti isi dan tujuan agama mereka sendiri.5 Jahilnya Kaum Muslimin Terhadap Agamanya dan Terhadap Kebudayaan Barat Sesungguhnya disamping kedua blok besar Barat itu. 2. yang telah menyerukan dengan segenap suara dan tenaganya untuk menerangkan kepada msayarakatnya bahwa pertumbuhan materialme yang terus menerus itu adalah hal yang sangat berbahaya bagi peradaban Barat.6 Kesadaran Kaum Cerdik Cendekiawan Islam dan Rencana Usaha Mereka . berdirilah dengan megahnya mercusuar Islam yang agung dan jaya memancarkan sinarnya yang terang benderang ke arah sudut-sudut dunia yang gelap guna menerangi kekelamannya dan menampakkan apa yang tersembunyi disana. berjiwa suci. berpikiran tajamn. dan keinginan. Dan disamping itu mereka selalu diahntuai oleh khayalan mereka sendiri yang menggambarkan bahwa peradaban barat itu jauh lebih tinggi dan superior dari Islam dan peradabannya dalam segala hal. pembawaan.dunia barat itu terdapat pula orang-orang berakal sehat. walaupun nampak banyak berselisih pendapat dalam mazhab-mazhab perekonomian dan stelsel politik. Hanya sayangnya. dan berhati mulia. tujuan.

Buktinya. Dunia islam itu sendiri meskipun terpengaruh juga dengan peradaban Barat. Tindakan ini dilakukan bukan dengan motif karena lemah atau takut. dengan tetap memelihara kepribadian sendiri secara sempurna dan selalu berpedoma kepada prinsip-prinsip sendiri. seorang . masih bersikap waspada dan hati-hati terhadapnya. yaitu : Pertama. yang berlandaskan apa yang dimilikinya yang merupakan kehebatan dan kekuasaan yang diperolehnya dengan mengandalkan kekuatan materiil yang zalim dan kemenangan berdasar atas penindasan ala penjajahan yang kema. sebagaimana telah pernah kita sebutkan sebelumnya. Adapun problema di masa sekarang menyangkut suatu peradaban yang kita namakan kebudayaan modern. agar tetap selamat dan berada di jalan yang lurus.7 Keagungan Prinsip-Prinsip Islam Pada hakikatnya pemikiran Timur itu menurut fitrahnya memiliki elastisitas yang tidak dipunyai oleh pemikiran ala barat. Kedua. akan tetapi mengambil skadar apa yang dibutuhkan dan diperlukan saja berdasar apa yang dihajatkan oleh masa sekarang ataupun masa yang akan datang. dan menjauhinya. tidak usah peduli sama sekali dengan peradaban Barat. Menceburkan diri secara langsung ke peradaban barat itu. yang memang berlandaskan orinsip kerohanian yang agung yang memancarkan sinar Ketuhanan yang menyebabkan orang kafir merasa bahwa mereka suatu peradaban yang kuasa untuk mengubah dan membetulkan peradaban mereka yang rusak. akan tetapi karena merasa cukup dengan peradaban sendiri (Islam). 2.Menurut para cendekiawan muslim. dalam menghadapi peradaban barat ada dua macam jalan yang berbeda.

kerusakan masyarakat. memang sudah menjadi kewajiban kaum cendekiawan muslim untuk menyingkapkan tabirnya dan berkcimpung di dalam laut ilmu pengetahuannya dan menyelami teori-teorinya. dia tentu sanggup pulan utnuk menyesuaiakn dirinya dengan ilmu p[enegtahuan empiris. bahakn mungkin dapat berspesialisasi dalam ilmu-ilmu tersebut dan dapat juga menghasilkan karya-karya terhormat dalam bidang-bidang pengetahuan tersebut. dan hiburan. apalagi untuk membataskannnya dalam batas sesuatu wadah. Haruslah diterangkan kepada pemimpin di masa sekarang bahwa penjagaan yang ampuh dari kemerosotan akhlak. . politik.8 Bahaya Peradaban Barat Atas Orang Awam Mengenai peradaban Barat itu. Menurutnya sesuatu yang berlainan jenis dengan akal itu adalah suatu zat yang lebih agung dan tinggi yang berada diluar jangakauan pemecahan dan pembagian. Peradaban barat itu memang berbahaya unutk orang-orang awam yang tidak berbenteng dengan jaranajara Islam. 2. Berbagai macam bidang dimasuki oleh peradaban Barat. sebab mereka kan segera terpukul jatuh terkena hemusan badai pertama yang bertiup ke arah mereka dari berbagai penjuru. misalnya dalam bidang ekonomi.pemuda Muslim yang luas ilmu pengetahuanya tentang islam. pelarutan pemikiran di bidang sosial politikadalah dengan mengetahui secara baik prinsip-prinsip Islam sejati yang memang dimiliki oleh agama ini secara berlimpah dalam berbagai segi dan aspeknya.

yaitu : ‫ه‬ ‫ع دإ‬ )) ‫لع‬ Artinya : Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. yang di dalam Al Quran memerintahkan untuk mengusahakan dan mengangkat derajat yang tinggi dan menempatkan dalam urutan “urusan” Islam yang mesti didahulukan dan memang Islam berusaha memperlihatkan perbedaan besar diantara orang-orang yang berpengetahuan dengan orang-orang yang bodoh. Beberapa ayat di Al-Qur’an tentang ilmu dan pengetahuan : Qs Al Mujadalah ayat 11: Artinya : Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q. al-Mujadalah : 11) QS. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah.2. An-Nahl. 16:79 (‫حل‬ :٧٩) Artinya: Tidaklah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas.9 Pendapat Islam Tentang Pendidikan Dari segi pengetahuan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman. yang terkenal sejak masa lampau adalah kata “ilmu”. Ibnu Abdil Bari) .s. Kewajiban menuntut ilmu ini ditegaskan dalam hadits nabi.

tetapi kitapun harus menyaring terlebih dahulu mana yang baik dan mana yang buruk.2. Saran Kita sebagai manusia pada umumnya.BAB III PENUTUP 3. walaupun banyak hal negatifnya. dan umat Islam pada khusunya harus menyadari bahwa Islam sangat terbuka terhadap perkembangan zaman dan munculnya peradaban baru. Kesimpulan Cendekiawan Muslim sudah menyadari bahwa diantara ajaran-ajaran Islam itu terhadapat hal-hal yang penting untuk kehidupan kaum Muslimin sendiri baik secara pribadi. masih banyak pula hala yang bisa kita ambil positifnya. Begitupun dengan peradaban Barat. 3. .1. maupun secara bermasyarakat.

html diakses pada tanggal 5 Mei 2013 pukul 8.Inilah Hakikat Islam.com/2012/11/ayat-ayat-al-quran-tentang-ilmu. http://rasyid-ic.com/2012/04/hadits-dan-ayat-tentang-kewajiban. Muhammad.1966.23 WITA.24 WITA.blogspot. http://islamwiki.html diakses pada tanggal 5 Mei 2013 pukul 8. .DAFTAR PUSTAKA Ghallab.blogspot. Bulan Bintang : Jakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful