You are on page 1of 9

ANALISIS WACANA DESKRIPTIF

Disusun Oleh: Parluhutan Siregar

atau ide yang utuh. gagasan.Hakikat Wacana  Sebuah wacana mengandung konsep. pikiran. . yang bisa dipahami oleh pembaca (dalam wacana tulis) atau pendengar (dalam wacana lisan).

  Pengertian analisis wacana adalah analisis atas bahasa yang digunakan atau bahasa dalam konteks sosial pemakaian bahasa. Secara singkat analisis wacana adalah suatu metode untuk mengakji pesan-pesan komunikasi yang terkandung dalam wacana secara tekstual maupun kontekstual. PENGERTIAN ANALISIS WACANA .

MAKSUD DAN TUJUAN ANALISIS WACANA   Analisis wacana: adalah upaya pengungkapan maksud tersembunyi dari subjek (penulis. . pembicara) yang mengemukakan suatu pernyataan. Jadi tujuan dari setiap analisis wacana adalah pengungkapan makna dibalik tulisan atau ucapan.

Analisis wacana berkaitan dengan pemahaman bahasa dalam tindak berbahasa (what is said from what is done – menurut Labov). Analisis wacana merupakan usaha memahami makna tuturan dalam konteks. dan situasi (Firth).CIRI DAN SIFAT ANALISIS WACANA     Analisis wacana membahas kaidah pemakaian bahasa dalam masyarakat (rule of use – menurut Widdowson). Analisis wacana merupakan pemahaman rangkaian tuturan melalui interprestasi semantik (Beller). . teks.

percakapan langsung. rekaman percakapan yang telah dinaskahkan. atau oleh penulis dalam wacana tulis. bisa berupa naskah pidato. Formal: Analisis wacana lazim digunakan untuk menemukan makna wacana yang persis sama atau paling tidak sangat ketat dengan makna yang dimaksud oleh pembicara lama wacana lisan.OBYEK STUDI ANALISIS WACANA   Material: Objek kajian analisis wacana adalah unit bahasa yang memiliki kesatuan dan konteks. . debat. ceramah atau dakwah agama dsb. catatan rapat.

(a) Makna semantik dan makna gramatikal. termasuk makna yang biasa dipahami secara umum.Pemaknaan dalam Analisis Wacana Untuk menemukan makna kosep-konsep yang samar dalam wacana dapat dilakukan dengan merujuk.  . (b) Mencari maknanya dari konteks sosial. sebagai tahap permulaan untuk mengetahui makna dasar dari kata dimaksud.

(c) Mencari makna dalam teks (ko-teks). yaitu dengan menghubungkan dengan teks sebelumnya (kataforis) atau teks sesudahnya (anaforis). .

(b) mencari maknanya sesuai yang lazim dipahami masyarakat. Baca makalah secara keseluruhan.LANGKAH-LANGKAH ANALISIS WACANA       Cari sebuah wacana (misalnya. Sampaikan analisis terhadap wacana tersebut Sampaikan kesimpulan dan saran seperlunya. (a) mencari makna leksikal dan semantik. tandai hal-hal (kata atau kalimat) yang dianggap ganjil. Deskripsikan isi wacana dengan menyertakan makna-makna baru yang sudah ditemukan. (c) berita atau fakta yang disampaikan/terjadi sebelumnya. makalah) yang ditulis orang. Selama membaca. Cari makna dari kata atau kalimat yang dianggap ganjil tsb dengan. .