Ephedrine Ephedrine merupakan adrenergic yang diekstraksi dari beberapa spesies ephedra, atau dihasilkan secara sintetis; digunakan

dalam benruk basa atau garam hidroklorida atau garam sulfat sebagai bronkodilator, antialergi, perangsangan system saraf pusat, midriatik, dan antihipotensif. Efedrine tersedia dalam 2 macam bentuk sediaan, yaitu : A. injeksi B. oral A. Injeksi (intramuskuler, intravena, subkutan) Pengobatan untuk tekanan darah rendah akut; Pengobatan untuk sindrom Adams-Stokes dengan kerusakan hati yang komplit; Mendorong system syaraf pusat untuk melawan narcolepsy; Pengobatan untuk spasme bronkus akut; Pengobatan untuk enuresis; Pengobatan untuk myasthenia gravis; Reaksi aleargi seperti asma bronchial; Pengobatan untuk akumulasi darah yang abnormal pada bagian hidung. B. Kapsul efedrine digunakan untuk membebaskan dari kedinginan, influenza, alergi-alergi lain dan juga memberi kebebasan yang sementara dari pemendekan nafas, sesak dada, juga mengecilnya bronkus karena asma. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan efedrine adalah: 1. Indikasi Obat Ephedrine adalah suatu vasokonstiktor Ephedrine digunakan untuk: - reaksi alergi (bronchospasm atau asma bronchial), - meningkatkan tekanan aliran pembuluh darah, - memperkuat kontraksi otot jantung, - narcolepsy (episode tidur singkat yang rekuren dan tak terkontrol yang sering disertai halusinasi hipnogogik atau hipnopompik,katapleksi dan paralisis tidur) - Depresi,dan - myasthenia gravis (gangguan fungsi neuromuscular yang disebabkan oleh adanya antibody terhadap reseptor asetilkolin pada persambungan neuromuscular).

2. Dosis Obat - dosis / banyaknya obat yang harus dikonsumsi setelah pemberian oral,efek obat dapat bereaksi selama beberapa jam.

gasping respirations. nervousness.html http://www. dan takut.html http://www.htm http://www.Nausea (rasa tidak menyenangkan pada epigastrum dan abdomen. opisthotonos.berkeringat.medicinenet.Sakit kepala ./cdi/ephedrine_capsule.com/cdi/ephedrine. blurred vision.tidak berdaya terancam.Pusing .lelah.0mg/kg Jangan melebihi dosis 3.Adult Min/Max Dose: 10. efek samping .Confusion (gangguan kesadaran) . nausea. irritability. 3.medscape.com. hypertension with anuria.drugs. tachycardia.0mg/kg pada anak serta 150mg pada dewasa dalam kurun waktu 24jam. Penyerta psikologis antara lain perasaan akan ada bahaya.com/druginfo/dosage? drugid=89400&drugname=Ephedrine+Sulfate+Inj&monotype=default .0mg Pediatric Min/Max Dose: 2. spasms.Nervousness (ketegangan atau iritabilitas yang berlebihan dengan kegelisahan mental dan fisik) 4.kecepatan nafas tidak teratur.Sulit tidur .com/ephedrine-injectable/article.Anxiety ( perasaan tidak menyenangkan yang terdiri atas respon psikofisiologis terhadap antisipasi bahaya yang tidak riil secara nyata disebabkan oleh konflik intrapsikik yang tidak diketahui. Pustaka http://www.0mg/kg/3. coma. vomiting.sering memuncak dengan muntah-muntah) . Peyerta fisiologis mencakup denyut jantung bertambah cepat.drugs. Overdosis -Gejala Convulsions.lemas. chills.0mg/50. personality changes. fever. . suicidal behavior. dilated pupils. respiratory failure. pulmonary edema. cyanosis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful