You are on page 1of 3

Dalam setiap pokok permasalahan ini , praktisi umum UK Dr James Kennedy memandang suatu masalah kesehatan umum dan

menyimpulkan saran yang berdasarkan bukti pragmatis yang dapat ditawarkan kepada orang-orang yang ingin menjaga diri mereka sendiri PERAWATAN DIRI SENDIRI DARI RHINITIS ALERGI Pendahuluan Rinitis alergi (RA) mempengaruhi sekitar 10-20% dari populasi umum di negara maju dan meningkat kejadiannya1. RA ditandai dengan gatal hidung, bersin-bersin, hidung berair, dan hidung tersumbat. Selain itu, gejala konjungtiva (alergi konjungtiva), gangguan penciuman dan sakit kepala dapat terjadi berkaitan. Menurut waktu paparan antigen, RA dapat dibagi menjadi penyakit tahunan, musiman, dan pekerjaan. Tahunan paling sering disebabkan oleh paparan terus-menerus terhadap tungau debu dan bulu binatang. RA musiman, paling sering disebabkan oleh serbuk sari, menghasilkan 'demam' akrab terkait dengan bulan-bulan hangat tahun ini. Pilihan perawatan diri sendiri untuk rhinitis alergi termasuk sebagian besar kelompok manfaat obat yang tersedia dan dengan pengetahuan dan saran kebanyakan orang dapat mengelola gejala mereka cukup tanpa pengawasan medis yang sedang berlangsung. Tergantung pada penyebab alergi tertentu yang terlibat, penyesuaian gaya hidup yang kecil juga dapat membawa perbaikan nyata dalam kehidupan penderita. Untuk alasan ini, pengujian penyebab alergi akan direkomendasikan jika penyebab gejala tidak jelas, agar tindakan pencegahan dan perencanaan ke depan dapat mengurangi jumlah dan tingkat keparahan gejala lanjutan. Rinitis alergi, jika tidak dikontrol, dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas hidup1. Jika perawatan diri gagal untuk mengontrol gejala fungsi normal sehingga dimungkinkan, saat itu dilakukan tinjauan dari diagnosis dan pilihan pengobatan. Gejala rhinitis alergi hilang sepenuhnya pada 10-20%, dan meningkatkan spontan dalam proporsi yang tinggi (40-65%) dari penderita dari waktu ke waktu2. Kata Kunci: Rinitis alergi, penyebab alergi, antihistamin, steroid intranasal

Tabel 1 merangkum pola khas untuk penyebab alergi umum. Rhinitis alergi merupakan faktor risiko yang diakui bagi perkembangan asma dan biasanya mendahului itu. Orang dengan gejala yang khas dan mereka yang memiliki riwayat keluarga mungkin telah mencoba pengobatan untuk 'demam' diperoleh dari apotek atau di tempat lain. Diikuti oleh terpapar hewan atau bulu mereka.Rhinitis Alergi Ketika seseorang timbul gejala rhinitis untuk pertama kalinya. Gejala tergantung pada paparan Serbuk sari pohon Serbuk sari rerumputan Serbuk sari rumput liar Penyebab alergi yang ditemui di tempat kerja dengan tidak ada pola musiman yang jelas. beberapa gabungan membuat penyebab alergi lebih besar. apakah gejala . Seringkali yang menjadi pemicu gejalanya jelas untuk si penderita. Hidung yang terkena rhinitis alergi sering disertai dengan rasa gatal dan. Terdapat seringkali menjadi sejarah dari jenis lain alergi (eksim atopik) atau anggota keluarga dekat mungkin memiliki kondisi yang berhubungan dengan alergi (rhinitis alergi atau asma misalnya). atau mudah diidentifikasi dari pola gejala. Terputus atau berkelanjutan gejalanya selama 'musim bunga' musim semi. Tabel 1: Rinitis alergi: pola dari penderitaan pada penyebab alergi umum Pencetus alergi Debu tungau rumah Pola penderita Buruk pada bangun tidur dan hadir sepanjang tahun tetapi dapat menjadi lebih buruk pada Bulu binatang musim gugur dan musim semi. gejala konjungtivitis alergi merupakan indikator kuat penyebab alergi. Terputus atau berkelanjutan gejala dari awal musim semi hingga awal musim gugur. Terputus atau berkelanjutan gejalanya yang cenderung untuk meningkatkan di akhir pekan dan selama liburan. jika ada. Terputus atau berkelanjutan gejalanya dari akhir musim semi ke awal musim panas. Diperkirakan bahwa pencegahan yang efektif dari penyebab alergi yang diketahui menyebabkan rhinitis alergi dapat membantu mencegah perkembangan asma3.

Diagnosis Banding Rhinitis alergi musiman biasanya mudah mengenali karena bertepatan dengan kedatangan penyebab alergi yang relevan dalam lingkungan. Uji Alergi Pengujian alergi berguna jika alergen tidak jelas dapat diidentifikasi dari riwayat. Mengingatkan orang terhadap penyebab alternatif rhinitis dapat membantu ketika penyebabnya dapat dihindari di masa depan. Tabel 2 memberikan diagnosis alternatif biasa dan fitur yang membedakan membantu.membaik dengan obat anti alergi atau sediaan steroid topikal maka penyebab alergi sangat mungkin. . Pola gejala tidak khas dan / atau tidak respon terhadap pengobatan bisa mendorong konsultasi dan mengarah ke sebuah penelusuran masalah struktural atau kondisi sistemik yang dapat meniru gejala-gejala dan tanda-tanda rhinitis. atau jika penyebab lain seperti rinitis iritan yang dicurigai. Terkadang secara jelas identifikasi penyebab alergi (s) yang bertanggung jawab untuk gejala ini berguna untuk orang yang ingin menerapkan penyesuaian gaya hidup yang paling efektif untuk untuk menghindari paparan. Kasus rhinitis yang lebih jarang (misalnya non-alergi rhinitis dengan sindrom eosinofilia) terkadang diidentifikasi ketika pengujian alergen adalah negatif. Penyebab lain dari rhinitis juga memiliki hubungan temporal yang dekat dengan penyebabnya dan ini seringkali cukup untuk mengindikasikan kemungkinan alternatif.