DEMAM BERDARAH DENGUE

Oleh ; Tim Penyuluhan Kesehatan RS PANTI RAHAYU KELOR

Apakah demam berdarah dengue itu??

Penyakit demam berdarah dengue ( DBD ) dalam bahasa

medis di sebut Dengue Hemorrhagic Fever ( DHF )
adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus dengue yang di tularkan melalui gigitan nyamuk AEDES AEGYPTI, Yang menyebabakan gangguan pada

pembuluh darah,sehingga menyebabkan perdarahan –

perdarahan.

buang air besar dengan kotoran ( feaces ) berupa lendir bercampur darah ( melena ).Inkubasi dan Gejala Masa inkubasi berlangsung selama 3 – 15 hari sejak seseorang terserang virus dengue.mimisan ( epitaksis ). . Selanjutnya penderita akan menunjukkan tanda dan gejala sebagai berikut :  Demam tinggi yang mendadak 2 -7 hari ( 38 – 40 derajat Celsius )  Adanya bentuk perdarahan di kelopak mata dalam( konjungtiva ).

kejang dan sakit kepala.  Munculnya bintik – bintik merah pada kulit akibat pecahnnya pembuluh darah . Timbul beberapa gajala klinik seperti mual. diare. penurunan nafsu makan sakit perut.menggigil. muntah.

Cara Penularan DBD…. .  Ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.  Bila nyamuk tersebut menghisap/menggigit orang lain..  Nyamuk ini mendapat virus dengue sewaktu menggigit atau menghisap darah orang yang :  Sakit DBD  Tidak sakit DBD tetapi dalam darahnya terdapat virus dengue  Virus dengue yang terhisap akan berkembang biak dan menyebar ke seluruh tubuh nyamuk termasuk kelenjer liurnya. virus akan dipindahkan bersama air liur nyamuk.

Cara Penularan DBD….. Bila orang yang tertular itu :  tidak mempunyai kekebalan (umumnya anak-anak)  virus itu akan menyerang trombosit (sel pembeku darah) & merusak dinding pembuluh darah kecil (kapiler)  terjadi perdarahan & kekurangan cairan yang ada dalam pembuluh darah  Bila orang mempunyai zat anti kekebalan  virus tak berdaya  orang tidak sakit .

.Cara Penularan DBD…. Dalam darah manusia virus akan mati dengan sendirinya dalam waktu lebih kurang 1 minggu .

tampak lemah dan lesu 3.Gejala/Tanda  Gejala/Tanda Awal 2. Mendadak panas tinggi selama 2-7 hari. Tampak bintik-bintik merah pada kulit disebabkan pecahnya pembuluh kapiler . Seringkali ulu hati terasa nyeri. karena terjadi perdarahan lambung 1.

Bila sudah parah. Kadang-kadang terjadi perdarahan di hidung (mimisan) 3. penderita gelisah. Mungkin terjadi muntah/berak bercampur darah 2. Bila tidak segera ditolong dapat meninggal dunia .Gejala/Tanda lanjutan 1. ujung tangan dan kaki dingin berkeringat.

Jika ada kasus DBD. menutup dan penggunaan kelambu anti nyamuk dan lotion anti nyamuk.  Adanya gerakan 3M plus( menguras. Aegypti )  mengendalikan penyebaran DBD dilakukan dengan mengendalikan vektor nyamuk ini. mengubur. biasanya segera dilakukan pengasapan di lingkungan sekitar tempat tinggal pasien tersebut.Pencegahan ( Pengendalian Nyamuk Ae. Pengasapan sebenarnya adalah penyemprotan obat anti nyamuk (insektisida) kimia.  Menggunakan ikan pemakan jentik ( ikan adu / ikan cupang ) .

Tempat berkembang Nyamuk Aedes aegypti .

 Abatisasi/Penaburan Bubuk abate (1 x 3 bulan) .PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE Secara Kimia  Fogging/pengasapan (jam aktif nyamuk. semprot atau repelent. tidak ada angin/kuat. serentak/masal/kompak)  Obat Nyamuk Bakar.

Fogging/Pengasapan FOGGING HANYA MEMBUNUH NYAMUK DEWASA & TIDAK MENYELESAIKAN MASALAH DBD .

Larvasidasi  Menaburkan bubuk abate atau pembunuh jentik lainnya ke dalam tempat penampungan air  Menggunakan Abate  Abatisasi .

Secara Mekanis  DBD Gerakan 3M  Menguras bak mandi. sulit air  abatisasi  Menutup rapat-rapat tempat penampung air. paling tidak seminggu sekali  gampang air. agar nyamuk tidak masuk dan berkembang Mengubur barang2 bekas yang dapat menampung air hujan  . semacam tempayan dan drum. drum atau kolam.

Secara Mekanis  Bersihkan lingkungan (PLUS)  Vas bunga  Wadah minum burung  Pasang kelambu  Pasang kasa pada setiap celah ventilasi  Jangan banyak gantungan baju  Jangan membiarkan ada air yang tergenang .

3M Larvasiding Ikanisasi Obat Nyamuk Semprot Obat Nyamuk Gosok plus Pencahayaan Ventilasi Kasa .

misalnya ikan mujair.Secara Biologis  Predator. Air kolam diisi ikan pemakan jentik  Memelihara Ikan yang relatif kuat dan tahan. kepala timah/pantau  Insektisida Hayati (ekstrakTumbuh-tumbuhan)  Memanfaatkan Tanaman Pengusir Nyamuk populer .

Ikan Kepala Timah .

artinya tanpa diolahpun mampu mengusir nyamuk.Tanaman Pengusir Nyamuk Tanaman hidup pengusir nyamuk adalah: Jenis tanaman yang dalam kondisi hidup mampu menghalau nyamuk. .

.Lantana camera L/ Tembelekan Selasih Tagetes patula Tahi Kotok/ Bunga Tahi ayam Zodia (Evodiaa suaveolens) Geranium Lavender spp.

RS. Wilayah yang banyak kasus DBD B. Pemukiman baru di pinggir kota. Hotel. Tempat-tempat umum seperti sekolah. C. . Puskesmas. dan Tempat Ibadah.TEMPAT POTENSIAL BAGI PENULARAN A. Restoran. Karena lokasi ini penduduknya berasal dari berbagai wilayah maka kemungkinan diantaranya terdapat penderita atau orier yang membawa virus dengue yang berlainan dari masing-masing lokasi asal. Pasar.

 Manggigit dalam posisi sesuai dengan posisi mendarat di permukaan kulit korbannya. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful