PPHB PERANCANGAN KOTA

PENATAAN KAWASAN KOTA TUA
Dosen: Prof. Dr. Ing. Ir. Dedes Nur Gandarum, MT Disusun oleh: Syahdina Pertiwi

052.10.047

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN JURUSAN ARSITEKTUR UNIVERSITAS TRISAKTI 2013

EXISTING 3 PELABUHAN 4 3 2 5 3 1 6 4 MASJID LUAR BATANG 1 MUSEUM BAHARI 5 PEMAKAMAN 2 PASAR IKAN 6 VOC .

namun boleh di beri perawatan dengan bahan yang sejenis Gol pelestarian B Bangunan yang tata ruang dalamnya boleh di rubah kecuali tampak depan / eksterior dan struktur utama Gol pelestarian C dan D Perubahan tetap di perbolehkan. namun tetap mempertahankan pola tampak muka arsitektur utama dan bentuk atap bangunan 4 VOC .BANGUNAN TUA DI SUNDA KELAPA 1 MASJID LUAR BATANG 1 2 2 3 4 MUSEUM BAHARI 3 MENARA SYAHBANDAR KETERANGAN: GOLONGAN A GOLONGAN B GOLONGAN C DAN D BANGUNAN DI KAWASAN PEMUGARAN Gol pelestarian A Bangunan yang di larang di bongkar dan di ubah.

BATASAN WILAYAH SUNDA KELAPA PENJARINGAN ANCOL BARAT PLUIT KOTA TUA .

Memiliki tipe Land Use Multiple-Nuclei. daerah industri dan pemukiman sendiri. Pola landuse yang digunakan adalah multiple nuclei theory.W Burgess Sector Theory. Ullman Landuse mempertimbangkan tingkat spasial akumulasi kegiatan dan tingkat mereka terkait persyaratan mobilitas. E. namun landuse untuk bangunan umum tersebut digunakan untuk area hunian yang tidak terencana. WISATA KAMPUNG NELAYAN Di zona hunian bagian timur didesign untuk wisata kampung nelayan seperti di Volendam. Belanda. karena bentuknya yang menyerupai lingkarang.Percampuran area komersil dan permukiman 2. pesepeda dan kendaraan umum (http://www.greendigitalcharter. karena pembagian area tersebar menjadi beberapa zona independen dan memiliki pusat bisnis. Penggunaan lahan yang biasanya dihubungkan dengan atribut demografi dan ekonomi. ZONA HUNIAN ZONA KOMERSIL ZONA OPEN SPACE ZONA INDUSTRI ACTIVITY SUPPORT PERSERVASI SUNGAI/LAUT JALAN UTAMA WISATA KAMPUNG NELAYAN Orientasi ke arah museum Bahari.Menyediakan sarana trasportasi yang aman untuk pejalan kaki.L. karena area tersebut merupakan area peservasi. (Dr.org/land-use/ ) Sumber : Peraturan Daerah Khusus Ibukota Jakarta No.resilientregion.LAND USE KRITERIA STUDI BANDING Amsterdam City (http://www. Adanya pelabuhan membuat landuse untuk bangunan umum (business district) mendominasi dari pada hunian. Homer Hoyt Multiple Nuclei Theory.Menawarkan berbagai tingkatan pilihan permukiman 4. dimana pola bangunan berorientasi ke arah laut/sungai.eu/signatory -cities/signatories-map/amsterdam) DATA/KONTEKS KONSEP Concentric model.Mempromosikan pembangunan yang sudah ada 3. Jean Paul-Rodrigue) Kriteria Tata Guna Lahan berkelanjutan (Sustainable ): 1. 9 Tahun 1999 Tentang Pelestarian Dan Pemanfaatan Lingkungan Dan Bangunan Cagar Budaya DINAS KEBUDAYAAN DAN PERMUSEUMAN PROVINSI DKI JAKARTA Amsterdam city merupakan water front city. E. . Land use kota Amsterdam ini memiliki model land use concentric.

Di sepanjang pesisir laut terdapat tempat wisata yang terdiri dari cafe hingga pertokoan. (http://en.org/wiki/Volendam) DATA/KONTEKS KONSEP Volendam city. Belanda. Belanda juga merupakan waterfornt city dan orientasi kota tersebut juga mengarah ke laut.wikipedia.LAND USE KRITERIA STUDI BANDING Volendam city. . sehingga dapat menarik wisatawan yang datang.

LAND USE ZONA HUNIAN ZONA KOMERSIL ZONA OPEN SPACE ZONA INDUSTRI ACTIVITY SUPPORT PERSERVASI SUNGAI/LAUT JALAN UTAMA WISATA KAMPUNG NELAYAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful