You are on page 1of 6

KISI DAN KARTU SOAL MANAJEMEN FARMASI KELAS X ULANGAN SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Standart

Kompetensi 1 : Menerapkan Manajemen dan Administrasi di bidang farmasi No. Kompetensi Materi Kls Indikator No. Soal Dasar Menerapkan 1. Definisi X/1 1 1. Siswa mampu manajemen Manajemen menjelaskan definisi
dalam bidang farmasi

Soal
Manajemen adalah seni untuk melaksanakan sesuatu pekerjaan melalui orang lain, hal ini diungkapkan oleh ? a. George Robert Terry b. James AF. Stoner c. Mery Parket Follet d. Cyril O Donnel e. Harold Koontz Manejemen adalah pencapaian tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya dengan melalui kegiatan orang lain diungkapkan oleh ? a. Harold Koontz b. Prof. Dr.. Sondang P Siagian, MPA c. Mery Parket Follet d. George Robert Terry e. Luther M Gullick Mana yang bukan merupakan bagian pendapat yang diungkapkan oleh Henry Fayol tentang fungsi – fungsi manajemen adalah a. Plaining b. Controling c. Organizing d. Staffing e. Commanding Fungsi manajemen diantaranya menyebutkan adanya Planning, Organizing, Motivating, Controling dan Evaluating di ungkapkan oleh a. Mery Parket Follet b. Luther M Gullick c. Harold Koontz d. George Robert Terry e. Prof. Dr.. Sondang P Siagian, MPA

Jwb C

manajemen 2

D

3

D

4

E

URAIAN 1 2 1 Sebutkan Fungsi manajeman menurut Luther M Gullick (20 point) Bagaimana Hubungan antara Organisasi dan Management (20 point)

Permenkes RI Nomor 917/Menkes/Per/X/1993 c. Mixing work 3. Koordinasi. Market c. pendidikan. Koordinasi. Motivating b. obat tradisional. Siswa mampu menjelaskan prinsip – prinsip manajemen 6 Pembagian pekerjaan yang disesuaikan dengan kemampuan. Permenkes RI Nomor 916/Menkes/Per/X/1993 e. Devision of Work Pada prinsip . ketrampilan serta sesuai keadaan fisik dan psikisnya dalam perusahaan merupakan bagian dari a. Integrasi. Centralization b. alat kesehatan. Koordinasi. Permenkes RI Nomor 917/Menkes/Per/IX/1993 b.prinsip manajemen kita mengenal istilah KISS adalah : a. dan Simplikasi e. dan kosmetik.2. Sistemisasi dan Simplikasi 7 C URAIAN 3 Standart Kompetensi 2 : Menerapkan manajemen dan administrasi di bidang farmasi 4. Manager d. Integrasi. Unsur/ sarana manajemen 2. Untuk penggolongan obat ditetapkan dalam Peraturan menteri Kesehatan a. Intelegensi. Siswa mampu 8 Mengelola perbekalan menjelaskan pengertian Perbekalan farmasi perbekalan farmasi Farmasi berdasarkan penggolongan obat Jelaskan sinkronisasi pada dasar prinsip manajemen KISS (20 Point) Perbekalan Farmasi yang ada di sarana kesehatan diantaranya obat. Membership E e. Sinkronisasi dan Simplikasi d. Prinsip manajemen 3. Intelegensi. Stability of Staff e. bahan obat. Kondisi. Pengertian X/ 1 1. Sinkronisasi dan Simplikasi c. Integrasi. Espirit de Corps c. Sinkronisasi dan Simplikasi b. Permenkes RI Nomor 916/Menkes/Per/IX/1992 Peraturan perbaikan untuk penggolongan obat diharapkan sesuai B 9 2 A . The Hierarchy d. Sistemisasi. Siswa mampu menyebutkan unsur/ sarana manajemen 5 Yang merupakan bagian manajeman yang baik melengkapi dengan alat – alat atau sarana (tools of management) adalah B a. Permenkes RI Nomor 917/Menkes/Per/XI/1993 d. Kondisi.

pedagang besar dan pengecer. Saluran distribusi merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan yang terdiri atas produsen. agen.dan pengecer. produk atau jasa dipasarkan. David Siahaan. melalui mana sebuah komoditi. Permenkes RI Nomor 949/Menkes/Per/2001 c. c. Prof. melalui mana sebuah komoditi. dealer. Sondang P Siagian. Ravzon c. produk atau jasa dipasarkan. agen. pedagang besar dan pengecer. Permenkes RI Nomor 949/Menkes/Per/2002 d. David A. MPA d. produk atau jasa dipasarkan.. melalui mana sebuah komoditi. Saluran distribusi merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan yang terdiri atas agen. Permenkes RI Nomor 959/Menkes/Per/2000 e. Saluran distribusi merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan yang terdiri atas produsen. Dr. d. Prof. produk atau jasa dipasarkan. Permenkes RI Nomor 959/Menkes/Per/2001 10 Definisi saluran distribusi : merupakan suatu jalur yang dilalui oleh arus barang dari produsen ke perantara akhirnya sampai kepada pemakai di sampiakan oleh a. MM Batasan yang dikembangkan oleh The American Marketing Association dalam rangka saluran distribusi adalah a. b. melalui mana sebuah komoditi. Harold Koontz b.dengan manajemen farmasi teruang dalam a. Dr. Saluran distribusi merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan yang terdiri atas agen. dealer. pedagang besar dan pengecer. dealer. Permenkes RI Nomor 949/Menkes/Per/2000 b. B 11 C 3 . Cryril O Donnel e.

Saluran distribusi merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan yang terdiri atas produsen. Area Distribution b. Intensive Distribution d. produk atau jasa dipasarkan. Sanbe Farma d. Saluran distribusi perbekalan farmasi 3. pengecer. Exclusive Distribution e. PT. Siswa mampu menyebutkan macam – macam perbekalan farmasi 12 6. disebut a. Kalbe Farma c. Selective Distribution c. Dankos Laboratoris e. Area Distribution b. mini market. Interbath b. dengan tujuan agar produsen lebih mudahdalam melakukan pengawasan pada tingkat harga eceran dan kerja sama dengan penyalur utama di bidang periklanan disebut a. PT. secara khusus ditunjuk satu Produsen sekaligus penyalur yaitu : a. agen. Location Distribution Penyaluran Distribusi obat Narkotika. Kimia Farma Penentuan saluran distribusi perusahan memiliki beberapa alternatif.5. Macam – macam perbekalan farmasi 2. Selective Distribution c. Intensive Distribution d. Perusahaan hanya menggunakan satu pengecer dalam daerah pasar tertentu. Location Distribution Jelaskan Pengertian tentang Distribusi Intensif pada alternatif saluran distribusi (20 point) D E 14 A URAIAN 4 Standart Kompetensi 3 : Menerapkan Akuntasi dalam bidang farmasi 4 . Penentuan saluran distribusi perusahan memiliki beberapa alternatif. dan warung kecil. Perusahaan menggunakan pedagang/ pengecer yang terbatas dalam suatu daerah geografi tujuannya untuk meniadakan pengecer/ penyalur yang tidak menguntungkan. pedagang besar. PT. dealer. Siswa mampu menjelaskan saluran distribusi perbekalan farmasi 13 e. PT. melalui mana sebuah komoditi. PT. Exclusive Distribution e.

Akuntan Intern c. kecuali bila ada bukti sebaliknya. Tahap Pengikhtisaran. dan tahap Pelaporan c. Sudut user dan sudut commodity c. dan tahap Pengawasan Pada Prinsip Akutansi terdapat beberapa konsep. Manajer b. Konsep kesinambungan D 19 C 5 . Hal tersebut termasuk dalam konsep : a. Tahap Pencatatan. Siswa mampu menyebutkan bidang – bidang akuntansi dan profesi akuntansi 16 Akutansi dapat di definisikan dari dua sudut pandang yaitu a. Tahap Pengamatan. Sudut user dan sudut activity b. Tahap Pengamatan. Investor d. Tahap Pengikhtisaran. Akuntan Pendidik e. Pemerintah A D 9 10 17 Jabatan di bidang akutansi. Siswa mampu menjelaskan fungsi dan prinsip akuntansi 4. Akuntan Ekstern d. Akuntan Pemerintah/ negara b. Siswa mampu menjelaskan siklus akuntansi 18 3 tahap dari siklus akutansi meliputi : a. Siswa mampu menyebutkan pihak – pihak yang memerlukan informasi akuntansi 3. Produsen e. Tahap Produksi. dimana akuntan memberikan jasanya untuk melayAditya kebutuhan masyarakat disebut : a. dan tahap Pelaporan b. Konsep entitas c.7 Membuat neraca rugi laba Definisi akutansi X/ 1 1. Akuntan Sosial B 11 Siklus akuntansi 5. Sudut produsen dan sudut activity e. Siswa mampu menjelaskan definisi akuntansi 15 8 Pihak yang memerlukan informasi akutansi Fungsi dan prinsip akuntasi Bidang – bidang akutansi dan profesi akuntan 2. Tahap Pencatatan. Tahap Pengikhtisaran. dan tahap Pelaporan e. Kreditur c. Tahap Pencatatan. Sudut produsen dan sudut distribution Yang bukan merupakan bagian/ pihak yang memerlukan informasi baik dari kalangan luar dan dalam organisasi yang menyelenggarakan akuntasi adalah : a. suatu entitas ekonomi diasumsikan akan terus melanjutkan usah dan tidak akan dibubarkan. Sudut user dan sudut actuality d. Tahap Pencatatan. dan tahap Pelaporan d.

b. Konsep Pengukuran dalam Nilai Uang 20 D b. Konsep entitas 6 . Konsep obyektifitas d. Konsep Periode Akutansi c. Konsep obyektifitas d. Konsep harga pertukaran e. Konsep periode akutansi Kensep pada prinsip akutansi yang menerapkan transaksi keuangan harus dicatat sebesar harga pertukaran yaitu jumlah uang yang akan diterima atau di bayarkan untuk transaksi tersebut disebut konsep : a. Konsep harga pertukaran e.