MENDESKRIPSIKAN DARI BERBAGAI LITERATUR MENGENAI SEJARAH AWAL PERKEMBANGAN ILMUPOLITIK SERTA TOKOH – TOKOH YANG BERPERAN DALAM

PERKEMBANGAN ILMU POLITIK

NAMA : ADLI HIRZAN NIM:1201120176

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU 2012

yaitu Herodotus. Hal ini ditinjau dari pengertian politik sendiri. Dalam satu pendapat dikemukakan bahwa ilmu politik adalah ilmu sosial tertua di dunia. “He who the power to take part in the deliberative or judical administration of any state is said by us to be a citizen of that state… and he is a citizen in the highest sense who shares in the honour of the stage…”2 Bagi Plato dan Aristoteles. Dan karena telah melahirkan struktur negara yang baik maka ilmu politik pada zaman Yunani Kuno dianggap sebagai the master science.1 Fakta mengatakan bahwa ilmu politik telah dikenal sejak sebelum masehi. Totaliter memiliki arti bahwa polis merupakan suatu struktur yang meliputi negara dan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. dan sebagainya. yaitu sebagai pembahasan secara rasionil dari berbagai aspek negara dan kehidupan politik. sejak beberapa abad yang lalu telah membahas secara struktural mengenai peranan warga negara dalam negaranya. yaitu totaliter. Aristoteles. Yang menunjukan bahwa di Yunani Kuno telah terjadi pemikiran mengenai negara dan strukturnya sejak ditahun 450 s. di Yunani Kuno terdapat organisasi warga negara yang disebut polis. seorang filosof Yunani yang dianggap sebagai bapak ilmu politik. Hal ini terbukti dari karya-karya para ahli.M. Aristoteles.3 Di Yunani pula. Polis bertujuan menjamin kehidupan yang baik bagi warga negaranya dan polis itu dipertahankan demi kehidupan yang baik pula. . Polis Yunani memiliki sebuah sifat khas. Yang dianggap sebuah negara oleh Aristoteles adalah mereka yang turut ambil andil dalam tata pemerintahan. mulai timbul bentuk negara demokrasi langsung. Plato.Sejarah dan Perkembangan Ilmu Politik Ilmu politik merupakan satu cabang dari ilmu-ilmu sosial yang memiliki sejarah yang kompleks.

UNESCO. ilmu politik dikenal sebagai ilmu yang memiliki disiplin tersendiri yang mampu mendapat tempat dalam kurikulum peguruan tinggi. Kemudian pengakuan ilmu politik berjalan secara cepat dan dapat dilihat dari didirikannya American Political Science Association (APSA) pada tahun 1904. dan bahasanya dianggap tidak dapat dilepaskan dari sejarah. karena . munculnya aliran liberalisme di Eropa tugas negara dianggapa negatif. dan Shang Yang telah melahirkan teori dari masa sebelum masehi. Di Amerika Serikat. Penelitian mengenai negara dilakukan secara pesat oleh berbagai Falkutas Hukum di dunia. Cina. Sampai didirikannya sekolah politik di Inggris. Arab abad 11 M terdapat karya al-Marwardi berjudul al-Ahkam asSulthaniyyah Majapahit. Maka dari itu tidak mengherankan bahwa. pada awal perkembangannya ilmu politik di Indonesia masih dibayang-bayangi ilmu hukum. Terdorong oleh ketidakseragaman dalam terminologi dan metodologi ilmu politik. Akan tetapi secara berangsurangsur ilmu politik menjadi suatu ilmu yang memiliki disiplin khusus di Indonesia. ilmu politik berkembang sangat pesat. merupakan penggagas beberapa karya tulisan mengenai kenegeraan di Indonesia.M. Mencius. tulisan mengenai politik yang terkumpul dalam kesusastraan Dharma Sastra dan Artha Sastra yang berasal dari masa 500 s. Inggris permasalahan politik banyak dipengaruhi ilmu hukum. filsuf-filsuf seperti Consfucius atau K’ung Fu Tzu. India misalnya. ilmu politik berkembang bersamaan dengan perkembangan sosiologi dan psikologi. Pada abad ke-18. Hal ini didorong oleh badan internasional. Usai Perang Dunia II. sehingga sedikit banyak kedua ilmu tersebut mempengaruhi metodologi dan terminologi ilmu politik. Jerman. termasuk Indonesia. Di Eropa. sekitar abad ke-13 dan ke-15 M dan Babad Tanah Jawi. Austria. Perancis.Lain pula di Asia.

Kehidupan sosial menjadi tabu dan semakin sedikit pula campur tangan negara terhadap kehidupan sosial.dianggap sebagai organisasi yang hanya menjamin ketertiban dan keamanan para warga negaranya yang secara terpaksa diterima keberadaannya. Aristoteles. seorang filosof Yunani yang dianggap sebagai bapak ilmu politik. Mengingat liberalisme merupakan faham yang mengutamakan kebebasan individu.3 Di Yunani pula. sejak beberapa abad yang lalu telah membahas secara struktural mengenai peranan warga negara dalam negaranya.M. yaitu Herodotus. dan sebagainya. Saat ini. Aristoteles. Hal ini terbukti dari karya-karya para ahli. Yang menunjukan bahwa di Yunani Kuno telah terjadi pemikiran mengenai negara dan strukturnya sejak ditahun 450 s. Ilmu politik merupakan satu cabang dari ilmu-ilmu sosial yang memiliki sejarah yang kompleks. yaitu sebagai pembahasan secara rasionil dari berbagai aspek negara dan kehidupan politik. Plato. Dalam satu pendapat dikemukakan bahwa ilmu politik adalah ilmu sosial tertua di dunia. Yang dianggap sebuah negara oleh Aristoteles adalah mereka yang turut ambil andil dalam tata pemerintahan.¬¬¬1 Fakta mengatakan bahwa ilmu politik telah dikenal sejak sebelum masehi. di Yunani Kuno terdapat organisasi warga negara yang disebut polis. yaitu totalitarisme yang dianut oleh polis pada zaman Yunani Kuno dan liberalisme yang sebagaimana dianut oleh Eropa pada abad ke-18. “He who the power to take part in the deliberative or judical administration of any state is said by us to be a citizen of that state… and he is a citizen in the highest sense who shares in the honour of the stage…”2 Bagi Plato dan Aristoteles. Polis bertujuan menjamin kehidupan yang baik bagi warga negaranya dan polis itu dipertahankan demi kehidupan yang baik pula. Hal ini ditinjau dari pengertian politik sendiri. mulai timbul bentuk negara demokrasi . negara sebagai komponen utama dari ilmu politik selalu berada dalam dua ciri khas.

Kemudian pengakuan ilmu politik berjalan secara cepat dan dapat dilihat dari didirikannya American Political Science Association (APSA) pada tahun 1904. Lain pula di Asia. Di Eropa. dan bahasanya dianggap tidak dapat dilepaskan dari sejarah. tulisan mengenai politik yang terkumpul dalam kesusastraan Dharma Sastra dan Artha Sastra yang berasal dari masa 500 s.M. ilmu politik berkembang bersamaan dengan perkembangan sosiologi dan psikologi. Terdorong oleh ketidakseragaman dalam terminologi dan metodologi ilmu politik. Arab abad 11 M terdapat karya al-Marwardi berjudul al-Ahkam asSulthaniyyah Majapahit. Hal ini didorong oleh badan internasional. Mencius. UNESCO. India misalnya. Dan karena telah melahirkan struktur negara yang baik maka ilmu politik pada zaman Yunani Kuno dianggap sebagai the master science.langsung. Usai Perang Dunia II. yaitu totaliter. Di Amerika Serikat. sehingga sedikit banyak kedua ilmu tersebut mempengaruhi metodologi dan terminologi ilmu politik. . Polis Yunani memiliki sebuah sifat khas. merupakan penggagas beberapa karya tulisan mengenai kenegeraan di Indonesia. ilmu politik dikenal sebagai ilmu yang memiliki disiplin tersendiri yang mampu mendapat tempat dalam kurikulum peguruan tinggi. Perancis. Austria. Sampai didirikannya sekolah politik di Inggris. Totaliter memiliki arti bahwa polis merupakan suatu struktur yang meliputi negara dan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Jerman. Inggris permasalahan politik banyak dipengaruhi ilmu hukum. filsuf-filsuf seperti Consfucius atau K’ung Fu Tzu. Cina. Penelitian mengenai negara dilakukan secara pesat oleh berbagai Falkutas Hukum di dunia. ilmu politik berkembang sangat pesat. sekitar abad ke-13 dan ke-15 M dan Babad Tanah Jawi. dan Shang Yang telah melahirkan teori dari masa sebelum masehi.

serta sistem apa yang paling baik . Maka dari itu tidak mengherankan bahwa. Pada abad ke-18. masalah tentang pengaturan dan pengawasan dimulai. Mengingat liberalisme merupakan faham yang mengutamakan kebebasan individu. Akan tetapi secara berangsurangsur ilmu politik menjadi suatu ilmu yang memiliki disiplin khusus di Indonesia. Kehidupan sosial menjadi tabu dan semakin sedikit pula campur tangan negara terhadap kehidupan sosial. Menurut Miriam Budiardjo dalam buku ”Dasar-dasar Ilmu Politik”. Saat ini. ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Sejak itu para pemikir politik mulai membahas masalah-masalah yang menyangkut batasan penerapan kekuasaan. karena dianggap sebagai organisasi yang hanya menjamin ketertiban dan keamanan para warga negaranya yang secara terpaksa diterima keberadaannya. Sejak orang mulai hidup bersama. pada awal perkembangannya ilmu politik di Indonesia masih dibayang-bayangi ilmu hukum. munculnya aliran liberalisme di Eropa tugas negara dianggapa negatif. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. negara sebagai komponen utama dari ilmu politik selalu berada dalam dua ciri khas. Orang Yunani seperti Plato dan Aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life(kehidupan yang baik). Perkembangan Ilmu Politik Ilmu politik adalah salah satu ilmu tertua dari berbagai cabang ilmu yang ada. yaitu totalitarisme yang dianut oleh polis pada zaman Yunani Kuno dan liberalisme yang sebagaimana dianut oleh Eropa pada abad ke-18.termasuk Indonesia. hubungan antara yang memerintah serta yang diperintah.

Mencius. Di Negara-negara benua Eropa sendiri bahasan mengenai politik pada abad ke-18 dan ke-19 banyak dipengaruhi oleh ilmu hukum. membuat beberapa perkembangan substansial pada abad 19. Ilmu politik diawali dengan baik pada masa Yunani Kuno. Ilmu politik sebagai pemikiran mengenai Negara sudah dimulai pada tahun 450 S.M. dan kemudian berkembang sangat pesat pada abad 20 karena ilmu politik mendapatkan karakteristik tersendiri. Tulisan-tulisan dari India terkumpul dalam kesusasteraan Dharmasatra dan Arthasastra.M. dan Shan Yang(±350 S. Plato. misalnya Negarakertagama sekitar abad 13 dan Babad Tanah Jawi. membuat peningkatan pada masa Romawi. Di Indonesia sendiri ada beberapa karya tulis tentang kenegaraan. Di beberapa pusat kebudayaan Asia seperti India dan Cina. ada Konfusius. telah terkumpul beberapa karya tulis bermutu. tidak terlalu berkembang di Zaman Pertengahan. karena itu ilmu politik hanya berfokus pada negara. pengaruh ilmu sejarah dan filsafat pada ilmu politik masih terasa sampai perang Dunia II. Kesusasteraan di Negara-negara Asia mulai mengalami kemunduran karena terdesak oleh pemikiran Barat yang dibawa oleh Negara-negara penjajah dari Barat. berasal kira-kira dari tahun 500 S.). Di antara filsuf Cina terkenal. dan lainnya.menjamin adanya pemenuhan kebutuhan tentang pengaturan dan pengawasan. Selain ilmu hukum. sedikit berkembang pada Zaman Renaissance dan Penerangan.M. seperti dalam karya Herodotus. . Aristoteles.

walaupun penelitian tentang negara di Belanda masih didominasi oleh Fakultas Hukum.Di Amerika Serikat terjadi perkembangan berbeda. seperti UNESCO. Di Indonesia sendiri didirikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. maka UNESCO pada tahun1948 melakukan survei mengenai ilmu politik di kira-kira 30 . pendekatan tradisional dari segi sejarah. Perkembangan ilmu politik setelah Perang Dunia II berkembang lebih pesat.Sekarang. Sesudah keruntuhan komunisme. Perkembangan selanjutnya bersamaan dengan perkembangan sosiologi dan psikologi. filsafat. Di negara-negara Eropa Timur. Perkembangan ilmu politik juga disebabkan oleh dorongan kuat beberapa badan internasional. Karena adanya perbedaan dalam metodologi dan terminologi dalam ilmu politik. dan hukum masih berlaku hingga saat ini. dan lebih mendasarkan diri pada pengumpulan data empiris. Belanda didirikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. karena ada keinginan untuk membebaskan diri dari tekanan yuridis. Perkembangan awal ilmu politik di Indonesia sangat dipengaruhi oleh ilmu hukum. konsep-konsep ilmu politik yang baru sudah mulai diterima oleh masyarakat. sehingga dua cabang ilmu tersebut sangat mempengaruhi ilmu politik. misalnya di Amsterdam. ilmu politik berkembang pesat. karena pendidikan tinggi ilmu hukum sangat maju pada saat itu. Perkembangan selanjutnya berjalan dengan cepat. bisa dilihat dengan ditambahnya pendekatan-pendekatan yang tengah berkembang di negaranegara barat pada pendekatan tradisional. seperti di Universitas Riau. dapat dilihat dengan didirikannya American Political Science Association pada 1904.

antropologi budaya. dan kriminologi) di perguruan tinggi. Buku ini diterbitkan oleh UNESCO untuk pengajaran beberapa ilmu sosial(termasuk ekonomi. dan dengan demikian ilmu politik dapat meningkatkan mutunya dengan banyak mengambil model dari cabang ilmu sosial lainnya. dan Polandia. diantaranya negara Barat. Secara luas berarti ilmu politik telah ada sejak zaman dahulu berupa pembahasan dalam buku-buku tertentu yang telah dikarang masa lampau. Kemudian. di samping India. Inggris dan hasilnya disusun oleh W. Mengkaji tentang sejarah ilmu politik bisa dilihat dari dua pandangan yaitu pembahasan secara luas atau secara sempit. Robson dari London School of Economics and Political Science dalam buku The University Teaching of Political Science. . A. Kedua karya ini ditujukan untuk membina perkembangan ilmu politik dan mempertemukan pandangan yang berbeda-beda. Meksiko. Selanjutnya UNESCO bersama International Political Science Association (IPSA) yang mencakup kira-kira ssepuluh negara.negara. proyek ini dibahas beberapa ahli di Prancis. sosiologi. Berkat hal ini. Pada masa-masa berikutnya ilmu-ilmu sosial banyak memanfaatkan penemuan-penemuan dari antropologi. sedangkan secara sempit berarti ilmu politik dilihat dari aspek sistematisasinya sebagai ilmu dan pengakuannya dari aspek akademis. wajah ilmu politik telah banyak berubah dan ilmu politik menjadi ilmu yang penting dipelajari untuk mengerti tentang politik. psikologi. dan ekonomi. Pada tahun 1952 hasil penelitian ini dibahas di suatu konferensi di Cambridge. dan menghasilkan buku Contemporary Political Science pada tahun 1948.

 Karl Marx.  Adam Smith.  Harold Crouch.  Immanuel Kant.  Friedrich Engels.  Cicero.  Samuel P Huntington.  John Locke.  Antonio Gramsci.  Lenin.  Rousseau.Tokoh tokoh pemikir Ilmu Politik dari kalangan teoris klasik.  Nicolo Machiavelli.COM . modern maupun kontempoter antara lain adalah:  Aristoteles.  Max Weber.  Thomas Hobbes.  Douglas E Ramage SUMBER : GOOGLE.  Martin Luther.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful