P. 1
9-RapidApplicationDevelopmentPrototyping

9-RapidApplicationDevelopmentPrototyping

|Views: 2|Likes:
Published by rudi226

More info:

Published by: rudi226 on Jul 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2014

pdf

text

original

Rapid Application Development (RAD), Prototyping

SI-216 Analisa dan Desain Sistem Informasi II Rosa Ariani Sukamto, ST

Rosa A. S. - www.gangsir.com

1

Model Rapid Application Development
„

„

„

„

Rapid Aplication Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembangan software sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek. Model RAD ini merupakan sebuah adaptasi “kecepatan tinggi” dari model sekuensial linier di mana perkembangan cepat dicapai dengan menggunakan pendekatan kontruksi berbasis komponen. Jika kebutuhan dipahami dengan baik, proses RAD memungkinkan tim pengembangan menciptakan “sistem fungsional yang utuh” dalam periode waktu yang sangat pendek (kira-kira 60 sampai 90 hari). Versi “High Speed” dari model Waterfall
Rosa A. S. - www.gangsir.com 2

www.gangsir. S. ‰ Karakteristik (atribut) dari setiap objek diidentifikasikan dan hubungannya Rosa A.Fase-fase RAD (1) „ Bussiness modeling ‰ Aliran informasi di antara fungsi – fungsi bisnis dimodelkan dengan suatu cara untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan berikut : „ „ „ „ „ informasi apa yang mengendalikan proses bisnis? Informasi apa yang di munculkan? Siapa yang memunculkanya? Ke mana informasi itu pergi? Siapa yang memprosesnya? „ Data modeling ‰ Aliran informasi yang didefinisikan sebagai bagian dari fase bussiness modelling disaring ke dalam serangkaian objek data yang dibutuhkan untuk menopang bisnis tersebut. . ‰ Bagian dari pemodelan bisnis yang didefinisikan ke dalam sekumpulan objek data.com 3 . ‰ Karakteristik (disebut atribut) masing – masing objek diidentifikasi dan hubungan antara objek – objek tersebut didefinisikan.

www.Fase-fase RAD (2) „ Prosess modelling ‰ Aliran informasi yang didefinisikan di dalam fase data modeling ditransformasikan untuk mencapai aliran informasi yang perlu bagi implementasi sebuah fungsi bisnis. menghapus.gangsir. S. penghapusan. atau pengambilan kembali objek data. Rosa A. memodifikasi. ‰ ‰ Objek data akan diimplementasikan pada fungsi bisnis. „ Gambaran pemrosesan diciptakan untuk menambah. . Deskripsi proses dibangun untuk penambahan modifikasi. atau mendapatkan kembali sebuah objek data.com 4 .

Fase-fase RAD (3) „ Aplication generation ‰ RAD mengasumsikan pemakaian teknik generasi ke empat. . S. „ „ Testing and turnover ‰ Tetapi komponen baru harus di uji dan semua interface harus dilatih secara penuh. Selain menciptakan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman generasi ketiga yang konvensional „ Pada semua kasus.com 5 . ‰ ‰ Melakukan penggunaan kembali komponen yang ada (jika mungkin) Atau membuat kembali penggunaan kembali komponen jika dibutuhkan. banyak komponen program telah diuji. Rosa A.gangsir. Hal ini mengurangi keseluruhan waktu pengujian. alat – alat bantu otomatis dipakai untuk memfasilitasi konstruksi perangkat lunak. Karena proses RAD menekankan pada pemakaian kembali.www.

Kecepatan yang tinggi dengan biaya minimal kemungkinan besar hasil kualitasnya rendah. RAD menuntut pengembangan dan pelanggan memiliki komitmen di dalam aktivitas rapid-fire yang diperlukan untuk melengkapi sebuah sistem.Kekurangan RAD „ „ „ „ „ „ „ „ RAD memerlukan sumber daya manusia yang memadai untuk menciptakan jumlah tim RAD yang baik.com 6 .www. S.gangsir. . Proyek mungkin berakhir dengan lebih banyak tambahan kebutuhan daripada yang telah dipenuhi Potensial adanya penambahan fitur karena fitur yang sekarang hasilnya asal-asalan Potensial ketidaksesuaian desain dan implementasi Potensial ketidakkonsistenan penamaan dan dokumentasi Sangat sulit membuat modul yang dapat digunakan kembali Rosa A. di dalam kerangka waktu yang sangat diperpendek.

com 7 .gangsir.Kelebihan RAD „ „ „ „ „ „ „ Hasil pengembangan bisa lebih cepat dibandingkan SDLC lainnya Memerlukan biaya yang lebih sedikit Mementingkan dari segi bisnis dan teknik Berkonsentrasi pada sudut pandang user Menyediakan kemungkinan perubahan secara cepat sesuai permintaan user Menghasilkan jarak kesesuaian yang kecil antara kebutuhan user dan spesifikasi sistem Waktu. S. biaya. .www. dan effort minimal Rosa A.

www.Kondisi Sesuai RAD „ „ „ „ „ „ „ „ „ „ Proyek dengan skala kecil sampai medium dengan waktu pendek.gangsir. misalnya pada objek bisnis yang telah didefinisikan dengan baik Bukan aplikasi dengan komputasi yang kompleks User tahu pasti area yang harus dimiliki aplikasi Manajemen memiliki komitmen terhadap keterlibatan user Spesifikasi kebutuhan sudah benar-benar diketahui Pendefinisian spesifikasi yang tidak perlu waktu lama Anggota tim memiliki keahlian yang baik Komposisi tim stabil Ada kontrol proyek yang efektif Rosa A.com 8 . S. . Fokus pada lingkup tertentu.

S. .com 9 .www.Kondisi Tidak Sesuai RAD „ „ „ „ „ „ „ „ „ „ Proyek yang terlalu besar dan kompleks Proyek yang bersifat aplikasi real-time atau menangani hal-hal yang kritis Sistem dengan komputasi tinggi Lingkup dan objek bisnis proyek belum jelas Pengumpulan spesifikasi kebutuhan membutuhkan waktu lama Banyak orang yang harus terlibat dalam proyek Membutuhkan lingkup daerah yang luas Tim proyek besar dengan koordinasi tinggi Komiten pihak manajemen dengan user rendah Banyak teknologi baru digunakan untuk membangun aplikasi Rosa A.gangsir.

Iterasi terjadi pada saat prototipe ditunjukkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. dan pada saat yang sama memungkinkan pengembang untuk secara lebih baik memahami apa yang harus dilakukannya. pemesan dapat melihat pemodelan sistem dari sisi tampilan maupun teknik prosedural yang akan dibangun Rosa A.com 10 . merupakan suatu teknik untuk mengumpulkan informasi tertentu mengenai kebutuhankebutuhan informasi pengguna secara cepat. Metode dengan menyajikan gambaran yang lengkap tentang sistemnya.gangsir. Prototipe tersebut dievaluasi oleh pelanggan/pemakai dan dipakai untuk menyaring kebutuhan pengembangan software.www.Model Prototype (1) „ „ „ „ „ Model prototipe (prototyping model). Berfokus pada penyajian dari aspek–aspek software tersebut yang akan nampak bagi pelanggan atau pemakai (contohnya pendekatan input dan format output). S. .

Model Prototype (2) Rosa A. S.com 11 . .www.gangsir.

wawancara dan kuesioner. ‰ . adalah kemampuan-kemampuan sistem baru yang sebelumnya tidak ada pada saat pengguna berinteraksi dengan prototipe. . „ „ Saran-saran pengguna.www. Inovasi. S. diawali dengan menampilkan sebuah prototipe sistem informasi. saran-saran merupakan hasil interaksi pengguna dengan prototipe yang ditampilkan (evaluasi pengguna) yang merupakan masukan untuk perbaikan. ‰ Inovasi prototipe jika berhasil akan menjadi bagian dari sistem hasil jadi.com 12 „ Rencana revisi. Rosa A.Tahapan Umum Model Prototype „ Reaksi awal dari pengguna. kemudian melihat reaksi dari pengguna saat bekerja dengan prototipe apakah fitur-fitur sistem pada prototipe tersebut sudah sesuai dengan kebutuhannya. ‰ Reaksi tersebut dikumpulkan dalam lembar observasi. prototipe menggambarkan sistem di masa datang. pengubahan atau ‘menghentikan’ prototipe sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguan dengan lebih baik.gangsir. Rencana revisi membantu mengidentifikasikan prioritas-prioritas apa saja yang akan diprototipekan selanjutnya.

.gangsir.Aktivitas Prototype „ „ „ „ „ Mengidentifikasi kebutuhan : analisa terhadap kebutuhan calon user Quick design : pembuatan desain global untuk membentuk s/w contoh Build prototype : pembuatan s/w prototype termasuk pengujian dan penyempurnaan Evaluasi pelanggan : mengevaluasi prototipe dan memperhalus analis kebutuhan calon pemakai Pembuatan & implementasi : pembuatan sebenarnya termasuk design.com 13 . coding. S.www. dan testing Rosa A.

gangsir. Kebutuhan mempunyai kemungkinan sering berubah. S. Melupakan dokumentasi Banyaknya perulangan proses dapat membuat pembengkakan biaya dan jadwal Rosa A.www. Teknik dan tools yang tidak optimal pada prototipe yang akan tetap digunakan pada s/w sesungguhnya.com 14 . .Kelemahan Prototype „ „ „ „ „ „ Ketidaksadaran user bahwa ini hanya suatu model awal bukan model akhir Pengembang kadang-kadang membuat implementasi yang sembarangan.

www. .gangsir. S.com 15 .Kelebihan Prototype „ „ „ „ „ „ „ „ Memudahkan user untuk memetakan pikirannya dengan prototipe Lebih tampak realistis bagi user Membangun komunikasi yang baik dengan user Bermanfaat untuk menyatakan objek yang abstrak Membantu mengidentifikasi kebingungan spesifikasi Dapat menggenerasi spesifikasi aplikasi Mendorong adanya inovasi dan desain yang fleksibel Waktu pengembangan cepat jika tidak terjadi banyak iterasi Rosa A.

www.com 16 . S.Kondisi Sesuai Prototype „ „ „ „ „ „ „ „ „ „ „ Membutuhkan banyak input dari user Proyek besar dengan banyak user Proyek tidak jelas objeknya Ada tekanan untuk implementasi secepatnya Perubahan fungsional sering berubah User tidak terlalu memiliki pengetahuan yang memadai Anggota tim berpengalaman Komposisi tim stabil Manajer proyek berpengalaman Tidak ada jadwal strik Mengijinkan ada banyak inovasi Rosa A. .gangsir.

www. S.gangsir.Kondisi Tidak Sesuai Prototype „ „ „ „ „ Aplikasi berbasis transaksi dengan sistem batch Sistem e-bisnis berbasis web Komposisi tim tidak stabil Kemungkinan perubahan desain tidak terlalu banyak Objek proyek jelas Rosa A.com 17 . .

manipulasi data.Model 4GT (1) „ „ „ „ „ „ 4GT -> Fourth Generation Technology Membangun s/w dengan menggunakan sejumlah perangkat bantu (tools) Tools memungkinkan pembuat menentukan sejumlah karakteristik s/w tersebut pada tingkat tinggi. Rosa A.www. . dan kemampuan spreedsheet. pendefinisian dan interaksi pada layar monitor. Menekankan pada kemampuan menentukan s/w pada level mesin dgn bahasa lebih alami Tools 4GT : bahasa non prosedural untuk query basis data.com 18 . pelanggan langsung menerangkan kebutuhan dan langsung ditranslasikan ke prototipe operasional. report generation.gangsir. Dimulai dengan pengumpulan kebutuhan. S.

S.www.com 19 .Model 4GT (2) Rosa A. .gangsir.

www.Model 4GT (3) „ Teknik generasi ke-empat (4GT). berikut tahapannya: ‰ ‰ ‰ ‰ Requirement gathering Design strategy. tetapi untuk aplikasi yang besar perlu adanya pengembangan strategi perancangan.gangsir. penerapan. Akan dibuat secara otomatis oleh tool Implementation. pembuatan produk s/w. 4 Fase Utama Proses Rekayasa 4GT untuk Spesifikasi ‰ ‰ ‰ ‰ Studi Kelayakan Elisitasi dan analisis persyaratan Spesifikasi persyaratan Validasi persyaratan Rosa A.com 20 . algoritma dan struktur data tidak perlu didesain secara lengkap. implementasi menggunakan 4GL dan pengujian. „ „ mengimplementasikannya menggunakan 4GL (Fourth Generation Language). strategi perancangan. perancangan struktur s/w secara detail. pembuatan program dengan pemrograman 4GL Testing & product. S. testing dan pembuatan dokumentasi. dimulai dengan pengumpulan kebutuhan. Untuk aplikasi yang kecil dimungkinkan dari pengumpulan kebutuhan langsung. .

langsung diperbaiki. S.www. www. waktu). unit test atau system integration dan jangan menunda karena biaya akan membengkak (uang. Courage / Berani: Banyak ide baru dan berani mencobanya. Kent.com 21 „ Adapun empat nilai penting dari XP ‰ ‰ ‰ ‰ . .gangsir. berani mengerjakan kembali dan setiap kali kesalahan ditemukan. “Extreme Programming”. tenaga.Extreme Programming „ „ Beck. Rosa A. Developer didampingi oleh pihak klien dalam melakukan coding dan unit testing Simplicity/ sederhana: Menekankan pada kesederhanaan dalam pengkodean Feedback / Masukan/Tanggapan: Setiap feed back ditanggapi dengan melakukan tes.org Suatu model yang menekankan pada: ‰ ‰ ‰ keterlibatan user secara langsung pengujian pay-as-you-go design Communication/Komunikasi pemrograman berpasangan (pair programming).extremeprogramming.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->