You are on page 1of 32

Karya ilmiah MINUMAN KERAS

Guru Pembimbing : Manurasi Abrina S.Pd. Disusun oleh : Dicky Setiawan Venny Suryanto

SMA EFATA SCHOOL
Jln.Vista Casa de Verona, Blok V20 Melati Mas Recindence. Serpong

2012/2013

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya ,sehingga dengan dorongan semangat yang tinggi, maka kami dapat menyelesaikan makalahyang berjudul “Minuman Keras” Makalah ini adalah hasil optimal yang telah dicapai penulis.Kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, seperti peri bahasa ” Tak Ada Gading yang Tak Retak “. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak. Akhirnya semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca yang budiman.

Tangerang, Februari 2013

Penyusun

ABSTRAK
Dalam kesempat ini kami akan membahas tentang kasus minuman keras. Kami ingin membahas materi ini. Minuman keras dan kejahatan yang hampir semua perilaku penyimpangan sosial ada 95% penduduk suatu daerah yang bertatto, mulai dari anak muda hingga orang tuia sekalipun. Mulai dari meminum minuman keras, sex bebas

(bahkan antar saudara), mencopet dan masih banyak tindakan kejahatan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Dan jika kita mencoba untuk menoleh kebelakang,
ini tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia dan juga tidak sesuai dengan norma agama dan budaya Islam. Minuman keras merupakan minuman berakohol, yaitu minuman yang mengandung Etanol. Dan cara pembuatannya adalah bulir gandum (atau sejenisnya) dibiarkan tumbuh berkecambah, kemudian dikeringkan. Proses penumbuhan kecambah ini akan menghasilkan yang mengandung enzim amilase (yang mampu mengubah karbohidrat menjadi gula, seperti air liur di dalam mulut kita) yang terdiri dari alpha amilase dan beta amilase. Terdapat pula bagaimana cirri-ciri orang yang peminum minuman keras, dan terdapat efek negative dari minuman keras seperti gangguan terhadap jantung, gangguan terhadap ginjal, merusak paru-paru dan sebaginya. Dalam pembahasan ini kami akan memberikan pengetahuan yang lebih lanjut.

............................... 1 1...5 Sumber data.....3 Akibat Minuman keras…………………………………………………………………........2 4...........................1 4.............1 Kesimpulan 5......2 Faktor-faktor Peminum Minuman keras………………………………………….......2 Rumusan masalah………………………………………………………………………… 2 1.................. BAB I PENDAHULUAN .....……………………………………………………………………… 4 1.................. 5 1............................................2 Saran DAFTAR PUSTAKA ...................3 Tujuan penulisan………………………………………………………………………….............................................................................. 1......... DAFTAR ISI .....................................3 BAB IV Analisis data 4.....................2 3............1 Latar belakang……………………………………………………………………………....DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ........ ................... 6 2......................4 Kerangka teori.........................3 BAB V Penutupan 5................. 3 1........................ 8 BAB III Metode penelitian 3........ 7 2.....1 3....1 Pengertian Minuman keras………………………………………………………….....6 Sistematika penulisan…………………………………………………………………… 6 BAB II Pembahasan 2......

tindakan asusila (sex bebas). geng 1.BAB 1 PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Melihat berbagai berita dan fakta belakangan ini. ini tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia dan juga tidak sesuai dengan norma agama dan budaya Islam.1 motor dan lain sebagainya. Dan dalam kesempat ini kami akan membahas tentang kasus minuman keras. . dikarenakan ada salah satu dari teman kami yang sangat perihatin dengan keadaan salah satu desa di “Jogjakarta”. mencopet dan masih banyak tindakan kejahatan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. baik di media massa ataupun media elekronik. banyak sekali kami melihat berbagai macam penyimpangan sosial diantarnya adalah kasus minuman keras. Mulai dari meminum minuman keras. tawuran antar pelajar. Kami ingin membahas materi ini. mulai dari anak muda hingga orang tuia sekalipun. dan kampung itu biasa disebut juga “Negara beling” dikarenakan hampir semua perilaku penyimpangan sosial ada disana dan 95% penduduk daerah itu bertatto. Dan jika kita menoleh kebelakang. tepatnya di daerah pinggiran “Tugu Monjali ” yang sehari-harinya hidup dengan minuman keras dan kejahatan. sex bebas (bahkan antar saudara).

6.1. 2. Rumusan Masalah Apakah minuman keras itu ? Bagaimankah cara membuat minuman keras ? Apa saja jenis – jenis minuman keras ? Apa efek negative yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi minuman keras? Apa saja faktor – factor yang membuat remaja mengkonsumsi minuman keras? Apa saja hal yang harus dilakukan agar kita tidak sampai mengkonsumsi minuman keras? . 4. 5.2 1. 3.

.3 TUJUAN PENULISAN Tujuan kami menulis karya ilmiah ini adalah bukan lain dengan ingin membagi kepada pembaca untuk memberikan informasi lebih lanjut.1. Karena kami melihat dari berbagai masyarakat di dunia ini. Maka dari itu. dari pembahasan ini kami semua bisa mengetahui bagaimana dampak buruk minuman keras bagi kesehatan tubuh kita dan pembaca dapat mengetahui lagi hal lebih dalam mengenai minuman keras. Apabila dalam karya ilmiah ini ada pengurangan. minuman keras bukanlah lagi hal yang baru bagi mereka dan mereka mengaggap minuman keras itu sudah sebagai minuman sehari-hari nya. mohon pembaca memakluminya.

4 SISTEMATIKA PENULISAN .1.

Itu sebabnya. yaitu bulir gandum. kemudian dikeringkan.Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan minuman keras adalah bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuh- . yaitu dengan memanfaatkan proses fermentasi. Kemudian. Gula akan menjadi alkohol dan gas karbondioksida. ditambahkan dengan buah hop (yang memberikan rasa pahit). Setelah itu didinginkan. dan umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu. Pengertian Minuman Keras Minuman keras merupakan minuman berakohol.Maka jadilah bir. yaitu minuman yang mengandung Etanol. Prinsip yang digunakan sama seperti pembuatan minuman keras buatan lokal Indonesia. Malt ini (bulir gandum berkecambah) dihancurkan dan dicampur dengan air panas atau direbus selama 1 – 2 jam.Etanol adalah salah satu bahan kimia psikoaktif yakni bahan kimia yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran bagi orang yang mengkonsumsinya.Setelah menjadi cairan gula. diperas dan disaring. Setelah itu ditambahkan ragi. Cara Membuat Minuman Keras dan Penjualannya Proses pembuatan bir sebenarnya sederhana saja.BAB 2 PEMBAHASAN A. B. seperti air liur di dalam mulut kita) yang terdiri dari alpha amilase dan beta amilase. Di sinilah proses fermentasi dimulai dengan mendiamkannya selama satu hingga tiga minggu. Akan tetapi penjualannya diberi batasan untuk kalangan tertentu. sebab bahan dasar pembuatnya memang berasal dari bahan yang sama. Bahan Pembuatan Minuman Keras / Minuman Beralkohol.Banyak sekali jenis dari miras baik lokal maupun dari luar negeri. atau seperti pembuatan tape ketan. bir terkadang disebut sebagai roti cair. Proses penumbuhan kecambah ini akan menghasilkan yang mengandung enzim amilase (yang mampu mengubah karbohidrat menjadi gula. Bulir gandum (atau sejenisnya) dibiarkan tumbuh berkecambah.

tumbuhan. Di Indonesia sendiri penjualannya juga dibatasi. gandum.Dalam istilah kepabeanan dan cukai minuman beralkohol disebut dengan MMEA (minuman mengandung Ethyl Alkohol). Disini kami hanya akan menyebutkan minuman keras asal Indonesia saja.Beberapa suku dan budaya di Indonesia menggunakan minuman beralkohol untuk acara-acara tertentu. illegal dan dengan aktif diberantas oleh pemerintah daerahnya. Perasan buah yang paling banyak dipakai adalah anggur. hope dan beras. dan umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu. Sagoer sendiri adalahcairan yang disadap dari pohon enau dan mengandung sedikit kadar alkohol sekitar 5%.Wewenang dari DJBC adalah untuk mengawasi impor MMEA dari luar negeri. meskipun kadang-kadang nira atau tebu juga dipakai untuk minuman beralkohol tradisional. yaitu perasan buah (jus) dan biji-bijian. Setelahdisuling dengan cara tradisional. Di Tangerang. minuman khas Minahasa ini . Jenis – jenis Minuman Keras Baru-baru ini kita mendengar berita mengenai minuman keras di Indonesia yang menelan banyak korban. sedangkan biji-bijian yang banyak digunakan adalah barley. dan untuk mengontrol secara penuh pendirian pabrik MMEA di dalam negeri. Di Bekonang di lain pihak. Maka dari itu setiap badan usaha yang akan memproduksi MMEA maka harus memiliki NPPBKC yakni Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai. Secara umum ada dua jenis tanaman yang sering dipakai. Penjualan miras cukup mudah. C. Solo dan bahkan insinyur pesawat Sukhoi di Makassar meninggal karena minuman keras. sehingga Cap Tikus & Sagoer Cap Tikus merupakan minuman keras dari Manado hasil penyulingan Sagoer. pembuatan Ciu ini didukung oleh pemerintah daerahnya. Akan tetapi penjualannya diberi batasan untuk kalangan tertentu. hanya mereka yang telah berumur 21 tahun ke atas yang boleh membelinya.Peredarannya sendiri juga diawasi dengan ketat oleh Negara dalam hal ini adalah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC).

legen dari pohon siwalan atau tal. danminum tiga seloki bakal ke neraka. Sejak dulu pula dikenal pameo menyangkut Cap Tikus. Sebenarnya tuak tersebar di begitu banyak daerah di Indonesia sehingga sering disebut dengan namanama lain. Tuak Tuak merupakan minuman keras khas Indonesia hasil fermentasi dari bermacam buah.2 gelas. masuk neraka. Di daerah Batak tuak dibuat dari pohon aren yang mirip pohon kelapa maka sering disebut bir panjat. mencari gara-gara. hati membara. membuat perkara. masuk penjara dan 10 gelas. Di salah satu lapo tuak tertulis Segelas tuak penambah darah. semakin menggila.7 gelas.8 gelas.menjadi pendorong kerja untukkalangan petani.6 gelas. minum satu seloki Cap Tikus. atau sumber lain.4 gelas.3 gelas.9 gelas. namun tuak di sini mengacu pada minuman hasil fermentasi dari buah yang manis. cukup untuk menambah darah.5 gelas. dua seloki bisa masuk penjara. membuat sengsara. Bahan-bahan tuak biasanya beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira kelapa atau aren. Sama seperti temannya dari Manado tuak juga sangat memabukkan dengan kadar alkohol yang lebih ringan. mulai tertawa-tawa.Bar-bar tradisional yang menyediakan tuak disebut lapo tuak. Namun saat ini Cap Tikus lebih menjadi sarana pelampiasan dan mabuk-mabukan. lancar bicara. .Begitu berbahayanya minuman ini hingga orang-orang tua mengingatkan agar bisa menahan atau mengontrol minum minuman Cap Tikus.

Para pembuat Sopi tradisional meskipun terlarang sangatlah makmur sampai bisa menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke bangku kuliah maka ada sebutan di Maluku sudah ada orang yang menjadi profesor-profesor karena Sopi ini.Arak Bali Mirip dengan tuak.Ada yang bilang rasa Sopi mirip Vodka. Sopi sendiri merupakan fermentasi dari pohon aren (jadi masih bersaudara dengan minuman keras Indonesia lainnya) dan memiliki kadar alkohol diatas 50%.Arak ini dari namanya saja sudah jelas berasal dari Bali dan sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Arak-arak untuk upacara biasanya mutu terendah karena arak terbaik akan diminum. Kadar alkoholnya 37-50%. Sopi Sopi adalah minuman keras asal Maluku yang dilarang di sana namun sudah sangat populer dan mendarah daging. Arak ini cukup populer juga di kalangan wisatawan di Bali dan salah satu resep cocktail yang terkenal adalah “arak attack” yaitu campuran Arak Bali dan orange juice. arak bali merupakan minuman keras hasil fermentasi dari sari kelapa dan buah-buahan lain. . Pembuatan Sopi yang menghasilkan rasa khasnya adalah penambahan bubuk akar Husor dan penggunaan bambu untuk penyulingan. Meskipun banyak turis mancanegara tidak akan terkesan dengan rasa arak dibanding minuman keras dunia lainnya namun keberadaan Arak Bali jelas membantu seorang asing menikmati liburannya dan mempromosikan pulau dewata. Dalam upacara menghormati para dewata arak akan dituangkan ke daun pisang yang sudah dibentuk seperti tangkup dan kemudian arak akan dicpiratkan tangan kanan dengan bantuan sebuah bunga.

Namanya pun sudah cukup sangar Lapen merupakan singkatan dari “langsung pening”. dan bahan kimia apapun yang bisa Anda pikirkan. dan yang kami maksud cairan bukan hanya cairan minuman tapi bisa karbol. pembersih.Pada jaman dahulu setiap ada hajatan malamnya pasti diikuti dengan acara mabuk “Ciu Bekonang”. Alkohol 98. didiamkan 12 jam siap untuk dikonsumsi. dll) yang akan menjadi asam di dalam tubuh dan menyerang sistem saraf terutama saraf mata. halaman awal akan didominasi kisah-kisah tragis penegak lapen. . sampai kematian massal. Surabaya hingga Madura. Memang cara pembuatannyapun akan membuat kita geleng kepala. Ciu Ciu merupakan sebuah nama sebutan untuk minuman keras khas dari daerah Banyumas dan Bekonang. Tidak heran halaman demi halaman pencarian google untuk “Lapen” dihiasi obituari dan berita pengerebekan polisi. Coba saja Anda cari di google mengenai minuman ini. bening dan rasanya sangat kuat. Kedua Ciu tidak berwarna. kelumpuhan.Lapen Nah minuman keras asal Yogyakarta ini reputasinya sungguh buruk. Lebih parahnya lagi di Yogyakarta para pemuda yang hilang arah sering adu keberanian dengan mencampur Lapen dengan berbagai cairan lain untuk memperkuat rasanya. Sukoharjo. Ciu ini pembuatannya menggunakan tape dan ketan sehingga hasil fermentasi dari singkong tidak seperti saudaranya di banyumas. formalin. Di tempat ini Ciu menjadi sangat populer dan dipasarkan ke seluruh Karesidenan Surakarta. dari kebutaan. Anda yang jeli akan bertanya alkohol apa yang dipakai? Disitulah masalahnya karena tidak jelas maka minuman ini sering terkontaminasi Methanol yang sangat beracun (bahan kosmetik. Meskipun mungkin ada hubungannya tapi tidak sama dengan Ang Ciu atau arak merah Cina. Di Banyumas Ciu merupakan hasil fermentasi dari beras dengan kadar alkohol mencapai 50-90%.5% dicampur 15 liter air mineral ditambah gula dan pemanis lainnya.

. Bir produksi dalam negeri (yang rasanya kalah jauh dengan bir luar negeri) juga populer di kalangan masyarakat kecil. dan Minuman Keras Lokal Lainnya Meskipun masih menjadi polemik dan perdebatan di kalangan rohaniawan. Anker Beer.Minuman-minuman itu ada di daftar ini hanya karena mereka dibuat di Indonesia meskipun kecil nilai tradisinya. Lihat saja grup orang tua yang dari anggur kolesomnya bisa merambah hingga ke bisnis makanan lain. Bir Bintang.Anggur Orang Tua. minuman keras produksi skala besar telah menjadi bisnis yang sangat besar.

Adanya “ajakan” atau “tawaran” dari teman serta banyaknya film dan sarana hiburan yang memberikan contoh “model pergaulan moderen” biasanya mendorong remaja minum-minuman keras secara berkelompok. antara lain disebabkan oleh : Remaja yang selalu minum-minuman keras selalu mempunyai “kelompok pemakai”. Misalnya saja ingin tahu bagaimanakah rasanya minuman keras.Awalnya remaja hanya mencoba-coba karena keluarga atau teman-teman yang yang menggunakannya. Sering menjadi lebih suka untuk mengorbankan apa saja demi hubungan baik dengan teman-teman sebanyanya. Sarana dan prasarana. Pada remaja yang “kecewa” dengan kondisi diri dan keluarganya.D. namun ada yang kemudian menjadi kebiasaan. Faktor – faktor Mengkonsumsi Minuman Keras dan Ciri – cirri Peminum Minuman Keras Faktor – faktor yang membuat remaja menjadi peminum minuman keras. Kesempatan. kurang kasing sayang dan sebagai maka dalam kesempatan terebut kalangan remaja berupanya mencari pelarian dengan cara minum-minuman keras. sebagai ungkapan rasa kasih sayang terhadap putra-putrinya terkadang orang tua memberikan fasilitas dan uang . bahwa remaja selalu mempunya sifat selalu ingi tahu segala sesuatu yang belum atau kurang diketahui dampak negatifnya. Motif ingin tahu. karena kesibukan orang tua maupun keluarga dengan kegiatannya masing-masing atau akibat broken home.

emosi remaja pada umunnya masih labil apabila pada masa puberitas. pada masa tersebut biasanya ingin lepas dari ikatan aturan-aturan yang diberlakukan oleh orang tua untuk memenuhi kehidupan peribadinya. Namun hal tersebut disalah gunakan untuk memuaskan segala keinginan dirinya antara lain berawal dari minum minuman keras. Emosional. Dalam upaya untuk melaksanakan konflik pribadi tersebut ia mencari pelarian dengan minum-minuman keras dengan tujuan untuk mengurangi ketagihan dan aturan yang diberikan oleh orang tua. karena tidak dapat mengatasi perasaan tersebut maka untuk menutupi kekurangan dan agar dapat menunjukan eksistensi dirinya. sehingga hal tersebut menimbulakn konflik pribadi. lebih berani dan sebagainya. Maka menyalah gunakan minuman keras sehingga dapat merasa mendapatkan apa yang diangan-angankan antara lain lebih aktif. Rendah diri.yang berlebihan. rendah diri dalam pergaulan masyarakat. .

Sering menguap dan menhantuk. Lebih banyak bergaul dengan orang-orang tertentu saja yang mempunyai ciri-ciri dan tanda-tanda diatas. Menjadi tidak disiplin. Nilai rapor atau prestasinya menurun. Mencuri apa saja milik orang tua atau saudara untuk membeli minuman keras. baik di rumah maupun di sekolah. Bersembunyi di tempat gelap atau sepi agar tidak terlihat orang. mudah tersinggung dan cepat marah tanpa alasan yang jelas. Pelupa. sukar tidur.Ciri – ciri peminum minuman keras yang mudah dikenali antara lain : Perubahan perangai atau perilaku seperti : yang biasanya periang tiba-tiba menjadi pemurung. melamun dan tidak memperdulikan kebersihan dan penampilan diri. Mata merah seperti mengantuk terus atau memakai kacamata hitam. mudah stress atau gelisah. Sering cemas. malas. . atau sering kabur. seperti orang bego atau pikun.

Stuktur kapsular atau selaput yang kecil dari hati terkena dampak dari alkohol sehingga mencegah dialisis dan sekresi yang seharusnya.E.Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan kekuatannya seperti seolah-olah tubuh kehabisan darah secara bertahap.Dalam kasus keracunan berbagai senyawa beracun. Hal ini diikuti dengan kontraksi selaput dan penyusutan bagian-bagian selular dari keseluruhan organ.Organ tubuh yang paling sering mengalami perubahan struktural akibat alkohol adalah hati. A.Hati menjadi besar karena dilatasi pembuluh-pembuluhnya.Albumin dari darah mudah melewati selaput mereka. membuat penis menjadi cacat. Struktur hati dipenuhi sel-sel lemak dan mengalami apa yang secara teknis ditunjuk sebagai „lemak hati‟. jantung.Secara normal. Hal ini sama halnya dengan alkohol.Struktur-struktur yang kecil di dalam ginjal pergi melalui modifikasi lemak. Efek Negatif dari Minuman Keras Aspek Fisik (Kesehatan Fisik/Fisiologis) Dampak minuman beralkohol antara lain akan menimbulkan kerusakan hati. impoten serta gangguan seks lainnya. Bagaimana alkohol merusak hati Kerusakan organis yang disebabkan oleh penggunaan alkohol secara terus menerus seringkali bersifar fatal.Pembuluh darah ginjal kehilangan elastisitas dan kekuatan untuk kontraksi. kami menganalisis seolah-olah hati merupakan sentral dari benda-benda asing. b. tambahan zat cair dan penebalan jaringan. hati memiliki kemampuan untuk menahan zat aktif dalam bagian selularnya. Hati seorang pecandu alkohol tidak pernah terbebas dari pengaruh alkohol dan seringkali dipenuhi olehnya. otot syaraf. . mengganggu metabolisme tubuh.Kemudian bagian bawah pecandu alkohol menjadi dropsikal dikarenakan gangguan pada pembuluh darah yang membawa arus balik darah. pangkreas dan peradangan lambung. Bagaimana alkohol merusak ginjal Ginjal juga menderita akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. a.

kemampatan paru-paru yang fatal dengan mudah mempengaruhi seorang pecandu alkohol. merupakan diri mereka sendiri yang ditransfer ke dalam tekstur otot yang telah dimodifikasi sehingga kekuatan kontraksinya berkurang drastis.Selama musim dingin yang parah. hal tersebut sulit terlihat sampai pada kerusakan yang lebih parah. telah mengisinya dengan darah. namun mereka tahu bahwa anggur atau stimulan jenis lain akan meredakan sensasi tersebut dengan . mereka menjadi mudah sesak.Unsur-unsur dari serat otot diganti oleh sel lemak atau jika tidak jadi diganti. struktur otot jantung gagal karena perubahan degeneratif dalam jaringannya. kesulitan istirahat yang cukup dan dapat terlalu lama tidak menyentuh makanan.c. Sekali lagi. Alkohol melemahkan jantung Konsumsi alkohol sangat mempengaruhi jantung.Ketika mengalami efek dari variasi suhu atmosfer yang cepat berubah. setelah jantung lewat denyutannya. Mereka merasakan apa yang mereka sebut dengan istilah "tenggelam". Struktur lapisan pembuluh darah besar dari jantung juga mengalami perubahan struktur yang sama sehingga pembuluhnya kehilangan elastisitas dan kekuatan untuk menyuplai jantung dengan kemunduran dari proses menggelembung-nya.Kemudian katup kehilangan keluwesan mereka sehingga yang disebut dengan gangguan katup menjadi permanen. Kemampatan paru-paru Alkohol menenangkan pembuluh darah paru-paru dengan mudah karena mereka yang paling terkena fluktuasi panas dan dingin.Kualitas struktur selaput yang menyelubungi dan melapisi jantung berubah dan menebal menjadi seperti tulang rawan atau berkapur. d.Mereka menyadari kegagalan pusat kekuatan dari penyebabpenyebab ringan seperti kelelahan. Mereka yang menderita kerusakan organis dari organ pusat dan organ pengaturan sirkulasi darah menyadarinya secara diam-diam.

telah bekerja terlalu keras dan menjadi payah sehingga tidak dapat bekerja lagi.Pada tubuh pria terdapat 65 persen air. e. dalam konsumsi berlebih minuman beralkohol lebih berdampak buruk untuk kaum hawa. Otak perempuan alkoholik dapat mengalami kerusakan. Walaupun organ hati kaum wanita tidak sensitif pada alkohol. Gangguan Bagi wanita Minuman beralkohol selama ini memang identik dengan minuman pria tapi saat ini semakin banyak kaum wanita yang mulai keranjingan menenggak alkohol.Padahal. namun konsentrasi alkohol dalam tubuh wanita yang tinggi itu akan membuat liver wanita lebih cepat rusak dibanding pria. fleksibilitas kemampuan kognitif. . alkohol juga merusak bagian liver. maka konsenstrasi alkohol dalam darah lebih tinggi meski mereka minum dalam jumlah yang sama dengan pria. Jadi mereka berusaha menghilangkan hal tersebut sampai akhirnya mereka menemukan bahwa cara tersebut telah gagal. penyelesaian masalah dan perencanaan.Jantung tersebut telah habis masanya dan pengatur aliran darah telah rusak. Kenyataan penelitian menyebutkan bahwa kaum wanita ternyata lebih cepat mabuk. Jantung yang setia. Alkohol diserap ke dalam darah kemudian dibawa oleh air ke dalam sel.Perempuan alkoholik memiliki hasil tes yang buruk dalam hal memori visual. Selain merusak syaraf otak.cepat. terutama pada fungsi syaraf kognitifnya. sedangkan wanita hanya 55 persen sehingga wanita lebih mudah mabuk.Namun bukan berarti pria alkoholik terbebas dari masalah. para dokter mengingatkan bahwa penyakit-penyakit yang berkaitan dengan alkohol lebih cepat muncul pada wanita.Lagi-lagi dampak kerusakannya lebih cepat terjadi pada perempuan dibanding pria. Nah karena air dalam tubuh wanita lebih sedikit.Arus balik bisa membanjiri jaringan secara bertahap membendung jalannya atau berhenti sepenuhnya di pusat hanya dengan kejutan ringan atau dengan gerakan berlebihan.Komposisi air dalam tubuh wanita lebih sedikit dibanding pria.

Selain itu.Dampak alkohol pada metabolisme wanita berbeda dengan pria. muntah serta nyeri pada bagian tubuh tertentu. Tidak seorang pun dapat mengatakan dengan pasti. gangguan pernafasan dan gangguan pada organ hati. penyakit jantung. Jika wanita dan pria yang berat badannya sama diberikan alkohol dalam jumlah yang sama. gangguan pernafasan & gangguan hati: Semakin sering dan semakin banyak jumlah alkohol yang anda konsumsi. Konsumsi itu akan berdampak pada kemampuan kognitif anak dikemudian hari. semakin besar pula resiko anda terjangkit kanker. tubuh pria lebih banyak memiliki kandungan air sehingga dapat mengurangi dampak alkohol. Kanker. penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkan kekurangan gizi dan menurunkan ketahanan terhadap penyakit. Selain masalah koginitif anak yang lahir dari seorang ibu yang mengkonsumsi minuman beralkohol saat hamil juga akan mengalami masalah dengan rendahnya perhatian dan reaksi. Tekanan darah tinggi : Alkohol merupakan pemicu tekanan darah. kadar alkohol dalam darah wanita tiga kali lebih tinggi. Konsumsi minuman beralkohol bagi wanita yang sedang hamil akan merusak sang jabang bayi. tetapi pantang minum alkohol mungkin menjadi salah satu cara seorang wanita dapat tetap sehat dan tampak lebih muda lagi. maka tubuh anda akan mudah terserang infeksi. Berikut ini adalah pengaruh buruk akohol bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya : Mabuk : Konsumsi alkohol yang banyak dapat membuat mabuk dan menyebabkan korban mengalami sakit kepala. mual.Selain itu. penyakit jantung. Berat badan naik : Karena pada umumnya minuman beralkohol memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi. sekaligus memberikan dampak yang buruk pada penampilan Anda. Alasan lain yang dikemukakan adalah enzim yang mengubah alkohol menjadi materi inaktif lebih sedikit pada perempuan. . Sistem kekebalan tubuh menurun : Dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gangguan ingatan biasanya merupakan ciri yang awal don menonjol pada demensia.Karena daya ingat adalah penting untuk orientasi terhadap orang. Psikosis. pasien tidak menunjukkan gangguan pada tingkat kesadaran. Gangguan Bahasa. atau berputar-putar.Gangguan frontal dan temporal kemungkinan mengalami perubahan keperibadian yang jelas. mudah marah dan meledak – ledak. Gangguan Daya Ingat.Sebagai contohnya. stereotipik tidak tepat. Pada awal perjalanan demensia. dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa pasien. Perubahan kepribadian merupakan gambaran yang paling mengganggu bagi keluarga pasien yang terkena. pasien dengan Demensia mungkin lupa bagaimana kembali ke ruangannya setelah pergi ke kamar mandi. Proses demensia yang mengenai korteks. Diperkirakan 20 -30% pasien demensia tipe Alzheimer. Gangguan Lain : . tidak masalah bagaimana beratnya disorientasi. khususnya pada demensia yang mengenai korteks. memiliki halusinasi. kemampuan penilaian. gangguan daya ingat adalah ringan dan paling jelas untuk peristiwa yang baru terjadi. Orientasi. waktu dan tempat. Dampak Gangguan Jiwa (Psikologis) Dapat merusak secara permanen jaringan otak sehingga menimbulkan gangguan daya ingatan. Perubahan Kepribadian. terutama dengan sifat paranoid atau persekutorik dan tidak sistematik. kemampuan belajar dan gangguan jiwa tertentu.tetapi. dan 30 – 40 % memiliki waham. Kesulitan berbahasa ditandai oleh cara berkata yang samar-samar.2. seperti demensia tipe Alzheimer. terutama demensia tipe Alzheimer dan demensia vaskular.Pasien demensia mempunyai waham paranoid. orientasi dapat terganggu secara progresif selama perialanan penyaki Demensia.

Ditandai oleh mengantuk. Pasien demensia vaskular mempunyai gejala neurologis tambahan seperti nyeri kepala.Psikiatrik. Ditandai oleh agitasi sekunder karena kesadaran subjektif tentang defisit intelektualnya di bawah keadaan yang menegangkan. dan disfagia lebih sering pada demensia vaskular. dan terjatuh secara tidak disengaja. membuat lelucon. konfusi. tanda neurologis fokal. pingsan. Sindroma Sundowner.Di samping afasia. dan gangguan tidur. pusing. kelemahan. Gangguan Mental Organik dipakai untuk Sindrom Otak Organik yang etiolognnya (diduga) jelas Sindrom Otak Organik dikatakan akut atau menahun berdasarkan dapat atau tidak dapat kembalinya (reversibilitas) gangguan jaringan otak atau Sindrom Otak Organik itu dan akan berdasarkan penyebabnya. disartria. Keadaan ini terjadi pada pasien lanjut usia yang mengalami sedasi berat dan pada pasien demensia yang bereaksi secara menyimpang bahkan terhadap dosis kecil obat psikoaktif. Tanda neurologis lain adalah kejang pada demensia tipe Alzheimer clan demensia vaskular. ataksia. pada Sindrom Otak Organik menahun (kronik) ialah demensia. Gejala utama Sindrom Otak Organik akut ialah kesadaran yang menurun (delirium )dan sesudahnya terdapat amnesia. . seperti mengubah subjek. atau mengalihkan pewawancara dengan cara lain. emosi yang ekstrim tanpa provokasi yang terlihat. Sindrom Otak Organik dipakai untuk menyatakan sindrom (gejala) psikologik atau perilaku tanpa kaitan dengan etiologi.Palsi serebrobulbar. Reaksi yang katastropik. Neurologis. apraksia dan afmosia pada pasien demensia adalah sering. permulaan gejala atau lamanya penyakit yang menyebabkannya. pasien biasanya berusaha untuk mengkompensasi defek tersebut dengan menggunakan strategi untuk menghindari terlihatnya kegagalan dalam daya intelektual.Pasien demensia juga menunjukkan tertawa atau menangis yang patologis yaitu.

emosional. bakhan untuk dapat memperoleh seteguk alkohol (kecanduan) dan bila tidak terkontrol akan memicu tindakan-tindakan nekad yang melanggar norma-norma dan sikap moral yang lebih parah lagi akan dapat menimbulkan tindakan pidana atau kriminal. bahkan tidak takut mati.Orang mabuk cenderungnya memiliki emosi yang tidak terkontrol. dan keamanan masyarakat. rusuh atau melakukan aksi brutal. penegeakan hukum dan perawatan serta pemulihan pecandu minuman keras (beralkohol) Menimbulkan gangguan terhadap ketertiban. .  Menimbulkan beban penderitaan berkepanjangan dan hancurnya harapan tentang masa depan anak. ketentraman. Memicu kekerasan dalam rumahtangga (KDRT) dan memicu perceraian.Di bawah pengaruh alkohol. mereka meneguk minuman beralkohol. Menimbulkan beban ekonomi yang tinggi bagi program pencegahan.separatisme dan terorisme. dan sosial yang sangat berat.Beberapa kekerasan masal terjadi karena sebelum mereka ricuh.   Memicu proses penelantaran keluarga.Berkaitan dengan peningkatan tindak kejahatan termasuk kerusuhan. Menimbulkan beban biaya yang sangat tinggi yang dapat membuat bangkrutnya ekonomi keluarga. Keresahan Masyarakat dan Beban Negara) Orang mabuk karena alkohol itu jika tidak terkontrol ternyata banyak yang menyebabkan masalah sosial dan kamtibmas. kita sering mendengar dan melihatnya pada konser-konser musik di saat mereka mabuk. Menghancurkan kualitas dan daya saing bangsa serta membunuh masa depan dan kejayaan bangsa. Pemabuk menjadi kurang memberi perhatian terhadap lingkungan terdekat dan sekitar.3. Dampak Terhadap Orangtua dan Keluarga   Menimbulkan beban mental. tersenggol sedikit saja bisa memicu keributan.Perasaan pemabuk mudah tersinggung. 4. orang cenderung menjadi berani dan agresif. Dampak Sosial (Gangguan Kamtibmas.

. seseorang harus menambah konsumsi carian sebanyak 2-3 liter/hari karen sel-sel dalam tubuh butuh cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Untuk mendukung proses detoksifikasi. Beberapa jenis herba atau tumbuhan dan suplemen yang mengandung vitamin B dapat membantu mengurangi ketegangan fisik maupun psikis yang muncul selama proses detoksifikasi alkohol. wortel dan apel. Untuk membersihkan racun alkohol. Upaya yang Dilakukan Agar tidak Kecanduan Minuman Keras Detoksifikasi Mengatasi kecanduan alkohol harus diikuti dengan proses detoksifikasi. Mengkonsumsi herba dan suplemen. cairan yang cukup akan sangat membantu sistem kekebalan tubuh. proses tersebut harus ditunjang oleh perubahan gaya hidup.F. Pada proses ini. yakni proses menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh. sementara jus wortel mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut : Minum air putih lebih banyak. proses detoksifikasi dilakukan dengan mengganti cairan tubuh atau rehidrasi. sebab upaya untuk mengatasi kecanduan harus dimulai dengan niat dari si pecandu sendiri. suplemen apa yang cocok dengan kondisi individual masing-masing. Jus buah bit (beetroots) diyakini berkhasian membersihkan hati. Konsultasikan dengan dokter atau konsultan herbal. Agar efektif. Cairan juga akan melancarkan pembuangan racun-racun termasuk sisa alkohol dari dalam tubuh. Apapun caranya tidak akan berhasil jika yang bersangkutan belum mantap 100 persen. air akan meluruhkan racun-racun dan pengotor di dalam tubuh. kombinasikan jus buah bit. Jika tekad sudah bulat. Jus cranberry juga bisa ditambahkan. Mengkonsumsi sayuran dan buah segar. karena mampu memurnikan tubuh dari racunracun pengotor. Proses tersebut akan efektif jika disertai perubahan gaya hidup. Saat melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi hanya melengkapi.

Pada kondisi yang parah. Karena banyak potasium yang dikeluarkan bersama keringat. depresi yang timbul selama proses detoksifikasi dapat menyebabkan perasaan gelisah dan mudah marah. Selingan adalah kunci. berpaling kepada alkohol sebagai pelarian. Anda tentu ingin melakukan sesuatu untuk menolong.Cara orang menghadapinya pun berbeda-beda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan : Membicarakan masalah. Anda harus membicarakannya terlebih dahulu. imbangi dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran.Pisang. barulah Anda benar-benar dapat turun tangan membantunya.Setelah melewati tahap tersebut. Proses detoksifikasi bisa memicu depresi.''Melibatkan orang itu dalam aktivitas apa pun dapat mengalihkan perhatiannya dari kebutuhan untuk mengalah pada alkohol''.Jika ada masalah. mulai dari hal sepele sampai problema besar. Dukungan keluarga dan orang terdekat SETIAP keluarga pasti memiliki masalah. Jika salah satu anggota terjerumus ke dalam kecanduan alkohol. .Anggota keluarga Anda mungkin menderita depresi atau merasa kesepian. jeruk sitrus dan sayuran hijau banyak mengandung potasium. yang bisa diredakan dengan melakukan yoga atau olahraga lainnya secara teratur.Kondisi tersebut membutuhkan obat penenang yang harus dibeli dengan resep dokter. melon.Yang terpenting adalah membuat orang itu mengakui masalahnya.Salah satunya.Daftarkan anggota keluarga itu ke dalam sebuah kelas hobi atau kursus. dia berpaling kepada alkohol sebagai pelarian. dia tidak akan memiliki waktu untuk memikirkan minuman keras. efek samping detoksifikasi bisa memicu tremor (gemetar) atau halusinasi. Dengan cara ini.Melakukan olahraga. Perlu diingat. tomat. atau biarkan dia melakukan aktivitas di sekitar rumah.Itu sebabnya.

Dengan cara ini.Selalu mendampingi.Hal ini merupakan faktor motivasi terbesar untuk seorang pecandu alkohol. dia tidak akan berdekatan dengan alkohol. "Jangan minum di depan orang itu dan tak perlu menggodanya". .Jangan menyimpan minuman keras di dalam rumah jika Anda melindungi seseorang yang berusaha melepaskan diri dari alkoholisme.''Anda harus dapat berdiri kuat dan menjadi dukungan moral saat dia membutuhkannya''. Pastikan Anda menunjukkan solidaritas untuk membantu mengatasi rintangan terbesar dalam hidupnya. Bebas alkohol. Biarkan dia tahu bahwa Anda akan selalu berada di sampingnya dalam suka dan duka.

Bir) 4. B. Dari penelitian yang kami survey terdapat : 1. Mengapa minuman keras seringkali dikonsumsi oleh orang-orang? 3. anggur merah . Jenis minuman keras apakah yang sering diminum usia anak muda sampai orang dewasa? ( A. Menurut anda apakah minuman keras baik untuk dikonsumsi? ( Ya / Tidak) Jawaban : orang 2.BAB III METODE PENELITIAN Menurut penelitian yang digunakan kami menggunakan metode Kuesioner. Menurut anda bagaimana cara mengindari minuman beralkohol dalam kehidupan sehari-hari agar tidak kecanduan minuman seperti itu? .

. Karena minuman keras akan berpengaruh sangat negative bagi tubuh. Dan pada kesimpulan terakhir. serta banyaklah konsusmsi air mineral atau minuman alternative lainnya. dan ada juga yang kami teliti karena sebagian anak muda yang minum minuman keras karena adanya pergaulan mereka yang terlalu bebas. maka ingin mencba-coba minuman keras. kami menganalisis bahwa cara yang tepat untuk menghindari minuman keras dari kehidupan sehari-hari dan agar tdak terjerumus dalam barang haram tersebut adalah menjauhi teman yang pergaulannya tidak benar. Seperti analisis yang kami temukan bahwa orang-orang yang menyukai minuman keras itu dikarenakan karena minuman tersebut dapat membuat tubuh menjadi hangat. Kebanyakan minuman keras yang sudah sering di konsumsi oleh jenjang manapun adalah BIR. baik bagi orang tua maupun orang muda. dan karena kurangnya perhatian dari orang tua.Bab IV ANALISIS DATA Menurut analisis yang kami dapatkan sudah jelas bahwa minuman keras tidak baik untuk dikonsumsi.

Mengkonsumsi miras bisa disebabkan oleh beberapa faktor. diantaranya karena broken home. . ajakan dari teman atau orang lain dan masih banyak sebab yang lainnya yang dapat menjerumuskan kita kedalam minuman yang bernama minuman keras dan mengkonsumsi miras bisa memabukan bahkan dapat menyebabkan kematian.1 Kesimpulan Minuman keras atau minuman beralkohol memberi pengaruh yang tidak baik sangat banyak sekali dan memberikan manfaat yang sedikit bahkan nyaris tidak ada sama sekali. stress.BAB V PENUTUP 5.

HIDUP SEHAT TANPA ALKOHOL !!!!!! . Minuman keras akan berakibat fatal bagi mereka yang telah tercandu obat alcohol seperti minuman keras. jangan lah mencobai barang haram tersebut. Minuman keras bukan lah jalan keluar yang baik untuk menyelesaikan suatu masalah jika kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan.5.2 SARAN Bagi anak muda yang sudah memasuki masa remaja jauhilah barang-barang alcohol tersebut untuk menjaga kesehatan bagi tubuh yang terjaga dan bagi para anak muda yang sedang stress karena suatu masalah yang dihadapi nya tanpa ada jalan keluar.

DAFTAR PUSTAKA .