P. 1
Jenis Jenis Batuan Sedimen Dan Gambarnya

Jenis Jenis Batuan Sedimen Dan Gambarnya

5.0

|Views: 7,449|Likes:
Published by Azahar Awang

More info:

Published by: Azahar Awang on Aug 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2014

pdf

text

original

Jenis Jenis Batuan Sedimen dan Gambarnya

Sains - drzpost.com - Batuan sedimen terjadi karena pengendapan. Mula-mula hasil pelapukan dan pengikisan batuan dihanyutkan oleh air atau terbawa tiupan angin. Lamakelamaan, endapan itu menjadi keras karena tekanan atau oleh adanya zat-zat yang merekatkan bagian per bagian. Ciri utama batuan sedimen adalah berlapis-lapis. Jika butiran pada batu itu bundar dan besar dinamakan batu konglomerat. Jika butirannya kasar dan bersudut-sudut tajam dinamakan batu breksi. Jenis lain adalah batu pasir dan batu gamping. Agar lebih jelas lihatlah tabel di bawah.

Jenis-Jenis Batuan Sedimen dan Ciri-Cirinya
Batu gamping (kapur)
Ciri-ciri: Warna putih keabuabuan, agak lunak, dan bila ditetesi asam membentuk gas karbondioksida.

Terbentuk dari hasil pemadatan cangkang hewan lunak atau hewan laut yang telah mati. Cangkang tersebut terdiri dari kapur tidak musnah.

Batu konglomerat
Ciri-ciri: Kerikil-kerikil bulat, batu-batu dan pasir yang merekat satu sama lain.

Terbentuknya dari beberapa bahan yang saling lepas. Akibat gaya berat bahanbahan tersebut terpadatkan dan saling terikat.

Batu pasir
Ciri-ciri: Butiran-butiran pasir yang saling merekat. Warna abu-abu, kuning, dan merah.

Terbentuknya dari beberapa bahan yang saling lepas. Akibat gaya berat bahanbahan tersebut terpadatkan dan saling terikat.

Batu breksi
Ciri-ciri: Gabungan pecahanpecahan berasal dari letusan gunung berapi.

Terbentuk dari bahan-bahan yang terlempar tinggi ke udara saat gunung meletus, dan mengendap di suatu tempat. Artikel ini ditulis oleh Andy pada 16:22 11 January 2013

SUMBER: http://www.drzpost.com/reading-199-Jenis-Jenis-Batuan-Sedimen-dan-Gambarnya.html

Batuan Beku Dalam dan Batuan Beku Luar
Sains - drzpost.com - Hmm..teman-teman kalau pernah main ke daerah pegunungan atau sungai-sungai dekat pegunungan, pasti ada liat batuan kan? Nah itu adalah batuan beku. Apa itu batuan beku? Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang lamakelamaan membeku. Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada, baik di mantel ataupun kerak bumi. Umumnya, proses pelelehan terjadi oleh salah satu dari prosesproses berikut: kenaikan temperatur, penurunan tekanan, atau perubahan komposisi. Lebih dari 700 tipe batuan beku telah berhasil dideskripsikan, sebagian besar terbentuk di bawah permukaan kerak bumi. Berasarkan lokasi membekunya batuan tersebut, batuan beku dibagi atas tiga, yaitu batuan beku dalam, batuan beku gang dan batuan beku luar. Batuan beku dalam adalah batuan yang proses pembekuannya terjadi di dalam perut bumi. Batuan beku gang adalah batuan beku yang terbentuk di dekat permukaan bumi, biasanya di sela-sela kerak bumi.Batuan beku korok terjadi dari magma yang membeku di lorong antara dapur magma dan permukaan Bumi. Magma yang meresap di antara lapisan-lapisan litosfer mengalami proses pembekuan yang berlangsung lebih cepat, sehingga kristal mineral yang terbentuk tidak semua besar. Campuran kristal mineral yang besarnya tidak sama merupakan ciri batuan beku korok. Batuan beku luar adalah batuan beku yang terbentuk di luar atau permukaan bumi.

Batuan beku dan contohnya
Oke mari kita lihat contoh-contoh batuan beku.

Contoh Batuan beku dalam
Granit

Gabro

Contoh Batuan beku luar
Basalt

Andesit

Artikel ini ditulis oleh Resa pada 16:14 18 January 2013 SUMBER: http://www.drzpost.com/reading-244-Batuan-Beku-Dalam-dan-Batuan-Beku-Luar.html

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->