P. 1
Ppt Makalah GT (Group Technology)

Ppt Makalah GT (Group Technology)

|Views: 132|Likes:
Published by Andreas Kurniadi
Group Technology
Group Technology

More info:

Published by: Andreas Kurniadi on Jul 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

04/07/2014

$4.99

USD

pdf

text

original

Perancangan Tata Letak Mesin dengan Menggunakan Konsep Group Technology sebagai Upaya Minimasi Jarak dan Biaya

Material Handling

Kelompok IND – 2 :
Andreas (22 2010 010) Rio (22 2010 013) Lince (22 2010 019) Eko (22 2010 011) Eka (22 2010 012)

Latar Belakang
• PT. Berlina Pandaan adalah salah satu perusahaan manufakur yang memproduksi berbagai macam bentuk produk siap pakai dari bahan plastik. • Dalam memproduksi berdasarkan pesanan hingga variasi bentuk produk sering berubah. Sehingga diperlukan proses permesinan yang fleksibel (mudah menyesuaikan perubahan variasi produk)

Latar Belakang
• Terjadi jarak tempuh yang panjang dalam proses pemindahan bahannya akibat dari peletakan mesin yang sembarangan. Melihat kenyataan tersebut sebaiknya dilakukan sebuah kajian teori mengenai perancangan tata letak .
• Maka digunakanlah konsep Group Teknologi untuk pengaturan tata letak mesin sehingga pola material handling dapat diatur sedemikian rupa agar jarak dan biaya material handling dapat diminimalkan.

LANDASAN TEORI
• Perancangan tata letak pabrik menurut Bambang (2012), dapat didefinisikan sebagai kumpulan unsur-unsur fisik yang diatur mengikuti aturan ketetapan fungsi tujuan misalnya total jarak atau total biaya perpindahan bahan.
• Tata letak fasilitas merupakan bagian perancangan fasilitas yang lebih fokus pada pengaturan mesin, peralatan, meja, bangunan, dsb.

LANDASAN TEORI
Macam atau Tipe Tata Letak Pabrik a. Tata letak fasilitas berdasarkan aliran produksi b. Tata letak fasilitas berdasarkan lokasi material tetap c. Tata Ietak fasilitas berdasarkan kelompok produk family / group technology d. Tata letak fasilitas berdasarkan fungsi / macam proses

LANDASAN TEORI
• Group technology merupakan tata letak yang didasarkan pada pengelompokan produk atau komponen yang akan berdasarkan langkah pemprosesan, bentuk, mesin, atau peralatan yang dipakai

Untuk membuat persamaan matrik euclidean dengan notasinotasi sebagai berikut : xi : x koordinat dari pusat fasilitas i yi : y koordinat dari pusat fasilitas j dij : jarak antara pusat fasilitas i dan j . Matrik Euclidean telah diaplikasikan untuk model konveyor dan jaringan transportasi dan distribusi.Pengukuran Jarak • Euclidean Matrik euclidean mengukur garis lurus antara pusat dari fasilitas-fasilitas.

Pengukuran Jarak
• Square Euclidean Matrik ini digunakan pada kondisi yang memiliki jarak yang agak jauh atau jauh sekalipun antara satu fasilitas terhadap fasilitas yang lain

Pengukuran Jarak
• Rectilinear Matrik ini biasa digunakan karena lebih mudah untuk menghitungnya, mudah dimengerti dan diaplikasikan untuk masalah -masalah yang praktis

Pengukuran Jarak
• Kriteria Evaluasi Layout Untuk mengevaluasi layout yang diberikan, pertama kali harus menentukan kriteria untuk menilai layout tersebut. Dalam hal ini pengevaluasian layout berdasarkan kiteria sebagai berikut:

Dimana : cij : biaya untuk memindahkan unit beban material dari fasilitas i dan j Fij : jumlah perjalanaan antara fasilitas i dan j dij : jarak antara fasilitas i dan j

METODOLOGI PENELITIAN
Mulai Pengamatan Langsung Observasi Data nama komponen, permintaan aktual, proses pemesinan, alat angkut, frekuensi perpindahan, jumlah batch size, layout awal, biaya material handling

Tujuan Penelitian

Memberikan usulan baru terhadap layout pemesinan dan membandingkan biaya material handling layout awal dengan layout baru

Gtlabc, Simulated Annealing Algorithm

Pengolahan Data

Pembentukkan Group Technology mesin dan penentuan layout baru

Analisis Data

Layout baru dan biaya material handling layout baru

Kesimpulan dan Saran

Layout optimal mesin

Selesai

METODOLOGI PENELITIAN Tahapan Pengolahan Data 1.exe berdasarkan group teknologi untuk :  Mengelompokkan mesin menjadi machine cell dan komponen menjadi part family berdasar R & CM Algorithm  Pembentukan layout mesin inter sell berdasar simulated Annealing Algorithm  Pembentukan layout mesin antar sell berdasar Hibrid Simulated Annealing Algorithm 3. Running program gtlapc. Perhitungan jarak dan biaya material handling layout awal bagian produksi 1 2.exe . Penyusunan layout mesin baru sebagai hasil dari subyektifitas peneliti berdasarkan running program gtlapc.

HASIL DAN PEMBAHASAN Pengukuran Jarak Mesin menggunakan metode rectilinear. karena metode ini mudah diaplikasikan. Dimana : • xi : kordinat x mesin ke-i • xj : kordinat x mesin ke-j • yi : kordinat y mesin ke-i • yj : kordinat y mesin ke-j Jarak total material handling per hari ( 3 shift ) adalah : Jarak Tempuh x Frekuensi perpindahan (per shift) x Jumlah shift .

85 ( biaya material handling/meter ) = 86338. 1.275.- .Total cost material handling untuk satu hari ( sekarang ) adalah : Tc = 46831.5 X Rp.

1.85 ( biaya material handling/meter ) = Rp.5 X Rp.Tata Letak Baru Total cost material handling untuk satu hari ( tata letak baru ) adalah : Tc = 25711.47566.275.- .

Perbandingan tata letak awal dan tata letak baru
Total Cost

Sekarang

Tata Letak baru

Rp. 86338,275,-

Rp. 47566,275 ,-

Total cost material handling yang baru lebih rendah dari sebelumnya sehingga dapat mereduksi cost material handling sampai 44,91 % sehingga tata letak baru dengan konsep group technology dapat dipertimbangkan

Gambaran tata letak baru dengan konsep group technology :

KESIMPULAN
• Dengan perancanagan tata letak pabrik yang baru dapat mereduksi cost sebesar 44,91 % atau sebesar Rp. 38.772,-

• Konsep layout yang baru mengelompokan mesin menjadi 7 machining cells.

• Tidak dijelaskan lebih dalam dan terperinci lagi mengenai pembacaan literatur atau jurnal lain yang mendukung jurnal. • Pada bagian metodologi penelitian dalam tahap observasi tidak dijelaskan mengenai alat yang dipakai dalam pengumpulan data atau bagaimana cara memperoleh data. KRITIK .

KRITIK .• Penulis tidak menjelaskan secara terperinci tujuan serta alasan penulis menggunakan metode group technology • Landasan yang digunakan dalam teori jurnal tersebut kurang membahas mengenai group technology.

KRITIK .• Tidak ada perbandingan kelebihan metode tersebut dengan metode lainnya. • Perlu dilakukan pemeriksaan ulang terhadap hasil total jarak tempuh material handling pada modul sebelumnya dan sebaiknya disertakan biaya re-layout untuk tata letak baru sebagai bahan pertimbangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->