SNI 13-6676-2002

Standar Nasional Indonesia

Evaluasi laporan penyelidikan umum dan eksplorasi bahan galian

ICS 73.020

Badan Standardisasi Nasional

BSN

Evaluasi Laporan penyelidikan umum dan eksplorasi bahan galia n

1

Ruang Lingkup

Standar ini merupakan petunjuk atau pedoman bagi pemberi izin usaha pertambangan atau pejabat yang ditunjuk dalam melaksanakan evaluasi laporan rencana kerja, triwulan, tahunan, akhir penyelidilan umum dan eksplorasi bahan galian.

2

Acuan

Standar ini dirumuskan dengan menggunakan acuan sebagai berikut. SNI 13-5015-1998, Klasifikasi sumber daya cadangan batu bara. SNI 13-4726-1998, Klasifikasi sumber daya dan cadangan. SNI 13-4688-1998, Penyusunan peta sumber daya mineral, batu bara dan gambut. SNI 13-4691-1998, Penyusunan peta geologi. SNI 13-6606-2001, Tata cara umum penyusunan laporan eksplorasi bahan galian.

3
3.1

Istilah dan Definisi

bahan galian unsur kimia, mineral, bijih-bijih, dan segala jenis batuan termasuk batu mulia yang merupakan endapan-endapan alam 3.2 pelamparan penyebaran bahan galian serah dengan jurus perlapisan 3.3 ahli kebumian yang berlatar belakang pendidikan geologi, tambang, geofisika, dan perminyakan minimal D3 dan berpengalaman minimal 5 tahun di bidangnya

1 dari 21

7 wilayah usaha pertambangan wilayah yang ditetapkan dalam izin usaha pertambangan dan/atau perjanjian usaha pertambangan untuk melakukan usaha pertambangan 3.8 laporan penyelidikan umum dan eksplorasi bahan galian rekaman data dan informasi hasil suatu kegiatan penyelidikan bahan galian di suatu tempat yang meliputi keterdapatan.4 penyelidikan umum penyelidikan secara geologi umum atau geofisika di darat. Triwula I : periode 1 Januari sampai dengan 31 Maret disampaikan selambat-lambatnya pada tanggal 30 April tahun bersangkutan b.5 eksplorasi penyelidikan geologi yang dilakukan untuk mengindentifikasi. dengan maksud untuk membuat peta geologi umum atau untuk menetapkan tanda-tanda adanya bahan galian pada umumnya 3. kualitas. disampaikan setiap periode sebagai berikut: a. non teknis dan kendala yang dihadapi serta hasil yang dicapai. bentuk. letak. kuantitas. dan sebaran bahan galian. perairan dan dari udara. termasuk sifat atau karakteristik batuannya 3.9 laporan triwulan penyelidikan umum dan eksplorasi laporan yang menggambarkan realisasi kegiatan setiap tiga bulan mencakup perkembangan kegiatan teknis. kuantitas dan kualitas suatu endapan bahan galian untuk dapat dilakukan analisis/kajian kemungkinan dilakukannya penambangan 3. menentukan lokasi. ukuran. Triwulan II : periode 1 April sampai dengan 30 Juni disampaikan selambat-lambatnya pada tanggal 31 Juli tahun yang bersangkutan 2 dari 21 .3. koperasi atau perorangan untuk melaksanakan usaha pertambangan 3. sebaran.6 izin usaha pertambangan umum izin yang diberikan kepada badan hukum Indonesia.

Susunan laporan hasil evaluasi laporan penyelidikan umum dan eksplorasi bahan galian meliputi data umum. Triwulan IV : periode 1 Oktober sampai dengan 31 Desember disampaikan selambatlambatnya pada tanggal 31 Januari tahun berikutnya 3. diganti dengan rencana kegiatan penyelidikan 3 dari 21 . non teknis dan kendala yang dihadapi serta hasil yang dicapai. serta hasil yang dicapai.2 Uraian singkat Dalam uraian singkat. mencakup perkembangan kegiatan teknis. peralatan dan biaya.c. 4. setiap laporan yang akan dievaluasi dikatalogkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.1 Data umum Dalam laporan hasil evaluasi dicantumkan minimal mengenai hal sebagai berikut (lihat Lampiran A).11 laporan akhir penyelidikan umum dan eksplorasi laporan yang menggambarkan seluruh tahapan kegiatan izin usaha pertambangan yang mencakup kegiatan teknis. non-teknis dan kendala yang dihadapi. kesimpulan dan saran tidak dinilai. Untuk laporan rencana kerja unsur hasil penyelidikan. keadaan daerah penyelidikan. uraian singkat. Untuk memudahkan pengarsipan. pelaksana. dan kesimpulan serta saran. setiap laporan kegiatan dievaluasi dengan menguraikan dan menjelaskan mengenai perizinan. geologi dan sumber daya bahan galian. dan disampaikan selambat-lambatnya 30 hari setelah berakhirnya tahapan kegiatan tersebut 4 Persyaratan Umum Laporan penyelidikan umum dan eksplorasi bahan galian merupakan dokumen negara sehingga pengelolaanya harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Disampaikan selambat-lambatnya pada tanggal 31 Januari tahun berikutnya 3. kegiatan penyelidikan. daftar acuan. Triwulan III : periode 1 Juli sampai dengan 30 September disampaikan selambatlambatnya pada tanggal 31 Oktober tahun yang bersangkutan d. kualitas dan kelengkapan lampiran.10 laporan tahunan penyelidikan umum dan eksplorasi laporan yang menggambarkan realisasi kegiatan tiap tahun. kesimpulan dan rekomendasi dari penilai. 4. hasil penyelidikan.

2.5 Kegiatan penyelidikan a) waktu penyelidikan. sebaran/pelamparan. c) keterdapatan atau indikasi pemineralan/endapan. dan pengolahan data. d) penyelidikan geokimia. b) geologi daerah penyelidikan. 4.3 Keadaan geologi dan sumber daya bahan galian a) penyelidik terdahulu. nomor SK. dan perkiraan potensinya. koordinat dan luas wilayah. jenis. klasifikasi dan metodenya.2.4. dan biaya. geofisika apabila dilakukan. b) geografi umum. tanggal berlakunya. maksud dan tujuan a) kepemilikan. 4. b) peta. 4. 4. b) jenis kegiatan (metode dan prosedur) serta volumenya. 4 dari 21 .4 Rencana kegiatan dan biaya a) waktu penyelidikan. bentuk. dan e) peta-peta dasar yang digunakan. dan apabila perpanjangan supaya dijelaskan. dan e) pelaksana. d) unsur/parameter yang dianalisis. dan c) geologi regional. c) metode pengambilan contoh. b) jenis kegiatan (metode dan prosedur) serta volumenya. peralatan. hak guna lahan. dan e) estimasi sumber daya. terutama dalam kaitanya dengan keberadaan sumber daya bahan galian.1 Perizinan.2.2 Keadaan daerah penyelidikan a) lokasi dan pencapaian daerah (lokasi daerah perizinan dan penyelidikan).2. c) metode pengambilan contoh. d) unsur/parameter yang dianalisis dan rencana pengolahan data.2. dan c) maksud dan tujuan dilakukannya penyelidikan serta bahan galian yang diselidiki.

2. tipe. literatur. c) tipe. dan e) hasil analisis contoh yang dilengkapi dengan sertifikat.9 Kualitas. harus dilengkapi nama konsultan atau kontraktor yang melaksanakan dan surat izin jasa pertambangan.4. 4. dan geofisika. d) surat-surat perizinan serta lampiran lain yang relevan. peralatan. b) bila kegiatan tidak dilakukan sendiri. b) hasil penyelidikan lainnya seperti geofisika apabila dilakukan. c) alasan penciutan. dan jumlah tenaga kerja (dilampirkan dengan daftar).2. dan biaya a) kualifikasi/keahlian. tetapi merupakan analisis hasil penyelidikan.2. pengambilan contoh. b) tindak lanjut yang akan dilakukan.3 Kesimpulan dan rekomendasi dari penilai a) uraian pendapat penilai terhadap laporan yang dinilai dengan kriteria sangat baik. jenis pemineralan. sumur/parit uji dan pengeboran. bentuk dan kelas sumber daya/cadangan. b) penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki atau ditambahkan.2. 4. dan biaya. geologi.10 Daftar acuan laporan Acuan yang digunakan dalam penyusunan laporan antara lain meliputi laporan terdahulu. 4.8 Kesimpulan a) kesimpulan bukan ringkasan laporan. 5 dari 21 . b) peta topografi. dan c) peralatan yang digunakan. ubahan. dan perluasan daerah penyelidikan (dilihat dari hasil interpretasi data lapangan atau infrastruktur yang dikembangkan di wilayah penyelidikan). dan d) peta yang dihasilkan. dan jumlah lapisan). baik.7 Pelaksana. sruktur. kurang baik. geokimia. dan dangat kurang.2. sebaran/pelamparan bahan galian. c) kualitas isi dan format peta. 4. dan c) rekomendasi dari penilai. dan d) permasalahan.6 Hasil penyelidikan bentuk a) geologi daerah penyelidikan (pemerian batuan. dan kelengkapan lampiran a) peta lokasi kerja. 4. apabila menggunakan tenaga kerja asing harus dilengkapi dengan surat izin kerja tenaga asing (IKTA). dan pedoman.

i) kesimpulan. f) pelaksana. 6 Kriteria evaluasi laporan 6. dan j) format laporan. e) hasil penyelidikan. 6 dari 21 . b) keadaan daerah penyelidikan. peralatan.1 Kriteria Evaluasi laporan dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan. c) keadaan geologi dan sumber daya bahan galian. dan standar SNI.5 Persyaratan Khusus a) evaluasi laporan dilaksanakan oleh tenaga ahli dengan latar belakang pendidikan ahli kebumian. atau telah mengikuti pelatihan sebagai penilai yang diselenggarakan oleh instansi yang diberi wewenang untuk itu. h) daftar acuan. g) kualitas dan kelangkapan lampiran. diperlukan peninjauan lapangan oleh petugas yang ditunjuk. Unsur-unsur yang dievaluasi sesuai dengan jenis laporan minimal meliputi: a) perizinan serta penyelidikan. 6.2 Penilaian (lihat Lampiran B) 7 Pengujian Apabila dari hasil evaluasi laporan ditemukan kejanggalan atau keraguan. d) kegiatan penyelidikan. dan b) berpengalaman di bidang eksplorasi bahan galian minimal lima tahun. dan biaya.

Hasil evaluasi mengenai kegiatan penyelidikan. peralatan. Hasil evaluasi mengenai pelaksana. 2. Hasil evaluasi keadaan daerah penyelidikan. Hasil evaluasi mengenai keadaan geologi dan sumber daya bahan galian. A.Lampiran A (normatif) Format pengisian hasil evaluasi teknis Nomor laporan Judul laporan Nama perusahaan Jenis perizinan Tanggal penerimaan laporan Tanggal penyelesaian evaluasi Nama penilai A.) 7 dari 21 . 8. Hasil evaluasi mengenai kesimpulan. 4.1 Uraian singkat : : : : : : : 1. 7. Hasil evaluasi mengenai daftar acuan laporan yang digunakan.. dan biaya. Hasil evaluasi mengenai perizinan serta maksud dan tujuan. Hasil evaluasi mengenai kualitas. …………….2 Kesimpulan dan rekomendasi dari penilai ………………. 2001 Penilai ( ……………………………. 6. dan permasalahan. 5. dan kelengkapan lampiran. 3.

metode. harus disertai dengan pendapat penilai mengenal kelayakan laporan tersebut berdasarkan pada keterkaitan antara data dasar. 10% . 10%.1.1 Penilaian terhadap setiap unsur dalam format berdasarkan pada evaluasi setiap butirnya.2 Evaluasi laporan triwulan a) pengisian format b) evaluasi mengenai perizinan c) evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan d) evaluasi mengenai geologi dan sumber daya bahan galian 8 dari 21 bobot : bobot : bobot : bobot : 5%. B. B.1 Evaluasi laporan rencana kerja a) evaluasi format b) evaluasi mengenai perizinan c) evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan d) evaluasi mengenai geologi dan sumber daya bahan galian e) evaluasi mengenai rencana kegiatan penyelidikan f) evaluasi mengenai rencana pelaksana. dan hasil kegiatan. 5%.1.1. prosedur.1.Lampiran B (normatif) Penilaian B. penilai harus memberikan pendapat mengenai laporan tersebut B. dan rekomendasi.4.1.2 Evaluasi terhadap unsur-unsur dalam format evaluasi.1.4 Setiap butir dalam format evaluasi diberi bobot berdasarkan tingkat kesulitan dan kontribusinya terhadap hasil akhir.1 Dasar penilaian B. 5%. peralatan dan biaya g) evaluasi mengenai kualitas dan kelengkapan lampiran h) evaluasi mengenai daftar acuan laporan bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : 5%.4. B. 15% 30% 25% 5% 5% B. 5%.3 Dalam kesimpulan.

dan kelengkapan lampiran i) evaluasi mengenai daftar acuan laporan j) evaluasi mengenai kesimpulan B. dan kurang jelas). B.e) evaluasi mengenai kegiatan penyelidikan f) evaluasi mengenai hasil penyelidikan g) evaluasi mengenai pelaksana. peralatan.1.3 Evaluasi laporan tahunan/akhir a) evaluasi mengenai perizinan b) evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan c) evaluasi mengenai geologi dan sumber daya bahan galian d) evaluasi mengenai kegiatan penyelidikan e) evaluasi mengenai hasil penyelidikan f) evaluasi mengenai pelaksana. peralatan. dan kelengkapan lampiran h) evaluasi mengenai daftar acuan laporan i) evaluasi mengenai kesimpulan. dan biaya h) evaluasi mengenai kualitas. dan jelas). 10% 25% 20% 10% 10% 5% 10% c) nilai antara 41 – 60 (kurang lengkap. dan saran B. jelas).2 Contoh cara penilaian Contoh pada laporan tahunan/akhir 9 dari 21 . kurang memadai. 5%. relevan. relevan. d) nilai 740 (tidak lengkap dan tidak jelas). memadai.1. tidak relevan. bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : 25% 20% 10% 5% 5% 10% bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : bobot : 5%. memadai. dan biaya g) evaluasi mengenai kualitas.4.5 Kriteria penilaian pada table penilaian a) nilai antara 91 – 100 (lengkap. b) nilai antara 61 – 90 (kurang lengkap.

70 tanggal persetujuan. jenis. dan volume kegiatan serta informasi lain yang bertalian dengan kegiatan penyelidikan 10 dari 21 bobot : 25% Nilai 90 80 80 .2 Evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan bobot : 5% Nilai a) Penjelasan mengenai lokasi. dsb.50 CATATAN Dalam formulir evaluasi supaya dicantumkan waktu/lamanya penyelidikan. bentuk tubuh bahan galian. geologi. penginderaan jauh. 60 Jumlah 360 Nilai yang diperoleh 350/4 x 5% = 7. geofisika.4 Evaluasi mengenai kegiatan penyelidikan a) b) c) d) e) f) Informasi mengenai waktu penyelidikan. Informasi mengenai pengolahan data 80 Bila dilakukan estimasi sumber daya. kabuapten.3 Evaluasi mengenai geologi dan sumber daya bahan galian bobot : 10% Nilai a) Uraian singkat mengenai penyelidik terdahulu yang telah melakukan penyelidikan di daerah itu. dan kode wilayah berdasarkan SK Perizinan Tabel B. dan kualitasnya. izin usaha pertambangan.1 Evaluasi mengenai perizinan bobot : 5% Nilai a) Uraian mengenai kepemilikan. 80 c) Uraian mengenai keterdapatan atau indikasi pemineralan. dan luas daerah penyelidikan 90 Jumlah 350 Nilai yang diperoleh 350/4 x 5% = 4. kecamatan. 70 b) Uraian mengenai daerah tertentu yang sudah diketahui keadaan geologinya secara rinci. 70 b) Informasi mengenai keadaan geologi secara regional 80 Jumlah 150 Nilai yang diperoleh 150/4 x 5% = 3. dan pencapaian daerah serta keadaan daerah penyelidikan. hak guna lahan. sebaran/pelamparan. dan pola). dan nama/tempat laboratorium. Bila perpanjangan agar dijelaskan. Informasi unsure/parameter yang dianalisis. 80 d) Secara ringkas dipaparkan mengenai informasi hasil penyelidikan geokimia. Informasi mengenai kegiatan yang dilakukan. desa. terutama dalam kaitannya dengan keberadaan sumber daya. dan masa berlakunya izin usaha pertambangan. sebutkan metode. nama daerah.75 CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis informasi mengenai lokasi. Informasi mengenai pengambilan contoh (jenis.37 CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis mengenai butir-butir tersebut berdasarkan laporan yang ada Tabel B. mulai. atau perkiraan potensinya. provinsi. metode. 80 Jumlah 410 Nilai yang diperoleh 350/4 x 5% = 20. dsb. dan volumenya. kerapatan.20 CATATAN Dalam formulir evaluasi agar dicantumkan data/informasi tersebut secara ringkas Tabel B. 70 e) Tersedianya peta-peta topografi. dsb.Tabel B. b) Penjelasan mengenai daerah target eksploitasi dan/atau daerah yang dilepas 100 c) Penjelasan mengenai bahan galian yang diselidiki 90 d) Luas wilayah usaha pertambangan.

ubahan.8 Evaluasi mengenai daftar acuan laporan bobot : 10% Nilai Daftar acuan yang digunakan dan relevansinya dengan kegiatan serta isi laporan 80 Jumlah 80 Nilai yang diperoleh 80 x 5 % = 4 Tabel B. sumur/parit uji. dan jumlahnya tenaga kerja (dilampirkan dengan daftar). pengeboran. dan mineralisasi. pemineralan. 90 b) Informasi mengenai tindak lanjut yang akan dilakukan. 80 c) Informasi mengenai endapan bahan galian seperti tipe. lokasi pengambilan contoh. dan hubungannya dengan geologi dan sumberdaya. dan klasifikasi sumber daya/cadangan. bentuk. geokimia parit/sumur uji. dan sertifikat hasil analisa. harus dilengkapi nama konsultan atau 80 kontraktor yang melaksanakan.7 Evaluasi mengenai kualitas dan kelengkapan lampiran bobot : 10% Nilai a) Peta lokasi daerah kerja. Tabel B.9 Evaluasi mengenai kesimpulan bobot : 10% Nilai a) Kejelasan kesimpulan yang diambil dalam kaitannya antara penyelidikan yang dilakukan dengan hasilnya. metode analisis. Biaya.75 Tabel B. geokimia.50 CATATAN Lampiran dicek relevansinya dengan laporan. 70 Jumlah 310 Nilai yang diperoleh 310/4 x 10% = 7. dan pengeboran. apabila menggunakan tenaga kerja asing harus dilengkapi dengan 90 surat izin kerja tenaga asing.5 Evaluasi mengenai hasil penyelidikan bobot : 20% Nilai a) Geologi daerah penyelidikan (pemberian batuan. dan geofisika. 80 Jumlah 260 Nilai yang diperoleh 260/3 x 20% = 17. pelamparan bahan galian. seberan/pelamparan. 70 b) Peta geologi. 90 b) Informasi mengenai hasil penyelidikan seperti geofisika. 70 d) Daftar contoh.Tabel B. struktur.6 Evaluasi mengenai pelaksana peralatan dan biaya a) b) c) d) bobot : 10% Nilai Informasi mengenai kualifikasi/keahlian. dan laboratorium yang digunakan. kualifikasi tenaga kerjanya. 90 Jumlah 300 Nilai yang diperoleh 300/4 x 10% = 7. Bila kegiatan tidak dilakukan sendiri. hasil analisis. biaya serta surat izin jasa pertambangan. formasi.50 11 dari 21 . 70 Informasi mengenai peralatan.33 CATATAN Dalam formulir evaluasi agar dicantumkan data/informasi tersebut secara riingkas Tabel B. 80 Jumlah 170 Nilai yang diperoleh 170/2 x 10% = 8. 70 c) Peta yang berhubungan dengan estimasi dan klasifikasi sumber daya.

90 .99 c) C .5. laporan memenuhi persyaratan peraturan (normatif). Evaluasi mengenai kualitas.kurang baik. dan rekomendasi penilai: a) uraikan pendapat penilai terhadap laporan yang dinilai dengan kriteria : sangat baik.baik. Evaluasi mengenai hasil penyelidikan 6.5 80. dan sangat kurang.50 17. Evaluasi mengenai kesimpulan dan saran Jumlah Nilai seluruh laporan 80.90 : 9 = 8. Nilai antara 9 . baik.99 d) D . laporan yang secara normatif memenuhi persyaratan tetapi masih ada kekurangan.sangat baik.10 b) B . dan biaya 7.1 Contoh jumlah nilai akhir yang diperoleh 1. dan tujuan serta kegiatan. peralatan. dan hasilnya.33 7. dan dilengkapi.3 Tingkatan nilai akhir suatu laporan adalah a) A . laporan yang secara normatif maupun isinya kurang menunjukkan adanya keterkaitan antara maksud. Lampiran yang ada juga kurang terkait. Evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan 3. Evaluasi mengenai kegiatan penyelidikan 5.8.2. Nilai antara 4 . Laporan perlu diperbaiki. Saran perbaikan untuk laporan berikutnya.75 7.75 7. d) apakah laporan telah sesuai dengan format.Kesimpulan. Nilai < 4 12 dari 21 4. Evaluasi mengenai daftar acuan laporan 9. b) untuk yang kurang memadai agar dijelaskan kekurangannya. Nilai antara 6 . laporan harus disusun ulang. B. dan kelengkapan lampiran 8.98 (laporan dinilai baik) B. kurang baik. Evaluasi mengenai pelaksana. Evaluasi mengenai perizinan 2.50 4 8. Evaluasi mengenai geologi.37 3. dan sumber daya 4. dan informasi dalam laporan lengkap sehingga tidak perlu ada perbaikan sama sekali.sangat kurang.20 20. c) berikan saran-saran perbaikan yang diperlukan.

hak guna lahan. b) Informasi mengenai keadaan geologi secara regional.3 Evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan bobot : 10% Nilai a) Penjelasan mengenai lokasi. sebaran/pelamparan. mulai. dan pencapaian daerah serta keadaan daerah penyelidikan. tanggal persetujuan. Jumlah Nilai yang diperoleh 13 dari 21 .2 Evaluasi mengenai perizinan bobot : 5% Nilai a) Uraian mengenai kepemilikan. atau perkiraan potensinya.i nama daerah. provinsi. dsb. geologi. Uraian mengenai keterdapatan atau indikasi pemineralan. Tabel C. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Penjelasan terhadap isian format didasarkan pada unsur-unsur di bawah ini. kabupaten. dan masa berlakunya izin usaha pertambangan.Lampiran C (normatif) Contoh formulir laporan rencana kerja Tabel C. Tabel C. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis informasi mengenai lokas. geofisika. bentuk tubuh bahan galian.1 Format bobot : 5% Nilai a) Pengisian format. dan luas daerah penyelidikan. Bila perpanjangan agar dijelaskan. jenis..4 Evaluasi mengenai geologi dan sumber daya bahan galian a) b) c) d) e) bobot : 15% Nilai Uraian singkat mengenai penyelidik terdahulu yang telah melakukan penyelidikan di daerah itu. Secara ringkas dipaparkan mengenai informasi hasil penyelidikan terdahulu seperti geokimia. desa. b) Penjelasan mengenai daerah target eksplorasi dan/atau daerah yang dilepas. penginderaan jauh. terutama dalam kaitannya dengan keberadaan sumber daya. c) Penjelasan mengenai bahan galian yang diselidiki. dsb. Uraian mengenai daerah tertentu yang sudah diketahui keadaan geologinya secara rinci. Tabel C. b) Penjelasan mengenai isi format. dan kode wilayah berdasarkan SK perizinan. dsb. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis mengenai butir-butir tersebut berdasarkan laporan yang ada. izin usaha pertambangan. Tersedianya peta-peta topografi. kecamatan. d) Luas wilayah usaha pertambangan.

Biaya. b) Peta geologi. 14 dari 21 . dan rekomendasi dari penilai: a) uraikan pendapat penilai terhadap laporan yang dinilai dengan kriteria : sangat baik. d) Daftar contoh. sebutkan metode dan klasifikasi yang akan digunakan Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi supaya dicantumkan rencana waktu/lamanya penyelidikan. dan jumlahnya tenaga kerja (dilampirkan dengan daftar). b) untuk yang kurang memadai agar dijelaskan kekurangannya.5 Evaluasi mengenai rencana keadaan penyelidikan bobot : 30% Nilai a) b) c) d) e) Informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan. Kesimpulan. lokasi pengambilan contoh. geokimia . dan pengeboran. Jumlah Nilai yang diperoleh Tabel C.Tabel C. Tabel C. kerapatan. dan volumenya. harus dilengkai nama konsultan atau kontraktor yang melaksanakan. dan laboratorium yang digunakan. biaya serta surat izin jasa pertambangan. dan nama/tempat laboratorium.7 Evaluasi mengenai kualitas dan kelengkapan lampiran bobot : 5% Nilai a) Peta lokasi daerah kerja. metode. kualifikasi tenaga kerjanya. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Lampiran dicek relevansinya dengan laporan. kurang baik.8 Evaluasi mengenai daftar acuan laporan bobot : 5% Nilai Daftar acuan yang digunakan dan relevansinya dengan kegiatan serta isi laporan Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Evaluasi mengenai hasil penyelidikan dan kesimpulan tidak perlu dievaluasi karena belum ada kegiatan. c) berikan saran-saran perbaikan yang diperlukan. dan pola). hasil nilai analisis. Informasi mengenai peralatan. baik.6 Evaluasi mengenai rencana pelaksana peralatan dan biaya a) b) c) d) bobot : 25% Nilai Informasi mengenai kualifikasi/keahlian. apabila menggunakan tenaga kerja asing harus dilengkapi dengan surat izin kerja tenaga asing. Informasi mengenai rencana pengolahan data. sumur/parit uji. Informasi mengenai rencana pengambilan contoh (jenis. Bila dilakukan estimasi sumber daya. dan sertifikat hasil analisis. dan geofisika. dan volumenya. c) Peta yang berhubungan dengan estimasi. dan sangat kurang. Bila kegiatan tidak dilakukan sendiri. pelamparan bahan galian. pemineraian. d) apakah laporan telah sesuai dengan format. dan klasifikasi sumber daya. metode analisis. Informasi rencana unsur/parameter yang dianalisis. Tabel C.

dsb. tanggal persetujuan. mulai. d) Luas wilayah usaha pertambangan. dsb. b) Informasi mengenai keadaan geologi secara regional. geofisika. bentuk tuguh bahan galian. Uraian mengenai daerah tertentu yang sudah diketahui keadaan geologinya secar a rinci. Bila perpanjangan agar dijelaskan. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis mengenai butir-butir tersebut berdasarkan laporan yang ada. Secara ringkas dipaparkan mengenai informasi hasil penyelidikan terdahulu seperti geokimia. terutama dalam kaitannya dengan keberadaan sumber daya. Tersedianya peta-peta topografi. Tabel D. c) Penjelasan mengenai bahan galian yang diselidiki.4 Evaluasi mengenai geologi dan sumber daya bahan galian a) b) c) d) e) bobot : 10% Nilai Uraian singkat mengenai penyelidik terdahulu yang telah melakukan penyelidikan di daerah itu. dan pencapaian daerah serta keadaan daerah penyelidikan. dan masa berlakunya izin usaha pertambangan.Lampiran D (normatif) Contoh formulir laporan triwulan Tabel D. hak guna lahan. Tabel D. Uraian mengenai keterdapatan atau indikasi pemineralan. b) Penjelasan mengenai daerah target eksplorasi dan/atau daerah yang d ilepas. dsb.2 Evaluasi mengenai perizinan bobot : 5% Nilai a) Uraian mengenai kepemilikan. izin usaha pertambangan. desa.3 Evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan bobot : 5% Nilai a) Penjelasan mengenai lokasi. kecamatan. jenis.. atau perkiraan potensinya. sebaran/pelamparan. b) Penjelasan mengenai isi format. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Penjelasan terhadap isian format didasarkan pada unsur-unsur di bawah ini. Tabel D. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis informasi mengenai lokas. geologi.i nama daerah. penginderaan jauh. dan luas daerah penyelidikan. provinsi. dan kode wilayah berdasarkan SK perizinan. 15 dari 21 .1 Format bobot : 5% Nilai a) Pengisian format. kabupaten.

8 Evaluasi mengenai kualitas dan kelengkapan lampiran bobot : 10% Nilai a) Peta lokasi daerah kerja. 16 dari 21 . dan geofisika. Bila dilakukan estimasi sumber daya. a) b) c) d) e) Tabel D. Bila data pada butir 1 s.7 Evaluasi mengenai pelaksana peralatan dan biaya a) b) c) d) bobot : 20% Nilai Informasi mengenai kualifikasi/keahlian. harus dilengkai nama konsultan atau kontraktor yang melaksanakan. dan sertifikat hasil analisis. sebaran/pelamparan. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Lampiran dicek relevansinya dengan laporan. Jumlah Nilai yang diperoleh Tabel D. pemineraian. Jumlah Nilai yang diperoleh Tabel D. seperti tipe. dan volumenya. geokimia parit/sumur uji. pengeboran. dan jumlahnya tenaga kerja (dilampirkan dengan daftar). Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi supaya dicantumkan rencana waktu/lamaya penyelidikan. lokasi pengambilan contoh. c) Informasi mengenai endapan bahan galian. geokimia. apabila menggunakan tenaga kerja asing harus dilengkapi dengan surat izin kerja tenaga asing. bentuk. dan klasifikasi sumber daya. struktur dan mineralisasi).d 3 sudah ada dalam laporan sebelumnya. kerapatan. Bila kegiatan tidak dilakukan sendiri. c) Peta yang berhubungan dengan estimasi. sebutkan metode dan klasifikasinya. dan hubungannya dengan geologi dan sumber daya.Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Evaluasi laporan triwulan hendaknya mencek laporan triwulan sebelumnya. Informasi mengenai rencana pengolahan data. Informasi mengenai peralatan. dan klasifikasi sumber daya/cadangan. ubahan. Informasi rencana unsur/parameter yang dianalisis. Biaya. sumur/parit uji. dan volumenya. Tabel D.6 Evaluasi mengenai hasil penyelidikan bobot : 20% Nilai a) Geologi daerah penyelidikan (pemerian bantuan. b) Informasi mengenai hasil penyelidikan. dan pengeboran. b) Peta geologi. berarti informasi sudah cukup memadai dan data/informasi itu tidak harus selalu dicantumkan dalam setiap laporan triwulan. seperti geofisika. d) Daftar contoh. kualifikasi tenaga kerjanya. dan laboratorium yang digunakan. metode. biaya serta surat izin jasa pertambangan. dan nama/tempat laboratorium. Informasi mengenai rencana pengambilan contoh (jenis. metode analisis. dan pola).5 Evaluasi mengenai kegiatan penyelidikan bobot : 25% Nilai Informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan. hasil nilai analisis. pelamparan bahan galian. formasi.

dan rekomendasi dari penilai: a) uraikan pendapat penilai terhadap laporan yang dinilai dengan kriteria : sangat baik. kurang baik. Jumlah Nilai yang diperoleh Kesimpulan.Tabel D. c) berikan saran-saran perbaikan yang diperlukan. 17 dari 21 . d) apakah laporan telah sesuai dengan format. b) Informasi mengenai tindak lanjut yang akan dilakukan.9 Evaluasi mengenai daftar acuan laporan bobot : 5% Nilai Daftar acuan yang digunakan dan relevansinya dengan kegiatan serta isi laporan Jumlah Nilai yang diperoleh Tabel D. b) untuk yang kurang memadai agar dijelaskan kekurangannya.10 Evaluasi mengenai kesimpulan bobot : 10% Nilai a) kejelasan kesimpulan yang diambil dalam kaitannya antara penyelidikan yang dilakukan dengan hasilnya. dan sangat kurang. baik.

e) Tersedianya peta-peta topografi. penginderaan jauh. b) Informasi mengenai keadaan geologi secara regional. bentuk tuguh bahan galian. dan volumenya. dsb. atau kontrak karya. kecamatan. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis informasi mengenai lokasi nama daerah. mulai. jenis. atau perkiraan pot ensinya. sebutkan metode dan klasifikasinya. hak guna lahan. b) Penjelasan mengenai daerah target eksplorasi dan/atau daerah yang dilepas. Bila perpanjangan agar dijelaskan.4 Evaluasi mengenai kegiatan penyelidikan bobot : 25% Nilai a) b) c) d) e) f) Informasi mengenai waktu/lamanya penyelidikan Informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan. c) Penjelasan mengenai bahan galian yang diselidiki. kabupaten. izin usaha pertambangan. dsb.3 Evaluasi mengenai geologi dan sumber daya bahan galian bobot : 10% Nilai a) Uraian singkat mengenai penyelidik terdahulu yang telah melakukan penyelidikan di daerah itu. dan pola). 18 dari 21 . provinsi. geofisika.Lampiran E (normatif) Contoh formulir laporan tahunan/akhir Tabel E. Tanggal persetujuan. Tabel E. Tabel E. c) Uraian mengenai keterdapatan atau indikasi pemineralan. terutama dalam kaitannya dengan keberadaan sumber daya. d) Luas wilayah usaha pertambangan. dan masa berlakunya izin usaha pertambangan. geologi. dan kode wilayah berdasarkan SK perizinan. d) Secara ringkas dipaparkan mengenai informasi hasil penyelidikan terdahulu seperti geokimia. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi hendaknya ditulis mengenai butir-butir tersebut berdasarkan laporan yang ada. dan nama/tempat laboratorium. Informasi mengenai rencana pengambilan contoh (jenis.. Informasi mengenai rencana pengolahan data. dan pencapaian daerah serta keadaan da erah penyelidikan.1 Evaluasi mengenai perizinan bobot : 5% Nilai a) Uraian mengenai kepemilikan. dsb. kerapatan. Informasi rencana unsure/parameter yang dianalisis. Tabel E. dan luas daerah penyelidikan.2 Evaluasi mengenai keadaan daerah penyelidikan bobot : 5% Nilai a) Penjelasan mengenai lokasi. sebaran/pelamparan. b) Uraian mengenai daerah tertentu yang sudah diketahui keadaan geologinya secara rinci. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi supaya dicantumkan data/informasi tersebut secara ringkas. desa. Bila dilakukan estimasi sumber daya.

geokimia. b) Informasi mengenai hasil penyelidikan.7 Evaluasi mengenai kualitas dan kelengkapan lampiran bobot : 10% Nilai a) Peta lokasi daerah kerja. ubahan. c) Informasi mengenai peralatan. metode analisis. dan jumlahnya tenaga kerja (dilampirkan dengan daftar). kualifikasi tenaga kerjanya. d) Daftar contoh. harus dilengkai nama konsultan atau kontraktor yang melaksanakan. dan klasifikasi sumber daya/cadangan. seperti geofisika. biaya serta surat izin jasa pertambangan. dan sertifikat hasil analisis.9 Evaluasi mengenai kesimpulan bobot : 10% Nilai a) kejelasan kesimpulan yang diambil dalam kaitannya anatara penyelidikan yang dilakukan dengan hasilnya. dan klasifikasi sumber daya. apabila menggunakan tenaga kerja asing harus dilengkapi dengan surat izin kerja tenaga asing. Jumlah Nilai yang diperoleh Tabel E. bentuk. seperti tipe. c) Peta yang berhubungan dengan estimasi. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Lampiran dicek relevansinya dengan laporan. formasi. pengeboran. b) Informasi mengenai tindak lanjut yang akan dilakukan. dan volume kegiatan serta informasi lain yang bertalian dengan kegiatan penyelidikan.5 Evaluasi mengenai hasil penyelidikan bobot : 20% Nilai a) Geologi daerah penyelidikan (pemerian batuan. metode. pemineraian. pelamparan bahan galian. dan pengeboran. Tabel E. dan laboratorium yang digunakan. dan geofisika. Jumlah Nilai yang diperoleh 19 dari 21 .6 Evaluasi mengenai pelaksana peralatan dan biaya bobot : 10% Nilai a) Informasi mengenai kualifikasi/keahlian. c) Informasi mengenai endapan bahan galian. Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi supaya dicantumkan data/informasi tersevut secara ringkas Tabel E. geokimia parit/sumur uji. sebaran/pelamparan.8 Evaluasi mengenai daftar acuan laporan bobot : 5% Nilai Daftar acuan yang digunakan dan relevansinya dengan kegiatan serta isi laporan Jumlah Nilai yang diperoleh Tabel E.Jumlah Nilai yang diperoleh CATATAN Dalam formulir evaluasi supaya dicantumkan rencana waktu/lamaya penyelidikan. b) Bila kegiatan tidak dilakukan sendiri tetapi dikontrakan. Tabel E. struktur dan mineralisasi). hasil nilai analisis. b) Peta geologi. lokasi pengambilan contoh. dan hubungannya dengan geologi dan sumber daya. sumur/parit uji.

d) apakah laporan telah sesuai dengan format. dan sangat kurang. b) untuk yang kurang memadai agar dijelaskan kekurangannya. kurang baik. c) berikan saran-saran perbaikan yang diperlukan. 20 dari 21 . dan rekomendasi penilai: a) uraikan pendapat penilai terhadap laporan yang dinilai dengan kriteria : sangat baik. baik.Kesimpulan.

K/29/MEM/2000. 3 November 2000.K/2001/DJP/1999 tanggal.2000 : Pedoman Penulisan Standar Nasional Indonesia. 7 Tahun 1974 tentang ketentuan Pokok Kearsipan 21 dari 21 . 1453. tanggal. Undang-undang No. 282.Bibliografi BSN Pedoman 08 . Keputusan Direktur Jenderal Pertambangan Umum No. Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. Tentang Bentuk Laporan Penyelidikan Umum dan Eksplorasi. 21 Mei 1999. 11 Tahun 1967 tentang ketentuan Pokok Pertambangan Undang-undang No. Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Tugas Pemerintah di Bidang Pertambangan Umum.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful