You are on page 1of 11

TUGAS AGAMA HINDU

Ni Ketut Devy Ratna Sari D1A011264

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MATARAM 2011

dan akhirnya melakukan Upacara Sudhiwadhani. Awalnya ia ingin masuk ke Agama Katolik dan Kristen karena melihat temantemannya yang beragama Katolik dan Kristen yang bahagia dengan agamanya. Awalnya melalui penjelasan guru agamanya. Dan akhirnya setelah mencari tahu dan mengeksplorasi tentang berbagai ajaran Hindu. tapi keluarganya sering berpindah-pindah agama karena pernikahan. Patung ini di dapatnya dengan cuma-cuma. Namun. Sikha merasa Agama Hindu dan Budha adalah agama bumi (agama yang bukan wahyu Tuhan). membuat ia ingin melihat lagi dan lagi. selain ia juga merasa tertekan dengan ajaran-ajaran dan doktrin yang terdapat dalam Agama Islam. namun karena merasa ada yang salah dengan doktrin-doktrin tersebut. Kemudian dia ingin menjadi seorang Budha karena melihat keinginan suaminya. karena mereka mau saja menganut agama yang bukan merupakan wahyu Tuhan. sehingga iapun memutuskan untuk mencari tahu tentang agama lain dan membandingkan dengan Agama Islam. dan sampailah pada keninginan terakhirnya untuk menjadi seorang Hindu. Ia merasa bahwa orang-orang yang menganut Agama Hindu dan Budha ini adalah orang. Selain itu ia juga merasa nyaman dan tenang ketika memasuki Bali dan ketika mendengar alunan genta serta mantra dan doa yang diucapkan sulinggih saat memimpin upacara di Pura Tirta Empul. yang memuja patung dan pohon.PERJALANANKU MENUJU HINDU Sikha awalnya adalah seorang muslim. mereka masuk Hindu dua bulan setelah Sikha beragama Hindu. yang tidak bisa masuk surga dan akan masuk neraka. Patung Siwa-lah yang menuntunnya menuju Hindu. Ia juga percaya bahwa hanya muslim yang bisa masuk surga dan agama lain adalah kafir. tidak serta merta . sebagai hadiah yang diberikan oleh temanya. Banyak doktrin yang ia dapat saat ia beragama islam. Hal ini terjadi ketika ia melihat patung siwa saat perjalanan liburannya ke Bali. Namun pada waktu itu suami dfan salah satu aanknya belum masuk Hindu. Patung itu serasa mengikatnya. Tujuannya adalah agar ia mendapatkan suatu agama dengan ajaran yang sesuai dengan kehendak hatinya dan mampu membuatnya nyaman serta tenang dengan ajaran tersebut sehingga ia tak merasa tertekan dengan ajaran-ajarang yang terdapat dalam agama yang akan ia pilih nantinya. ia pun tertarik untuk beragama Hindu.orang yang perlu dikasihani. Ketika ia telah pulang ke Samarinda. Ia merasa ada yang berbeda dengan patung itu.

Begitulah perjalanan Sikha untuk menjadi seorang Hindu sejati. Tapi mereka mampu menghadapinya dengan sabar dan menganggap semua cobaan pasti ada jalan keluarnya.kehidupan mereka menjadi lebih baik setelah beragama Hindu. .banyak cobaan yang mereka hadapi.

ucapan dan perbuatan yang baik dan benar. Sikha juga menyadari bahwa menjadi Hindu mengajarkannya untuk ikhlas dan pasrah menerima sesuatu.Arti Menjadi Seorang Hindu Bagiku ? Dalam buku ini ditulis arti menjadi seorang Hindu bagi Sikha. yang ia anggap sebagai penjara niskala yang dapat menimbulkan kerusakan paling besar. Dan terakhir adalah ia . Jadi janganlah menganggap hidup ini tak adil jika kita mengalmi kesusahan. tidak akan ada pikiran. baik itu dengan Tuhan. Baginya kita tidak harus menyalahkan orang lain jika ataupun setan jika kita melakukan kesalahan. Kita sebagai makhluk yang paling sempurna haruslah menjalankan peran kita dengan baik dan jangan menghina ataupun meremehkan peran makhluk lain yang mungkin kita anggap rendah. tapi tetap menjalani kehidupan sekarang dengan sebaik-baiknya. Menjadi seorang Hindu selanjutnya adalah menjadi seorang yang bertanggung jawab. Padahal kita belum tahu bahwa ada makhluk yang selama ini kita anggap remeh/hina. Kebebasan yang diperoleh tersebut menimbulkan tanggung jawab. tapi kitalah yang patut untuk disalahkan. sebenarnya sangatlah bermanfaat bagi kita. Karena semua yang kita alami di dunia ini adalah buah/hasil dari perbuatan/karma kita. dan yang akan dibaikan bagi semua orang. Karena bagi Sikha jiwa yang bebas adalah jiwa yang bertanggung jawab. Serta menyadari bahwa segala sesuatu adalah ciptaan Tuhan dan nantinya kan kembali kepada Tuhan lagi. Kemudian adalah menjadi seorang Hindu kita harus sadar akan adanya karma phala. Setelah masuk ke Agama Hindu ia menyadari bahwa sebelum ia menjadi Hindu. Selain itu ia juga berpendapat bahwa setiap makhluk diciptakan dengan perannya masing-masing termasuk yang selama ini sering kita hina/remehkan. Karena tanpa jiwa yang bebas. dan teruslah berbuat baik agar dapat hasil yang baik pula. ia merasa terbelenggu/terkekang oleh doktrin-doktrin(ajaran) yang salah. tidak terlalu larut dalam penyesalan masa lalu dan tidak terlalu cemas akan masa depan. Kita harus introspeksi diri dan memperbaiki diri dan kesalahan kita. Jadi hidup ini adalh sebuah perjalanan kembali menuju Tuhan. Hindunjuaga mengajarkannya untuk mencintai dan menciptakan kedamaian dengan segala hal. makhluh hidup maupun dengan benda mati. Menurutnya arti menjadi Hindu yang paling utama adalah ia dapat merasakan kebebasan/kemerdekaan.

berpendapat bahwa dalam melakukan persembahan atau persembahyangan kita bebas menentukan cara dalam melakukannya tanpa ada paksaan. .

Tuhan itu menganggap semua makhluk terutama manusia itu sama apapun agamanya dan tak ada yang lebih tinggi kodratnya. tapi tak sesuai dengan hatinya karena ajaran ini menganggap semua agama sama. dan Hindu. dll) melakukan semua itu atas keinginan mereka sendiri? Apakah setiap orang mau menjadi seperti itu ? bukankan setiap orang tak meu menjadi seperti itu ? apakah ini adalah sekenarioMu ?. Namun sholatnya terasa hampa. Ia mulai tertarik pada ajarang ini berawal saat ia membaca sloka pada internet dan mendengarkan Gayatri Mantram. waria. Kemudian ia mempelajari tentang Baha’i. pencopet. puasa. Bahai. dan malah membuatnya tambah bingung. Namun. perampok. Namn. Lalu ia mengutarakan maksudnya untuk pindah agama ke Agama Hindu kepada kedua orang tuanya. Selanjutnya adalah Budha yang identik dengan meditasinya dan kemudian Hindu adalah yang ia pelajari terakhir. Genta tetap dengan pendiriannya. Saat ia membaca tentang Islam. Sampai akhirnya ia teringat cara sembahyang orang di Bali yang sangat khusuk. ia tak menemukan jawaban yang ia cari. Budha. membaca buku dan kitab . Pertanyaan itulah yang membuatnya berpikir bahwa Tuhan itu tak adil. baik itu melalui internet. dan mulai kembali ke ajaran yang benar. Orang tuanya hanya mengijinkannya dengan perasaan yang tak ikhlas. Ia melanjutkannya ke Agama Kristen dan Katolik. Ia pun mencari berbagai hal tentang semua agama untuk menemukan apa yang ia inginkan. Dari sinilah ia mulai mempelajari Hindu lebih dalam. dll. Ia milai melaksanakan sholat.Kutemukan Tuhan Yang Mencintai Semua Orang Buku ini menceritakan perjalanan seorang Genta untuk menemukan sebuah agama yang dimana dalam agama tersebut. sehingga ia dapat merasakan sisi lain dalam kehidupan yang membuatnya bertanya apakah semua mereka (pelacur. ia mulai meninggalkan sisi lain kehidupan. Hingga akhirnya sejak pacarnya ditangkap polisi. temannya yang beragama Hindu. Perjalanannya dimulai ketika ia berpacaran dengan seorang bos preman. Ia membaca dan mencoba mencari-cari tahu tentang semua agama tersebut untuk mencari jawaban yang ia inginkan selama ini. ajaran agama ini hamper sama dengan Agama Islam sehingga ia tak tertarik mempelajarinya lebih lanjut. Kristen. mulai dari tentang Agama Islam.

. Kehidupannya sebagai Hindu ia rasakan sangat indah.Yayur Weda. Dalam Hindu ia menemukan apa yang ia cari. Sejak saat itulah ia sadar bahwa kesombongannya selama ini saat beragama Islam adalah hal yang salah besar. Sampai akhirnya ia di Sudhi Wadani menjadi seorang Hindu berkat bantuan temannya. Hingga akhirnya ia menyadari betapai fleksibel dan indahnya Hindu tersebut. tanpa melihat apapun itu kecuali sradha dan bhaktinya. Hindu jugalah yang membuatnya kembali menjadi anak yang baik dengan menghormati kedua orang tuanya. bahkan juga belajar kepada pemangku. yaitu Tuhan yang menganggap semua makhluk itu secara adil. karena ia belum mengetahui entang ajaran Hindu yang sebenarnya.

Kita terlahir ke dunia ini adalah untuk memperbaiki karma dan cinta yang kita perbuat pada kehidupan kita terdahulu. jika ada pengalaman atau hal buruk yang diingat. dan kehidupannya pun biasa saja. Dalam buku ini diceritakan juga bahwa ada seorang yang cantik atau menjadi bunga desa di kampungnya bersuami dengan seorang laki-laki biasa. Selain itu juga dibahas tentang bagaimana seseorang mengalami jatuh cinta terhadap seseorang yang baru dikenalnya dan penyebab orang tersebut mengalami perasaan suka tersebut. saat ia akan terjatuh. ia diselamatkan oleh seorang lelaki.Jodoh Dari Surga Adalah sebuah novel yang membahhas tentang cinta. Dan lelaki inilah yang nantinya akan menjadi suami perempuan tersebut. Kebanyakan orang tidak mengetahui akan hal tersebut. Orang yang saat ini sedang memiliki hubungan berarti mereka dulunya juga memiliki hubungan yang dekat. ditemukan bahwa mereka dulunya juga pernah memiliki hubungan yang dekat. Dalam novel ini dibahas bagaimana seseorang mengalami jatuh cinta ataupun perasaan suka terhadap seseorang. Karma/perbuatan yang kita lakukan terdahulu menentukan kehidupan kita sekarang. Dalam hipnotis yang dilakukan pada beberapa pasangan. Bahkan ada juga yang dulunya sudah menikah dan memiliki anak. Dalam buku ini disebutkan cinta adalah hal yang paling hebat di alam semesta ini. namun yang belum habis dinikmati akan menentukan kehidupan kita selanjutnya. . Dalam hipnotis ini. yang tak terlalu tampan. pacaran ataupun pasangan suami istri. baik itu hubungan keluarga. Disini disebutkan bahwa perempuan tersebut mungkin pada saat ia melewati titi ugal agil (jembatan penentuan). Hal ini dibuktikan dengan hipnotis yang diceritakan dalam buku ini. Hipnotis disini bertujuan untuk mengorek berbagai hal tentang kehidupan masa lalu yang dialami. itu adalah suatu pelajaran atau masukan agar tak terulang pada kehidupan saat ini. Dari karma inilah yang menimbulkan terjadinya rasa suka. dan karma yang kita lakukan sekarang akan menentukan kehidupan kita sekarang. Mereka secara tidak sadar akan menjalin hubungan dengan orang yang pada kehidupan terdahulunya adalah orang yang dekat dengan mereka. Mereka terlahir kembali ke dunia dan tanpa menyadarinya mereka akan bertemu dan bersatu lagi dengan orang yang dekat dengan mereka pada kehidupan terdahulu. Cinta yang kita alami saat ini adalah juga buah/hasil dari karma kita terdahulu.

Jadi. . kita terlahir ke dunia ini adalah untuk memperbaiki karama yang telah kita perbuat pada saat terdahulu.

penulis lebih cenderung membahas bagaimana dan apa cinta itu. Perbedaan keempat novel ini adalah terlihat dari segi tema yang diambil. . Penulis juga lebih banyak membahas tentang reinkarnasi dan penyebabnya yaitu karma phala. Selain itu novel ‘Perjalananku Menuju Hindu’ dan ‘Kutemukan Tuhan Yang Mencintai Semua orang’ menceritakan hal yang sama yaitu perjalan penulis mencari agama yang ajaran-ajarannya sesuai dengan hati nurani penulis tersebut.PERBANDINGAN Dalam cerita-cerita tersebut kesemuanya hampir memiliki kesamaan isi dalam pembahasannya. Namun. dalam novel ‘Jodoh Dari Surga’. Sedangkan dalam buku ‘Arti Menjadi Hindu Bagiku’ membahas tentang bagaimana penulis merasakan Hindu tersebut setelah ia yang sebelumnya beragama non-Hindu menjadi Hindu. serta proses timbulnya. Sehingga inilah yang membuat novel ini sangat menarik untuk dibaca karena memiliki cirri yang khas dalam proses penulisan dan gaya bahasanya. Dalam pembahasannya keempat novel ini ada membahas tentang punarbhawa dan karma phala.

Kekurangan : Ia sangat berani untuk menjelek – jelekan agama yang dianut sebelum ia masuk hindu. Selain itu ia mengatasi rasa gelisah tentang semua perasaan hampa yang dialami dengan bertanya kepada seorang pemangku yang ada di pura agung Jagat Karana . tidak baik sebenarnya kita mengungkapkan kejelekan yang ada pada agama tersebut . Surabaya . Ia tidak mampu merasakan keindahan dan kenyamanan ketika ia melaksanakan kewajiban itu . Walaupun ia tidak menemukan agama jati dirinya terdahulu. .Kutemukan Tuhan Yang Mencintai Semua Orang Kelebihan : Ia mampu bangkit lagi dari keterpurukan dan kehampaan yang penulis rasakan ketika ia merasakan bahwa ia sudah tidak merasakan hal yang sama ketika ia menyembah beliau seperti sebelumnya.