You are on page 1of 7

Dalam setiap pokok permasalahan ini , praktisi umum UK Dr James Kennedy memandang suatu masalah kesehatan umum dan

menyimpulkan saran yang berdasarkan bukti pragmatis yang dapat ditawarkan kepada orang-orang yang ingin menjaga diri mereka sendiri PERAWATAN DIRI SENDIRI DARI RHINITIS ALERGI Pendahuluan Rinitis alergi (RA) mempengaruhi sekitar10-20% dari populasi umum di negara maju dan meningkat kejadiannya1. RA ditandai dengan gatal hidung, bersin-bersin, hidung berair, dan hidung tersumbat. Selain itu, gejala konjungtiva (alergi konjungtiva), gangguan penciuman dan sakit kepala dapat terjadi berkaitan. Menurut waktu paparan antigen, RA dapat dibagi menjadi penyakit tahunan, musiman, dan pekerjaan. Tahunan paling sering disebabkan oleh paparan terus-menerus terhadap tungau debu dan bulu binatang. RA musiman, paling sering disebabkan oleh serbuk sari, menghasilkan 'demam' akrab terkait dengan bulan-bulan hangat tahun ini. Pilihan perawatan diri sendiri untuk rhinitis alergi termasuk sebagian besar kelompok manfaat obat yang tersedia dan dengan pengetahuan dan saran kebanyakan orang dapat mengelola gejala mereka cukup tanpa pengawasan medis yang sedang berlangsung. Tergantung pada penyebab alergi tertentu yang terlibat, penyesuaian gaya hidup yang kecil juga dapat membawa perbaikan nyata dalam kehidupan penderita. Untuk alasan ini, pengujian penyebab alergi akan direkomendasikan jika penyebab gejala tidak jelas, agar tindakan pencegahan dan perencanaan ke depan dapat mengurangi jumlah dan tingkat keparahan gejala lanjutan. Rinitis alergi, jika tidak dikontrol, dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas hidup1. Jika perawatan diri gagal untuk mengontrol gejala fungsi normal sehingga dimungkinkan, saat itu dilakukan tinjauan dari diagnosis dan pilihan pengobatan. Gejala rhinitis alergi hilang sepenuhnya pada 10-20%, dan meningkatkan spontan dalam proporsi yang tinggi (40-65%) dari penderita dari waktu ke waktu2. Kata Kunci: Rinitis alergi, penyebab alergi, antihistamin, steroid intranasal

apakah gejala . Terputus atau berkelanjutan gejalanya selama 'musim bunga' musim semi. Terputus atau berkelanjutan gejala dari awal musim semi hingga awal musim gugur. jika ada. Terputus atau berkelanjutan gejalanya yang cenderung untuk meningkatkan di akhir pekan dan selama liburan.Rhinitis Alergi Ketika seseorang timbul gejala rhinitis untuk pertama kalinya. Seringkali yang menjadi pemicu gejalanya jelas untuk si penderita. Tabel 1 merangkum pola khas untuk penyebab alergi umum. Tabel 1: Rinitis alergi: pola dari penderitaan pada penyebab alergi umum Pencetus alergi Debu tungau rumah Pola penderita Buruk pada bangun tidur dan hadir sepanjang tahun tetapi dapat menjadi lebih buruk pada Bulu binatang musim gugur dan musim semi. Terdapat seringkali menjadi sejarah dari jenis lain alergi (eksim atopik) atau anggota keluarga dekat mungkin memiliki kondisi yang berhubungan dengan alergi (rhinitis alergi atau asma misalnya). Terputus atau berkelanjutan gejalanya dari akhir musim semi ke awal musim panas. Orang dengan gejala yang khas dan mereka yang memiliki riwayat keluarga mungkin telah mencoba pengobatan untuk 'demam' diperoleh dari apotek atau di tempat lain. beberapa gabungan membuat penyebab alergi lebih besar. Rhinitis alergi merupakan faktor risiko yang diakui bagi perkembangan asma dan biasanya mendahului itu. atau mudah diidentifikasi dari pola gejala. Gejala tergantung pada paparan Serbuk sari pohon Serbuk sari rerumputan Serbuk sari rumput liar Penyebab alergi yang ditemui di tempat kerja dengan tidak ada pola musiman yang jelas. Diikuti oleh terpapar hewan atau bulu mereka. Diperkirakan bahwa pencegahan yang efektif dari penyebab alergi yang diketahui menyebabkan rhinitis alergi dapat membantu mencegah perkembangan asma3. gejala konjungtivitis alergi merupakan indikator kuat penyebab alergi. Hidung yang terkena rhinitis alergi sering disertai dengan rasa gatal dan.

Terkadang secara jelas identifikasi penyebab alergi (s) yang bertanggung jawab untuk gejala ini berguna untuk orang yang ingin menerapkan penyesuaian gaya hidup yang paling efektif untuk untuk menghindari paparan. Uji Alergi Pengujian alergi berguna jika alergen tidak jelas dapat diidentifikasi dari riwayat. Kasus rhinitis yang lebih jarang (misalnya non-alergi rhinitis dengan sindrom eosinofilia) terkadang diidentifikasi ketika pengujian alergen adalah negatif. Mengingatkan orang terhadap penyebab alternatif rhinitis dapat membantu ketika penyebabnya dapat dihindari di masa depan. Tabel 2: penyebab lain rhinitis (non alergi) . Tabel 2 memberikan diagnosis alternatif biasa dan fitur yang membedakan membantu. Penyebab lain dari rhinitis juga memiliki hubungan temporal yang dekat dengan penyebabnya dan ini seringkali cukup untuk mengindikasikan kemungkinan alternatif. atau jika penyebab lain seperti rinitis iritan yang dicurigai. Pola gejala tidak khas dan / atau tidak respon terhadap pengobatan bisa mendorong konsultasi dan mengarah ke sebuah penelusuran masalah struktural atau kondisi sistemik yang dapat meniru gejala-gejala dan tanda-tanda rhinitis. Diagnosis Banding Rhinitis alergi musiman biasanya mudah mengenali karena bertepatan dengan kedatangan penyebab alergi yang relevan dalam lingkungan.membaik dengan obat anti alergi atau sediaan steroid topikal maka penyebab alergi sangat mungkin.

Rhinitis iritan bisa terjadi dengan aktifitas atau perubahan suhu udara dan kelembaban. dan obat-obat nonsteroidal antiinflamasi. jumlah serbuk sari tertinggi pada pagi hari. seperti angiotensin-mengubah enzim penghambat. sore hari dan pada malam hari. chlorpromazine. sakit tenggorokan. dan harus menjadi langkah pertama dalam mencoba untuk mengontrol gejala.Penyebab rhinitis Rhinitis infektiv Perbedaan utama Onset akut kurang dari 1 minggu Ciri lain dari infeksi pernapasan atas timbul seperti demam. atau memulai dengan pil kontrasepsi oral. debu rumah atau hewan. ketika gejala terjadi dengan kehamilan. aspirin. semprotan. beta-blokers. Gejala timbul segera setelah memulai obatobatan. Saran pola hidup Saran sederhana menurunkan paparan alergen sangat membantu bagi kebanyakan orang dengan alergi terhadap tungau serbuk sari. Gejala dapat timbul kembali ketika pengobatan dengan nasal dekongestan di Rhinitis iritan Rhinitis yang dipengaruhi obat (jarang) Rhinitis hormonal (jarang) hentikan. Saran penghindaran sederhana meliputi Rumput alergen serbuk sari. pembesaran kelenjar getah bening. Namun strategi menghindari alergen (misalnya untuk tungau debu rumah) hanya dapat dibenarkan bila gejala yang tidak adekuat dengan terapi obat yang cocok dan ketika alergen dikonfirmasi pada pengujian. seperti agen pembersih. . sehingga menghindari ruang berumput terbuka di waktu tersebut bisa membantu. Rhinitis iritan kimia terjadi segera setelah terpapar dengan bahan kimia yang mudah menguap. Menutup jendela di rumah-rumah dan mobil ketika jumlah serbuk sari tinggi dan banyak mobil modern yang mempunyai filter serbuk sari harus diganti secara teratur. batuk.

Namun. frekuensi dan rute disukai administrasi. atau lebih). Alergi hewan: menghindari hewan dan permukaan yang terkontaminasi dengan bulu adalah langkah yang jelas. jika orang menderita gejala yang lebih sering atau terus-menerus. dan tirai dengan permukaan yang dapat dibersihkan. Membersihkan debu secara teratur dari permukaan tempat tidur harus dilakukan dengan kain lembab. atau jika pengobatan oral disukai. episode akut rhinitis saja mungkin paling diobati dengan antihistamin intranasal. antihistamin oral yang tersedia termasuk penenang non. jika rhinitis tersebut accompanid oleh konjungtivitis alergi. Pilihan pengobatan umumnya diatur oleh gejala dominan. permukaan lantai kayu atau lantai keras lebih baik digunakan karpet. persiapan sekali sehari. Bagi mereka yang termotivasi untuk mencoba menghindari tungau debu rumah. maka pengobatan atau pencegahan jangka panjang mungkin cocok. sesuai. langkah-langkah tersebut benar-benar hanya cocok untuk individu yang sangat termotivasi yang tidak cukup dikendalikan dengan pengobatan pencegahan dan ketika alergen tersebut telah dikonfirmasi oleh tes alergi. Ketika gejala yang parah lebih baik untuk membatasi hewan ke kamar tidak sering dikunjungi oleh penderitanya. Di kamar tidur. sedangkan akhir-akhir ini yang sangat cocok jika gejala didominasi hidung dan / atau hidung tersumbat adalah keluhan yang menonjol. Dulu gejala alergi lainnya yang menonjol. pengobatan mungkin perlu terus berlanjut sepanjang musim ketika alergen merata. Pilihan Pengobatan Pilihan pengobatan akut dan pencegahan untuk pengobatan diri tersedia di banyak negara. Di sini pilihannya adalah antihistamin oral harian. Bahkan jika langkah-langkah ini rajin diterapkan dalam beberapa waktu untuk perbaikan gejala yang lebih baik. Tergantung pada alergen yang terlibat. dan mainan lembut berbulu harus dijauhkan dari tempat tidur. atau sediaan steroid intranasal (juga tersedia sediaan 1x sehari). bantal sintetis dan selimut akrilik harus digunakan dalam preferensi untuk bahan lainnya. kasur dan bantal dapat dipasang dengan penutup yang tidak tembus dengan tungau debu rumah. untuk alasan ini. Orang yang memiliki episode berulang dari rhinitis alergi .Alergi tungau debu rumah: langkah-langkah penghindaran ketat dapat nyaman dan mahal dan bukti untuk efektivitas mereka tidak kuat5. Selimut dan mainan berbulu harus dicuci seminggu sekali pada suhu tinggi (60° C.

Semprotkan yang kedua di lobang hidung yang sama kemudian ulangi prosedur ini untuk lobang hidung yang lainnya. nyaman. mungkin lebih baik untuk memulai pengobatan beberapa minggu sebelum kemungkinan terjadi musim yang berhubungan. Ketika waktu tidak pasti. Gejala yang khas dapat segera dikenali dan tidak sering bingung dengan penyebab lain. Banyak penderita dapat sangat terbantu dengan saran pragmatis sederhana untuk mengurangi paparan dengan alergen pencetus. • Semprotkan kedalam hidung saat bernafas dengan pelan. • • Hembuskan nafas melalui mulut. karena mereka mahal.dikontrol oleh kortikosteroid intranasal idealnya harus memulai pengobatan setidaknya 7 hari sebelum terpapar alergen kembali. di pengujian alergen lain sangat membantu dalam perencanaan menghindari alergen dan strategi pengobatan. atau jika ada gangguan untuk kehidupan sehari-hari normal. dan mungkin tepat hanya dalam kasus-kasus tertentu. Jangan menghembus dengan cepat. Miringkan kepala sedikit kedepan dan simpan botol dalam posisi tegak. Jika perawatan diri gagal untuk mengontrol gejala yang adekuat. misalnya dengan serbuk sari. Kesimpulan Rhinitis alergi sangat umum di Negara-negara berkembang dan memiliki potensi gangguan parah pada kualitas hidup jika gejala tidak dikontrol. Dalam banyak individu alergen yang jelas dari sejarah. Tekhnik baik yang perlu dilakukan untuk spray intranasal: • • • Meniupkan hidung secara perlahan untuk mencoba dan membersihkan Kocok botol dengan benar Tutup 1 lobang hidung dan letakkan semprot hidung dekat lobang hidung yang lainnya. Kelas utama pengobatan untuk rhinitis alergi tersedia untuk obat sendiri di banyak negara di seluruh dunia. Cara menghindari allergen yang lain (misalnya untuk tungau debu rumah) mungkin memerlukan nasihat profesional. pengobatan . maka konsultasi dengan dokter untuk meninjau diagnosis dan pilihan pengobatan yang pantas.

hanya mungkin diperlukan jangka pendek untuk episode akut. Alergi rhinitis adalah alasan paling umum untuk mengobati diri sendiri yang atopi. teknik yang baik saat menggunakan semprotan hidung penting untuk keberhasilan yang optimal. tetapi gejala yang lebih persisten mungkin memerlukan opsi perawatan diri jangka panjang dan pencegahan termasuk persiapan steroid topikal. termasuk pre-emptive penggunaan pengobatan pencegahan sebelum paparan alergen diprediksi. ketika berkonsultasi. profesional perlindungan kesehatan dapat memberikan saran pragmatis pada gaya hidup dan perawatan untuk membantu pasien mengontrol gejala mereka secara independen. . dalam banyak kasus gejala dapat dikendalikan dengan tindakan perawatan diri. dan tanpa kehilangan kualitas hidup.