You are on page 1of 11

Quality Control adalah aktivitas memelihara dan memperbaiki produk dan service yang ditawarkan kepada organisasi, quality

control bukan hanya menjadi tanggung jawab bagian quality control saja, tetapi seluruh karyawan atau pihak menjadi satu kesatuan memecahkan masalah ini (Ishita Nobuyuki).
TQC (Total Quality Control) adalah sistem manajemen yang dinamis yang mengikut sertakan seluruh anggota organisasi dengan penerapan konsep dan teknik pengendalian kualitas untuk tercapainya kepuasan pelanggan dan yang mengerjakannya.

Konsep dasar TQC : 1. Kepuasan pemakai (Orientasi pemakai bukan orientasi standard). 2. Kualitas artinya mutu segala macam pekerjaan. 3. kualitas adalah urusan setiap pelaku (bekerja sekali jadi dan benar).
Pengertian dari TQC : 1. Total Quality Control adalah rangkaian kegiatan yang terus menerus dari Plan Do Check Action (PDCA). 2. Total Quality Control diselenggarakan tidak pada hasilnya, tetapi selama proses sampai dengan hasilnya. 3. Jangan menyalahkan siapapun juga. 4. Bicara dengan data/fakta dan unsur unsur yang terukur. 5. Setiap kegiatan harus punya segi kegiatan perbaikan dan pencegahan.

100%

Tujuan Quality Control


Membuat keseimbangan antara kualitas dan biaya. Kualitas dicapai secara ekonomis dan efisien hanya bila tiap proses dapat memberi jaminan kualitas pekerjaannya pada proses proses berikutnya. Aktivitas QC circle ( berkesinambungan ), operasional ZD ( Zero Defect/cacat produk )