Team-Based Learning (TBL) Ini poin2 yang tak tangkep tadi pas seminar pengembangan metode blajar

TBL. Pembelajaran ini rencananya akan diterapkan di kampus kita mengingat jumlah dosen yang sedikit. Tapi g tau kapan, hehe... mungkin blok dpan, uppsss.. blok muskuloskeletal, heheee..... cemungudhhh  Beberapa perbandingan antara PBL (tutorial yg slama ini diterapkan) dan TBL Pembanding PBL TBL Skenario 1 skenario, mahasiswa 1 skenario, terfokus pada mencari kmungkinan suatu penyakit. Penyakit ini penyakit dan DDnya. dicari DDnya jg. Tapi dalam (intinya mbahas banyak 1x TBL, cuma mendalami penyakit di pert.2) sebuah penyakit itu. (Dengan kata lain, penyakit yang dibahas lebih sedikit daripada di PBL). Materi skenario mengacu pada SKDI berkisar skala 3b n 4 LO (learning Objective) LO dicari n ditentukan oleh LO diberikan oleh dosen mahasiswa beberapa hari sebelum pertemuan dilakukan. Referensi belajar Mahasiswa mencari sendiri Dosen memberi info referensi sumber2nya mskipun di mana aja yang spesifik terkait modul sudah ada. Tp yang dengan pokok bahasan di dimodul tdk spesifik pertemuan TBL yang akan memberi tahu materi bab datang. (lebih terarah). mana aja yang ada di bku cetak kedokteran yang perlu dibahas. Ke-aktifan individu dalam Distribusi keaktifan tidak Tiap mahasiswa dipicu untuk tim/kelompok merata aktif karena ada presentase nilai dari keaktifan masing2. Dosen / fasilitator Per kelompok 1 dosen. 1 kelas besar yang tdd klompok2, ada minimal 2 dosen: 1 moderator, 1 fasilitator pemberi penjelasan materi skenario (istilahnya, pake dosen yang Expert di materi yang dibahas). Jadi pembahasan skenarionya lebih mendalam. Tes uji pmahaman Kmungkinan besar tidak ada Ada 2 ujian: (memang ada bbrapa dosen 1. multiple choice sbesar yang pake pretest atau 10-20 soal disebut postest) *iRat, sebelum mulai TBL (semacam pretest). Ini untuk memberi nilai per individu

tergantung dari kemampuan pmahaman dosen per kelompok Tiap anak dalam tim. Penjelasan materi dilakukan oleh dosen yang sudah expert sesuai materi. misalnya ditentukan ada 5 tim. disebut *tRat. Presentasi materi di skenario Per anak tunjuk tangan untuk menjelaskan. siap siap ditunjuk dosen untuk menjelaskan jawaban tRat dari skenario yang diberikan. Penjelasan tentang pokok2 materi yang sudah dibahas. Ini kadang2 menyebabkan ada yang tidak ditunjuk n akhirnya bnyak diamnya. Ini untuk mengerjakan skenario yang diberikan (jwbannya mbahas tentang: patologi.2. Sehingga lebih mendalam n diharapkan lebih mengena ke hati sanubari mahasiswa. Dosen (moderator) Tim 1 Dosen (fasilitator) Tim 2 Tim 4 Tim 3 Tim 5 * Ket: iRat : individual readiness assurance test tRat: team readiness assurance test . Sehingga motivasi belajar kurang kuat. Tiap tim @ 5 orang. anamnesistatalaksana). Diakhir sesi kegiatan Gambaran TBL: dalam 1 klas besar. Sehingga motivasi belajar diharapkan menjadi kuat. tes untuk dikerjakan tim.

6. Test iRat untuk menilai kesiapan individu tentang materi yang akan dibahas (pretest).1 apa jwabannya? Tim 1 : B Tim 2: D Tim 3: A Dst. Inilah feedback antara dosen dan mahasiswa. tim diminta menjawab soal yang diujikan di iRat tadi. Dalam tim. Setiap mahasiswa diberi lembaran soal brisi 10-20 soal multiple choice n lmbar jawaban. Pengumpulan jawaban iRat. Masuk ruang. Lalu dosen memberi pelurusan. lalu dosen akan mengatur denah per mahasiswa sesuai tim. Setelah selesai. Ex: Dosen: adik adik. Setelah itu. Kemudian dosen menunjuk acak lagi perwakilan tim untuk speaking jawaban n pmbahasannya (mulai dari kemungkinan penyakit yang diderita. jawaban dikumpulkan 5. tapi dijawab bareng2. 4.Tahapan TBL: ada 2 tahapan Tahap I: 1. Dosen memberi informasi hasil pemeriksaan lanjutan dari kasus di skenario (alokasi 40 menit utk tim mendiskusikan jawabannya) 4. 7. Tahap 2: 1. Setelah slesai. Setelah itu.. . no. terapi. Dosen memberi skenario yang mencakup anamnesis umum ( alokasi: 20 menit untuk tim mendiskusikan jawaban) 3. Kemudian.. dosen meminta tiap tim menyebutkan jawaban per soal. Diberi waktu skitar 20 mnit utk menjawab 3.hehee) utk mengutarakan jawaban n pnjelasan mengapa memilih jawaban tersebut. n DD juga). Waktunya skitar 30-60 menit. Persiapan denah mahasiswa per tim 2. Tujuannya mahasiswa bisa mengevaluasi jawabannya. rek. Jadi soalnya sama. Dosen Expert yang uda ahli membahas penyakit spesifik di skenario secara mendalam. 2. dosen memilih acak perwakilan tim (“siap siap ditunjuk.. dosen memberi jawaban yang benar per soal. 5. 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful