DIES NATALIS VII FARMASI UNMUL Pertandingan Bola Voli SYARAT-SYARAT DAN PERATURAN

A. Peraturan Umum 1. Peraturan pertandingan mengacu pada Peraturan PBVSI. 2. Panitia pelaksana berhak membuat peraturan sesuai dengan situasi dan kondisi yang berlaku. 3. Segala perkara dan keputusan yang berlaku dalam setiap pertandingan telah menjadi sebuah keputusan yang telah ditetapkan oleh suatu kesepakatan bersama dalam Technical Meeting.

B. Waktu dan Tempat Waktu dan tempat menyesuaikan (masih dalam perencanaan).

C. Peserta 1. Bola Voli dipertandingkan Tim campuran Putra/Lelaki dan Putri/Wanita. 2. Setiap Tim terdiri atas 12 orang. Bola Volley Koordinator/Official Pemain*) Jumlah Pria /Wanita 12 10 12

*) Pemain terdiri atas 6 orang pemain utama (3 Pria dan 3 Wanita) , 4 orang pemain cadangan. 3. Pendaftaran dan nama-nama pemain disertakan pada saat technical meeting.

D. Wasit 1. Peraturan pertandingan mengacu kepada peraturan pemain bola voli PBVSI yang selanjutnya dikembangkan oleh PANITIA. 2. Wasit ditunjuk dari pihak panitia. 3. Regulasi kompetisi ini dibuat untuk kelancaran pertandingan dan acuan dari setiap tim dalam kegiatan ini. 4. Keputusan wasit bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Kesalahan meliputi:  Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan lawan. begitu juga sebaliknya penerima servis lawan yang membuat bola keluar dihitung sebagai poin bagi lawan. Sistem pertandingan menggunakan sistem gugur. Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.  Seluruh pemain harus berada di dalam lapangan pada saat serve dilakukan.  Para pemain dan lawan mengenai net 2 kali pada saat memainkan bola dihitung sebagai double faults.  Pemain melakukan spike di atas lapangan lawan. pada saat salah satu regu mencapai angka poin 8 dan 16. Sistem Pertandingan 1. Dan apabila dilakukan babak penentuan (set ke 3) maka tim yang memiliki nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat setelah tim lawan mencapai angka 13. 2. .  Tidak boleh melempar ataupun menangkap bola. perwasitan bola voli  Pada sat servis bola yang melewati lapangan dihitung sebagai poin bagi lawan. Setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakir. 4. 7. 3. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.  Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola. maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah. Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin. 6. 8. maka pemain dan tim yang bersangkutan akan di-diskualifikasi. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. Jika terjadi keributan. Time out resmi dapat diminta oleh official tim atau kapten regu sebanyak 1 kali dalam setiap babak.  Bola yang dipantulkan keluar dari lapangan belum dihitung sebagai out sebelum menyentuh permukaan lapangan. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang.E. Time out (TO) dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan berlangsung hanya 1 menit. Bola servis menyentuh net tetapi masuk ke daerah lawan dianggap sah. 5. Bola voli harus di pantulkan tanpa mengenai dasar lapangan.

4. 10.9. akan ditetapkan kemudian secara khusus oleh panitia. Berjumlah kurang dari 4 pemain di lapangan. F. panitia dan supporter. Setiap tim datang 30 menit sebelum pertandingan dimulai. Tata Tertib Pertandingan 1. 2. baik verbal maupun non-verbal yang dapat mengganggu atau menyinggung pemain lain. ofisial dan pendukung dilarang melakukan perbuatan. Panitia hanya akan memberikan toleransi waktu 5 menit sejak pemanggilan pemain ke lapangan bagi tim yang datang terlambat. Apabila dalam waktu 5 menit tim yang bersangkutan tidak hadir di lapangan. Pemain. Seorang pemain hanya boleh bermain untuk 1 tim saja. Hal-hal yang belum diatur dalam peraturan pertandingan pertandingan ini ataupun berita acara pada technical meeting. 3. Tim dinyatakan WO (walk out) dan kalah dengan skor 0-21. 5. Tidak hadir di lapangan setelah 3x panggilan ( terlambat lebih dari 5 menit dari jadwal yang sudah ditentukan dari panitia. . maka tim dinyatakan gugur (WO) dengan skor 3-0. jika:    Tidak hadir di lapangan sama sekali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful