BAB 4

ZAKAT
A. Arti Zakat

َ ‫ز‬ Kata zakât adalah bentuk dasar (masdar) dari kata ‫ك ى‬ َ yang secara bahasa berarti:
1. 2. 3. 4.

‫ة‬ ُ َ ‫رك‬ َ َ ‫( الب‬berkah) ُ‫مءاء‬ َ ّ ‫( الن‬tumbuh subur/berkembang) ُ‫رة‬ َ ّ ‫( الط‬suci) َ ‫هءا‬ ‫ة‬ ُ ّ ‫زك ِي‬ ْ ّ ‫( الت‬pencucian).

Zakat dengan arti al-barakah punya pengertian bahwa harta yang dizakatkan diharapkan akan membawa berkah terutama bagi dirinya sendiri. Zakat dengan arti an-namâ' punya pengertian bahwa harta yang wajib dizakatkan adalah harta yang dimaksudkan untuk dikembangkan atau yang mempunyai potensi berkembang. Zakat dengan arti ath-thaharah dimaksudkan agar harta yang telah dizakatkan, menjadikan sisa hartanya yang lain suci dari hak milik orang lain. Hal ini karena mungkin ada harta yang meragukan (syubhat) yang merupakan hak milik orang lain yang secara tidak sengaja masuk ke dalam harta milik kita. Sedang zakat dengan arti at-tazkiyyah dimaksudkan agar orang yang membayar zakat mendapatkan ketenangan batin karena telah tersucikan jiwanya dari hasil usaha yang mungkin terselip hak orang lain. Adapun pengertian zakat menurut istilah fiqih adalah sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah untuk diserahkan kepada golongan yang berhak menerimanya. Yang dimaksud dengan definisi ‘tertentu’ di atas yakni bahwa harta yang diwajibkan Allah untuk dizakatkan itu sudah tertentu jenisnya, tertentu jumlahnya dan tertentu batas waktunya. Di dalam Al-Qur'an, ada beberapa terminologi yang digunakan untuk menjelaskan kata zakat, yaitu: 1. Shadaqah, sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-Tawbah/9: 103: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka …"

َ ‫خذ ْ م‬ ّ ‫ز‬ … ‫هءا‬ ً َ‫صد َق‬ َ ُ ‫م وَت‬ ْ ِ‫كيه‬ ْ ُ ‫ره‬ ْ ِ‫وال ِه‬ ْ ‫نأ‬ َ ِ‫م ب‬ َ ‫م‬ ُ ّ‫ة ت ُط َه‬ َ ‫م‬ ْ ِ ُ

Arti shadaqah sebenarnya adalah pemberian yang bersifat sunat. Namun pada ayat di atas, kata tersebut digunakan untuk menjelaskan arti zakat yang bersifat wajib.

71

sehingga hukuman bagi orang yang tidak menunaikan zakat adalah siksa yang amat pedih yang digambarkan dalam QS. sedangkan infaq yang bersifat sunat adalah shadaqah. lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan pada mereka)." Arti infaq sebenarnya sama dengan shadaqah yakni pemberian yang bersifat sunat. 3. Al-An`am/6: 141: "…Makanlah dari buahnya (tanaman itu) apabila ia berbuah. "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri. Al-Tawbah/9: 35: "Pada hari dipanaskannya (emas dan perak yang seharusnya dizakatkan) di dalam api neraka lalu dituangkan ke dahi mereka." ‫م‬ َ ‫ف ي‬ ِ ‫هءا‬ َ ‫ج‬ َ ‫ر‬ ْ ُ‫م ي‬ َ ْ‫ي َو‬ ْ ُ‫بءاهُه‬ ِ ‫هءا‬ َ ّ ‫جهَن‬ َ ‫ح‬ َ ِ ‫و ى ب‬ َ ْ ‫م ى عَل َي‬ َ ْ ‫م فَت ُك‬ ِ ‫نءا‬ َ ُ ‫ذو‬ ُ َ‫م ف‬ َ َ‫م ه‬ ‫مءا‬ ُ ْ ‫لن‬ ِ ‫م‬ ِ ‫ف‬ ُ ‫ج‬ ْ َ ‫مءا ك َن‬ ُ َ‫و‬ َ ‫قوا‬ ْ ُ ‫سك‬ ْ ُ ‫زت‬ َ ‫ذا‬ ْ ُ ‫ره‬ ْ ُ‫نوب ُه‬ ُ ُ ‫م وَظ‬ ُ ‫هو‬ ‫ن‬ َ ‫زو‬ ُ ِ ‫م ت َك ْن‬ ْ ُ ‫ك ُن ْت‬ 72 . Haq (kewajiban/kebenaran). maka rasakanlah akibat dari apa yang kamu simpan. Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa infaq yang bersifat wajib adalah zakat. Nafaqah atau infâq. sedangkan shadaqah yang bersifat sunat adalah infaq. `Afwu (maaf). sebagaimana disebutkan dalam QS. Al-A`raf/7: 199: "Ambillah zakatnya dan perintahkanlah kepada yang ma`ruf dan berpalinglah dari orang-orang jahil.2. Al-Tawbah/9: 34: ‫ل ي‬ ‫لءا فِل‬ ‫قون َهَل‬ ُ ‫ف‬ َ ‫ضل‬ ِ ْ ‫ة وَل َ ي ُن‬ ِ ْ ‫وال‬ ّ ‫ف‬ َ َ‫ن ال لذ ّه‬ َ ‫زو‬ ُ ‫ن ي َك ْن ِل‬ َ ‫ب‬ َ ْ ‫وال ّلذِي‬ َ … َ َ َ‫م ب ِع‬ ّ َ ‫ه فَب‬ ِ ‫ل الل‬ َ ْ ُ ‫ره‬ ٍ ‫ذا‬ ْ ‫ش‬ ِ ْ ‫سب ِي‬ ٍ ‫ب أل ِي ْم‬ "…Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya (menzakatkannnya) di jalan Allah maka kabarkanlah kepada mereka dengan siksa yang amat pedih." َ َ ‫لوا من ث َمره إ‬ …‫ه‬ ّ ‫ح‬ َ َ‫ر و‬ ِ ِ‫صءاد‬ ُ ‫ءا‬ َ ‫م‬ َ ‫توا‬ َ ْ‫ه ي َو‬ ُ ‫ق‬ َ ْ ‫ذا أث‬ َ ‫ح‬ َ ‫م‬ ِ ِ ِ َ ْ ِ ُ ُ‫ك‬ َ ْ ‫ن‬ ْ َ‫خذِ ال ْع‬ ُ ِ ِ‫جءاه‬ َ ْ ‫ن ال‬ ِ ‫ر‬ ِ ‫ر‬ ُ ‫و وَأ‬ ْ ِ‫ف وَأعْر‬ َ ‫لي‬ ْ ُ‫بءال ْع‬ ْ ‫م‬ َ ‫ف‬ ِ َ‫ض ع‬ Dari keterangan di atas sekaligus dapat diketahui bahwa hukum menunaikan zakat adalah wajib. sebagaimana disebutkan dalam QS. sebagaimana disebutkan dalam QS. Namun kedua istilah tersebut kadang dipakai untuk menggantikan kata zakat yang bersifat wajib. dan tunaikanlah haknya (zakatnya) pada hari panennya …" 4. Demikian pula shadaqah yang bersifat wajib adalah zakat.

Pandangan Islam tentang Zakat ُ ‫خ‬ ‫و‬ َ ‫مءا‬ َ ْ ‫ن ي َب‬ ِ ِ ‫ض لل‬ ِ ‫ه‬ َ ‫ءا‬ ِ ّ ‫ن ال‬ ْ َ‫ن ف‬ َ ‫لو‬ ْ َ ‫وَل َ ي‬ َ ‫ح‬ ُ ّ ‫م الل‬ ُ ُ‫تءاه‬ َ ِ‫ن ب‬ َ ‫ه هُ ل‬ ْ ‫مل‬ َ ‫ذي‬ ّ َ ‫سب‬ ُ ّ‫سلي ُط َو‬ ْ َ‫م ب‬ َ ‫و‬ ‫م‬ ‫خل ُل‬ ‫مل‬ َ ِ َ ‫لءا ب‬ ِ ‫لوا ب ِل‬ َ ‫قو‬ َ ْ‫ه ي َلو‬ َ ‫م‬ َ ‫ن‬ ْ ‫ر ل َهُل‬ ْ ُ‫را ل َه‬ ّ ‫شل‬ َ ُ‫ل ه‬ ً ْ ‫خي‬ (180 :‫ة …)أل عمران‬ ِ ‫م‬ ِ ْ ‫ال‬ َ ‫ق‬ َ ‫يءا‬ Dalam ajaran Islam. ُ ِ ‫فءائ‬ ُ ‫ز‬ ْ َ‫ه‬ ‫كم‬ َ َ ‫ضع‬ ُ ِ ‫ن إ ِل ّ ب‬ َ ‫قو‬ َ‫ر‬ َ ‫رو‬ َ ْ ‫ل ت ُن‬ ْ ُ ‫ن وَت‬ ُ ‫ص‬ 73 . Ali Imran/3: 180) Ayat di atas secara jelas menyatakan bahwa orang yang enggan membayar zakat karena pertimbangan materi yang dimilikinya akan berkurang. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya pada hari kiamat…” (QS. Al-Hasyr/59: 7) Di samping itu keberhasilan orang menjadi kaya tidak mungkin tanpa ada dukungan dari orang lain khususnya para fakir miskin.” (QS. harta kekayaan dan segala sesuatu yang ada di alam ini adalah milik Allah SWT. B. Bukhari.Dan firman Allah SWT yang lain: “Janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya mengira. “Supaya harta itu jangan hanya beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu …” (QS. bisa berakibat buruk bagi mereka. sedang manusia hanya merekayasa bahan mentah yang telah disiapkan Allah. baik di dunia dan yang pasti di akhirat kelak. Nasa’i dan Ahmad) Dengan demikian sangat wajar jika Allah SWT sebagai pemilik segala sesuatu mewajibkan kepada setiap orang yang berkecukupan agar menyisihkan sebagian harta mereka kepada mereka yang membutuhkan.‫م‬ ِ ‫يءا‬ ً َ ‫دول‬ ِ ‫ء‬ َ ِ ‫ل َغْن‬ ُ ‫ن‬ َ ‫كو‬ ْ ُ ‫من ْك‬ َ ْ ‫ة ب َي‬ ْ َ‫ك‬ (‫وأحمد‬ “Kalian tidak akan mendapat kemenangan dan kecukupan.. Allah SWT berfirman: “Dan berikanlah kepada mereka sebahagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Karena ia milik Allah maka salah satu perintah-Nya adalah memberikan sebagian harta itu kepada yang membutuhkan. kecuali berkat orangorang lemah di antara kalian. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Al-Nur/24: 33) Perintah untuk memberikan sebagian harta kepada golongan ekonomi lemah dimaksudkan agar tidak terjadi monopoli dan pemusatan kekuatan ekonomi pada kalangan orang kaya saja. Kata Nabi saw: ‫)رواه البخءار ى والنسءائ‬ …‫م‬ َ ‫ذ ي‬ َ َ‫و‬ َ ‫ءا‬ ِ ّ ‫ه ال‬ ِ ّ ‫ل الل‬ ِ ‫م‬ ُ ‫ءا‬ ْ ُ ‫تءاك‬ َ ‫ن‬ ْ ُ‫توه‬ ِ ‫مءا‬ ْ ‫م‬ ْ ‫نا‬ ُ َ ‫ ي ل َ ي‬ .” (HR. bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka..

sesungguhnya sudah ditetapkan oleh Allah SWT sebelum hijrahnya Nabi Muhammad saw. Jumlah ini menurut sebagian ahli bisa bertambah menjadi 82 kata bila kata-kata lain yang semakna dengan kata zakat seperti: al-infâq. Namun yang jelas ada sekitar 26 kali kata zakat yang penyebutannya digandengkan dengan kata shalat.” (QS. Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu (seluruhnya)(36). namun bila kamu tetap kikir maka) Dia akan menampakkan kedengkian antara kamu(37). antara shalat dan zakat merupakan satu kesatuan ajaran yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama.“ (QS. Jadi. Para ahli fiqh menetapkan bahwa zakat diwajibkan kepada seseorang apabila telah memenuhi syarat-syarat wajib zakat. Seorang yang beragama Islam wajib membayar zakat.َ ُ ‫قوا يؤْت ِك ُم أ ُجورك ُم ول َ يسأ َل ْك‬ )‫م‬ ُ ‫م‬ ِ ْ‫ن ت ُؤ‬ ُ ُ ّ ‫نوا وَت َت‬ ْ ِ ‫وَإ‬ ْ َ َ ْ َ ُ ْ ْ ُ ‫وال َك‬ ْ ‫مأ‬ ْ َ ‫م‬ َ َ ُ ‫خ‬ )‫م‬ َ ‫ض‬ ْ ُ ‫لوا وَي‬ َ ْ ‫م ت َب‬ َ ‫مو‬ ِ ‫ح‬ ْ ‫جأ‬ ْ ِ‫خر‬ ْ ُ ‫هءا فَي‬ ْ ِ ‫( إ‬36 ْ َ‫ن ي‬ ْ ُ ‫غءان َك‬ ْ ُ ‫فك‬ ُ ُ ‫سأل ْك‬ (37 “Dan jika kamu beriman serta bertakwa.. mendirikan shalat dan menunaikan zakat. karena QS. Misalnya disebutkan dalam QS. Hanya saja jenis dan ukuran harta yang wajib dizakatkan belum ditetapkan pada saat itu. Hal tersebut baru ditetapkan setelah peristiwa hijrah. Al-Tawbah (9): 11) Pelaksanaan shalat melambangkan baiknya hubungan seseorang dengan Tuhannya. Al-Tawbah (9): 11. Adapun bagi non-Muslim َ ‫ز‬ َ َ ‫بوا وَأ‬ ‫ف ي‬ َ َ‫صل َةَ و‬ ْ ِ ‫كءاةَ فَإ‬ ِ ‫م‬ َ ‫ن‬ ّ ‫وا ال‬ ُ ‫تءا‬ ْ ِ ‫فَإ‬ ْ ُ ‫وان ُك‬ ُ ‫قءا‬ ّ ‫موا ال‬ َ ‫خ‬ ُ َ ‫ءات‬ …‫ن‬ ّ ‫ال‬ ِ ‫دي‬ 74 . Al-Tawbah ayat 60 tentang 8 golongan mustahiq (yang berhak menerima zakat) baru turun pada tahun ke 9 Hijriyah. Muslim. dan lain-lain. al-shadaqah.. Jika Dia meminta hartamu (sebagai zakat) lalu mendesak kamu (supaya memberikan semuanya) niscaya kamu akan kikir. tha`amul-miskin dan lain-lain juga dimasukkan dalam pengertian zakat. Al-Baqarah (2): 110. al-ma`un. Itupun penyalurannya terbatas pada fakirmiskin saja. C. 71. yaitu: 1. Itulah sebabnya setelah kewajiban shalat dalam Rukun Islam adalah kewajiban membayar zakat. AlMuzzammil (73): 20. dan (karenanya Dia hanya minta sebagian. sedang penunaian zakat melambangkan harmonisnya hubungan dengan sesamanya. Zakat dan shalat bahkan dijadikan oleh Allah sebagai lambang persaudaraan dalam naungan agama Islam: “Jika mereka bertaubat. Al-Bayyinah (98): 5. Syarat-syarat Wajib Zakat Zakat sebagai kewajiban. Muhammad (47): 36-37) Kata zakat di dalam Al-Qur'an disebutkan sampai 32 kali. sebagai konsekwensi dari persaksiannya (syahadat) kepada Allah dan kepada Nabi Muhammad saw sebagai rasul-Nya. Bahkan zakat termasuk urutan ketiga dalam rukun Islam setelah syahadat dan shalat.

3. para sahabat: ‘Umar. Adanya syarat-syarat di atas. Maksud secara penuh atau sempurna di sini adalah harta tersebut bukanlah harta pinjaman (kredit) dan bukan pula harta hasil kejahatan. dan lain-lain-. Meskipun demikian. Pada hakikatnya seorang hamba sahaya yang belum merdeka. tetapi harta milik orang atau instansi lain yang dipaksakan masuk ke dalam milik kita. Karena tidak memiliki apa-apa. 4.( QS. bahkan mungkin bisa menjadi orang yang wajib dizakati. Jama`ah. Bukhari dan Ahmad) (‫ن ى )رواه البخءار ى وأحمد‬ ِ ‫ر‬ َ َ‫صد َق‬ ً ‫غ‬ َ َ‫ل‬ ْ َ‫ة إ ِل ّ ع‬ ِ ْ‫ن ظ َه‬ Berdasarkan dalil-dalil di atas sehingga mayoritas ulama –seperti Imam Malik. tidaklah diwajibkan berzakat karena di samping status zakat sama dengan rukun Islam yang lain. maka mereka tetap terkena kewajiban zakat. Sedangkan pembayaran zakat untuk tanaman tidak menggunakan penghitungan satu tahun tetapi pada setiap kali panen (QS. maka orang yang wajib membayar zakat adalah orang yang benar-benar sudah berkelebihan (kaya) dari segi materi. untuk dikeluarkan zakatnya. Al-Tawbah/9: 29) Merdeka. Sedangkan orang yang penghasilannya pas-pasan atau ada kelebihan harta tapi tidak mencapai nishab. khususnya batasan nishab dan keharusan pemilikan secara sempurna. ‘Ali. tidaklah termasuk deretan orang yang wajib zakat. Syafi’i. 5. Ahmad. ‘Aisyah. Al-An`am/6: 141). dari Mu`adz) َ َ ‫ن‬ ‫ة فِل‬ َ ْ‫م ت ُؤ‬ ً َ‫صد َق‬ ِ ُ ‫خ لذ‬ ّ ‫…أ‬ ْ ِ‫وال ِه‬ ْ ‫ل ي أ‬ ْ ِ‫ض عَل َي ْه‬ َ ّ ‫ن الل‬ َ ‫م‬ َ ‫ر‬ ْ ‫مل‬ َ ‫مل‬ َ َ ‫ه افْت‬ َ َ َ‫رد ّ ع‬ (‫ عن معءاذ‬،‫م )رواه الجمءاعة‬ َ ُ‫ل ى ف‬ َ ِ ‫أغْن‬ ْ ِ‫رائ ِه‬ ْ ِ‫يءائ ِه‬ َ ‫ق‬ َ ُ ‫م وَت‬ ”Tidak ada shadaqah kecuali di atas punggung orang kaya.” (HR. perak. 75 .” (HR. maka tidak ada kewajiban bagi mereka membayar zakat.2. Jabir. ternak dan harta perniagaan. Haul adalah masa satu tahun bagi emas. Anas. sedangkan harta hasil kejahatan juga bukanlah harta kita yang sesungguhnya. Harta itu mencapai nishab. Harta itu adalah miliknya secara penuh/sempurna. Harta pinjaman sesungguhnya bukanlah hak milik kita secara penuh. Nabi Muhammad saw bersabda: “Sesungguhnya Allah mewajibkan kepada mereka shadaqah (zakat) pada harta mereka yang diambilkan dari orang-orang kaya di antara mereka dan dikembalikan kepada orang-orang faqir di antara mereka. Harta itu sampai haul. Ibn ‘Umar. Nishab adalah jumlah atau berat minimal yang harus dimiliki oleh harta tersebut untuk dikeluarkan zakatnya.berpendapat bahwa harta kekayaan anak-anak dan orang gila bila sudah memenuhi syarat wajib zakat. juga karena memang tidak ada kewajiban itu dalam ajaran agama mereka. jika mereka berada dalam wilayah pemerintahan Islam maka mereka diharuskan membayar jizyah (upeti). Mereka sepenuhnya adalah milik majikannya. tidaklah memiliki apa-apa.

Macam-macam Zakat Secara garis besar zakat dibagi dua macam.Apalagi ada hadis yang secara khusus menyinggung soal kekayaan anak-anak yatim supaya diperniagakan agar tidak habis dimakan oleh zakat. Sedangkan harta selain itu wajib dizakatkan selama memenuhi syarat wajib zakat. tempat tidur. hasil perniagaan dan harta temuan ( ‫ز‬ ٌ ‫كءا‬ B. merdeka. tidak wajib dizakatkan. A.” (HR. ternak. Dan beliau memerintahkan agar ditunaikan sebelum orang-orang keluar untuk shalat. Kewajiban zakat fitrah ini didasarkan pada hadis Nabi saw riwayat Ibnu `Umar ra. perak. Sementara itu yang dimaksud dengan zakat harta di sini adalah zakat emas. Zakat jiwa ( ‫س‬ ْ ّ ‫كءاةُ الن‬ َ) ِ ‫ف‬ 2. dan semacamnya) yang tidak untuk dikembangkan. ِ ْ ‫فط‬ Yang dimaksud dengan zakat jiwa di sini adalah zakat fitrah ( َ ‫ز‬ ُ‫كءاة‬ َ ْ ‫ف‬ َ ‫ز‬ ّ ‫ص‬ ُ ‫سو‬ ‫ن‬ ً ‫صلءا‬ ِ ْ ‫ه ع َل َي‬ ِ ‫عءا‬ ِ ْ ‫كءاةَ ال‬ ِ ّ ‫ل الل‬ َ ‫م‬ َ َ‫ه و‬ َ ّ ‫سل‬ ُ ّ ‫ل ى الل‬ َ ‫ه‬ ُ ‫ر‬ َ ‫ر‬ َ ‫ر‬ ْ ‫مل‬ َ ‫ض‬ َ َ‫ف‬ ِ ‫طل‬ َ ُ ْ ‫وا‬ َ َ‫ر ع‬ َ ‫ن‬ ‫ل ى‬ ‫لن ْث َل‬ ‫عي‬ ‫م‬ ً ‫صءا‬ ِ ‫ش‬ ِ ‫عءا‬ ُ ْ ‫وال‬ ْ َ‫ت‬ َ ‫و‬ َ ‫ر‬ َ ‫ر‬ ّ ‫ح‬ َ ِ‫ل ى ال ْعَب ْد‬ ْ ‫م‬ ْ ‫رأ‬ ِ َ ‫وال َ لذ ّك‬ ٍ ٍ َ َ ‫د ى قَب ْل‬ ‫ل‬ ‫ر ب ِهَل‬ ِ ‫ص‬ ِ ِ ‫سل‬ ِ ‫ر‬ ّ َ‫ن ت ُلؤ‬ ْ ‫لءا أ‬ ْ ‫م‬ َ ‫ن وَأ‬ ُ ْ ‫ن ال‬ ِ َ ‫وال ْك‬ ّ ‫وال‬ َ ‫مل‬ َ ‫مي‬ َ ‫م‬ َ ‫ر‬ َ ِ ‫بي‬ ِ ‫غي‬ َ ِ ‫نءاس إ‬ (‫ة )متفق عليه‬ ُ ِ َ ‫صل‬ ّ ‫ل ى ال‬ ُ ‫خ‬ ِ ّ ‫ج ال‬ ِ ‫رو‬ “Rasulullah saw telah mewajibkan zakat fitrah satu sha` dari kurma atau satu sha` dari gandum terhadap seorang hamba. Harta yang wajib dizakatkan dan besar zakatnya Berdasarkan kesepakatan para Ahli Fiqih bahwa semua harta yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti perabot rumah tangga (piring. laki-laki. hasil tanaman. Bukhari-Muslim) Jenis materi yang dikeluarkan pada zakat fitrah adalah makanan pokok yang biasa kita makan dengan ukuran satu sha` atau kurang lebih sama dengan 2.5 Kg. Dengan demikian. bahwa: ‫ر‬ ِ ْ ‫ )ال‬yaitu zakat yang diwajibkan pada setiap pribadi muslim tanpa kecuali. َ ِ‫) ر‬. yakni: َ ‫ز‬ 1. Zakat harta (‫ل‬ َ ْ ‫ال‬ ِ ‫مءا‬ َ ‫ز‬ ُ‫كءاة‬ َ) yang dibayarkan sebelum pelaksanaan shalat Iedul Fitri. perempuan. lemari. --meskipun bisa dipahami—tetapi dalam kasus zakat kurang tepat karena dalilnya terlalu umum. pendapat yang menyatakan bahwa anak-anak dan orang gila tidak wajib zakat dengan alasan karena mereka belum bâligh (dewasa) dan tidak âqil (berakal). Adapun harta yang wajib dizakatkan adalah sebagai berikut: 76 . anak kecil dan orang dewasa dari kalangan muslim.

Muslim. lalu dituangkan ke lambungnya. Penetapan nishab emas sebanyak 85 gram emas ini karena 1 dinar (atau 1 mitsqal = berat sekeping uang emas) sama dengan 4. maka dipanaskan lagi sampai pada suatu hari yang lamanya 50 ribu tahun sehingga Allah menyelesaikan urusan di antara hamba-hambanya…” (HR.1. Jadi nishab emas adalah 20 dinar x 4. Maka Apabila kamu memiliki 20 dinar dan telah sampai haul maka zakatnya adalah setengah (1/2) dinar…” (HR. maka emas yang wajib dizakatkan adalah emas murni yang sudah mencapai nishab 20 dinar atau sama dengan 85 gram2 dan sudah mencapai haul (satu tahun). Setiap kali lempengan itu dingin. Emas Dasar diwajibkannya zakat emas terdapat dalam Al-Qur’an surat AlTawbah/9: 34-35 dan hadis Nabi Muhammad saw yang berbunyi : َ ِ ‫هءا إ ِل ّ إ‬ ‫ذا‬ ّ ‫ح‬ ِ ‫صءا‬ ِ ‫د ي‬ ٍ ‫ض‬ ِ ‫مءا‬ َ ‫هءا‬ ّ َ‫ة ل َ ي ُؤ‬ ّ ِ‫ب وَل َ ف‬ َ َ ‫ق‬ َ ْ ‫من‬ ٍ َ‫ب ذ َه‬ ِ ‫ح‬ َ ‫ن‬ ْ ‫م‬ ُ َ ‫ ي‬ َ ‫ص‬ ّ ‫ص‬ ِ ‫ح‬ َ ‫ن‬ ِ ‫ح‬ ِ ‫م‬ ِ ْ ‫م ال‬ ْ ‫ر فَأ‬ َ ِ ‫فءائ‬ َ ‫ف‬ َ ‫ق‬ َ ‫كءا‬ ُ ْ‫ن ي َو‬ ُ َ‫ت ل‬ ْ ‫ح‬ َ ‫يءا‬ َ ‫ه‬ ُ ‫ة‬ َ ‫م‬ ْ ‫م‬ ٍ ‫نءا‬ ‫مءا‬ ‫نءا‬ َ ‫ف ي‬ ِ ‫هءا‬ َ َ‫ه و‬ َ ‫هءا‬ َ ‫ر‬ َ ّ ‫رهُ ك ُل‬ ُ ُ ‫بين‬ ِ ‫ج‬ ُ ُ ‫جن ْب‬ َ ّ ‫جهَن‬ َ ِ ‫و ى ب‬ َ ْ ‫عَل َي‬ ُ ْ‫ه وَظ َه‬ َ ْ ‫م فَي ُك‬ ِ َ ٍ ‫ف ي ي َوْم‬ ‫ف‬ ْ ‫م‬ َ ُ‫ره‬ َ ْ ‫ن أ َل‬ ِ ُ‫ت أ‬ ِ ‫م‬ ِ ‫ن‬ ِ ‫ه‬ َ ‫ق‬ َ ‫كءا‬ ْ ‫خ‬ ُ َ‫ت ل‬ ْ َ ‫عيد‬ ْ َ ‫رد‬ َ ‫سي‬ ُ ‫دا‬ َ َ‫ب‬ (‫بءادِ … )رواه مسلم و أبو داود و أحمد‬ ْ ُ ‫ت ى ي‬ ّ ‫ح‬ ٍ َ ‫سن‬ َ ِ‫ن ال ْع‬ َ ‫ق‬ َ ‫ة‬ َ َ ْ ‫ض ى ب َي‬ “Tidak ada seorangpun yang mempunyai emas dan perak yang tidak ia keluarkan zakatnya kecuali di hari Kiamat nanti. hartanya itu dijadikan lempengan-lempengan dari api neraka. menurut jumhur (mayoritas) ulama adalah 20 dinar (uang emas) sebagaimana keterangan dari Ali bin Abi Thalib r. dari Ali bin Abi Thalib)1 Berdasarkan hadis Nabi saw di atas.25 gram = 85 gram.a. Setelah lempengan itu dipanaskan di dalam api jahannam. bahwa Nabi saw bersabda: ُ َ ‫ت ى ي‬ َ َ‫ن ل‬ َ ْ ‫س عَل َي‬ َ ‫ك‬ ‫ك‬ ٌ ‫ ي‬ ِ ْ‫ء ي َع‬ ّ ‫ح‬ ِ ‫ن ي‬ َ ‫كو‬ َ ‫ب‬ ِ َ‫ف ي الذ ّه‬ َ ْ ‫…وَل َي‬ ْ ‫ش‬ َ ‫ن ل َل‬ َ ‫لءا‬ ْ ‫ع‬ َ ِ ‫را فَإ‬ ْ ‫ع‬ ‫ل‬ ‫حل‬ ‫دين َل‬ ‫ذا ك َل‬ ِ ‫ك‬ ِ ِ ‫ن‬ َ ‫دي‬ ِ ‫ن‬ َ َ‫را و‬ َ ‫رو‬ َ ‫لءا‬ َ ‫رو‬ ً ‫لءا‬ ُ ‫شل‬ ً ‫نءا‬ ُ ‫ش‬ َ ‫ب ذ َل ِل‬ ُ ْ ‫حو‬ ‫ك… )رواه‬ ِ ِ ‫ر فَب‬ ُ ‫ص‬ َ ‫دي‬ ِ ‫ف‬ ِ َ‫ل ف‬ َ ْ ‫هءا ال‬ َ ‫ح‬ ِ ‫سءا‬ ْ ِ ‫هءا ن‬ َ ‫في‬ َ ْ ‫عَل َي‬ ٍ ‫نءا‬ (‫ عن عل ي بن أب ى طءالب‬،‫أبو داود‬ “Dan tidak wajib atas kalian yang memiliki sesuatu yakni emas hingga kamu memiliki 20 dinar.. 77 .25 gram. Abu Daud. dahinya dan punggungnya. Abu Daud dan Ahmad) Mengenai nishab emas.5 % atau 1/40 ( ‫ر‬ ُ ُ ‫رب‬ ُ ) yang ِ ‫ش‬ disimpulkan dari hadis di atas yakni setengah (1/2) dinar dari jumlah harta 20 dinar. ُ ُ‫ع ال ْع‬ Adapun besar zakatnya adalah 2.

maka kewajiban zakatnya sebanyak 5 dirham. Maka bila telah mencapai 200 dirham. Muslim. Binatang ternak a.2. Nasa’i.975 gram = 595 gram. maka harus dihitung sesuai dengan itu. Dasar diwajibkannya zakat perak sama dengan dasar diwajibkannya zakat emas.975 gram. Jama`ah) Berdasarkan hadis di atas maka dapat ditetapkan bahwa nishab perak murni adalah 200 dirham (= 5 awqiyah) atau sama dengan 595 gram. Perak. Ahmad.‫ك… )رواه الخمسة‬ َ ‫خمس أ‬ ْ …‫ة‬ ‫ر‬ ‫و‬ ‫ل‬ ‫ا‬ ‫ن‬ ‫م‬ ‫ق‬ ‫وا‬ ٌ َ‫صد َق‬ ِ ِ ‫س‬ َ ‫دو‬ ُ ‫مءا‬ َ ‫في‬ َ ‫ق‬ َ ْ ‫…وَل َي‬ َ َ َ ِ ِ ٍ ِ ْ َ ‫ن‬ (‫)رواه الجمءاعة‬ “… Tidak ada zakat pada perak yang kurang dari 5 awqiyah…” (HR. dari Ali) Demikian pula hadis Nabi saw: َ ّ ُ ‫شور من ك‬ ‫س‬ ِ َ ‫رب‬ َ ُ ‫هءا‬ َ ْ ‫رب‬ ٌ َ ‫ره‬ ً َ ‫ره‬ َ ْ ‫م وَل َي‬ ْ ِ‫مءا د‬ ْ ِ‫ن د‬ َ ‫عي‬ ْ ‫لأ‬ ْ ِ ِ ُ ُ‫ع ال ْع‬ ُ ‫توا‬ َ ‫ذا‬ َ ِ ‫ فَإ‬. dan tidak ada kewajiban apapun bagi kalian sampai kalian memiliki 200 dirham. Jika lebih.” (HR. Sedangkan mengenai nishab perak adalah 200 dirham (uang perak) sebagaimana hadis Nabi saw: “Berikanlah seperempatpuluh dari setiap 40 dirham yakni 1 dirham. Abu Daud dan Ahmad di atas. sehingga nishab perak adalah 200 dirham x 2. Ad-Darimi dan Ad-Daraquthni.5 %. Untuk zakat unta: َ ِ‫ن إ‬ ّ ُ‫ن ك‬ ْ ‫ع‬ َ ِ ‫شءاةٌ إ‬ َ ‫س‬ ‫ل ى‬ ‫م‬ َ ‫ت‬ َ ‫ل‬ ِ َ‫سءا و‬ ِ ً ‫م‬ ْ ‫خ‬ ْ َ‫ذا ب َل َغ‬ ْ ‫خ‬ َ ‫ري‬ ْ ‫م‬ ِ ‫ش‬ ٍ ُ َ ْ ‫ض أن‬ َ ِ ‫ث ى فَإ‬ ‫تءا‬ ‫خءا‬ َ ‫م‬ َ ِ َ ‫س وَث َل‬ ّ ‫س‬ ِ ‫ت‬ ِ َ‫ن ف‬ ْ َ‫ذا ب َل َغ‬ َ ‫ت‬ ُ ْ ‫هءا ب ِن‬ ْ ‫خ‬ َ ‫في‬ َ ‫ثي‬ ٍ ‫م‬ ٍ ُ َ َ ِ‫ن إ‬ َ ْ ‫ن أن‬ َ ِ ‫ث ى فَإ‬ ‫ذا‬ َ ‫ل ى‬ ِ َ ‫رب‬ ِ َ ‫وَث َل‬ ِ َ‫ن ف‬ ُ َ‫ت ل‬ ُ ْ ‫هءا ب ِن‬ ْ ‫خ‬ َ ‫في‬ ٍ ‫بو‬ َ ‫عي‬ ْ ‫س وَأ‬ َ ‫ثي‬ ٍ ‫م‬ َ َ ِ‫ن إ‬ ‫ة‬ ّ ‫ح‬ ُ َ‫روق‬ ٌ ‫ق‬ ِ ‫هءا‬ ِ َ ‫رب‬ ِ َ‫ن ف‬ ّ ‫س‬ ِ ‫ل ى‬ ّ ‫س‬ ِ ‫ت‬ ْ َ‫ب َل َغ‬ َ ‫في‬ ُ َ‫ة ط‬ َ ‫تي‬ َ ‫عي‬ ْ ‫تءا وَأ‬ 78 . 3.a. Abu Daud. yang menceritakan bahwa Abu Bakar pernah menulis tulisan (surat) ini kepadanya ketika berangkat ke Bahrain dan berpesan tentang zakat ternak.‫م‬ َ ‫م‬ ‫ ي‬ ٌ ‫ ي‬ ِ ‫ت‬ ِ ‫م‬ ّ ‫ح‬ َ ‫ء‬ ْ َ ‫كءان‬ ّ ِ ‫ت ى ت َت‬ ْ ُ ‫عَل َي ْك‬ ْ َ ‫مءائ َت‬ ْ ِ‫ ي د‬ ْ َ ‫مءائ َت‬ ْ ‫ش‬ ٍ َ ‫ره‬ َ َ‫زاد َ فَع‬ ‫ب‬ َ ‫هءا‬ ِ ‫ل ى‬ ُ ‫س‬ ِ َ‫رهَم ٍ ف‬ َ ‫مءا‬ َ ‫ح‬ َ ‫م‬ َ َ‫م ف‬ َ ِ‫راه‬ ْ ‫خ‬ ِ ‫سءا‬ َ ‫في‬ َ َ‫ة د‬ ْ ِ‫د‬ َ ِ ‫ذ َل‬ ( ‫ عن عل ي‬.3 Jika seorang telah memiliki perak seberat 595 gram dan telah mencapai masa satu tahun maka ia wajib mengeluarkan zakat sebanyak 2. Tirmidzi. Angka 595 gram ini didapat dari hasil penelitian yang dianggap akurat bahwa berat 1 dirham = 2. Unta Dasar zakat hewan adalah hadis panjang riwayat Anas bin Malik r. Al-Tawbah/9: 34-35 dan HR. yakni QS.

(HR. Kambing Kelanjutan hadis dari Anas di atas: َ ِ‫ن إ‬ َ ِ ‫ل فَإ‬ ‫ن‬ َ ‫ل ى‬ ِ ْ ‫سب‬ ِ ‫وا‬ ّ ‫س‬ ِ َ‫حد َةً و‬ َ ْ ‫ال‬ َ َ‫س و‬ ْ ‫خ‬ ْ َ‫ذا ب َل َغ‬ َ ‫ج‬ َ ‫عي‬ َ ‫تي‬ َ ‫ت‬ ِ ‫م‬ ٍ ‫م‬ َ ِ‫ن إ‬ َ ِ ‫ة فَإ‬ ‫ن‬ ِ ‫س‬ ِ ْ ‫سب‬ ِ ْ‫ت ي َع‬ ٌ َ‫جذ َع‬ ّ ‫س‬ ِ ‫ن ي‬ ِ َ‫ف‬ َ ‫هءا‬ ْ ِ ‫ل ى ت‬ َ َ‫تءا و‬ ْ َ‫ذا ب َل َغ‬ َ ‫في‬ َ ‫عي‬ َ ‫عي‬ َ ِ‫ن إ‬ ْ ‫ع‬ َ ِ ‫ن فَإ‬ ‫ن‬ ِ ‫ل ى‬ ِ ‫س‬ َ ْ ‫هءا ب ِن‬ ِ َ‫ف‬ َ ‫ح‬ ْ ِ‫ت إ‬ ُ َ ‫تءا ل‬ ْ ِ ‫د ى وَت‬ ْ َ‫ذا ب َل َغ‬ َ ‫في‬ َ ‫ري‬ َ ‫عي‬ ٍ ‫بو‬ ِ ‫ش‬ (‫ )رواه البخءار ى‬. Bila lebih dari 300 ekor. Bukhari) c. Sapi atau kerbau 79 . Tidak ada kewajiban zakat atas kambing bila dalam jumlah kurang dari 40 ekor kecuali jika pemiliknya mau berbaik hati untuk memberikannya sebagai shadaqah sunat. zakatnya kambing 3 ekor.. zakatnya kambing 1 ekor. Apabila mencapai 91 sampai 120 ekor maka kewajiban zakatnya 2 anak unta betina (umur 3 tahun lebih). zakatnya kambing 2 ekor. ‫ل‬ ّ ‫ح‬ ِ ‫هءا‬ َ َ‫روق‬ َ ‫ق‬ ِ َ‫ة ف‬ ٍ َ ‫مءائ‬ ِ َ‫و‬ َ ْ ‫تءا ال‬ َ ‫ج‬ َ ‫في‬ ِ ‫م‬ ُ َ‫ن ط‬ ِ ‫تءا‬ َ َ ِ ‫هءا إ‬ ‫ن‬ ‫ذا ك َل‬ ‫سل‬ ‫ة ال ْغَن َم ِ فِل‬ ِ َ ‫رب‬ ِ َ‫صد َق‬ ِ َ ‫…و‬ َ ‫ل ي‬ ْ َ ‫لءان‬ َ ِ ‫لءائ‬ َ ِ ‫مت‬ َ ‫ف ي‬ َ ‫عي ل‬ ْ ‫تأ‬ َ ِ‫إ‬ ْ ‫ع‬ َ ِ ‫لءاةٌ فَلإ‬ َ ‫ة‬ ْ ‫ع‬ ‫ن‬ ‫ت عَل َل‬ ‫شل‬ ِ ‫ل ى‬ ِ ‫ل ى‬ ٍ ‫مءائ َل‬ ِ َ‫ن و‬ َ ‫ذا‬ ْ َ ‫زاد‬ َ ‫ري‬ َ ‫ري‬ ِ ‫شل‬ ِ ‫شل‬ َ َ‫ت ع‬ َ ِ‫ة إ‬ َ ِ ‫ن فَإ‬ َ ‫ن‬ ‫ل ى‬ ‫ن إ ِل َل‬ ‫مل‬ ِ ‫ل ى‬ َ ‫شءا‬ ِ ‫ل ى‬ ٍ َ ‫مءائ‬ ِ َ‫و‬ َ ‫ذا‬ ْ َ ‫زاد‬ ِ ‫تءا‬ ِ ْ ‫لءائ َت َي‬ ِ ْ ‫مءائ َت َي‬ َ َ‫ت ع‬ َ ِ ‫ه فَإ‬ ‫ة‬ ُ َ ‫هءا ث َل‬ ٍ َ ‫مءائ‬ ِ ‫ث‬ ِ َ ‫ل ى ث َل‬ ٍ ‫يءا‬ ِ ‫ث‬ ِ َ‫ة ف‬ ٍ َ ‫مءائ‬ ِ ‫ث‬ ِ َ ‫ث َل‬ َ ‫ذا‬ َ ‫ش‬ ْ َ ‫زاد‬ َ ‫في‬ َ ‫ذا‬ ّ ُ ‫ف ي ك‬ َ ِ ‫شءاةٌ فَإ‬ َ ‫ة‬ ‫ة‬ ‫سل‬ ً ‫صل‬ ُ ‫م‬ َ ‫ل‬ ٍ َ ‫مءائ‬ ِ ‫ل‬ ِ َ‫ف‬ ُ ‫ر‬ َ ‫ت‬ َ ِ ‫لءائ‬ ْ َ ‫كءان‬ َ ِ‫نءاق‬ ِ ‫جل‬ ّ ‫ة ال‬ َ َ َ ‫ن‬ ‫ن‬ ٌ َ‫صلد َق‬ ِ ‫وا‬ ِ َ ‫رب‬ ِ ‫س‬ ِ ْ ‫ة إ ِل ّ أ‬ ْ َ ‫حلد َةً فَل‬ َ ‫هلءا‬ َ ‫في‬ َ ‫يل‬ َ ً‫شلءاة‬ َ ‫عيل‬ ْ ‫نأ‬ ْ ‫مل‬ ّ ‫ن إ ِل‬ ْ ُ‫ع ال ْع‬ َ َ‫ي‬ ‫شل‬ َ ‫شءا‬ ِ ‫رق ّ ل‬ ِ َ‫هءا و‬ ْ ِ ‫ر ف َ لإ‬ ُ ‫رب ْل‬ ْ ‫ن ل َل‬ َ ّ ‫رب‬ ْ ‫م ت َك ُل‬ ُ ‫ة‬ ّ ‫ف ي ال‬ َ ‫ء‬ ِ َ َ َ‫ن ي‬ َ ‫لءا‬ ‫لءا‬ ‫رب ّهَل‬ َ ‫لءا‬ ‫شل‬ ٌ ‫ ي‬ ‫فيهَل‬ ً ‫مءائ َل‬ ِ ‫س‬ ِ ‫س‬ ِ َ‫ن و‬ ْ ‫ء إ ِل ّ أ‬ ْ ِ‫ت‬ َ ‫ة فَل َي ْل‬ َ ‫ء‬ ْ ‫شل‬ َ ‫عي‬ (‫)رواه البخءار ى‬ Dan kewajiban zakat kambing yang dilepas di padang rumput. Bukhari) b. apabila telah berjumlah 40 sampai 120 ekor. Bila mencapai 36 sampai 45 ekor maka kewajiban zakatnya 1 anak unta betina (umur 2 tahun lebih). Apabila mencapai 76 sampai 90 ekor maka kewajiban zakatnya 2 anak unta betina (umur 2 tahun lebih). Apabila lebih dari 200 sampai 300 ekor kambing. Bila mencapai 46 sampai 60 ekor maka kewajiban zakatnya 1 anak unta betina (umur 3 tahun lebih). Apabila lebih dari 120 sampai 200 ekor kambing. Bila mencapai 61 sampai 75 ekor maka kewajiban zakatnya 1 anak unta betina (umur 4 tahun lebih).“(Unta) setiap berjumlah 5 ekor (maka zakatnya) 1 ekor kambing. Apabila … (HR.. Apabila unta mencapai 25 sampai 35 ekor maka kewajiban zakatnya 1 anak unta betina (umur 1 tahun lebih). maka setiap (penambahan) 100 ekor zakatnya kambing 1 ekor.

pohon korma. sedangkan yang diari dengan peralatan maka zakat padanya adalah setengah dari sepersepuluh( =5%). Imam yang lima) َ ِ‫م إ‬ ّ ‫ل ى ال‬ ّ ‫ص‬ َ ‫ل‬ َ ‫قءا‬ ‫ل ى‬ ‫عءا‬ ِ ْ ‫له ع َل َي‬ ِ َ ‫ل ب َعَث‬ َ َ‫ه و‬ َ ‫ن‬ َ ‫م‬ َ ّ ‫سل‬ َ ‫ ي‬ ُ ‫ن‬ ّ ِ ‫ن ي الن ّب‬ ٍ َ ‫جب‬ ْ َ‫ع‬ ِ ْ ‫ذِ ب‬ َ َ َ ّ ُ‫ن ك‬ ‫ة‬ َ َ‫ن ب‬ ‫م‬ ُ ‫نآ‬ ً َ‫بيع‬ ِ َ ‫ل ث َل‬ ِ‫ر‬ ِ َ ‫خذ‬ ً ‫بي‬ ْ ‫ن ي أ‬ ِ َ‫و ت‬ ِ َ ‫رةً ت‬ َ ‫ن فَأ‬ َ َ ‫ال ْي‬ ْ ‫عءا أ‬ َ ‫ق‬ َ ‫ثي‬ ْ ‫م‬ َ ‫م‬ ِ َ ّ ُ ‫ومن ك‬ (‫ )رواه الخمسة‬. Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah. zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya). 6: 141). zakatnya adalah sepersepuluh (10%). Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman. Hasil tanaman Zakat tanaman didasarkan pada firman Allah SWT dan sabda Rasulullah saw.” (QS. = 652. dan janganlah kamu berlebih-lebihan.Dari Mu`adz bin Jabal berkata: Nabi saw mengutusku ke Yaman lalu ia memerintahkan aku untuk mengambil zakatnya pada setiap 30 sapi zakatnya sapi 1 ekor berumur 1 tahun dan setiap jumlah 40 ekor sapi zakatnya seekor sapi umur 2 tahun. Jama`ah dari Abu Said alKhudri) yang dikeluarkan pada setiap kali panen (QS.. 8 Kg atau dibulatkan menjadi 653 Kg.. dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya).. nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. (HR.176 Kg. ‫ة‬ ً ّ ‫سن‬ ِ َ ‫رب‬ ِ ‫م‬ ُ ‫ن‬ َ ‫عي‬ ْ ‫لأ‬ ْ ِ َ 4. dan tidak sama (rasanya). Al-Baqarah/2: 267) َ َ ‫مءا‬ ُ ‫ف‬ َ ‫ن‬ ِ َ‫م و‬ ِ ‫بءا‬ ِ ‫قوا‬ ِ ْ ‫نوا أن‬ ُ ‫م‬ ِ ّ ‫هءا ال‬ َ ّ ‫ن ط َي‬ َ َ َ ‫مءا ك‬ ّ ‫م‬ ْ ُ ‫سب ْت‬ َ ‫ت‬ َ ‫ءا‬ َ ّ ‫يءاأي‬ ْ ‫م‬ َ ‫ذي‬ َ َ ْ ‫نا‬ …‫ض‬ ْ ‫أ‬ ِ ‫م‬ َ ‫ج‬ ْ ‫ر‬ ْ ُ ‫نءا ل َك‬ ْ‫ل‬ َ ‫م‬ َ ‫خ‬ ِ ‫ر‬ َ ‫شأ‬ َ َ ‫رو‬ َ َ ْ ‫ذ ي أ َن‬ ‫ت‬ ‫ع‬ ‫م‬ ‫ر‬ ‫ي‬ ‫غ‬ ‫و‬ ‫ت‬ ‫شءا‬ ‫رو‬ ‫ع‬ ‫م‬ ‫ت‬ ‫نءا‬ ‫ج‬ ٍ ‫شءا‬ ٍ ٍ ّ ِ ّ ‫و ال‬ ْ ْ ْ َ َ َ ُ َ َ ُ َ ُ‫وَه‬ ُ َ ‫خ‬ ‫ن‬ ً ِ ‫خت َل‬ ْ ‫م‬ ْ ّ ‫والن‬ ُ ْ ‫زي‬ َ ‫مءا‬ َ ‫تو‬ ّ ‫وال‬ ّ ‫وال‬ ّ ‫ر‬ ُ ُ ‫فءا أك ُل‬ ُ َ‫رع‬ ّ ‫وال‬ َ ‫ن‬ َ ‫ه‬ ْ‫ز‬ َ ‫ل‬ َ َ ُ ُ َ ِ‫ه إ‬ َ َ ‫مت‬ َ َ ‫مت‬ ‫توا‬ َ َ‫ر و‬ ُ ‫ءا‬ ِ ِ‫مر‬ ِ ‫ه كلوا‬ ٍ ِ ‫شءاب‬ َ ْ ‫ذا أث‬ َ َ‫ن ث‬ ُ ‫ر‬ ُ ً ِ ‫شءاب‬ َ ‫م‬ ْ ‫م‬ َ ْ ‫هءا وَغَي‬ ْ ُ ِ‫سر‬ ‫ن‬ ّ ‫ح‬ ِ ُ‫ه ل َ ي‬ ِ ِ‫سر‬ ِ ِ‫صءاد‬ ّ ‫ح‬ َ ‫م‬ َ َ ْ‫ه ي َو‬ ْ ‫م‬ ْ ُ ‫ه وَل َ ت‬ ُ ‫ب ال‬ ُ ّ ‫فوا إ ِن‬ ُ ‫ق‬ َ ‫ح‬ َ ‫في‬ "Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung. Al-An`am (6): 141). Nishab zakat tanaman adalah lima wasaq (HR..” 80 . Bila dihitung dalam Kg maka 5 wasaq adalah 300 sha’ x 2. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan" (QS. َ ‫ل َنهءا‬ ْ ُ‫ء ال ْع‬ ‫ر‬ ُ ‫مءا‬ َ ‫س‬ َ ‫س‬ ِ ‫ق‬ ِ ‫بءا‬ ِ َ‫و‬ َ ّ ‫ف ي الن‬ ّ ‫ت ال‬ َ ‫و‬ َ ‫مءا‬ َ ‫س‬ ُ ْ ‫قت‬ َ ‫ت‬ ُ ‫شلل‬ ْ ‫رأ‬ ُ َ ْ ْ ‫ها‬ ْ ُ‫ف ال ْع‬ ‫ر‬ َ ‫س‬ ُ ‫ص‬ ِ ‫في‬ ِ َ‫ب ف‬ ُ ‫ر‬ َ ‫مءا‬ َ َ‫و‬ ْ ِ‫ه ن‬ ْ َ‫ق ى ال ْغ‬ ِ ‫ش‬ “Dan pada tanaman yang diairi dengan air sungai atau diairi dengan hujan. tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya.

seperti emas. seperti harta karun. Hasil perniagaan Dasar zakat hasil perniagaan adalah firman Allah SWT: “Hai orang-orang yang beriman. 81 . Yang dimaksud dengan barang tambang di sini adalah kekayaan alam yang bersumber dari bumi. sumur adalah jubar. dari Samurah bin Jundub berkata: “Kami diperintahkan oleh Rasulullah saw mengeluarkan zakat dari harta yang kami sediakan untuk berdagang. dan lain-lain. 4. gandum. minyak bumi. intan.. tembaga. 1. Sedang harta temuan atau rikaz adalah harta yang baru ditemukan. Teknologi 653 kg.” 6. nafkahkanlah (zakatkanlah di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik. Jika sudah mencapai nishab dan haul maka zakatnya adalah 2. gas alam. 2. dan pada rikaz ada kewajiban seperlima (20%).5. Jadi cukup ayat di atas yang menjadi dalil diwajibkannya zakat perniagaan. seperti: emas. Adapun nishab zakat perniagaan sama dengan nishab zakat emas yakni 85 gram emas murni yang sudah mencapai haul (1 tahun). baik itu akibat perbuatan manusia. 5. perak.5 % 5% dg.” (QS. Barang tambang (ma`din) dan harta temuan (rikaz). kurma dan anggur) Barang perdagangan Hasil tambang Nisabnya 85 gram 595 gram Haulnya Setahun Setahun Hasil/Persentase Zakatnya 2.” Namun tiga periwayat hadis ini dhaif sehingga tidak bisa dijadikan dalil syar`i.5 %. “Ajma` adalah jubar (harta yang tidak ada sesuatupun di dalamnya). Tabel Zakat Harta No. minyak dan semacamnya. Jenis Harta Benda Emas (murni) Perak (murni) Hasil Pertanian/perkebunan (beras. barang tambang adalah jubar. perak..5 % 2. ataupun yang memang bersumber dari bumi. permata. sebagain ulama ada yang mendasarkannya pada hadis ahad riwayat Abu Daud.5 % 20 % (Hanafi & Maliki) 3. Waktu panen 10% non-teknologi 85 gram Setahun 2. Al-Baqarah/2: 267) َ ‫ر‬ ‫ز‬ ُ ‫مءا‬ ِ َ‫ر و‬ َ ‫ج‬ ُ ‫ن‬ ُ ِ‫معْد‬ َ ‫ج‬ ُ ‫ر‬ َ ‫ج‬ ُ ‫ء‬ ْ َ‫ال ْع‬ َ ْ ‫وال‬ َ ‫ج‬ ّ ‫ف ي ال‬ ٌ ‫بءا‬ َ ‫ر‬ ٌ ‫بءا‬ ُ ْ ‫وال ْب ِئ‬ َ ‫ر‬ ٌ ‫بءا‬ ِ ‫كءا‬ (‫س )رواه الجمءاعة عن أب ى هريرة‬ ُ ْ ‫ال‬ ُ ‫خ‬ ُ ‫م‬ َ َ …‫م‬ ُ ‫ف‬ َ ‫ن‬ ِ ‫بءا‬ ِ ‫قوا‬ ِ ْ ‫نوا أن‬ ُ ‫م‬ ِ ّ ‫هءا ال‬ َ ّ ‫ن ط َي‬ َ َ َ ‫مءا ك‬ ْ ُ ‫سب ْت‬ َ ‫ت‬ َ ‫ءا‬ َ ّ ‫يءاأي‬ ْ ‫م‬ َ ‫ذي‬ Di samping dalil di atas.

ke atas (selanjutnya tinggal dikalikan) 1 ekor unta umur 1 th. Zakat tanah yang disewakan. (selanjutnya tinggal dikalikan) 2 ekor unta umur 2 th. 40-120 ekor c. 7.5 % (Syafii. Barang temuan Binatang ternak : Tanpa nishab Setahun Waktu ditemukan 2. Pertanyaan sekitar permasalahan ini biasanya berkisar tentang siapa yang wajib membayar zakat. Zakat investasi gedung. Kambing 121-200 ekor Setahun setahun Harta yang diperselisihkan kewajiban zakatnya Ada dua hal yang sering diperselisihkan para ulama mengenai harta zakat. 2 ekor unta umur 3 th. selama tidak memenuhi syarat wajib zakat maka tidak ada kewajiban zakat baginya. Jika memang harta yang didapatkan dari hasil menyewakan tanah mencapai nishab dan haul maka wajib zakat ada pada pihak yang menyewakan. atau jika jantan umur 2 th. & Hnbl. 1 sp/krb umur 2 th. 25-35 ekor a. yakni: 1. pabrik dan modal dasar lainnya. 1 ekor unta umur 2 th. Meskipun ada yang mengatakan bahwa ada kewajiban zakat bagi investasi gedung. 1 sp/krb umur 1 th. 2. 2 kambing betina umur 1 th. Unta 36-45 ekor Setahun Setahun 76-90 ekor 91-120 ekor 30-39 ekor 40-59 ekor Setahun Setahun Setahun Setahun b. pabrik 82 . apakah pihak penyewa atau pihak yang menyewakan. 1 kambing betina umur 1 th.85 gram 6. Sapi/kerbau 60-69 ekor Setahun 2 sp/krb umur 1 th. Jadi. atau jika jantan umur 2 th.) 20 % 5 ekor Setahun 1 ekor kambing biasa umur 1 th. demikian pula sebaliknya. Untuk menjawab hal ini harus dirujukkan kembali kepada syarat-syarat harta yang wajib dizakatkan.

bahwa kata ‫و‬ ْ َ‫ ال ْع‬di atas berarti sesuatu yang lebih dari kebutuhan keluarga. pelunasan hutang (kredit) dan semacamnya. pendidikan. dan kedua karena menerima gaji setiap 83 . Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir. yakni yang satu memperdagangkan barang sedang yang lain memperdagangkan jasa.4 Sedangkan َ ‫ف‬ yang dimaksud dengan kebutuhan keluarga di sini adalah kebutuhan rutin dan pokok (primer) dalam sebuah keluarga. khususnya jika memang bisa diperkirakan bahwa sisa harta yang dimiliki sudah memenuhi syarat-syarat wajib zakat. besar zakat yang harus dikeluarkan adalah 2. namun penulis berpendapat bahwa tidak ada dalil yang bisa dijadikan dasar pegangan mengenai kewajiban tersebut. Alasan pertama. Katakanlah: Yang lebih dari keperluan. sandang (pakaian). F. Dengan demikian.dan semacamnya. nafkahkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu…” َ َ ‫مءا‬ ُ ‫ف‬ َ ‫ن‬ ِ َ‫م و‬ ِ ‫بءا‬ ِ ‫قوا‬ ِ ْ ‫نوا أن‬ ُ ‫م‬ ِ ّ ‫هءا ال‬ َ ّ ‫ن ط َي‬ َ َ َ ‫مءا ك‬ ّ ‫م‬ ْ ُ ‫سب ْت‬ َ ‫ت‬ َ ‫ءا‬ َ ّ ‫يءاأي‬ ْ ‫م‬ َ ‫ذي‬ َ َ ْ َ …‫ض‬ ْ ‫أ‬ ِ ‫م‬ َ ‫ج‬ ْ ‫ر‬ ْ ُ ‫نءا لك‬ ْ ‫ن ال‬ َ ‫م‬ َ ‫خ‬ ِ ‫ر‬ Zakat ini sesungguhnya termasuk zakat perniagaan.” َ ‫ويسأ‬ ْ ُ َ َ َ ُ َ َ ‫م‬ ‫ي‬ ‫ب‬ ‫ي‬ ‫ك‬ ‫ل‬ ‫ذ‬ ‫ك‬ ‫و‬ ‫ف‬ ْ ‫ع‬ ‫ل‬ ‫ا‬ ‫ل‬ ‫ق‬ ‫ن‬ ‫قو‬ ُ ‫ف‬ ‫ن‬ ‫ي‬ ‫ذا‬ ‫مءا‬ ‫ك‬ ‫ن‬ ‫لو‬ ِ ِ ْ َ ّ َ ُ َ َ ُ ْ ََ ُ ُ ‫ه ل َك‬ ُ ّ ‫ن الل‬ َ ُ َ ِ ْ‫ا‬ ‫ن‬ َ َ ‫م ت َت‬ ِ ‫يءا‬ َ ‫رو‬ َ‫ل‬ ْ ُ ‫ت ل َعَل ّك‬ ُ ّ ‫فك‬ Menurut para ulama --seperti Ibnu Abbas dan Ibnu Umar-. Meskipun demikian. komunikasi. bisa saja disegerakan (dita`jil) pada setiap bulan gajian. Hal ini karena kewajiban itu hanya dikenakan kepada personal yang dalam kasus ini dikenakan kepada para pegawai ataupun direktur yang bekerja di instansi tersebut selama perolehan gaji mereka secara keseluruhan telah mencapai syarat wajib zakat.5 Mengenai teknis pembayarannya. ada juga di antara ulama yang berpendapat bahwa zakat profesi dikiaskan pada zakat tanaman dengan dua alasan. sarana transportasi. papan (perumahan).5% yang diambil dari kelebihan (sisa) harta setelah dikurangi pengeluaran pokok selama 1 tahun. seperti kebutuhan pangan (makanminum). Zakat Penghasilan (Profesi) Dasar untuk zakat penghasilan atau sebagian menyebutnya sebagai zakat profesi adalah QS. Al-Baqarah/2: 267: “Hai orang-orang yang beriman. Al-Baqarah/2: 219: “Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. karena didasarkan pada ayat di atas juga yang menyebutkan sekaligus tentang zakat hasil usaha dengan zakat tanaman. oleh karena samasama jual-beli. Pengambilan harta zakat dari kelebihan harta selama setahun ini didasarkan pada firman Allah dalam QS.

mempunyai seorang istri dan 2 anak.x 2.000.-HR. lain-lain Rp.-Kredit Perumnas/motor Rp. Diketahui: Pendapatan Pak A /bulan: -Gaji pokok & tunjangan.-/bulan (bersih). 350. 5.000.Harga emas murni (24 karat) saat ini adalah Rp. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT.650. `amil-`amil zakat..800. 450.000. 1.000.000.250.000. 60. Dengan demikian zakat pak A pada tahun ini adalah Rp.sudah mencapai nishab). 900. jabatan Rp.-HR.F. Golongan Yang Berhak Menerima Zakat Ada delapan golongan (ashnaf) yang berhak menerima harta zakat.800. 1. 500. 300. Namun jika ia mempunyai penghasilan sampingan atau tambahan.000. listrik. 1.gajian sama dengan menerima hasil panen yang diwajibkan penbayarannya pada setiap kali panen. orang-orang miskin.+ Jumlah Rp. Nishab Emas 85 gram x harga emas saat ini yaitu Rp 60.000.000. dari PTS lain Rp. hanyalah untuk orang-orang fakir.800.000. transport Rp.-Biaya sekolah. 300.000..000 = Rp.Karena sisa harta tidak mencapai nishab.000. misal Rp.000. al-Tawbah : 60: “Sesungguhnya zakat-zakat itu.Pengeluaran Pak A /bulan: -Pembelian Sembako Rp. untuk (memerdekakan) budak.000. untuk jalan Allah dan َ َ ‫صد‬ ‫هءا‬ ِ ‫را‬ َ ‫ف‬ ُ ْ ‫ت ل ِل‬ ِ ‫م‬ ِ ‫عءا‬ ِ ‫سءا‬ َ ْ ‫وال‬ َ ‫م‬ َ ْ ‫وال‬ ُ ‫قءا‬ َ ّ ‫إ ِن‬ َ ْ ‫ن عَل َي‬ ّ ‫مءا ال‬ َ ‫لي‬ َ ‫ن‬ َ ‫ء‬ َ ‫ق‬ ِ ‫كي‬ ُ ُ‫ة ق‬ َ ‫ر‬ ‫ه‬ َ ّ ‫مؤَل‬ َ ْ ‫وال‬ ِ ّ ‫ل الل‬ ِ َ‫ن و‬ ِ ِ‫غءار‬ ِ َ‫م و‬ ِ ‫ف‬ َ ‫ف ي‬ ِ ‫س‬ ْ ُ‫لوب ُه‬ ُ ْ ‫وال‬ ِ ‫قءا‬ ِ ‫بي‬ َ ‫مي‬ َ ‫ب‬ ّ ‫ف ي ال‬ َ ّ ّ ‫م‬ ِ َ‫ه ع‬ ً ‫ض‬ ِ ‫ح‬ ِ ‫ن الل‬ ِ ‫ة‬ َ ‫م‬ َ ‫ري‬ ّ ‫ن ال‬ ٌ ‫كي‬ ٌ ‫لي‬ ُ ‫والل‬ ِ ‫س‬ َ ‫ه‬ َ ‫م‬ ِ ‫بي‬ ِ َ‫ل ف‬ ِ ْ ‫وَا ِب‬ 84 ..000.-/gram Pertanyaan: Berapa zakat Pak A tahun ini ? Jawab: Sisa harta Rp 400.-.x 12 bulan = Rp 4. telp... dalam QS. orang-orang yang berhutang.000. maka Pak A pada tahun ini tidak terkena kewajiban zakat. para mu'allaf yang dibujuk hatinya. 500. Cara menghitung zakat Misal: Pak A seorang dosen pada Perguruan Tinggi Negeri dengan pangkat lektor. 270.000. maka ia terkena wajib zakat (karena Rp.5 % = Rp..x 12 bulan = Rp 10.+ Jumlah Rp. 10.000.100.

pengelolaan zakat di bawah tanggung jawab pemerintah atau khilafah. maka pengelolaan zakat sudah seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Al-Tawbah: 60) dan adanya perintah kepada Nabi saw untuk mengambil zakat sebagian dari harta orang kaya (QS. meskipun mungkin sudah berusaha secara maksimal. 3. Mu'allaf adalah orang yang terbujuk hatinya masuk Islam atau orang yang punya potensi memeluk agama Islam. Tradisi yang dicontohkan oleh Nabi saw serta dilanjutkan oleh para al-Khulafa` ar-Rasyidun. 8.orang-orang yang sedang dalam perjalanan. baik secara individu (perorangan) maupun secara kolektif (dalam bentuk lembaga atau organisasi dakwah). 6. Hutang itu muncul karena usaha atau kegiatan halal yang kemudian karena salah perhitungan dia kemudian jadi bangkrut dan menjadi banyak hutang. 4. 2. G. H. Al-Qur’an hanya menetapkan bahwa `Amil (pengelola zakat) berhak menerima harta zakat (QS. Zakat dan Pajak 85 . sampai sekarang --di negaranegara yang menerapkan hukum Islam--. 5. Gharim adalah orang yang terlilit hutang dan dia tidak bisa melunasi hutangnya kecuali dengan bantuan orang lain. Riqab adalah budak atau tawanan perang dalam rangka membebaskan mereka dari perbudakan atau penawanan. `Amil adalah pengurus atau pengelola zakat yang mengumpulkan dan mendistribusikan harta zakat kepada para mustahiq . Mengingat Nabi Muhammad saw juga sebagai kepala negara dan Abu Bakar ketika menjadi khalifah untuk pertama kalinya pernah memerangi orang/kelompok penentang syari`at zakat. Sabilillah adalah jihad dan dakwah Islam. dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. berjudi dan semacamnya. meskipun tidak harus mengelolanya sendirian. Miskin adalah orang yang serba kekurangan.” Berdasarkan ayat di atas maka 8 golongan yang berhak menerima zakat (mustahiq) adalah sebagai berikut: 1. 7. sebagai sesuatu ketetapan yang diwajibkan Allah. Ibn sabil adalah musafir yang kehabisan bekal untuk melanjutkan perjalanannya. tidak pernah tercukupi kebutuhan hidupnya. Tidak ada zakat bagi orang yang terlilit hutang akibat kegiatan maksiat. Al-Tawbah: 103). Faqir adalah orang yang melarat hidupnya karena ketiadaan sarana (harta) dan prasarana (tenaga) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengelolaan Zakat Sebenarnya di dalam Al-Qur’an tidak ada penjelasan yang tegas tentang siapa atau lembaga mana yang berhak mengelola zakat.

sedangkan pada pajak ditujukan pada seluruh rakyat berupa pembangunan sarana dan prasarana umum. sedangkan pajak bila diabaikan. b. Konsekwensinya. sehingga ia dapat mensucikan diri dan hartanya serta mengembangkan hartanya. Hal ini karena ada dalil dari Nabi saw yang menyatakan “… maka hutang(kewajiban) kepada Allah lebih berhak untuk ditunaikan (lebih dahulu)”. baik secara spiritual keagamaan (QS. Pada saat itu tidak ada penduduk yang terkena kewajiban rangkap (double duties) berupa zakat dan pajak. 9: 103) Menciptakan ketenangan dan ketentraman baik pada muzakki-nya maupun pada mustahiq-nya. namun sisi perbedaan antara zakat dan pajak ternyata lebih banyak. Obyek sasaran zakat seperti diatur dalam Al-Qur’an terbatas pada delapan golongan.Masalah yang sering muncul ketika membicarakan antara zakat dan pajak yaitu apakah warga negara yang beragama Islam pada negara yang tidak memisahkan antara pajak dan zakat terkena kewajiban rangkap yakni di samping membayar zakat juga membayar pajak? Yang jelas pada masa Nabi Muhammad saw dan al-Khulafa` ar-Rasyidun hanya ada satu kewajiban bagi Muslim yang berkenaan dengan harta yaitu zakat (QS. b. Ketenangan dan ketentraman ini muncul karena hubungan antara muzakki dari kalangan yang berkescukupan dangan mustahiq dari kalangan dhu`afa di bidang ekonomi (faqir miskin) menjadi harmonis layaknya hubungan saudara yang saling menjaga dan melindungi satu sama lain. 2: 110). 30: 29) c. Tetapi jika belum ada jalan keluar seperti itu dari pemirintah maka pajak harus dimasukkan dalam daftar harta yang tidak wajib zakat seperti hutang dan pengeluaran pokok lainnya. baik muslim maupun non-muslim. sangsinya adalah sangsi dunia (penjara) dari pemerintah. sedangkan pajak adalah kewajiban terhadap negara yang ditetapkan oleh pemerintah. 2: 276) maupun secara ekonomis (QS. Zakat adalah kewajiban terhadap agama yang ditetapkan berdasarkan AlQur’an. c. antara lain yaitu: a. Mengikis sifat kekikiran dari dalam jiwa seseorang. dll. sementara Non-muslim dikenakan jizyah (upeti) semacam pajak (QS. yaitu umat Islam diharuskan membayarkan zakat lebih dahulu tanpa harus memperhitungkan zakat tersebut dalam harta yang terkena pajak. 9: 29). 86 . Zakat hanya bagi umat Islam yang berkecukupan. Karena zakat merupakan kewajiban terhadap agama maka konsewkwensinya bila ditinggalkan akan mendapatkan dosa yang sangsinya dari Allah (akhirat). Salah satu jalan keluar agar tidak terjadi rangkap kewajiban seperti di atas. (QS. I. Hikmah Zakat a. Mengembangkan harta benda. d. sedang pajak untuk semua. Meskipun ada persamaannya.

CATATAN KAKI 87 .

I: 256 5 Al-Qardhawy. 152 1 . Perbedaan nishab di atas mungkin karena MUI/BAZIS menggunakan emas 22 karat yang umumnya kita gunakan.. hlm. Sedang menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI). 259 bahwa nishab emas murni (24 karat) adalah 20 dinar x 4. 2 Menurut Muhammadiyah dalam Himpunan Putusan Tarjih cet. apalagi ditambah dengan keterangan dari jalur lain yang meskipun mauquf (hanya sampai pada sahabat Ibn Umar) dan sebagiannya lagi dha`if. hlm. 364 dan Yusuf al-Qardhawi. 3 Yusuf Al-Qardhawy. hlm.25 gram. hlm. Tafsir..Cit. Ke-3.25 = 85 gram.6 gram.Hadis yang melalui `Ashim (shaduq) dari Ali ini bernilai hasan. 258-259 4 Al-Qardhawy. Ibnu Katsir. Op. atau oleh Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (BAZIS) dibulatkan menjadi 94 gram. nishab emas adalah 93. Hukum Zakat. tapi jumlahnya cukup banyak untuk menopangnya. 154. hlm. Op. Hukum Zakat. Hal ini karena 1 dinar (atau 1 mitsqal) beratnya sama dengan 4. mendhaifkannya tapi kemudian meralatnya dan mengatakannya shahih. Ibnu Hazm dalam Al-Muhalla jilid 6.Cit..