You are on page 1of 112

Chapter I

1

PENGERTIAN INFORMATIKA

PERKEMBANGAN SOFTWARE

PERKEMBANGAN PERANGKAT HITUNG

KONFIGURASI HARDWARE

PERKEMBANGAN HARDWARE

PERALATAN SISTEM KOMPUTER
Chapter I 2

1.

2.

3.

ILMU DAN SENI UNTUK MENGUBAH DATA MENJADI INFORMASI PENERAPAN ILMU KOMPUTER DAN ILMU INFORMASI PADA MANAJEMEN DAN PENGOLAHAN DATA, INFORMASI DAN PENGETAHUAN PENGGUNAAN ILMU DAN TEKNOLOGI UNTUK MENYEDIAKAN DATA, INFORMASI, DAN PENGETAHUAN UNTUK KEPENTINGAN INDIVIDU MAUPUN ORGANISASI
Chapter I

DATA

P R O G R A M

KOMPUTER SEBAGAI PEMROSES

INFORMASI

3

PROGRAM  DERETAN INSTRUKSI YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGENDALIKAN KOMPUTER SEHINGGA KOMPUTER DAPAT MELAKUKAN TINDAKAN SESUAI YANG DIKEHENDAKI PEMBUATNYA.  INFORMASI  BENTUK DATA YANG TELAH DIOLAH SEHINGGA DAPAT MENJADI BAHAN YANG BERGUNA UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN.  DATA  BAHAN MENTAH BAGI KOMPUTER YANG DAPAT BERUPA ANGKA MAUPUN GAMBAR  Chapter I 4 .

MENGORGANISASI.KESIMPULAN : DISIPLIN UNTUK MENGHASILKAN. Chapter I 5 . DAN MENGKOMUNI KASIKAN INFORMASI SERTA MEMAHAMI PENGARUH YANG DIAKIBATKANNYA.

SERTA TERMASUK DIDALAMNYA HAL-HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN :  TEORI-TEORI UNTUK MEMAHAMI KOMPUTER DEVICE. EKSPERIMEN. DAN PENDESAINAN KOMPONEN. DAN SISTEM  EKSPERIMEN UNTUK PENGEMBANGAN DAN PENGETESAN KONSEP  METODOLOGI DESAIN. ALGORITMA. PROGRAM. DI DALAMNYA TERDAPAT TEORITIKA. DAN TOOL UNTUK MEREALISASIKANNYA  METODE ANALISA UNTUK MELAKUKAN PEMBUKTIAN BAHWA REALISASI SUDAH SESUAI DENGAN REQUIREMENT YANG DIMINTA Chapter I 6 .DEFENISI ILMU KOMPUTER (COMPUTER SCIENCE) : ILMU PENGETAHUAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KOMPUTER DAN KOMPUTASI.

KOMPUTER. DESAIN DAN IMPLEMENTASI. DAN ALGORITMANYA DALAM PERSPEKTIF PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) MAUPUN PERANGKAT KERAS (HARDWARE).KESIMPULAN : ILMU KOMPUTER ADALAH ILMU PENGETAHUAN YANG BERISI TENTANG TEORI. METODOLOGI. BERHUBUNGAN DENGAN KOMPUTASI. Chapter I 7 .

ALAT MANUAL  MEMPERGUNAKAN ALAT-ALAT SEDERHANA DI MANA TANGAN MASIH MEMEGANG PERANAN PENTING (TAHUN 1617 JOHN NAPIER MENCIPTAKAN ALAT HITUNG PERKALIAN YANG TERBUAT DARI TULANG) ALAT MEKANIK  ALAT MEKANIK YANG DIGERAKKAN SECARA MANUAL DENGAN TANGAN (TAHUN 1642 BLAISE PASCAL MENGEMBANGKAN KALKULATOR MEKANIK. Chapter I 8 . DAPAT MELAKUKAN OPERASI PENAMBAHAN & PENGURANGAN) ALAT MEKANIK ELEKTRONIK  ALAT MEKANIK YANG DIGERAKKAN OLEH MOTOR ELEKTRONIK (TAHUN 1890 HERMAN HOLLERITH MERANCANG KARTU PLONG (PUNCH CARD) UNTUK PERHITUNGAN SENSUS).1. 3. 2.

ALAT ELEKTRONIK  ALAT YANG BEKERJANYA SECARA ELEKTRONIK (TAHUN 1944 HOWARD AIKEN MEMBUAT KOMPUTER YANG MAMPU MELAKUKAN OPERASI ARITMATIKA DAN LOGIKA SECARA OTOMATIS) Chapter I 9 .4.

APA ITU KOMPUTER ?? Electronic device operating under the control of instructions stored in its own memory ACCEPTS DATA RAW FACTS. AND SYMBOLS Processes data into information Data that is organized. meaningful. FIGURES. and useful Produces and stores results Chapter I 10 .

 MENURUT HAMACHER [1]. DAN MENGHASILKAN OUTPUT BERUPA INFORMASI. KOMPUTER ADALAH MESIN PENGHITUNG ELEKTRONIK YANG CEPAT DAN DAPAT MENERIMA INFORMASI INPUT DIGITAL. KEMUDIAN MEMPROSESNYA SESUAI DENGAN PROGRAM YANG TERSIMPAN DI MEMORINYA.KOMPUTER BERASAL DARI BAHASA LATIN YAITU “COMPUTARE” YANG MENGANDUNG ARTI MENGHITUNG. Chapter I 11 .

 MENURUT BLISSMER [2]. TANPA CAMPUR TANGAN DARI MANUSIA. KOMPUTER ADALAH SUATU ALAT ELEKTONIK YANG MAMPU MELAKUKAN BEBERAPA TUGAS SEBAGAI BERIKUT: . TERMASUK PERHITUNGAN ARITMETIKA DAN OPERASI LOGIKA.MENERIMA INPUT .MENYIMPAN PERINTAH-PERINTAH DAN HASIL DARI PENGOLAHAN . Chapter I 12  .MEMPROSES INPUT TADI SESUAI DENGAN PROGRAMNYA .MENYEDIAKAN OUTPUT DALAM BENTUK INFORMASI FUORI [3] BERPENDAPAT BAHWA KOMPUTER ADALAH SUATU PEMROSES DATA YANG DAPAT MELAKUKAN PERHITUNGAN BESAR SECARA CEPAT.

SOFTWARE ATAU PERANGKAT LUNAK : PROGRAM YANG BERISI INSTRUKSI / PERINTAH UNTUK MELAKUKAN PENGOLAHAN DATA. MAKA DIPERLUKAN SISTEM KOMPUTER (COMPUTER SYSTEM) YANG ELEMENNYA TERDIRI DARI HARDWARE. SOFTWARE DAN BRAINWARE. Chapter I 13 . BRAINWARE : MANUSIA YANG MENGOPERASIKAN DAN MENGENDALIKAN SISTEM KOMPUTER.    HARDWARE ATAU PERANGKAT KERAS : PERALATAN YANG SECARA FISIK TERLIHAT DAN BISA DIJAMAH.UNTUK MEWUJUDKAN KONSEPSI KOMPUTER SEBAGAI PENGOLAH DATA DAN UNTUK MENGHASILKAN SUATU INFORMASI.

. JOHN V ATANASOFF MENGEMBANGKAN KOMPUTER ELEKTRONIK DIGITAL PERTAMA SEJAK 1937 – 1942. Chapter I 14 . DAN DI BANTU OLEH MAHASISWA LULUSAN YANG BERNAMA CLIFFORD BERRY. IA MENYEBUT PENEMUANNYA SEBAGAI ATANASOFF-BERRY COMPUTER ATAU DISINGKAT ABC.PERKEMBANGAN HARDWARE DR.

SEBUAH KOMPUTER ELEKTRONIK SKALA BESAR YANG RAMPUNG TAHUN 1946 DAN BERNAMA ENIAC Chapter I 15 . DR. J. JOHN W. MAUCHLY BEKERJA SAMA DENGAN MR. PRESPER ECKERT UNTUK MENGEMBANGKAN SEBUAH MESIN YANG BISA MENGHITUNG LINTASAN PELURU (TRAJECTORY) UNTUK ANGKATAN DARAT AMERIKA. HASILNYA.

000 TABUNG HAMPA UDARA (VACUUM TUBE). BERATNYA 30 TON.ENIAC MERUPAKAN SEBUAH TEROBOSAN BESARBESARAN DALAM TEKNOLOGI KOMPUTER. Chapter I 16 . DAN MEMILIKI LEBIH DARI 18. MENEMPATI RUANGAN SELUAS 1500 KAKI KUADRAT. HASIL YANG MENGAGUMKAN PADA ENIAC MENANDAKAN DIMULAINYA KOMPUTER GENERASI PERTAMA.

IBM 702. SAMPAI TAHUN 1950. IBM 704.GENERASI KOMPUTER KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1946 – 1959) UNIVAC I. IBM 701. MARK II. NCR 102A. ENIAC. KOMPUTER GENERASI PERTAMA DIKARAKTERISTIKKAN DENGAN KEISTIMEWAAN YANG SANGAT MENCOLOK PADA ENIAC– TABUNG HAMPA UDARA. MARK I. BEBERAPA KOMPUTER LAIN MENGGUNAKAN TABUNG TERSEBUT Chapter I 17 .

S. BUREAU OF CENCUS PADA TAHUN 1951 MENGINSTALASI KOMPUTER KOMERSIAL PERTAMA YANG BERNAMA UNIVERSAL AUTOMATIC COMPUTER – UNIVAC I.THE U. Chapter I 18 . UNIVAC I DI KEMBANGKAN OLEH MAUCHLY DAN ECKERT UNTUK REMINGTONRAND CORPORATION.

KECEPATAN PROSES LAMBAT 3. HASILNYA. CEPAT PANAS. HOWARD AIKEN. MARK I. CIRI-CIRI KOMPUTER GENERASI .KOMPUTER ELEKTROMEKANIK PERTAMA DISPONSORI IBM. MENGGUNAKAN VACUUM TUBE 5. UKURAN FISIK BESAR 2. MEMORINYA = MAGNETIC CORE STORAGE Chapter I 19 . RAMPUNG PADA TAHUN 1944 OLEH SEORANG PROFESOR UNIVERSITAS HARVARD. PRODUK IBM PERTAMA YANG DI JUAL DI PASARAN ADALAH IBM 701 PADA TAHUN 1953. MEMBUTUHKAN ARUS LISTRIK YANG BANYAK 4.I : 1.

SHAW DAN F.1954 BACKUS DI IBM MENCIPTAKAN FORTRAN 1955 IBM 704 DIPERKENALKAN 1956 A.NEWELL.SIMON MENCIPTAKAN IPL (BAHASA PEMROSESAN INFORMASI) 1958 ALGOL DIPERKENALKAN LISP DIKEMBANGKAN PADA IBM 704 Chapter I 20 . D.

Chapter I 21 . DAN KOMPUTER LEBIH MURAH YANG MENEMPATI SEDIKIT RUANG DAN MENGHASILKAN SEDIKIT PANAS. KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959 – 1964) PENEMUAN TRANSISTOR BERARTI SEMAKIN PRAKTIS. LEBIH DIANDALKAN. TRANSISTOR BERARTI SEMAKIN BERKINERJA.

BURROUGHS 5000 Chapter I 22 .KARAKTERISTIK YANG DOMINAN PADA KOMPUTER GENERASI – II :  TRANSISTOR  ADANYA BAHASA PEMROGRAMAN LOW-LEVEL. UNIVAC SS90. IBM 1600. NCR 300. IBM 7080. HONEYWELL 400. UNIVAC 1107. IBM 1400. CONTOH : IBM 7070.

1959 COBOL DISPESIFIKASIKAN 1960 PDP-1 DIKEMBANGKAN 1962 APL DIKEMBANGKAN OLEH KEN IVERSON. 1963 ASCII 1964 BASIC DICIPTAKAN OLEH TOM KURTZ DAN JOHN KEMENY Chapter I 23 .

1970) IBM MELUNCURKAN KOMPUTER SYSTEM 360 PADA TANGGAL 7 APRIL 1964. INTEGRATED CIRCUITS MERUPAKAN TEKNOLOGI BARU DARI GENERASI INI. Chapter I 24 . YANG BERARTI PERUSAHAAN MEMBELI KOMPUTER DAN BILA PERLU MENG-UPGRADE-NYA KE KOMPUTER YANG LEBIH CANGGIH TANPA MEMPROGRAM ULANG SISTEM INFORMASI YANG ADA.KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964 . KARAKTERISTIK YANG PENTING PADA KOMPUTER GENERASI KETIGA INI ADALAH „UPWARD COMPATIBILITY (KOMPATIBILITAS KE ATAS)‟.

A.PDP-8 ( 1965 ) C. CONTOH . BERMULANYA ERA MINIKOMPUTER . UNIVAC 9000 MINICOMPUTER Chapter I 25 . PERMINTAAN KOMPUTER KECIL (SMALL-COMPUTER) UNTUK APLIKASI BISNIS DAN ILMU PENGETAHUAN / PENELITIAN SANGATLAH BESAR SEHINGGA TIDAK SEDIKIT PEMBUAT KOMPUTER HANYA MEMPRODUKSI SMALL-COMPUTER SAJA. ICL 1900 ( INTERNATIONAL COMPUTER LIMITED ) DAN UNIVAC 1108. SMALL-COMPUTER INI LEBIH DIKENAL SEBAGAI MINICOMPUTER. KOMPUTER GENERASI KETIGA BEKERJA SANGAT CEPAT SEHINGGA BISA MENJALANKAN SATU PROGRAM SECARA BERSAMAAN (MULTIPROGRAMMING). IBM 360 ( 1964 ) B.

DICIPTAKAN OLEH JOSHUA LEDERBERG UNTUK PROGRAM MEDIS DIAGNOSTIK MEDIS PERTAMA 1969 BAHASA PASCAL DITULIS OLEH NICKLAUS WIRTH INTEL MENGUMUMKAN CHIP RAM 1 KB Chapter I 26 .1965 PDP-8 DIPERKENALKAN OLEH KEN OLSEN DAN KORPORASI PERALATAN DIGITAL 1966 KALKULATOR PADAT PERTAMA YANG DAPAT DIGENGGAM 1968 DENDRAL.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1970. Chapter I 27 . HANYA DALAM BENTUK KOMPUTER DAN SOFTWARE YANG AGAK MAJU SAJA. GENERASI KEEMPAT MUNCUL DENGAN PERKEMBANGAN YANG TIDAK BEGITU MENCOLOK.1999) TIGA GENERASI SEBELUMYA DIBEDAKAN DENGAN TEROBOSAN TEKNOLOGI ELEKTRONIK.

Chapter I 28 MICROCOMPUTER .MICROPOCESSOR MICROPROCESSOR TERKANDUNG DALAM SEBUAH CHIP SILIKON TUNGGAL. MIKROPROCESSOR PERTAMA KALI DI DEMONSTRASIKAN OLEH TEXAS INSTRUMENTS PADA TAHUN 1971. DARI MESIN SAMPAI SATELIT. MERUPAKAN ALAT PEMROSES YANG KECIL. RELATIF TIDAK MAHAL. HARGANYA BISA BEBERAPA DOLLAR SAJA DAN BISA DITEMUKAN PADA APAPUN. TETAPI BERKINERJA TINGGI. MICROPROCESSOR „TERKANDUNG‟ DALAM SEBUAH KOMPUTER YANG BERNAMA MICROCOMPUTER.

  MICROCOMPUTER JUGA BIASANYA DISEBUT PERSONAL COMPUTER (PC). PROSESOR PERTAMA YANG DIGUNAKAN PADA PC ADALAH 8086 DARI INTEL YANG DIPAKAI PADA KOMPUTER JENIS XT (EXTENDED TECHNOLOGY) YANG DISUSUL DENGAN PROCESSOR 8088. Chapter I 29 . TIPE SUATU PC DITENTUKAN OLEH PROSESOR-NYA (OTAK/PUSAT PEMROSESAN).

 Chapter I 30 . 80486SX. 80386DX.  DAN KECEPATAN TURBONYA ? 5 – 9 KALI KECEPATAN TURBO XT.SELANJUTNYA MUNCUL PROCESSOR 80286 YANG DIGUNAKAN PADA PC JENIS AT (ADVANCED TECHNOLOGY). …DST. KINERJA AT ?10 – 15 KALI LEBIH CEPAT DARI XT. 80486DX. SELANJUTNYA MUNCUL PROCESSOR 80386SX.

PDP-11 ( 1970 ) C. Chapter I 31 . 2. VISICALC ( VISIBLE CALCULATOR ) . IBM 370 ( 1970 ) B.1. PENGENALAN KEPADA COMPACT DISC READ ONLY MEMORY (CD ROM ) CONTOH : A. ISTILAH YANG DIGUNAKAN IALAH PENYEPADUAN SKALA-BESAR (LARGESCALE INTERGRATION ATAUPUN LSI). SUPER KOMPUTER YANG POPULAR IALAH CRAY I. BERMULANYA ERA MIKROKOMPUTER (MIKROKOMPUTER I  MITS ( ALTAIR 8800 ) 1975.SEBUAH PUKAL HAMPARAN ELEKTRONIK OLEH BRICKLAND. E. D.

INTEL 4004 JOHN BLANKENBAKER MEMBUAT KOMPUTER PRIBADI PERTAMA. KENBAK I 1972 PL/1 DITULIS OLEH GARY KILDALL UNTUK INTEL 4004 1973 BAHASA PROLOG OLEH ALAIN COMERAUER DI PERANCIS 1974 INTEL MEMPERKENALKAN 8080. 6000 TRANSISTOR Chapter I 32 . BUS 8 BIT. 2 MHZ. PROSESOR MIKRO 8 BIT.1970 GILBERT HYATT MENYUSUN ARSITEKTUR KOMPUTER SIRKUIT TERINTEGRASI DENGAN CHIP TUNGGAL 1971 PROSESOR MIKRO PERTAMA.

134. BUS 16 BIT.1975 MICROSOFT DIDIRIKAN OLEH BILL GATES DAN PAUL ALLEN 1976 PERUSAHAAN APPLE COMPUTER DIDIRIKAN DAN MEMPERKENALKAN KOMPUTER PRIBADI APPLE II 1978 DANIEL BRICKLIN DAN BOB FRANKSTON MEMPERKENALKAN VISICALC-APLIKASI SPREADSHEET PERTAMA 1979 BAHASA ADA DIKEMBANGKAN 1982 INTEL MELEPASKAN CHIP 80286 : REGISTER 16 BIT.000 TRANSISTOR Chapter I 33 .

1983 MITCH KAPOR MEMPERKENALKAN LOTUS 123 1984 IBM MEMPERKENALKAN PC AT 1985 INTEL MENGUMUMKAN CHIP 80386: REGISTER 32 BIT. 275.0 1995 MICROSOFT MEMPERKENALKAN WINDOWS 95.000 TRANSISTOR 1989 INTEL MENGUMUMKAN CHIP 80486 1990 MICROSOFT MEMPERKENALKAN WINDOWS 3. 16 MHZ. BUS 32 BIT. JAVA DIKEMBANGKAN Chapter I 34 .

1997 INTEL MEMPERKENALKAN PENTIUM II DENGAN 7.5 JUTA TRANSISTOR PER CHIP 1998 MICROSOFT MENGELUARKAN WINDOWS 98 1999 INTEL MEMPERKENALKAN PENTIUM III 2000 INTEL MENGELUARKAN CHIP 1 GHZ WINDOWS 2000 DIKELUARKAN Chapter I 35 .

GENERASI KELIMA (2000 . 2. LEBIH PANTAS DAN LEBIH HEBAT DARIPADA YANG SEBELUMNYA DAN KEMAMPUAN 'MELIHAT'. 'BERCAKAP'. MELAKSANAKAN TUGAS SECARA SERENTAK 4. MEMILIKI KECERDASAN BUATAN.HINGGA KINI) 1. 'MENDENGAR'. LEBIH CANGGIH. LEBIH CEPAT CONTOH : PENTIUM III Chapter I 36 . DAN 'BERFIKIR' SEPERTI MANUSIA. 3. LEBIH MURAH.

BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH :  KOMPUTER ANALOG  KOMPUTER DIGITAL  KOMPUTER HYBRID 2. BERDASARKAN PENGGUNANNYA :  KOMPUTER UNTUK TUJUAN KHUSUS (SPECIAL PURPOSE COMPUTER)  KOMPUTER UNTUK TUJUAN UMUM (GENERAL PURPOSE COMPUTER) Chapter I 37 .PENGGOLONGAN KOMPUTER : 1.

BERDASARKAN GENERASINYA  KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1946-1959)  KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959-1964)  KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964-1970)  KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1970-1999)  KOMPUTER GENERASI KELIMA Chapter I 38 . BERDASARKAN KAPASITAS DAN UKURANNYA  KOMPUTER MIKRO (MICRO COMPUTER) =16 KB-1 MB  KOMPUTER MINI (MINI COMPUTER) = 8 MB – 128 MB  KOMPUTER KECIL (SMALL COMPUTER) = 64 KB – 8 MB  KOMPUTER MENENGAH (MEDIUM COMPUTER)  KOMPUTER BESAR (LARGE COMPUTER) = 512 KB – 8MB  KOMPUTER SUPER (SUPER COMPUTER) 4.3.

1952 BAHASA ASSEMBLY DICIPTAKAN 1954 BAHASA FORTRAN DICIPTAKAN OLEH JOHN BACKUS Chapter I 39 . ATAU TEPATNYA LEVEL INSTRUKSI DAN DATA YANG DIKELUARKAN ATAU DIKERJAKAN OLEH PROSESOR (YANG SELURUHNYA TERDIRI DARI BILANGAN BINER: "0" ATAU "1"). ATAU BAHASA PEMROGRAMAN GENERASI PERTAMA SEBENARNYA ADALAH BAHASA MESIN.1GL (FIRST-GENERATION LANGUAGE).

2GL (SECOND-GENERATION LANGUAGE). 1959 COBOL DICIPTAKAN 1963 ASCII Chapter I 40 . ADALAH BAHASA PEMROGRAMAN TINGKAT RENDAH (LOW LEVEL LANGUAGE). YANG SERING DISEBUT SEBAGAI BAHASA ASSEMBLY.

C/C++. PASCAL.3GL (THIRD-GENERATION LANGUAGE) SEBAGAI GENERASI BAHASA PEMROGRAMAN SELANJUTNYA BIASA KITA KENAL SEBAGAI BAHASA PEMROGRAMAN TINGKAT TINGGI. SEPERTI HALNYA BASIC. NAMUN TETAP DIKLASIFIKASIKAN SEBAGAI 3GL). 1965 BAHASA BASIC DICIPTAKAN 1969 SISTEM OPERASI UNIX 1969 BAHASA PASCAL DICIPTAKAN OLEH NICKLAUS WIRTH Chapter I 41 . DAN SEBAGAINYA ITU (CATATAN: BAHASA C SERING DIANGGAP SEBAGAI BAHASA PEMROGRAMAN LEVEL MENENGAH.

4GL (FOURTH .GENERATION LANGUAGE) BAHASA PEMROGRAMAN GENERASI SELANJUTNYA ADALAH 4GL 1972 PL/1 BAHASA PEMROGRAMAN PERTAMA UNTUK INTEL 4004 1973 BAHASA PROLOG DIKEMBANGKAN OLEH ALAIN COMERAUR DI PRANCIS 1990 WINDOWS 3.0 DIPERKENALKAN 1995 WINDOWS 95 DIPERKENALKAN 1995 JAVA DIKEMBANGKAN 1998 WINDOWS 98 DIKELUARKAN 2000 WINDOWS 2000 DIKELUARKAN Chapter I 42 .

KITA MENGENALNYA SECARA POPULER SEBAGAI VISUAL PROGRAMMING (PEMROGRAMAN BERBASIS VISUAL).5GL (FIFTH-GENERATION LANGUAGE). Chapter I 43 . YAITU PEMROGRAMAN YANG MENGGUNAKAN INTERFACE BERBASIS VISUAL ATAU GRAFIS UNTUK MENGHASILKAN KODE SUMBER (SOURCE-CODE) YANG SELANJUTKAN DI-COMPILE MENGGUNAKAN COMPILER 3GL ATAU 4GL.

BAGIAN UNIT SISTEM KEYBOARD PROSESOR KEYBOARD PRINTER DISKETTE DAN DISK DRIVE PROSESOR I/O DISK CONTROLLER B U S ROM CPU VIDEO CONTROLL MONITOR 44 BUS MEMORI RA M Chapter I .

APA ITU UNIT SISTEM ?? Chapter I 45 .

HARDDISK dan CD DRIVE Chapter I 46 . MOTHERBOARD. CATU DAYA.SEBUAH KOTAK YANG BERISI KOMPONEN ELEKTRONIK DARI SEBUAH KOMPUTER YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMPROSES DATA. YANG DISEBUT: CASE ATAU KABINET SISTEM DI DALAM KOTAK INILAH TERDAPAT BERBAGAI KOMPONEN SEPERTI : CPU. CIP MEMORI (RAM dan ROM).

YANG TERMASUK KOMPONEN DARI UNIT SYSTEM ADALAH :
PROCESSOR MEMORY ADAPTER CARDS -SOUND CARD -MODEM CARD -VIDEO CARD -NETWORK CARD PORTS DRIVE BAYS POWER SUPPLY
Chapter I 47

power supply

drive bays

processor

memory ports

sound card

network card

modem card
Chapter I

video card

48

MOTHERBOARD
TERDIRI ATAS :  SOUND CARD  KARTU I/O  CIP MIKROPROSESOR  RAM SERING DISEBUT SYSTEM BOARD, MAIN BOARD DAN PLANNAR.

Chapter I

49

adapter cards processor chip memory chips memory slots Expansion slots for adapter cards motherboard MOTHERBOARD Chapter I 50 .

CATU DAYA : PEMASOK LISTRIK BAGI RANGKAIAN DALAM KOMPUTER. MELAINKAN MELALUI PERANTARA: UPS BUS : JALUR YANG MENGHUBUNGKAN SUATU KOMPONEN DENGAN KOMPONEN LAIN. CATU DAYA TIDAK DIHUBUNGKAN KE SUMBER LISTRIK SECARA LANGSUNG.  KEGUNAAN BUS ADALAH MENGHUBUNGKAN CPU DENGAN MEMORI DAN PERALATAN I/O  Chapter I 51 .

UNIT CONTROL UNIT ARITMATIKA LOGIKA REGISTER MEMORI UTAMA PERALATAN I/O BUS Chapter I 52 .

BUS PROSESOR : MERUPAKAN JALUR KOMUNIKASI ANTARA CPU DAN BUS I/O ATAU ANTARA CPU DAN CACHE MEMORI EKSTERNAL. BUS INI DITUJUKAN UNTUK MENSTRANSMISIKAN DATA SECEPAT MUNGKIN BUS I/O : UNTUK MEMUNGKINKAN CPU BERKOMUNIKASI DENGAN PERANTI I/O 2. BUS MEMORI : UNTUK MENTRANSMISIKAN DATA ANTARA CPU DAN MEMORI UTAMA (RAM) Chapter I 53 .PADA PC TERDAPAT 3 JENIS BUS : 1. 3.

BUS PENGENDALI : BERFUNGSI UNTUK MENGIRIMKAN ISYARAT YANG MENYATAKAN DATA “DIBACA” ATAU “DITULIS” DARI ATAU DAN KE MEMORI UTAMA.BUS PADA PROSESOR DAPAT DIBEDAKAN BERDASARKAN FUNGSI YANG DILAKUKAN OLEH BUS YAITU : 1. PERANTI MASUKAN ATAU PERANTI KELUARAN Chapter I 54 . BUS ALAMAT : BERFUNGSI UNTUK MENGIRIM KAN ISYARAT YANG MENYATAKAN ALAMAT 3. BUS DATA : BERFUNGSI UNTUK MELEWATKAN DATA DARI DAN KE MEMORI UTAMA 2.

Chapter I 55 . PORT DAPAT DIKELOMPOKKAN MENJADI : PORT SERIAL  UNTUK MELAKUKAN TRANSMISI DATA YANG BERORIENTASI PADA PENGIRIMAN SEBUAH BIT PER WAKTU.PORT : MERUPAKAN : COLOKAN YANG TERPASANG DI BAGIAN BELAKANG CASE YANG BERFUNGSI SEBAGAI PENGHUBUNG ANTARA KOMPONEN DI DALAM UNIT SISTEM DENGAN PERANTI DI LUAR.

SCANNER. PORT SCSI  JENIS PORT YANG MEMUNGKINKAN KONEKSI ANTAR PERANTI DALAM BENTUK SAMBUNG-MENYAMBUNG. JOYSTICK DLL PORT INFRARED DLL  MENDUKUNG HUBUNGAN TANPA KABEL Chapter I 56 .PORT PARALEL  UNTUK PENGIRIMAN DATA DENGAN CEPAT. PORT USB  MENGHUBUNGKAN BERBAGAI PERANTI SEPERTI : KAMERA DIGITAL.

Chapter I 57 .

KOMPONEN HARDWARE DARI SISTEM KOMPUTER CENTRAL PROCESSING UNIT CONTROL CONTROL UNIT CONTROL CONTROL INPUT DEVICES INSTRUKSI ARITHMATIC LOGIC UNIT DATA CONTROL OUTPUT DEVICES PRIMARY STORAGE UNIT INSTRUKSI DATA SECONDARY STORAGE INSTRUKSI / DATA IPROSES INFPRMASI Chapter I 58 .

ALU (ARITHMATIC LOGIC UNIT) BERFUNGSI : UNTUK MENJALANKAN OPERASI-OPERASI ARITMATIKA DASAR 2. Chapter I 59 .PROSESOR DISEBUT JUGA CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT) CPU TERDIRI DARI 3 BAGIAN UTAMA YAITU : 1. REGISTER MERUPAKAN : MEMORI KECIL BERKECEPATAN TINGGI YANG DIGUNAKAN UNTUK MENYIMPAN HASIL-HASIL SEMENTARA DAN INFORMASI KONTROL TERTENTU. UNIT KONTROL BERFUNGSI : BERTANGGUNG JAWAB DALAM MENGAMBIL INSTRUKSIINSTRUKSI DARI MEMORI UTAMA DAN MENENTUKAN JENIS INSTRUKSI-INSTRUKSI TERSEBUT UNTUK KEMUDIAN DIJALANKAN OLEH ALU 3.

MENGAMBIL INSTRUKSI-INSTRUKSI/ DATA DARI MAIN MEMORY 3. MENGATUR DAN MENGENDALIKAN ALAT-ALAT INPUT & OUTPUT 2. Chapter I 60 . MELAKUKAN SEMUA PERHITUNGAN ARITHMATIKA 2. MERUPAKAN OTAK UTAMA OPERASI DARI SEBUAH KOMPUTER UNTUK MELAKUKAN PROSES PADA CPU. MENYIMPAN HASIL PROSES KE MAIN MEMORY TUGAS ALU : 1.TUGAS CONTROL UNIT : 1. MENGIRIM INSTRUKSI KE ALU SERTA MENGAWASI KERJA ALU 4.

CPU UNIT KONTROL REGISTER ALU BUS CPU DAN MEMORI Chapter I MEMORI UTAMA (RAM) 61 .TIPE REGISTER ANTARA LAIN :  REGISTER INSTRUKSI : BERISI INFORMASI INSTRUKSI YANG SEDANG DIJALANKAN  REGISTER ALAMAT : BERISI INFORMASI ALAMAT INSTRUKSI BERIKUTNYA YANG HARUS DIAMBIL OLEH UNIT KONTROL UNTUK DIJALANKAN OLEH ALU  REGISTER AKUMULATOR : MENYIMPAN HASIL SEMENTARA PEMROSESAN DATA.

ASCII—American Standard Code for Information Interchange EBCDIC—Extended Binary Coded Decimal Interchange Code SBCDIC—Standard Binary Coded Decimal Interchange Code) BCD-Binary Coded Decimal Chapter I 62 .

 How is a letter converted to binary form and back? Step 1. 193 Fig. The user presses the capital letter D (shift+D key) on the keyboard. the binary code for the capital letter D is converted to an image. 4-16 Step 3. Step 4. Step 2. An electronic signal for the capital letter D is sent to the system unit. After processing. Chapter I 63 . and displayed on the output device. p. The signal for the capital letter D is converted to its ASCII binary code (01000100) and is stored in memory for processing.

SISTEM BILANGAN : 1. SISTEM BILANGAN 4. SISTEM BILANGAN DESIMAL BINER OKTAL HEXADESIMAL PENJUMLAHAN BILANGAN BINER 0+0=0 0+1=1 1+0=1 1+1=0 CARRY = 1 Chapter I 64 . SISTEM BILANGAN 3. SISTEM BILANGAN 2.

PENGURANGAN BILANGAN BINER : 1–1=0 1–0=1 1–1=0 0–1= 1 BORROW OF 1 PERKALIAN BILANGAN BINER : 1*1=1 0*1=0 PEMBAGIAN BILANGAN BINER : 1:1=1 0:1=0 Chapter I 65 .

KONVERSI SISTEM BILANGAN : DESIMAL BINER = DIBAGI DENGAN 2 OKTAL = DIBAGI DENGAN 8 HEXADESIMAL = DIBAGI DENGAN 16 DESIMAL = DIKALI DENGAN 2 OKTAL = TIAP-TIAP 3 DIGIT BINER DI KONVER SIKAN KE BIL.OKTAL HEXADESIMAL = TIAP-TIAP 4 DIGIT BINER DIKONVERSIKAN KE BILANGAN HEXA Chapter I BINER 66 .

BINER.OKTAL DESIMAL = DIKALI DENGAN 8 BINER = KONVERSIKAN TIAP DIGIT OKTAL KE 3 DIGIT BINER HEXADESIMAL = KONVERSIKAN DAHULU KE BIL. LALU KEMUDIAN KONVERSIKAN DARI BINER KE HEXADESIMAL Chapter I 67 .

LALU KEMUDIAN KON VERSIKAN DARI BIL BINER KE BILANGAN OKTAL Chapter I 68 .3 DIGIT BINER OKTAL = KONVERSIKAN DAHULU KE BIL. BINER.HEXADESIMAL DESIMAL = DIKALI DENGAN 16 BINER = KONVERSIKAN TIAPTIAP 1 DIGIT HEXA KE .

193 Fig. data. similar to seats on a passenger train  Chapter I Seat #2B4 Seat #2B3 69 Next p.Memory Electronic components that  What is memory? store instructions. 4-17 . and results  Consists of one or more chips on motherboard or other circuit board  Each byte stored in unique location called an address.

SATUAN DATA : 1 BYTE = 8 BIT 1 KILOBYTE = 1024 BYTE 1 MEGABYTE = 1024 KILOBYTE 1 GIGABYTE = 1024 MEGABYTE 1 TERABYTE = 1024 GIGABYTE 1 PETABYTE = 1024 TERABYTE Chapter I 70 .

Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU untuk diproses 2. Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim kan ke peranti keluaran 3. Menampung program / instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder. Chapter I 71 .MEMORI INTERNAL : FUNGSI MEMORI UTAMA : 1.

it is lost when computer’s power is turned off Also called main memory or primary storage Chapter I The more RAM a computer has. the faster it responds 72 .MEMORI DIBEDAKAN ATAS 2 MACAM YAITU : • RAM ( RANDOM ACCES MEMORI) ADALAH : JENIS MEMORI YANG ISINYA DAPAT DIGANTI-GANTI SELAMA KOMPUTER DIHIDUPKAN DAN MEMPUNYAI SIFAT BISA MENGINGAT DATA / PROGRAM SELAMA TERDAPAT ARUS LISTRIK Memory chips that can be read from and written to by processor Most RAM is volatile.

RDRAM 5. WORKING STORAGE 4. INPUT STORAGE 2. SDRAM 3.RAM TERDIRI ATAS : 1. EDORAM Chapter I 73 . DRAM 2. PROGRAM STORAGE 3. OUTPUT STORAGE TIPE RAM PADA PC BERMACAM-MACAM ANTARA LAIN : 1. SRAM 4.

1. Memory chips that store Nonvolatile memory. ROM ( Read Only Memori) adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya dapat dibaca. it is not lost when computer’s permanent data power is turned off and instructions Chapter I 74 .

read-only programmer or information memory)— can erase Blank ROM chip onto which a programmer can write permanently Chapter I 75 . instructions.EEPROM Three types: (electrically erasable programmable Firmware— read-only memory)— Manufactured with PROM Type of PROM permanently written (programmable containing microcode data.

JENIS-JENIS ROM : • PROM • EPROM • EEPROM Chapter I 76 .

CPU CACHE MEMORI Chapter I MEMORI UTAMA 77 .HIRARKI MEMORI Register CPU Memori Singgahan Memori Utama Memori Sekunder MEMORI SINGGAHAN = CACHE MEMORY  MEMILIKI KECEPATAN YANG LEBIH TINGGI YANG DIGUNAKAN SEBAGAI PERANTARA ANTARA RAM DAN CPU.

5-1 .PERALATAN INPUT   PERALATAN INPUT ADALAH KOMPONEN PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMASUKKAN DATA ATAU INSTRUKSI Chapter I DATA ATAU INSTRUKSI YANG DIMASUKKAN KE DALAM MEMORY KOMPUTER 78 Next p. 230 and 232 Fig.

pointing stick. touchtone GERAKAN : Glove. trackball. OMR (Optical Magnetic Reader/ Recognition) dan MICR (Magnetic Ink Charakter Reader). touch screen. touchpad.Contoh Unit Masukan : PENGETIKAN : keyboard. Headset. kamera digital SUARA : microphone. Walker VIDEO : Kamera video Chapter I 79 . ATM. scanner. POS GAMBAR PENUNJUK : mouse. joystick. pembaca sidik jari. PENGAMBIL GAMBAR : OCR (Optical Character Recognition). light pen.

KEYBOARD ALAT UNTUK MEMASUKAN DATA MAUPUN PERINTAH KE CPU. BIASANYA TERDIRI DARI RANGKAIAN HURUF DAN ANGKA.  Chapter I 80 . KEYBOARD TERDIRI DARI DUA JENIS YAITU : JENIS QWERTY DAN JENIS DVORAK.

MOUSE  ALAT BANTU UNTUK MEMBERIKAN PERINTAH DALAM MEMPROSES DATA BERBENTUK GAMBAR/GRAFIK Chapter I 81 .

Chapter I 82 .

DIGITIZER  DAPAT MENGONVERSI GAMBAR ATAU FOTO MENJADI DATA DIGITAL Chapter I 83 .JOYSTICK  DIGUNAKAN UNTUK MEMINDAHKAN OBJEK GAMBAR DI DALAM LAYAR MONITOR. BIASANYA DIGUNAKAN DALAM PERMAINAN (GAME).

Chapter I 84 . SCANNER  ALAT BANTU UNTUK MEMASUKAN DATA BERUPA GAMBAR/GRAFIK DAN MERUBAHNYA KEDALAM BENTUK DIGITAL SEHINGGA DAPAT DIPROSES DAN DIGABUNGKAN DENGAN BENTUK DATA YANG BERUPA TEKS.

Chapter I 85 . ALAT INI DIJUMPAI PADA LAPTOP.TRACKBALL DIGUNAKAN UNTUK MEMINDAHKAN KURSOR DENGAN CARA MENGGERAKKAN BOLA.

LIGHT PEN MENYERUPAI PENA DAN DAPAT MEMANCARKAN SINAR UNTUK DITULISKAN LANGSUNG PADA LAYAR MONITOR. BAIK BERUPA ANGKA MAUPUN HURUF KE DALAM CPU MELALUI LAYAR MONITOR Chapter I 86 . DAPAT MEMASUKKAN DATA .

TOUCH SCREEN UNTUK MEMASUKKAN DATA ATAU INSTRUKSI HANYA DENGAN MENYENTUH PERMUKAAN LAYAR MONITOR Chapter I 87 .

DIGITAL CAMERA UNTUK MENGAMBIL OBJEK GAMBAR DAN MEREKAMNYA. Chapter I 88 .

PC VIDEO CAMERA UNTUK MENGAMBIL OBJEK GAMBAR BERGERAK. DAPAT DIGUNAKAN UNTUK HUBUNGAN JARAK JAUH (CHATTING. CONFERENCE) SEHINGGA SEPERTI LAYAKNYA BERHUBUNGAN LANGSUNG Chapter I 89 .

CONTOH : PADA SUPERMARKET Chapter I 90 .BAR CODE READER UNTUK MEMBACA DATA BAR CODE.

AUTOMATED TELLER MACHINE (ATM) SERVIS PELAYANAN BANK MELALUI SEBUAH MESIN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KOMPUTER PUSAT MELALUI JARINGAN Chapter I 91 .

OPTICAL READER OPTICAL CHARACTER RECOGNITION (OCR) : MEMBACA TEKS DAN MENGKONVERSIKANNYA KE DALAM MODEL DIGITAL YANG NANTINYA DIPROSES OLEH KOMPUTER OPTICAL MARK RECOGNITION (OMR) : MEMBACA BLOK TULISAN PENSIL DAN MENGUBAHNYA MENJADI BENTUK YANG DAPAT DIGUNAKAN OLEH KOMPUTER Chapter I 92 .

Inkjet. SOFTCOPY : Monitor (CRT & LCD). Thermal. Multifungsi). Computer Output Microfilm Chapter I 93 . Laser. HARDCOPY : Printer (Impact. Thermal. hasil pemasukan data tau perintah pada komputer Output Device dapat digolongkan menjadi 2 bagian : 1. Pemotong). Audio 2. Plotter (Pena. Elektrostatis.UNIT KELUARAN / OUTPUT DEVICE : Piranti yang dapat menampilkan hasil pengolahan.

1”. UKURAN MONITOR 15”. 21”. UKURANNYA : 12.1” Chapter I 94 . MONITOR ALAT YANG MAMPU MENAMPILKAN TEKS MAUPUN GAMBAR DARI DATA YANG SEDANG IPROSES DALAM CPU. 19”. and 22” . 14. 13. 17”. UNTUK LAPTOP.3”.

80486 4. VGA (VIDEO DISPLAY ADAPTER) = MUNCUL TAHUN 1987 PADA KOMPUTER 80386. CGA (COLOR DISPLAY ADAPTER) = DIBUAT TAHUN 1981 DENGAN 4 VARIASI WARNA 2. EGA ( ENHANCED GRAPHIC ARRAY) = DIBUAT TAHUN 1984 DENGAN 16 VARIASI WARNA 3.536 JENIS WARNA PADA MONITOR 17” DAN 19” 6. SVGA (SUPER VGA) = 16 JUTA WARNA PADA MONITOR 14” DAN 15” 5. UXGA (ULTRA XGA) = PADA MONITOR 21”. XGA (EXTENDED GA) = 65. DIRANCANG UNTUK DESAIN GRAFIS Chapter I 95 . SXGA (SUPER XGA) = PADA MONITOR 19” DAN 21” 7.RESOLUSI MONITOR 1.

Chapter I 96 .PRINTER ALAT YANG MEMPRODUKSI KELUARAN DATA (OUTPUT) BERBENTUK CETAK. BAIK ITU BERUPA TEKS MAUPUN GAMBAR / GRAFIK.

Chapter I 97 Next p. 6-17 . 304 Fig.DOT-MATRIX PRINTER  PRINTER YANG MENGGUNA KAN KEPALA CETAK BERUPA SEKUMPUL AN JARUM.

LINE PRINTER PRINTER YANG MENCETAK SATU BARIS PER WAKTU Chapter I 98 .

Chapter I 99 .INK-JET PRINTER : PRINTER YANG MEMBERIKAN CETAKAN DENGAN CARA MENYEMPROTKAN TITIK-TITIK TINTA YANG BERMUATAN LISTRIK KE KERTAS CETAKAN.

COVER CD. LABEL home use Chapter I 100 .PRINTER THERMAL BANYAK DIGUNAKAN UNTUK MENCETAK FOTO.

PRINTER LASER PRINTER YANG DIRANCANG UNTUK MAINFRAME MEMILIKI KECEPATAN SEKITA 229 HALAMAN PER MENIT. PRINTER UNTUK PC MEMILIKI KECEPATAN SEKITAR 4-25 HALAMAN PER MENIT Chapter I 101 .

Chapter I 102 .PRINTER MULTIFUNGSI MEMILIKI BERBAGAI FUNGSI LAINNYA : KEMAMPUAN SEBAGAI MESIN FOTOCOPY. MESIN FAX. SEBAGAI SCANNER.

PLOTTER DAPAT MENGHASILKAN GRAFIK ATAU GAMBAR DENGAN KUALITAS TINGGI DAN BERWARNA. TIGA DIMENSI. DIGUNAKAN UNTUK MEMUAT PETA. GAMBAR-GAMBAR ARSITEKTUR. Chapter I 103 .

MEDIA PENYIMPANAN DATA : 1. PITA MAGNETIK : Reel Tape, Tape Cartridge 2. Hard Disk : Nonremovable hard disk, Removable hard disk) 3. FLOPPY DISK 4. ZIP DISK 5. PIRINGAN OPTIK : CD, DVD 6. USB FLASH DISK 7. SMART CARD 8. KARTU MEMORI
Chapter I

104

FLOPPY DISK MENGANDUNG SEBUAH PIRINGAN MAGNETIK YANG TERBUAT DARI BAHAN PLASTIK. PIRINGAN DIBAGI ATAS SEJUMLAH LINGKARAN YANG MASING-MASING DISEBUT TRACK. TRACK DIBAGI MENJADI BEBERAPA SECTOR
Chapter I

LABEL

105

LUBANG PENGATUR PROTEKSI TERHADAP PENULISAN
LOGAM PROTEKSI DAERAH PENGAKSESAN DATA PADA PIRINGAN
Chapter I

HOLE ON THIS SIDE MEANS DISK IS HIGH DENSITY

LUBANG UNTUK DAERAH PENGAKSESA N DATA PADA PIRINGAN

106

ZIP DISK PERANTI INI DIHUBUNGKAN KE KOMPUTER MELALUI PORT PRINTER. USB. MEMILIKI KAPASITAS 250 MEGABYTE UNTUK HUBUNGAN KE PORT PARALEL ATAU SCSI DAN 750 MEGABYTE UNTUK HUBUNGAN KE USB External Zip drive Chapter I 107 . MAUPUN SCSI.

HARDDISK -NONREMOVABLE HARDDISK --REMOVABLE HARDDISK PIRINGAN HARDDISK HEAD PEMUTAR PIRINGAN Chapter I 108 .

PROSES PENYIMPANAN DAN PEMBACAAN DATA MENGGUNAKAN SISTEM OPTIK. Chapter I 109 .COMPACT DISK (CD) MEDIA PENYIMPANAN YANG TERBUAT DARI BAHAN PLASTIK.

 Chapter I 110 .CD ROM ALAT TAMBAHAN ( ALAT PERIPHERAL ) YANG MAMPU MENYIMPAN DAN MENULISKAN DATA DAN PROGRAM MELALUI MEDIA CD (COMPACT DISK). ALAT INI DIDESAIN MAMPU MENULISKAN DAN MEMBACA DATA ATAU PROGRAM MELALUI SISTEM OPTIK.

COMPLEX SOFTWARE Chapter I 111 .7 GB TO 17 GB • HARUS MEMILIKI DVD-ROM DRIVE ATAU DVD PLAYER UNTUK MEMBACA DVD-ROM • MENYIMPAN DATA – DATA MUSIC.DVD (DIGITAL VIDEO DISC) • KAPASITAS PENYIMPANAN LEBIH BESAR DARI CD YAITU : 4.

PROSESOR.SMART CARD BERUPA KARTU PLASTIK YANG DILENGKAPI DENGAN SEBUAH CIP. PADA CIP INILAH TERKANDUNG MEMORI. DAN SISTEM OPERASI. Chapter I 112 .