Anatomi Retina

Prevalensi kelainan pada retina di Indonesia mencapai angka 0,13% dan merupakan penyebab kebutaan ke empat setelah katarak, glaukoma dan kelainan refraksi. Hal ini diketahui berdasarkan Survey Kesehatan Indra Penglihatan dan Pendengaran tahun 1993 -1996. Menurut WHO tahun 2002, retinopati diabetik merupakan penyebab kebutaan yang mencapai 4,8% diseluruh dunia. Berdasarkan studi retinopati diabetik di Amerika dan Inggris, prevalensi kebutaan akibat retinopati diabetik merupakan penyebab utama kebutaan pada usia 20-70 tahun. Data-data tersebut menunjukkan betapa kerusakan retina masih menjadi masalah utama terkait kesehatan mata. Hal yang terpenting di sini adalah apapun bentuk penyakit mata yang melibatkan kerusakan retina, skotoma dapat muncul sebagai manifestasinya. Retina adalah selembar tipis jaringan saraf yang semi-transparan dan multilapis yang melapisi bagian dalam 2/3 posterior dinding bola mata. Lapisan ini membentang ke depan hampir sama jauhnya dengan korpus siliari dan berakhir di tepi ora serata. Pada orang dewasa, ora serata berada sekitar 6,5mm di belakang garis schwalbe pada sisi temporal dan 5,7 mm di belakang garis ini pada sisi nasal. Di sebagian besar tempat retina dan epitelium pigmen retina mudah berpisah hingga membentuk suatu ruang subretina, seperti yang terjadi pada ablasio retina. Tetapi pada diskus dan ora serata, retina dan eiptelium pigmen retina saling melekat kuat, sehingga membatasi perluasan cairan subretina pada ablasio retina.

2007) Dibandingkan dengan jaringan lain pada bola mata.23 mm pada kutub posterior. Makula berwarna kuning akibat akumulasi dari karotenoid teroksidasi khususnya lutein dan zeaxhantine di tengahtengah makula. Retina mempunyai tebal 0. Gelembung optik primer ini berkembang dari penonjolan keluar prosencephalon (otak depan). Di tengan-tengan kutub posterior terdapat makula yang mengandung xanthophylls (pigmen kuning). Anatomi Retina pada Mata (American Academy Of Ophthalmology. Karotenoid ini berperan sebagai antioksidan dan berfungsi untuk memfilter gelombang sinar biru yang berperan dalam retinitis solar (American Academy Of Ophthalmology. 2007). retina merupakan jaringan bola mata yang paling cepat perkembangannya. Dinding luar cangkir optik (optic cup) berkembang menjadi lapisan pigmen luar sementara bagian saraf retina (neural retina) berkembang dari lapisan dalam cangkir optik (Fawcett. . 1994).1.Gambar 2.12 mm pada ora serata dan 0. Tangkai dari cangkir optik (optic stalk) akan berkembang menjadi saraf optikus (optic nerve). Retina berkembang dari cangkir optik (optic cup). suatu struktur berbentuk cangkir yang terbentuk sebagai hasil proses invaginasi (penonjolan ke arah dalam) gelembung optik primer (primary optic vesicle). Secara histologis makula terdiri dari dua atau lebih lapisan sel ganglion dengan diameter 5-6 mm.

b) Sel horizontal.5 mm.5 mm dan di dalamnya terdapat fotoreseptor yang bertanggung jawab terhadap tajam penglihatan dan warna dengan derajat yang paling tinggi (Guyton dan Hall. berdiameter 1. Di dalam fovea terdapat foveal avascular zone.Di tengah-tengah makula terdapat fovea (fovea sentralis) dengan diameter 1. selsel ini diklasifikasikan ke dalam enam kelompok yang antara lain terdiri atas : a) Fotoreseptor itu sendiri (sel batang dan sel kerucut) yang menjalarkan sinyal ke lapisan pleksiformis luar. Di sekitar fovea terdapat lingkaran yang berdiameter 0. Gambar 2.35 dan di dalamnya tersusun padat sel kerucut. disebut perifoveal zone (American Academy Of Ophthalmology. . 2007) Retina memiliki berbagai jenis sel saraf. 2007). Makula (American Academy Of Ophthalmology. Di tengah-tengah fovea foveola dengan diameter 0. tempat sel batang dan sel kerucut bersinaps dengan sel bipolar dan sel horizontal. 2006). lapisan inti dalam dan lapisan Di sekeliling daerah ini terdapat lingkaran pleksiformis luar yang tebal. Untuk menyederhanakannya.5 mm yang disebut parafoveal dimana tersusun dari lapisan sel ganglion. yang menjalarkan sinyal secara horizontal pada lapisan pleksiform luar dari sel batang dan sel kerucut ke sel bipolar.2.

baik secara langsung dari sel bipolar sel ganglion atau secara horizontal dalam lapisan pleksiform dalam dari akson sel bipolar ke dendrit sel ganglion atau sel amakrin lainnya. Pada beberapa individu sebagian kebutuhan darah untuk retina juga disuplai dari arteri silioretina untuk makula. . merupakan sel yang tidak terlalu menonjol . g) Pada papila nervus optikus terdapat arteri dan vena sentralis. dalam rangka mengatur derajat kontras dalam bayangan penglihatan. d) Sel amakrin. Jaringan saraf yang membentuk bagian peka cahaya pada retina membentuk suatu selaput tipis yang melekat erat pada jaringan penyokong di bawahnya. Peran sinyal ini menjelaskan alasan mengapa penglihatan perifer secara normal mengalami defek. e) Sel ganglion. maka retina tidak dapat berfungsi dan jika tidak kembali disatukan bisa terjadi kerusakan permanen. yang menjalarkan sinyal secara vertikal dari sel batang. Pada umumnya arteri sentralis merupakan satu-satunya arteri bagi retina. Sumbatan pada arteri ini dapat mengakibatkan kebutaan yang menetap. Jika kedua lapisan tersebut terpisah. Sel ini menjalarkan sinyal dalam arah retrogad dari lapisan pleksiform dalam ke lapisan pleksiform luar. yang menjalarkan sinyal keluar dari retina melalui saraf optik ke dalam otak. Sinyal ini bersifat menghambat dan diduga untuk mengendalikan penyebaran lateral dari sinyal penglihatan oleh sel horizontal di lapisan pleksiform luar. Penyumbatan arteri sentralis pada individu ini hanya mengakibatkan hilangnya penglihatan perifer.c) Sel bipolar. sel kerucut. tempat sel-sel itu bersinaps dengan sel ganglion dan sel amakrin. karena makula tak terganggu. f) Sel interpleksiform. yang menjalarkan sinyal ke dalam dua arah. dan sel horizontal ke lapisan pleksiform dalam.. ABLASIO RETINA DEFINISI Ablasio Retina adalah terpisahnya/terlepasnya retina dari jaringan penyokong di bawahnya.

Rabun dekat 2.Ablasio bisa bermula di suatu daerah yang kecil. seluruh retina bisa terlepas. retina betul-betul mengalami robekan. tetapi ablasio retina sering kali terjadi secara spontan. Ablasio retina seringkali dihubungkan dengan adanya robekan atau lubang pada retina. PENYEBAB Retina merupakan selaput transparan di bagian belakang mata yang mengolah bayangan yang difokuskan di retina oleh kornea dan lensa. Diabetes yang tidak terkontrol 4. ablasio retina bisa terjadi akibat retinopati akibat prematuritas. Riwayat keluarga dengan ablasio retina 3. Pada bayi prematur. akan terjadi gangguan penglihatan pusat lapang pandang. Jika terjadi pelepasan makula. Pada salah satu bentuk ablasio. Hal tersebut bisa terjadi akibat: Diabetes berat Penyakit peradangan. Pemisahan ini terjadi jika gerakan cairan di dalam bola mata menarik retina atau jika cairan yang terkumpul diantara retina dan jaringan di bawahnya mendorong retina. Pada ablasio lainnya. tetapi jika tidak diobati. perdarahan dari pembuluh darah retina yang kecil bisa menyebabkan kekeruhan pada bagian dalam mata yang dalam keadaan normal terisi oleh humor vitreus. Selama proses terlepasnya retina. retina tidak robek tetapi terpisah dari jaringan di bawahnya. Bentuk ablasio ini biasanya terjadi pada penderita miopia atau penderita yang telah menjalani operasi katark atau penderita cedera mata. . Trauma. sehingga cairan di dalam mata merembes melalui robekan atau lubang tersebut dan menyebabkan terlepasnya retina dari jaringan di bawahnya.Faktor resiko terjadinya ablasio retina adalah: 1.

. Jika makula terlepas. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keutuhan retina: direk dan indirek refraksi slit lamp intraokuler USG mata Angiografi fluoresensi Elektroretinogram. tetapi kemudian menyebar sejalan dengan perkembangan ablasio. akan segera terjadi gangguan penglihatan dan penglihatan menjadi kabur. Hilangnya fungsi penglihatan awalnya hanya terjadi pada salah satu bagian dari lapang pandang. DIAGNOSA Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata.GEJALA Ablasio retina tidak menimbulkan nyeri. serta menyebabkan penglihatan menjadi kabur. tetapi bisa menyebabkan gambaran bentuk-bentuk ireguler yang melayang-layang atau kilatan cahaya.

Jika anda memiliki resiko menderita ablasio retina. periksakan mata minimal setahun sekali. Teknik ini digunakan bersamaan dengan penyuntikan gelembung udara dan kepala dipertahankan pada posisi tertentu untuk mencegah penimbunan kembali cairan di belakang retina. Penderita diabetes sebaiknya mengontrol kadar gula darahnya secara seksama.PENGOBATAN Pembedahan laser bisa digunakan untuk menutup lubang atau robekan pada retina yang biasanya ditemukan sebelum terjadinya ablasio. Penempelan kembali retina melalui pembedahan terdiri dari pembuatan lekukan pada sklera (bagian putih mata) untuk mengurangi tekanan pada retina sehingga retina kembali menempel. Beberapa bentuk penyakit ini diturunkan secara dominan. PENCEGAHAN Gunakan kaca mata pelindung untuk mencegah terjadinya trauma pada mata. hanya memerlukan 1 gen dari ibu. hanya memerlukan 1 gen dari salah satu orang tua. Dengan kriopeksi (pemberian dingin dengan jarum es) akan terbentuk jaringan parut yang melekatkan retina pada jaringan di bawahnya. PENYEBAB Retinitis pigmentosa merupakan penyakit keturunan yang jarang terjadi. bentuk yang lainnya diturunkan melalui kromosom X. . Pada retina bisa ditemukan pigmentasi yang berwarna gelap. RETINITIS PIGMENTOSA DEFINISI Retinitis Pigmentosa adalah suatu kemunduran yang progresif pada retina yang mempengaruhi penglihatan pada malam hari dan penglihatan tepi dan pada akhirnya bisa menyebabkan kebutaan. Penyakit ini terutama menyerang sel batang retina yang berfungsi mengontrol penglihatan pada malam hari.

Penderita dianjurkan untuk berkunjung secara teratur kepada spesialis mata untuk memantau terjadinya katarak atau pembengkakan retina. Sel batang pada retina (berperan dalam penglihatan pada malam hari) secara bertahap mengalami kemunduran sehingga penglihatan di ruang gelap atau penglihatan pada malam hari menurun. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui keutuhan retina: refraksi slit lamp intraokuler Angiografi fluoresensi Elektroretinogram.GEJALA Gejala awal seringkali muncul pada awal masa kanak-kanak. Pada stadium lanjut. Pemakaian kaca mata gelap untuk melindungi retina dari sinar ultraviolet bisa mempertahankan fungsi penglihatan. PENGOBATAN Belum ada pengobatan yang efektif untuk retinitis pigmentosa. . Meskipun masih dalam perdebatan. DIAGNOSA Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata dengan oftalmoskop. Lama-lama terjadi kehilangan fungsi penglihatan tepi yang progresif dan bisa menyebabkan kebutaan. terjadi penurunan fungsi penglihatan sentral. penelitian terakhir menunjukkan bahwa pemberian antioksidan (misalnya vitamin A palmitat) bisa menunda perkembangan penyakit ini.

Pada stadium awal (retinopati non-proliferatif). Pembuluh darah bisa tumbuh dan mengalami perdarahan ke dalam humor vitreus. maka penglihatan menjadi kabur. menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan ablasio retina (kadang-kadang). Pembuluh darah yang baru tumbuh secara abnormal. 2. menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Daerah di sekeliling robekan kapiler membengkak. menbentuk tonjolan kecil yang mengandung endapan protein darah. PENYEBAB Retinopati diabetikum terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah yang menuju ke retina. Pada stadium awal penyakit ini tidak menyebabkan kebutaan. RETINOPATI DIABETIKUM DEFINISI Retinopati Diabetikum adalah kerusakan progresif pada retina akibat diabetes menahun. Kelainan ini bisa terjadi pada penderita diabetes yang mendapatkan insulin maupun yang tidak. Pada . pembuluh darah menjadi berlubang-lubang dan isinya merembes ke dalam retina. Kadar gula darah (glukosa) yang tinggi pada diabetes menyebabkan penebalan pembuluh darah yang kecil. Diabetes bisa menyebabkan 2 macam perubahan pada retina: 1. Retinopati non-proliferatif Terjadi robekan dan kebocoran pada pembuluh darah kecil (kapiler) di dalam retina. Jika perdarahan terjadi di dekat makula. Retinopati proliferatif Kerusakan pada retina merangsang pertumbuhan pembuluh darah yang baru. Retinopati proliferatif bisa menyebakan kebutaan total. Perdarahan retina yang kecil bisa merubah bagian lapang pandang.PENCEGAHAN Penyuluhan genetik bisa membantu menemukan adanya resiko retinitis pigmentosa dalam suatu keluarga.

tetapi akan memperlambat . Pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk menilai keadaan retina adalah pemeriksaan dengan oftalmoskop dan fotografi retina.stadium lanjut (retinopati proliferatif). Biasanya retinopati baru terjadi dalam waktu 10 tahun setelah seseorang menderita diabetes. Beratnya retinopati dan penurunan fungsi berhubungan dengan kadar glukosa dan lamanya seseorang menderita diabetes. Pembuluh darah yang baru ini sangat rapuh dan bisa mengalami perdarahan sehingga menyebabkan penurunan fungsi penglihatan. terjadi pertumbuhan pembuluh darah yang baru di dalam mata. Pengobatan terhadap diabetes dan tekanan darah tinggi biasanya tidak menyebabkan perbaikan kerusakan yang telah terjadi. DIAGNOSA Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata. PENGOBATAN Tujuan pengobatan adalah mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi. GEJALA Gejalanya berupa: -bintik yang malayang-layang.

fungsi penglihatan akan menunjukkan perbaikan dan secara bertahap mata akan membentuk humor vitreus yang baru. Untuk menghancurkan pembuluh darah yang baru dan menyumbat pembuluh darah yang bocor.perkembangan retinopati. Potongan kecil pada retina bisa menjadi rusak karena suplai darah tidak tercukupi. . menyebabkan dinding mereka menebal dan dengan demikian mempersempit pembuluh darah terbuka dan mengurangi suplai darah menuju retina. Sebagaimana perkembangan Retinopati Hipertensi (Hypertensive retinopathy). Bahkan hipertensi ringan bisa merusak pembuluh darah retinal jika segera diobati dalam setahun. Hipertensi merusak pembuluh darah kecil pada retina. Perubahan ini menyebabkan kehilangan penglihatan secara bertahap.dilakukan vitrektomi (pembedahan untuk membuang darah dari humor vitreus). terutama sekali jika mereka mempengaruhi macula. PENCEGAHAN Cara pencegahan yang terbaik adalah mengontrol diabetes dan tekanan darah tinggi. PENYEBAB Ketika tekanan darah menjadi tinggi. Penderita diabetes sebaiknya menjalani pemeriksaan mata secara rutin (1 kali/tahun). Setealah vitrektomi. seperti pada hipertensi. bagian tengah retina. dilakukan fotokoagulasi laser. darah bisa bocor ke dalam retina. retina menjadi rusak. yang dimulai pada tahun ke 5 setelah terdiagnosis menderita diabetes. Jika terjadi perdarahan hebat dari pembuluh darah yang telah mengalami kerusakan. RETINOPATI HIPERTENSI (HYPERTENSIVE RETINOPATHY) DEFINISI Retinopati Hipertensi (Hypertensive retinopathy) adalah kerusakan pada retina sebagai akibat tekanan darah tinggi.

Kanker bisa menyerang salah satu maupun kedua mata. Mata juling (strabismus). upil berwarna putih 2. termasuk stroke. dan serangan jantung. gagal ginjal. ketika tekanan darah tinggi adalah berat dan mengancam nyawa. gagal jantung.DIAGNOSA Dokter membuat diagnosa Retinopati Hipertensi (Hypertensive retinopathy) menggunakan ophthalmoscope untuk melihat penampakan khusus pada retina pada seseorang dengan tekanan darah tinggi. pengobatan kemungkinan diperlukan segera untuk menyelamatkan penglihatan dan menghindari komplikasi lain. Ketika tekanan darah sangat tinggi. yang sifatnya cenderung diturunkan. PENYEBAB Penyebabnya adalah tidak terdapatnya gen penekan tumor. 2% dari kanker pada masa kanak-kanak adalah retinoblastoma. dokter kemungkinan bisa melihat perubahan lain pada mata. GEJALA Gejalanya berupa: 1. Sekitar 10% penderita retinoblastoma memiliki saudara yang juga menderita retinoblastoma dan mendapatkan gennya dari orang tua. Kanker bisa menyebar ke kantung mata dan ke otak (melalu saraf penglihatan/nervus optikus). PENGOBATAN Tujuan pengobatan Retinopati Hipertensi (Hypertensive retinopathy) adalah untuk merendahkan tekanan darah. Mata merah dan nyeri . 3. seperti pembengkakan pada bagian depan saraf mata. RETINOBLASTOMA DEFINISI Retinoblastoma adalah kanker pada retina (daerah di belakang mata yang peka terhadap cahaya) yang menyerang anak berumur kurang dari 5 tahun.

digunakan teknik bedah mikro khusus untuk mengangkat atau menghancurkan tumor. kemoterapi bisa diulang.com/penyakit/984/Ablasio_Retina. Bisa terjadi kebutaan. http://medicastore. Jika kanker menyerang kedua mata.4. sehingga kedua mata tidak harus diangkat. Atau salah satu mata diangkat dan pada mata yang lainnya dilakukan terapi penyinaran atau bedah mikro (untuk mengendalikan tumor).html . Jika kanker tidak memberikan respon terhadap pengobatan. Jika kanker kembali kambuh. maka keseluruhan bola matadiangkat bersamaan dengan sebagian nervus optikus. Tumor yang kecil bisa diobati dengan bedah laser. Jika kanker hanya menyerang satu mata. Iris pada kedua mata memiliki warna yang berlainan 6. DIAGNOSA Pemeriksaan yang biasa dilakukan: ekoensefalogram kepala dan mata) serebrospinal Pemeriksaan sumsum tulang. PENCEGAHAN Jika di dalam keluarga terdapat riwayat retinoblastoma. sebaiknya mengikuti konsultasi genetik untuk membantu meramalkan resiko terjadinya retinoblastoma pada keturunannya. mungkin perlu diangkat. Gangguan penglihatan 5. Terapi penyinaran dan kemoterapi digunakan pada tumor yang telah menyebar ke luar mata. Pemeriksaanmata dilakukan setiap 2-4 bulan. PENGOBATAN Pengobatan tergantung kepada ukuran dan lokasi tumor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful