KREMESAN AYAM GORENG

Entah sudah kesekian kalinya pingiiiin banget menu ini di perantauan. Namun baru coba memasaknya 2 kali. Teringat, kalau di Jogja dulu ibu saya sering bgt mbeliin ini kalau sedang tidak sempat masak. Khaaasss bgt deh rasanya. Yang bikin ngangenin itu kremesannya yg kriuk-kriuk. Terbukti, anak dan keponakan saya, bisa habis nasi buanyak kalau maem ada kremesan ayam ini. Istilah kami kemlawuh :) Ini wujud kremesan ayam yang saya maksud:

Ini penampakan kremesan kedua yang pernah saya buat. Yang pertama, kremesan versi Ny. Suh*rti, yang tipenya lembut tapi rapuh sehingga kurang tahan lama jika disimpan hingga beberapa hari. Nah, kali kedua ini, saya iseng-iseng coba bikin versi kremesan ayam goreng pasar Pathuk yang agak tebal dan lebih mudah disimpan dalam toples utk persediaan. Resepnya mengintip di pawon omahnya mba Yunita Amaliawati (makasih ya mbaaaa...), dengan modifikasi dari saya. Bahan : 300 ml air sisa rebusan ayam 2 sdm tepung sagu tani (saya pakai tepung tapioka) 2 sdm tepung beras 1 btr kuning telur 1 sdt baking powder 1 sdm maizena garam secukupnya bila dirasa perlu Cara membuat : 1. Panaskan minyak diatas kompor. 2. Campurkan semua bahan ke dalam baskom, tuang kaldu ayam, aduk rata. Lalu

Setelah dituang. Setelah minyak dalam wajan sekiranya sudah panas...nyipratinnya.. jika sekiranya sudah hampir mengeras.agar hasilnya lebih cantik :) 4. minyak yg saya pakai ini kurang banyak karena stok minyak goreng di dapur nyaris habisss. diamkan sejenak.jika minyak sedikit 'berisik' :) : O iya.sokur-sokur pake sothil/serok yang kecil :) .. hingga adonan membentuk lingkaran di bagian tepi minyak.. seperti ini (hati2 dan jangan panik yaa.. ambil 1 sendok sayur adonan lalu tuang ke atas wajan dengan jarak agak jauh.... 3. seharusnya pakai minyak goreng yg buanyaaak yaa.. ciprat-ciprati permukaan adonan dengan minyak goreng. hehe..saring. seperti ini : Pelan-pelan ya.

.punya saya kurang indah niiih... Setelah dipastikan adonan telah mengeras/tidak lembek dan bewarna kuning keemasan.p* Naah..... giring lingkaran adonan ke salah satu tepi wajan.*serius ... Please... .do this with a smoothy touch or u will lose them.. Tiriskan kembali di atas wadah yaa.. belum bisa bikin yang buleeettt. tiriskan...5.qiqiqiqi...mangkok tahan panas misalnya.karena dah semi hancur. :) 6..

Taburkan kremesan di atas ayam goreng. Kaldu sisa merebus ayamnya dicampurkan dengan bahan-bahan pembuat kremesan (sebaiknya menunggu agak dingin dulu). dan santan encer. 7.. sajikan dengan sambal dan lalapan idola kluarga anda :) Ini penampilan selengkapnya ayam goreng kremes nanahanuna kitchen : Pas difoto. Kali ini saya bikin dengan bumbu : bawang merah. resepnya standar dan silakan disesuaikan dengan selera.. hehe. hihihi.Jika anda punya anak balita yang bertipe penasaran. bawang putih. Tambahan : untuk ayam gorengnya...we'll never know 'till we try. daun jeruk. Selamat mencobaaa. daun salam. ketumbar.. Rebus sampai ayam empuk.. sambalnya belum jadi.... laos. perhatikan apa yang akan terjadi selanjutnya... lalu goreng. pastiiii biiiiisssaaa ^_^ .

Nah bagi anda yang malas keluar malam untuk membeli karena sedang hujan atau alasan lainnya. Menu yang banyak dijual dipinggiran jalan saat malam hari ini ternyata sangat mudah sekali membuatnya. disangrai 3 cm kunyit Garam secukupnya . Nah untuk resepnya silahkan anda simak di Cara Membuat Ayam Bakar Kecap Enak dan Gurih. dimemarkan 2 batang serai. Bagaimana jika mencoba membuatnya sendiri saja dirumah sekalian berkumpul bersama keluarga tercinta. Bahan-bahan :          1 ekor ayam. Pastinya akan lebih menambah suasana kebersamaan dan kehangatan. potong menjadi 4 bagian 2 sendok makan air jeruk nipis 2 sendok teh garam 2 sendok makan minyak goreng 750 ml air 2 cm lengkuas. dimemarkan 2 lembar daun jeruk 2 cm jahe Bumbu-bumbu yang dihaluskan :        3 buah cabai merah besar 6 buah cabai rawit merah 8 butir bawang merah 5 siung bawang putih 5 butir kemiri.Cara Membuat Ayam Bakar Kecap Enak dan Gurih Setelah sebelumnya membuat Ampela Ayam Bumbu Ketumbar menu selanjutnya masih ayam juga. Ayam bakar sangat populer dikalangan masyarakat.

Campurkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak goreng. Berikut cara membuat ayam bakar spesial yang bisa dihidangkan untuk keluarga tercinta dirumah. 3. Nah sudah jadi. Ayam bakar ini dengan bumbu bumbu yang meresap sehingga membuat ayam bakar ini sangat spesial rasanya. Resep Ayam Bakar Spesial Ayam bakar spesial memang memiliki cita rasa yang sangat enak dan gurih. serai. lalu diangkat. jahe serta daun jeruk hingga matang. diamkan beberapa saat. Luluri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan garam. Bahan :      1 ekor ayam dipotong menjadi 4 bagian 3 mata asam jawa seduh dengan air panas 300 ml air 3 sendok makan kecap manis 2 lembar daun salam Bumbu halus : . mudah dan gampang. Pangganglah ayam dengan bara api.Bahan Olesan (semua bahan dicampur) :   2 sendok makan margarine dilelehkan 7 sendok makan kecap manis Cara Membuat Ayam Bakar Kecap Enak dan Gurih : 1. Luluri ayam dengan campuran bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. lalu cucilah kembali ayam dan tiriskan. Diamkan selama 30 menit. olesilah dengan bahan campuran margarine hingga berwarna kecoklatan dan matang sempurna. 2. 4. Selamat mencoba dan berkreasi. Masaklah ayam dengan menggunakan air beserta lengkuas. Angkat dan sajikan dengan lalap dan sambal.

Selain memiliki tekstur yang lembut dengan bumbu yang meresap hingga ke bagian dalam. angkat. Tentu hampir setiap orang telah mengenal kelezatan dari salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat digemari ini. ayam bakar khas wong Solo yang empuk dan lezat Resep ayam bakar khas wong Solo yang empuk dan lezat. untuk dapat mencoba ayam bakar khas Solo ini tentunya Anda tak perlu repot-repot harus pergi ke kota Solo karena Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah dengan resep dari tabloid kuliner. kini tabloid kuliner ingin memberikan salah satu resep cara membuat ayam bakar khas wong solo yang empuk dan lezat. Campur ayam berbumbu dengan air. 3. daun salam. 2. Nah. kecap manis dan air asam. Masak hingga daging empuk dan kuah menyusut. lalu bagaimana proses membuatnya dan bumbu serta bahan-bahan apa sajakah yang diperlukan dalam membuat resep ayam bakar wong Solo ini?. Bakar ayam di atas bara api hingga kering. Nah. Berikut adalah cara pembuatannya: . Setelah membahas berbagai menu masakan dari luar negeri. Angkat dan sajikan bersama sambal dan lalapan. 4.         4 butir bawang merah 3 siung bawang putih 2 cm jahe 1 cm kunyit 1/2 sendok teh ketumbar 1 1/2 sendok teh garam 2 cm lengkuas 8 buah cabai merah keriting 1 sendok teh gula pasir Cara Membuat : 1. rasa serta aroma yang dihasilkan pada saat proses membakar pasti akan langsung membuat selera makan Anda tergugah. Lumuri ayam dengan bumbu yang telah di haluskan lalu biarkan selama 30 menit.

Bahan-bahan membuat ayam bakar khas Solo: 1 ekor ayam dengan ukuran sedang yang dipotong menjadi 6 atau 8 bagian sesuai selera 2 batang sereh yang di peprek atau dimemarkan 4 lembar daun salam 4 cm lengkuas yang dimemarkan 1 sendok makan air asam jawa 10 sendok makan kecap manis 35 gram gula merah 500 mililiter air kelapa (air dari sebutir kelapa) Bumbu-bumbu yang dihaluskan : 12 butir bawang merah 5 siung bawang putih .

makanya pas ada kursus yg materinya ayam kremes ini.... Bagaimana?. Sajikan diatas piring bersama nasi hangat dan potongan mentimun.. yaitu resep capcay kuah jamur spesial yang juga sayang untuk dilewatkan..maafkeun daku ya blog ku tersayang.... sereh dan juga lengkuas hingga tumisan beraroma dan berubah warna. Mudah bukan untuk membuatnya?.4 cm kunyit 3 cm jahe 6 butir kemiri 1/4 sendok teh jinten 1 sendok teh ketumbar 1/2 sendok makan garam Cara membuat ayam bakar khas Solo:    Pertama-tama panaskan wajan di atas kompor dengan api sedang dan masukkan semua bumbu halus bersama dengan daun salam. Setelah ayam menjadi matang kemudian bakar diatas bara api hingga warnanya berubah menjadi agak kecoklatan.tapi blum kesampaian mulu..asiiik. Lumuri potongan-potongan ayam dengan kuah yang tadi sudah dipisahkan dan bakar kembali hingga semua bagian matang dengan sempurna kemudian angkat.... Angkat potongan ayam dan pisahkan kuahnya sebagai bahan bumbu bakar. ..... jika pada kesempatan kali ini mengulas tentang masakan nusantara asli dari Indonesia. maka Anda juga bisa mencoba sebuah resep khas Cina yang juga sangat mudah dalam proses membuatnya dan pasti Anda semua telah familiar dengan masakan ini. selada.hehehe...skalian memberdayakan (baca : memperbudak.:) Dari dulu aku tuh pengeeen banget buat ayam kremes tulang lunak. Sambil diaduk-aduk kemudian tuang perlahanlahan air kelapa dan masak potongan-potongan ayam teksturnya berubah menjadi matang.. kecap serta gula merah... Proses selanjutnya adalah masukkan potongan-potongan ayam sambil diaduk kemudian masukkan air asam jawa.hehehe) presto Signora ku yang baruuu. Nah.hampir jamuran kali. kubis dan sambal. aku ikutan deh. secara blum punya alatnya (presto)..qiqiqiqi. Ayam Kremes Tulang Lunak Udah lama bener ni blog gak pernah ditengokin..tapina masih kredit blum lunassss.

.hehehe...syerem yak??? ) Ayam Kremes Tulang Lunak Resep dari Olivia Cooking Course .. lalu masukkan ayam dan air/santan..700 ml air/santan Cara Membuat : Tumis semua bumbu yg telah dihaluskan sampai harum.haluskan : 6 siung bawang putih 6 butir bawang merah 4 butir kemiri 8 cm kunyit 1 sdt gula pasir 1/2 sdt merica bubuk 1 sdt vetsin (optional) -. butuh waktu .Bekasi Bahan Ayam : 1 ekor ayam negeri/Kampung Bumbu : Bumbu A .(pssst resep aslinya berjudul Ayam Tulang Lunak di Sarang Penyamun.5 jam (aku pake presto listrik Signora.aku pake Knorr Chicken Powder 1 sdt ketumbar 1 sdm garam halus Bumbu B : 3 lbr daun jeruk 2 lbr daun salam 2 ptg serai lengkuas 500 ml .resepnya dibawah ini yaaa...1.(sampai ayam terendam) masak dengan presto kurang lebih 1 .

sekitar 90 menit..--disarankan saat menggoreng ayam diletakan diatas saringan.07 Author : eka wulandari Bahan :         250 gram beras.. diambil putihnya.. angkat lalu goreng sebentar saja.) setelah matang. dicuci bersih 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 150 gram daun bayam dan 50 ml air. digoreng 50 gram kacang tanah kulit.. diblender. Nasi Hijau Published : 16.. spy tidak hancur-Kremesan : Bahan : 300 cc air sisa rebusan ayam 2 sdm tepung sagu tani 2 sdm tepung beras 1 butir kuning telur 1 sdt baking powder Cara : aduk jadi satu sampai rata lalu goreng menjadi kremesan.hasilnya tulangnya lunak sekali. digoreng Bumbu halus :  5 butir bawang merah . dimemarkan 2 lembar daun pandan Bahan teri kacang balado :   100 gram teri nasi.. disaring ukur 100 ml 1 sendok teh garam 2 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk buang tulang 1 batang serai.

Sajikan nasi bersama balado teri dan pelengkapnya. tumis bumbu halus sampai harum. Masak sampai kental. didadar rawis 2 sendok makan bawang goreng untuk taburan Cara membuat : 1. daun salam. Nasi: didihkan santan. Tambahkan beras. Aduk sampai meresap. serai dan daun pandan. Untuk 4 porsi . 2. Aduk hingga terbalut. 4.    5 buah cabai merah keriting 1 buah cabai merah besar 1/2 sendok teh gula 1 sendok makan air asam jawa dari 1 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air Bahan pelengkap :   2 butir telur. Balado teri kacang. daun jeruk. Kukus beras di atas api sedang 30 menit sampai matang. air bayam. 3. garam. Tambahkan teri dan kacang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful