BAB I PENDAHULUAN I.1.

LATAR BELAKANG Dalam rangka mencapai pelayanan kesehatan yang optimal diperlukan anggaran pelayanan kesehatan yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Anggaran tersebut dialokasikan kepada program pelayanan kesehatan, baik yang bersifat kuratif, promotif, maupun rehabilitative. Peningkatan anggaran tersebut harus diikuti dengan peningkatan efisiensi penggunaan dana agar pelaksanaanya dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna. Laba yang diperoleh tergantung bagaimana kemampuan manajemen rumah sakit mengelolanya. Agar tidak menimbulkan kekeliruan dan kesalahan dan pengambilan keputusan, maka diperlukan suatu analisis untuk merencanakan dan mengendallikan laba yaitu dengan Break Even Point (BEP). Break Even Point merupakan suatu teknik analisa untuk mempelajari hubungan antara Biaya Tetap, atau suatu keadaan dimana dalam suatu operasi perusahaan tidak mendapat untung maupun rugi/ impas (penghasilan = total biaya). Break Event Point menyatakan volume penjualan dimana total penghasilan tepat sama besarnya dengan total biaya, sehingga perusahaan tidak memperoleh keuntungan dan juga tidak menderita kerugian. Analisis Break Even Point sangat berguna bagi rumah sakit ini tidak hanya semata-mata untuk mengetahui keadaan yang Break Event Point saja, tetapi juga mampu memberikan informasi kepada pimpinan rumah sakit mengenai volume penjulan serta hubungannya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut tingkat penjualan yang bersangkutan. Sehingga Rumah sakit tersebut dapat membuat perencanaan terhadap kebutuhan modal kerja yang diperlukan untuk mencari laba yang diharapkan serta dapat memberikan petunjuk mengenai hasil pendapatan yang harus direalisir agar tidak menderita kerugian. Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk menganalisis Break Even Point pada salah satu Rumah Sakit di Palembang. Dalam hal ini penelitian dilakukan di Rumah Sakir Dr. A.K Gani, Rumah Sakit tersebut belum melakukan perhitungan Break Even Point yyang nantinya dapat digunakan sebagai pembanding terhadap realisasi pendapatan.

19

I.2. TUJUAN a. Untuk mengetahui bagaimana aktivitas Rumah Sakit dan berapa jumlah pendapatan yang harus dicapai agar perusahaan tidak menderita kerugian dan tidak memperoleh laba. b. Menerapkan teori-teori ilmiah melalui praktek yang nyata pada Rumah Sakit Dr. A.K Gani tentang Break Even Point sehingga bisa lebih memahami materi tentang BEP nantinya.

19

BAB II TINJAUAN PUSTAKA II.1. PROFIL RUMAH SAKIT Dr. A.K. GANI 1. Sejarah Singkat Rumah Sakit Dr. A.K. Gani Rumah Sakit TK II Dr. AK Gani adalah sebuah rumah sakit yang berada di Kota Palembang Sumatera Selatan dengan menempati bangunan tua peninggalan kolonial Belanda yang waktu itu digunakan sebagai Markas Pertahanan Belanda untuk menghambat masuknya Tentara Indonesia (APRI), terutama serangan yang datang dari sungai Musi. Pada tanggal 13 Mei 1950 diserahkan oleh Belanda kepada Pemerintah Indonesia (APRI) dan selanjutnya digunakan oleh Pemerintah Indonesia sebagai instalasi kesehatan TNI yang pada waktu itu dikelola oleh Yankesad, dan seterusnya seiring perkembangannya diberi nama Rumah Sakit Tingkat II Dr AK Gani/Kesdam II/Sriwijaya. Pemberian nama tersebut didasari untuk mengenang jasa-jasa Dr. Adnan Kapau Gani yang banyak berjuang membantu APRI melawan Kolonial Belanda. Sesuai dengan Surat Keputusan Kasad Nomor : Skep/1210/VIII/1976 tanggal 28 Agustus 1976 maka diresmikanlah nama Rumah Sakit Tingkat II Dr AK Gani/Kesdam II/Sriwijaya. 2. Motto Rumah Sakit Dr. A.K. Gani Motto dari RS Dr. A.K. Gani adalah ‘RSAD AK Gani (Rapi, Sejuk, Aman, Disiplin, Aspiratif, Kreatif, Gigih, Antisipasi, Netral, Inovatif) 3 S ( Senyum, Sapa, Simpatik).’ 3. Visi dan Misi Rumah Sakit Dr. A.K. Gani Visi: Menjadi penyelenggara pembinaan kesehatan Angkatan Darat kebanggan prajurit, PNS, keluarga kodam II/Sriwijaya serta masyarakat umum yang dipercaya dengan dilandasi profesionalisme, disiplin, bermoral soliditas

19

Misi: 1.Menyelenggarakan dukungan kesehatan yang andal 2.Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang prima 3. Menyelenggarakan fungsi organik

II.2. BEP (BREAK EVEN POINT) 1. Definisi Break Even Point Break even point adalah suatu keadaan dimana dalam suatu operasi perusahaan tidak mendapat untung maupun rugi/ impas (penghasilan = total biaya). Break Even point atau BEP adalah suatu analisis untuk menentukan dan mencari jumlah barang atau jasa yang harus dijual kepada konsumen pada harga tertentu untuk menutupi biaya-biaya yang timbul serta mendapatkan keuntungan / profit.
“Break even point bearti suatu keadaan dimana perusahaan dalam operasinya tidak memperoleh laba dan juga tidak menderita kerugian atau dengan kata lain total biaya sama dengan total penjualan sehingga tidak ada laba dan tidak ada rugi” (Syahyunan;2004:98)

Berikut beberapa definisi Break Even Point dari berbagai segi: 1) Dari Segi Keuangan a. Menurut Bambang Riyanto (1995: 291) BEP adalah suatu tehnik analisa untukmempelajari hubungan biaya tetap, biaya variabel, laba dan volume kegiatan penjualan. b. Menurut Sutrisno (2000 : 216) BEP adalah suatu kondisi dimana pada periode tersebut perusahaan tidak mendapat keuntungan dan juga tidak menderita kerugian. 2) Ditinjau dari Segi Kuantitas Produksi Menurut T. Hani handoko (1984 : 307) BEP adalah analisa yang digunakan untuk menentukan berapa jumlah produk (Rupiah atau unit keluaran) yang dihasilkan agar perusahaan tidak rugi dan tidak untung.

19

Hal tersebut dapat terjadi bila perusahaan dalam operasinya menggunakan biaya tetap. maka perusahaan menderita kerugian. bagaimana pola hubungan anatara volume penjualan. Break Even Point (BEP) dapat diartikan sebagai suatu titik atau keadaan dimana perusahaan di dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita kerugian. bila penjualan melebihi biaya variabel dan biaya tetap yang harus di keluarkan. atau apabila marginal income hanya dapat digunakan untuk menutup biaya tetap saja. biaya dan tingkat keuntungan yang akan diperoleh pada level penjualan tertentu. Dengan kata lain. Dan sebaliknya akan memperoleh memperoleh keuntungan. pada keadaan itu keuntungan atau kerugian sama dengan nol. 2. Dengan kata lain suatu usaha dikatakan impas apabila jumlah penghasilan sama dengan jumlah biaya. dan volume penjualan hanya cukup untuk menutup biaya tetap dan biaya variabel. 4) Ditinjau dari Segi Laba Menurut Komarudin (1983 : 44) BEP adalah volume keseimbangan dimana besarnya penjualan tanpa diderita kerugian atau memperoleh laba dan menutup semua biaya yang telah dikeluarkan.3) Ditinjau dari Segi Biaya Menurut Mulyadi (1984 : 72) BEP adalah suatu keadaan dimana suatu usaha tidak memperoleh laba dan tidak merugi. Kegunaan dan Manfaat Break Even Point (BEP) Analisa break event secara umum dapat memberikan informasi kepada pimpinan. sehingga break even dapat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan antara lain mengenai : 1) Jumlah minimal yang harus dipertahankan agar perusahaan tidak mengalami kerugian 2) Jumlah penjualan yang harus dibayar untuk memperoleh keuntungan tertentu 3) Seberapa jauhkah berkurangnya penjualan agar perusahaan tidak menderita rugi 19 . Apabila penjualan hanya cukup untuk menutup biaya variabel dan sebagian biaya tetap.

2) BEP bermanfaat untuk menargetkan perusahaan harga penjualan dan peralatan. Menyajikan data-data biaya dan laba kepada top management c. Mengganti system laporan yang tebal-tebal dengan suatu grafik yang mudah dibaca dan dimengerti. kegunaan bagi menejemen antara lain : 1) Sebagai dasar atau landasan merencanakan kegiatan operasional dalam usaha mencapai laba tertentu 2) Sebagai dasar atau landasan untuk mengendalikan kegiatan operasi yang sedang berjalan yaitu alat untuk pencocokan antara realisasi dengan angkaangka dalam perhitungan Break Even atau dalam gambar Break Even . Mengevaluasi tujuan laba dari perusahaan secara keseluruhan b. 19 . Kemudian manfaat dari Break Even Point itu sendiri terhadap perusahaan adalah sebagai berikut: 1) BEP bermanfaat bagi perusahaan untuk menentukan jumlah peralatan dalam rupiah atau unit yang akan dihasilkan perusahaan agar tidak rugi dan tidak untung.4) Untuk mengetahui bagaimana efek perubahan harga jual. 4) Sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang harus dilakukan seorang manager suatu perusahaan. 3) BEP bermanfaat untuk mengetahui jumlah biaya tetap dan variabel serta hubungan pendapatan total pada tingkat produksi. 3) Sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan harga jual yaitu setelah diketahui hasil perhitungan menurut hasil analisa Break Even dan laba yang ditargetkan. Sedangkan tujuan dari analisis Break Even Point terhadap perusahaan adalah sebagai berikut: a. biaya dan volume penjualan terhadap keuntungan yang diperoleh Menurut Sutrisno analisa Break Even dapat digunakan untuk membantu menetapkan sasaran tujuan perusahaan.

Definisi Tarif Pelayanan Rumah Sakit (Pricing) Tarif Pelayanan adalah nilai jasa suatu pelayanan kesehatan dengan sejumlah uang berdasarkan nilai tersebut penyedia jasa pelayanan kesehatan 19 .Q = TFC + VC.VC/P Penentuan BEP dengan Mathematical Approach dapat dihitung dalam bentuk unit atau price. TARIF PELAYANAN RUMAH SAKIT (PRICING) 1.Q P.3. penghitungannya sebagai berikut: BEPunit = FC P-VC BEPrupiah = FC 1. formula perhitungannya sebagai berikut: TR = TC P.Q – VC. Formulasi Break Even Point Break Even Point dapat dihitung berdasarkan dua pendekatan yaitu Mathematical Approach dan Graphical Approach.Q = TFC Q (P-VC) = TFC Q = TFC/(P-VC) Keterangan : TR TC P Q FC : Total Pendapatan : Total Biaya : Price (Harga) : Quantity (Jumlah) : Fixed Cost (Biaya Tetap) II. formula Keterangan : FC P VC : Biaya Tetap : Harga Jual Per Unit : Biaya Variabel Sedangkan penentuan BEP melalui Graphical Approach yaitu secara grafis titik BEP ditentukan oleh persilangan antara garis total revenue dan garis total cost.3.

Perilaku supplier (RS) tidak ditentukan oleh harga yang ditetapkan pasar. Sedangkan untuk peranan deman sendiri kalaupun ada terbatas pada harga pelayanan pengobatan penyakit ringan. maka hal tersebut adalah sesuatu yang layak karena hal ini terjadi subsidi pemerintah untuk masyarakat miskin dalam menggunakan pelayanan rumah sakit. Sebaliknya peranan supply cukup dominan dalam menentukan harga. 2) Supplier mudah masuk dan keluar dari kegiatan produksi kecuali pelayanan RS karena RS terikat pada izin. Interaksi supply dan demand dalam pasar pelayanan RS tidaklah sempurna. Meskipun demikian . Bagi rumah sakit pemerintah .RS x 100% 19 . Perhitungan CRR : CRR total = TR. subsidi di RS pemerintah yangg menyebabkan keseimbangan supply dan demand. Dalam mekanisme pasar ada kecendrungan supply dan demand mencari keseimbangan yaitu dengan asumsi – asumsi berikut: 1) Konsumen memiliki informasi jelas tentang variasi harga di berbagai tempat dan variasi kualitas komuditi yang ditawarkan. jika tarif yang memiliki cost recovery yang rendah diberlakukan pada pelayanan terendah misalnya kelas III.bersedia memberikan jasa pelayanannya kepada pasien. tarif memang telah ditetapkan melalui SK MenKes atau Perda. Peranan tarif sangat penting dalam pelayanan kesehatan. disadari bahwa tarif pemerintah umumnya mempunyai pemulihan biaya (cost-recovery) yang rendah . kecuali consumer yang tidak tahu mengenai pelayanan kesehatan. Adapun penetapan tarif pelayanan rumah sakit bertujuan untuk: 1) Peningkatan Cost Recovery Rate Rumah Sakit Cost Recovery Rate (CRR) adalah nilai dalam persen yang menunjukkan Kemampuan rumah sakit menutupi biaya dgengan penerimaan dari retribusi pasien (Revenue). setiap sarana pelayanan harus dapat menetapkan besarnya tarif yang dapat menjamin total pendapatan lebih besar dari total pengeluaran. Tarif merupakan aspek yang sangat penting dalam institusi rumah sakit.RS/TC.

Biaya satuan dimanfaatkan untuk menilai skala ekonomis produk yang dihasilkan. Jenis Pelayanan. 3) Subsidi silang. dimana melalui tariff yang sesuai sehingga masyarakat akan mencoba untuk mencari pengobatan untuk hal – hal yang mereka butuhkan (mengurangi over utilisasi). ada dua pihak yang terlibat yakni penyelenggara pelayanan kesehatan (provider) dan pemakai jasa pelayanan kesehatan. keluarga. sehingga masyarakat dapat memaksimalkan akses pelayanan rumah sakit melalui penetapan tariff yang sesuai. Dari defenisi di atas. Penyesuaian tariff diharapkan juga membawa dampak pada maksimalisasi pelayanan.CRR per unit = TR unit/TC unit x 100% CRR per pasien =Tarif unit tertentu/UC unit x 100% 2) Peningkatan peran serta masyarat untuk mengatasi masalah kesehatan daerah. 1996). Tingkat Pemanfaatan dan Subsidi Silang yang Diharapkan 19 . b.Faktor Penetapan Tarif Pelayanan Rumah Sakit a. Biaya Satuan “Biaya kesehatan adalah besarnya dana yang harus disediakan untuk menyelenggarakan dan/atau memanfaatkan berbagai upaya kesehatan yang diperlukan oleh perorangan. Faktor . Bagi penyelenggara. kelompok dan masyarakat” (Azrul A. sedangkan bagi pemakai jasa layanan berhubungan dengan besarnya dana yang dikeluarkan untuk dapat memanfaatkan suatu upaya kesehatan. terkait besarnya dana untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang berupa dana investasi serta dana operasional. 4) Optimalisasi pelayanan. dengan mengetahui biaya satuan dan kemampuan masyarakat. 2. maka rumah sakit dapat meningkatkan upaya pemerataan (equity) dengan melihat seberapa besar subsidi dan siapa yang menikmati subsidi tersebut.

e. d.Masyarakat kemampuan membayar rendah & utilasi rendah maka RS sulit untuk menetapkan tarif dan sebaliknya. kunjungan rendah. Ruang perawatan kelas Ш tarifnya ditetapkan pemerintah dengan tujuan fungsi sosial yang perlu disubsidi. Elastisitas. perubahan tarif menyebabkan perubahan permintaan produk yg ditawarkan. Masyarakat yang mampu (misal kelas VIP) diharapkan memperoleh pendapatan besar melalui penyesuaian tarif sehingga dapat menutup subsidi kelas Ш c. jumlah output layanan rendah) sulit untuk meningkatkan tarif & sebaliknya.Unit dengan pemanfaatan rendah karena kendala rumah sakit (BOR rendah. Tingkat Kemampuan Masyarakat Penetapan tarif RS mempertimbangkan kemampuan membayar masyarakat diukur dg melihat ATP (Ability To Pay) serta WTP (Wilingness To Pay). Tarif pelayanan pesaing yang setara 19 .

903.000 Rp209.000 Rp34.012.000 Rp432. Mata.548.000 Rp2.000 Rp29.000 Rp1. TABEL 1 DAFTAR PENDAPATAN USAHA RS TK. LAPORAN KEUANGAN Laporan keuangan merupakan sumber informasi bagi pimpinan di dalam mengevaluasi pekerjaan pada masa yang lalu dan selanjutnya dipergunakan untuk mengambil suatu keputusan atau kebijaksanaan – kebijaksanaan yang berguna bagi perusahaan tersebut di masa yang akan datang.BAB III ISI DAN PEMBAHASAN III.087.200 Rp31.620.810.000 Rp1.K.000 19 . A.080. Untuk keperluan analisis break even point yang dilakukan di Rumah Sakit Dr.1.K.000 Rp181.816.987.238. THT) Tarif Operasi di OK Besar Tarif Tindakan Perawat dan BHP di Ruang Perawatan Tarif Instalasi Gawat Darurat (IGD) Tarif Operasi Bedah Syaraf Tarif Operasi di OK Kecil Tarif Operasi Kebidanan dan Kandungan Tarif Operasi Gigi dan Mulut Tarif ODC (Operasi Mata dengan Anestesi Lokal) Poli THT Poli Gigi dan Bedah Mulut Rp43.000 Rp5.244.054.600 Rp1.293.000 Rp33.820.352.332.000 Rp287. maka berikut ini disajikan laporan keuangan perusahaan yang bersangkutan pada tahun 2011.112. A. Gani Palembang.494. Gani TAHUN 2011 1 2 3 4 5 6 7 8 9 1 0 1 1 1 2 1 3 1 4 Tarif Bedah Kamar Perawatan per Hari Tarif Tindakan Ruang Kebidanan & Kandungan Tarif One Day Care (Bedah.II Dr.

350 Rp3.000 Rp1.000 Rp75.855.200.044.000 Rp14.1 5 1 6 1 7 1 8 1 9 2 0 2 1 2 2 2 3 2 4 2 5 2 6 2 7 2 8 2 9 3 0 3 1 3 2 3 3 3 4 3 5 3 6 3 7 Poli Mata Tarif Syaraf Tarif Penyakit Kulit dan Kelamin Tarif Penyakit Dalam Tarif Kebidanan dan Penyakit Kandungan Tarif Jantung Tarif Radiologi Tarif Rehab Medik Tarif Konsul Gizi Tarif Visit Dokter Tarif Tindakan dan Sewa Alat ICU Tarif Penggunaan Mobil Ambulance Tarif Pemberian Surat Keterangan Tarif Laboratorium Tarif Vaksinasi Tarif Pemulasaran Jenazah Tarif Unit Hemodialisa Patologi Umum ASKES Rawat Inap ASKES Rawat Jalan Sumbangan Parkir Sewa Kantin/Cafetaria Lain-Lain TOTAL Rp47.000 Rp12.340.000 Rp5.374 TABEL 2 19 .000 Rp19.000 Rp4.000 Rp43.000 Rp1.078 Rp11.624.080.800.000 Rp50.411.000 Rp15.500 Rp4.568.539.575 Rp46.000 Rp8.200 Rp10.164.275.088.287.800 Rp5.059.400.528.902.550.880.000 Rp13.477.600.000 Rp1.000 Rp16.000 Rp5.000.408.071 Rp7.944.836.

240.507.896. A.951 Rp201.587.654 Rp50.879.379.600 Rp1.986.800 Rp1.480.000 Rp3.097 Rp423.270 Rp57.II Dr.879.875 Rp15.000 Rp193.432 Beban Gaji Beban Rujukan Laboratorium Beban Rujukan Radiologi Beban Pengolahan Darah Lain-Lain TOTAL Rp4.456.000 Rp10.543 Rp198.456. Gani TAHUN 2011 BEBAN LANGSUNG RAWAT INAP Beban Gaji Perawat Obat .462.018.467.078 Rp44.Lain BEBAN TIDAK LANGSUNG RAWAT INAP Beban Gaji Beban Konsumsi Operasi Beban Gas Beban Rujukan ASKES Beban Laundry Lain-Lain Rp127.699.960 BEBAN TIDAK LANGSUNG PENUNJANG MEDIK Rp27.540.070.654 Rp3.089.144.776.716.032.K.879.443 Gaji Pegawai Rp306.432 Rp12.323 TABEL 3 BIAYA VARIABEL RS TK.BIAYA TETAP RS TK.730.683 Rp10.290.K.013 Rp10. A.661.516 Rp20.500.740. Gani TAHUN 2011 Rp969.970.735 Rp4.780 Rp53.651 Rp1.447.830 Beban Listrik 19 .II Dr.Obatan & Alat Medis Habis Pakai Beban Jasa Dokter Beban Bahan Dapur Beban Alat Medis BEBAN LANGSUNG RAWAT JALAN Beban Gaji Perawat Beban Jasa Dokter BEBAN LANGSUNG PENUNJANG MEDIK Beban Gaji Petugas Bahan Laboratorium Bahan Radiologi Bahan Hemodialise Bahan CT-Scan Beban Jasa Dokter Bahan Vaksinasi Lain .800.955 Rp753.336 Rp246.996 Rp237.662.312 Rp837.184.

144.000 Rp7.000 Rp24.K.374 : Rp 10.746 Rp500.059.030.334.251.231.346 Rp70.517.389 Rp30.600 Rp142.334.777 Rp491.449 Rp9. dengan menggunakan formula : BEPrupiah = FC 1.702.Lain TOTAL Rp37.907.550 Rp10.274.956 III. Gani Palembang pada tahun 2022.827.753. A.000 Rp228.811.500.569.967 Rp4.000 Rp143.403 Rp3.245 Rp190.858.663 Rp41.VC/P 19 .231.500 Rp4.000 Rp13.VC/P Dengan menggunakan data – data dari Rumah Sakit Dr.624.600 Rp57.541 Rp369.2.000 Rp20.000 Rp49.320.260.450.915.655. PERHITUNGAN BREAK EVEN POINT Break Even Point dapat dihitung menggunakan pendekatan matematis (Mathematical Approach).900 Rp3.391.004.170.007 Rp2.323 : Rp 3.Beban Air Beban Telepon Beban BBM Ambulance Insentif Pegawai Beban Pendidikan dan Latihan Beban BBM Genset Beban Konsultasi Beban Fotocopy Beban Pos dan Material Beban Transportasi Beban Konsumsi Rapat/Tamu Iuran PERSI Beban ATK Beban Barang Cetakan Beban Perlengkapan RT Tunjangan Hari Raya Sumbangan Beban Pemeliharaan Gedung Beban Pemeliharaan Inventaris Beban Pemeliharaan Listrik Beban Pemeliharaan Ambulance Beban Pajak Bumi dan Bangunan Beban Penyusutan Lain .965.141. maka BEP dapat dihitu sebagai berikut: Total Pendapatan (P) 1 tahun Total Biaya Tetap (FC)1 tahun Total Biaya Variabel (VC) 1 tahun BEPrupiah = : Rp 11.000 Rp750.956 FC 1.540.

II A.240.905. sehingga jumpah pendapatan harus lebih besar dari total biaya tetap. Pada RS Tk.802 / bulan atau Rp62.619 12 = Rp1.334.619 dalam 1 tahun.3.540.890.231.K.323.890. Gani Palembang memiliki BEP sebesar Rp 14. Gani tidak mengalami kerugian. maka dapat ditentukan total pendapatan per bulan dan per hari agar RS Tk. maka total pendapatan harus lebih besar dari Rp1.374 = Rp 14.290 / harinya. maka total pendapatan harus lebih besar dari Rp 14.802 BEP/hari = Rp1.624.K.323 1 . agar RS Tk. karena total biaya tetap per tahunnya adalah Rp 10. Dengan menentukan BEP kita dapat menentukan seberapa besar pendapatan yang harus didapatkan oleh perusahaan agar tidak mengalami kerugian.059.144.540.290 Dapat dilihat bahwa.869.240. A.905.045. Dari BEP 1 tahun ini.II A.802 20 hari = Rp62. A.869.BEP = 10.890. Gani Palembang maka agar tidak mengalami kerugian.869.144.619 dalam 1 tahun.890.619 Jadi Rumah Sakit Dr.905. perhitungannya sebagai berikut: BEP/bulan = Rp 14. 19 .869.II Dr. Gani Palembang tidak mengalami kerugian.045.K.K.240.956/11.

AK Gani adalah sebuah rumah sakit yang berada di Kota Palembang Sumatera Selatan dengan menempati bangunan tua peninggalan kolonial Belanda yang waktu itu digunakan sebagai Markas 19 . Apabila penjualan hanya cukup untuk menutup biaya variabel dan sebagian biaya tetap. Hal tersebut dapat terjadi bila perusahaan dalam operasinya menggunakan biaya tetap.BAB IV PENUTUP IV. maka perusahaan menderita kerugian. bila penjualan melebihi biaya variabel dan biaya tetap yang harus di keluarkan. dan volume penjualan hanya cukup untuk menutup biaya tetap dan biaya variabel. Break Even Point (BEP) dapat diartikan sebagai suatu titik atau keadaan dimana perusahaan di dalam operasinya tidak memperoleh keuntungan dan tidak menderita kerugian.1. Rumah Sakit TK II Dr. 2. KESIMPULAN 1. pada keadaan itu keuntungan atau kerugian sama dengan nol. Dengan kata lain. Dan sebaliknya akan memperoleh memperoleh keuntungan.

19 .540.290 / harinya dapat tercapai dalam waktu 2 bulan. 3. sehingga setiap perusahaan temasuk rumah sakit disarankan untuk membuat perhitungan BEP. Untuk meningkatkan laba. AK Gani tidak mengalami kerugian maka jumlah pendapatan per bulannya harus melebihi Rp1.802 atau Rp62.240. Rumah sakit hendaknya menjelaskan pengelompokkan biaya tetap dan biaya variable.905. A. SARAN 1. 5. sehingga agar perusahaan tidak mengalami kerugian total pendapatan per tahunnya harus melebihi dari biaya tetap. Perhitungan Break Even Point sangat penting kedepannya untuk pembanding terhadap realisasi pendapatan.802 / bulan atau Rp62. Perusahaan disarankan selalu memperhatikan perubahan – perubahan yang terjadi dari biaya – biaya yang dikeluarkan dan total pendapatan untuk menghindari terjadinya kerugian. 6. hal ini pentingh dalam pengendalian terhadap biaya dan memudahkan perhitungan Break Even Point. terutama serangan yang datang dari sungai Musi.II Dr. 3. AK Gani dalam satu tahun adalah Rp 10.905.045. AK Gani Palembang layak untuk dijalankan. Gani Palembang disarankan untuk memperbaiki cara kerja manajemen untuk meningkatkan pendapatan dan efisiensi biaya. 4.K.323.Pertahanan Belanda untuk menghambat masuknya Tentara Indonesia (APRI). Rumah Sakti Tk. Break Even Point tercapai apabila pendapatan sebesar Rp1.240. Berdasarkan analisis pasar dan BEP. Investasi total atau biaya tetap Rumah Sakit TK II Dr. IV.045.290 / harinya.2.144. Rumah Sakit TK II Dr. 4. Agar Rumah Sakit TK II Dr. 2.

Syahyunan.DAFTAR PUSTAKA 1. Diakses pada: http://www.html.Rusbi. Cara Menghitung Break Even Point.wikipedia. 4. Medan: USU Press. Diakses pada : http://id. A. Tanggal 20 Juli 2012 3. 19 . Tarif Pelayanan Kesehatan RS Tk.org/wiki/Titik_impas. 2004.com/wealth-growth-and-accumulation/carasimple-menghitung-break-even-point-dalam-usaha. Gani Palembang 5. Cetakan I. 2011. Palembang: Universitas Sriwijaya. 2.wealthindonesia. Azhar.II Dr. Titik Impas. Modul Mata Kuliah Ekonomi Layanan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.K. Tanggal 20 Juli 2012. Manajemen Keuangan I. H. .

II A.K GANI TMT JANUARI 2011 19 .LAMPIRAN TARIF PELAYANAN KESEHATAN RS Tk.

perichodritis 3.000 Rp190. umum 1.F 5.000 Rp125.000 Rp160. biopsi susp a.epitaksis a.Tarif Poliklinik THT Konsul dr. audiogram 8. tampon posterior 7.000 Rp125.000 Rp125.000 Rp75. ahli dr.000 Rp390. tampon anterior b. tumor N. couter c. abses peritansiler c. irigasi sinus maksilaris 6. Eksterpasi jaringan granuler telinga 4.000 Rp390.000 Rp33.000 Rp125.000 19 . retro aurikuler b.000 Rp125.000 Rp75. endoscopy Rp72. insisi akut a. benda asing hidung telinga tenggorokan 2.000 Rp190. tumor hidung b.000 Rp260.000 Rp190.000 Rp190.

000. frenectomy / fistulectomy f.000 Rp100.000 Rp1. tambalan amalgam / silicat ekstraksi gigi tetap ekstraksi gigi susu perawatan saraf tambalan sementara rontgen gigi O.500. intermaxilar wiring b.000 Rp1. ekstirpasi mucocele ringan sedang besar i.000 Rp600. replantasi gigi Rp72. alveolectomu g.000 .000. incici abses : ringan sedang besar h. oro antral fistulla l.000 Rp160.000 Rp90.000 Rp300.000 Rp300. Bedah mulut a.000 Rp60.000 Rp50.000 Rp1. odontectomy : ringan sedang besar d. ekstraksi gigi ringan sedang 19 besar k. ahli dr.000 Rp600.000.000 Rp450.000 Rp110.000. enucleasi kista e. apex reseksi : ringan sedang besar c.Tarif Poliklinik Gigi dan Bedah Mulut Konsul dr.000 Rp900.000 Rp550.000 Rp500.000 Rp1.000 Rp390.000 Rp500.000 Rp900.000 Rp500.000 Rp500.000 Rp60.000 Rp400.200.000 Rp400.000 Rp800.000 Rp1. umum TINDAKAN 1.000. eksisi tumor ringan sedang besar j.000 Rp300.000 Rp60.000 Rp700.000 Rp33.000 Rp1.D dokter scaling per rahang Light Cured Filling Extraksi dgn komplikasi 2.000 Rp1.000 Rp400.

19 .

000 Rp72. ECG b. fungsi cairan fleura / asites e.000 Rp75.000 Rp39.000 Rp91. peritonial dialisa Rp72.000 Rp306. umum TINDAKAN papsmear pemeriksaan dalam ambil/ pasang tampon pasang / buka implant pasang / buka IUD dovilan fungsi USG TINDAKAN BIDAN KB inj Pemeriksaan tes kehamilan Rp72.000 Tarif Kebidanan & penyakit Kandungan Konsul dr.000 Rp33.000 Rp130.Tarif Penyakit Dalam Konsul dr.000 Rp72.000 Rp33. Spirometri c.000 Rp78.000 Rp190.000 Rp325.000 19 .000 Rp455.000 Rp60. umum TINDAKAN a. aspirasi cairan sendi d.000 Rp33.000 Rp228. ahli dr. ahli dr.

jahit palpebra luar dan dalam Rp220.000 14. insisi Rp255. ahli Rp72.000 dr.000 3.000 Tarif Poliklinik Mata dr. scoriping kornea Rp120.000 besar Rp580. umum Rp33.000 4. inosi horkeoluna / chalazion Rp220. strak retinoakopy Rp46. pterygium extirpasi B.000 besar Rp1. tonometri Rp46.S Rp445. elektrokauter ( bedah listrik) ringan Rp320.000 Rp455.000 Tarif Penyakit Dalam Konsul dr. Spirometri c.000 2.000 Rp75.000 9.300. irigasi / spull DNL Rp120.000 Rp130. aspirasi cairan sendi d.000 7.000 5.000 Konsul dr.000 sedang Rp450. ahli dr.000 2. peritonial dialisa Rp72. pterygium extirpasi luas + jahitan Rp546.000 Rp33.000 10. eksterpasi corpus alienum Rp210.000 sedang Rp450.035.000 3. eksterpasi pleygium + flap Rp550.000 besar Rp580.000 19 .000 13. ECG b.000 1.000 11.000 Rp60.000 12. flap operasi tumor ganas pd kulit 4. elektrokauter (bedah listrik) 8.000 1. fungsi cairan fleura / asites e.000 Rp325. sondage + spceling canalis la timalis Rp165.Tarif Penyakit Kulit dan Kelamin Konsul dr.000 15.000 ringan Rp320.000 ringan Rp905. umum TINDAKAN a. cyste conjuctiva Rp396. ahli Rp72.000 6. incici hodelum Rp220. umum Rp33. incici chalation Rp220.000 sedang Rp1. eksropien & intropion Rp295.

000 JASA Lumbal fungsi diagnostik Pemeriksaan perpirasi pembacaan EEG pembacaan EMG Rp319.000 Rp59.Tarif Syaraf Konsul dr.000 19 .000 Rp59.000 Rp189.000 Rp33. umum Rp72.000 TINDAKAN Injeksi lokal injeksi khusus Rp124. ahli dr.000 Rp189.

ahli dr.000 Rp371.000 Rp351.000 Rp260.000 Rp52.000 Rp33.Tarif Jantung Konsul dr.000 Rp273. umum TINDAKAN ECG Treadmill Echo hitam putih Echo berwarna doppler carotik Rp72.000 19 .

injeksi intraarthicular 5.ransel verbal 7.Tarif Bedah Konsul dr.000 Rp39.000 Rp195. aspirasi sendi 6. glison traksi Rp72.000 Rp130.gips panjang 12.000 Rp33.000 19 .000 Rp26. coctail injeksi 4. rawat luka / ganti verban 2.000 Rp325.000 Rp520. gips body jacket / minerva 9. angkat jahit 3. pasang spalk 8. ahli dr.000 Rp25.000 Rp390. bukan gips 14.000 Rp195.000 Rp98. gips CTEV 13. gips pinggang / spica 10.000 Rp780.000 Rp130.000 Rp650. umum TINDAKAN 1.000 Rp21. gips pendek 11.

000 Rp13. eksterpasi corpus alineum : THT Tubuh h. ransel verban n.000 Rp355.000 Rp105. nebulizer r. exterpasi keloid e. wound toilet z/ WT q.20 jahitan d.000 Rp143.000 Rp95. vena seksi m.000 Rp115.000 Rp120.000 Rp26.000 Rp65.5 jahitan b.Tarif Instalasi Gawat Darurat Honor Dokter Jaga Pagi (diluar jam dinas / hari libur) Sore Malam Konsul dr.000 Rp150.000 Rp130. bilas lambung o.000 19 .000 Rp21. incici abses g.000 Rp208. ECG l.000 Rp65. jahit luka 10 .jahit luka 6 .000 Rp60. umum TINDAKAN a.000 Rp190.000 Rp300. jahit luka 1 .000 Rp33.10 jahitan c.000 Rp72. rooser plasty f. pasang cateter / NGT I. pasang infus j.000 Rp50.000 Rp50. resusitasi Rp60. pasang spalk k.000 Rp20. DC shock p.

350 Rp3.900 Rp4.163.678.500 Rp5.533.Tarif OPERASI Di OK besar Okecil anggrek mawar I II III Osedang anggrek mawar I II III Obesar anggrek mawar I II Rp4.806.821.000 Rp4.500 19 .500 Rp5.500 Rp5.417.975.850 Rp5.885.900 Rp3.750.810.556.700 Rp6.350 Rp3.214.400 Rp4.850 Rp3.000 Rp4.810.286.

000 Rp362.555.950 Rp8.585.950 Rp9.269.000 Rp40.000 Rp560.000 Rp362.000 Rp580.000 Rp362.000 Rp560.625.100 Rp5.III Okhusus anggrek mawar I II III Okhusus plus anggrek mawar I II III Rp5.000 Rp362.690.000 Rp362.000 Rp230.000 Rp230.100 Rp6.712.371.000 Rp362.100 Rp10.000 Rp230.000 Rp362.100 Rp6.284.102.950 Rp9.500 Rp6.000 19 .350 Rp9.000 Rp560.000 Rp580.950 Tarif Operasi di OK Kecil angkat jahitan ganti balutan atheroma lipoma naevus granuloma veruca clavus ekstraksi kkuku abses reparasu tindik neurofibroma kecil rekonstruksi tato ekstraksi keloid ganglion biopsi insisi / eksisi vena seksi circumsisi businasi anuscopy Rp40.000 Rp362.000 Rp560.000 Rp560.036.412.400 Rp7.

500 Rp8.900 Rp6.000 Rp428.100 tarif Tarif ODC (operasi mata dengan anestesi lokal) Rp2.500 Rp11.453.635.000 Rp4.203.453.000 Rp4.500 Rp9.046.100 Rp11.000 Rp635.947.355.230.000 19 .000 Rp910.500 Rp9.000 Rp7.345.850 Rp910.000 Rp4.682.000 Tarif Operasi Gigi & Mulut Rp739.068.000 Rp4.000 Rp7.850 Rp560.546.metal kateter kateter mandarin open cytostomy Tindakan I CTT anggrek tracheostomy mawar gips panjang I buka gips II gips body III jacket gips pinggang gips pendek Tindakan II cervical traksi anggrek skeletal traksi mawar I II III Tindakan III anggrek mawar I II III Tindakan IV anggrek mawar I II III Rp230.900 Rp6.000 Rp791.000 Rp3.350 Rp730.100 Rp11.146.552.100 Rp11.700 Rp9.399.075.524.500 Rp8.400 Rp11.000 Rp687.949.906.000 Rp635.864.400 Rp6.350 Rp230.839.

000 Rp4.850 Rp4.Tarif operasi kebidanan dan kandungan Okecil anggrek mawar I Rp5.527.356.350 19 .042.

100 Rp11.703.850 Rp3.054.534.500 Rp6.673.400 Rp5.300 Rp6.II III Osedang anggrek mawar I II III Rp3.500 19 .500 Rp7.731.258.500 Rp6.350 Rp6.100 Rp6.660.100 Rp7.613.920.700 anggrek mawar I II III Okhusus anggrek mawar I II III Okhusus plus anggrek mawar I II III Rp7.250 Rp4.124. THT) anggrek mawar I II III Rp5.900 Rp4.500 Rp4.250 Rp4.165.283.350 Rp10.898.750 Tarif Tindakan Ruang Kebidanan & Kandungan a.079. PERSALINAN NORMAL IA Rp2. Mata.750 Rp4.622.000 Rp5.485.476.350 Rp8.776.500 Rp6.350 Rp9.038.900 Rp5.350 Tarif ONE DAY CARE (Bedah.840.815.127.196.399.622.500 Rp5.350 Rp9.393.208.969.400 Rp7.

500 Rp1.500 Rp2.000 sedang Rp37.500 Rp1.000 III Rp50.981.500 Rp1.000 besar Rp50.733. pasang catheter / NGT 50 Rp50.623.000 II Rp60.500 Rp1.762.333. GANTI VERBAND / RAWAT LUKA ringan Rp25.000 3.500 Rp1.500 Rp1. TINDAKAN BIOPSI IA IB II III Rp2.500 Rp2.267.018.500 d.000 19 .558.008.174. pasang infus Rp20.000 Rp45.500 Rp1. PERSALINAN OLEH BIDAN I II III Rp1.843.000 2.118.500 Rp2.500 Rp1.000 4.500 Rp2.500 Rp1. PERSALINAN PATOLOGI IA IB II III c.500 Rp1. PERAWATAN AWAL Paviliun I Rp100.553.500 Rp2.IB II III b.838.486.500 Tarif Tindakan Perawat & BHP di Ruangan Perawatan 1.500 Rp2.918. TINDAKAN KORETASE IA IB II III e.138.606.

309.250 Rp16.132.487.000 Rp30. cold pack 3.250 Tarif Rehab Medik 1.000 Rp30.750 Rp18. IR b.000 19 .082.Tarif Operasi Bedah Syaraf NON KHUSUS anggrek mawar I II III KHUSUS anggrek mawar I II III Rp19.750 Rp16.750 Rp19. Exercise Thrapi a.854.000 Rp30.000 Rp60.429. ultrasound b.250 Rp17.750 Rp15.299. local b. electro therapi a.750 Rp14.250 Rp20.459.750 Rp18. general 2.187. action therapi a. hot pack c.824.000 Rp30. shortwave Rp30.000 Rp30.

general Rp30.E.000 Rp52. faradisasi / galvanisasi 6.000 Rp120.3 Anggrek 4 mawar 1-3 2.S 7. Paviliun Anggrek 1.000 Rp95. T.000 Rp30. lumbar b. dahlia III 7. CEMPAKA I III 8.000 Rp65.000 19 . miicrowave diatherapi 4.000 Rp30. Flamboyan I II III 6.000 Tarif Ruangan Per Hari 1.000 Rp195. teratai III 5.000 Rp65.000 Rp120.000 Rp120.000 Rp120. cervical 5. Wijaya kusuma WK 1-3 WK 4 (PAMA) 3. local b.000 Rp95. ICU / ICCU 10. traction therapi a. RUANG BAYI biaya cube Rp375.000 Rp95.000 Rp65. massage a.000 Rp60.c.N. ASTER I II III 9.000 Rp150.000 Rp65.000 Rp95. Melati IA IB II III 4.000 Rp65.000 Rp280.000 Rp30.000 Rp120.000 Rp65.000 Rp140.000 Rp30.000 Rp63.

000 Rp63.incubator fototherapi Rp63.000 19 .

000 Rp761. Panoramik gigi Tarif CT .000 Rp100.000 Rp761.000 Rp150.000 Rp65.000 Rp511.000 Rp160. duododografi (OMD) colon .000 Rp70. femur AP & LAT Rutin Cito 7.000 Rp80. cystografi 16. MASTOID kanan .kiri Rutin Cito 10. buka / tutup mulut Rutin Cito 11 cervical / thorocal lumbal AP & LAT Rutin Cito 12.000 Rp70. Abdomen 3 posisi Rutin Cito 4.000 Rp160.000 Rp85.000 Rp300.000 Rp200.000 Rp95.Tarif Radiologi 1.000 Rp85.000 Rp761.000 Rp85. USG 18.000 Rp761.000 Rp85.000 Rp80.IVP 15.000 Rp65. Ekstermitas AP & LAT Rutin Cito 6.Scan TANPA KONTRAS Kepala sinus orbita nasopharynx mastoid tulang thorax 19 Rp65.000 Rp200. urethrografi 17.000 Rp65.000 Rp70.000 Rp150. Bahu / clavicula Rutin Cito 8.000 Rp80. BNO .000 Rp200.000 Rp80. MJ kanan . Pelvis Rutin Cito 5.000 Rp200.inloop 14.000 Rp761.000 .000 Rp70.000 Rp75.000 Rp100. BNO Rutin Cito 3.kiri. Foto thorax Rutin Cito 2. foto dengan kontras : fistulografi esofagografi 13.000 Rp300. cranium AP & LAT Rutin Cito 9.000 Rp994.

vaksin anti tetanus ( ATS) 4.000 Rp750.500 Rp142.000 Rp500.000 19 . vaksin polio / campak / BCG 2.000 Rp110. vaksin anti bisa ular (ABU) Tarif Pemulasaran Jenazah 1. vaksin hepatitis B 3. pemulasaran jenazah 2.000 Rp695.Tarif Vaksinasi 1.000 Rp81. pengawetan jenazah Tarif Unit Hemodialisa Patologi Umum Tarif Rp75.

000 Rp20.000 Rp20.000 Rp30.000 Rp75.000 Rp40. Faeces rutin 5. Test kehamilan Test pack 4.000 Rp20.000 Rp10.000 Rp25. Darah malaria MCH / MEV / MCHL 2.000 Rp15.000 Rp30.000 Rp40.000 Rp20.Tarif Laboratorium 1.000 Rp40.000 Rp20.000 Rp30. Sputum BTA 6.000 Rp30.000 Rp10.000 Rp30. URINE RUTINE aceton 3.000 Rp40. secret vagina 8.000 Rp30.000 Rp20.000 Rp20.000 Rp30. HEMATOLOGI darah rutin waktu pendarahan waktu pembukuan gol.000 Rp20.000 Rp60.000 Rp40.000 Rp15.000 Rp20.000 19 .000 Rp30. SEROLOGI widal asto CRP rheuma fector VDRL HbsAg Anti HbsAg 9.000 Rp30.000 Rp80.000 Rp90.000 Rp40. KIMIA DARAH total protein albumin globulin bilirubin total bilirubin direct bilirubin indirect Alk phospat SGOT SGPT ureum Runki treatinin uric acid kolesterol trigliserida HDL LDL Rp80.000 Rp50.000 Rp10.000 Rp50. Analisa sperma LCS 7.

000 10 .MUARA ENIM PLG .30 km Rp250.000 Tarif Penggunaan Mobil Ambulance 1.000 Rp1.KAYU AGUNG PLG .000 surat keterangan lahir Rp25.000 Rp1.BATURAJA Rp550.10 km Rp75.000 surat keterangan kematian Rp10.000 19 .115.000 Rp20. Luar Kota Palembang PLG .000 2.000.LAHAT PLG .000 Rp50.000 Rp50.000 30 .000 Rp50.000 Rp80.000 Rp50.000 visum et repertum Rp78.000 Tarif Pemberian Surat Keterangan surat keterangan sehat Rp40. Dalam Kota Palembang 1.000 Rp20.BSS BSN BSPP natrium kalium chlorida calsium narkoba Rp20.60 lm Rp350.000 Rp900.