SUSU KEDELAI

Tahukah Anda? Kedelai tak hanya terkenal di negara-negara Asia, tetapi juga sudah dikenal di bagian dunia lainnya seperti Amerika Serikat. Makanan sehat ini bisa diolah menjadi minuman seperti yang Anda ketahui, yaitu susu kedelai.

Minuman ini juga tak hanya dijual dalam kemasan siap minum, tapi juga dijual dalam bentuk susu kedelai kering. Biasanya sang penjual memiliki 2 pilihan jenis, yaitu dengan mengandung lemak jenuh atau tidak. Proses pembuatannya cukup sederhana, yaitu menggunakan air untuk menghaluskan dan merendam kedelai. Sepintas, susu kedelai mirip susu sapi. Tapi aroma dan rasa yang diberikannya sangatlah berbeda. Umumnya Anda akan mencium aroma seperti kacang-kacangan saat mengonsumsinya. Adapula produsen susu kedelai yang kini

meminimalisir aromanya agar tercium lebih ringan dan terasa lebih nikmat. Cara ini terutama sering dilakukan oleh produsen susu kedelai di Amerika.

Banyak cara agar tubuh Anda menjadi lebih sehat. Namun, pertanyaannya apakah cara yang Anda jalani juga bisa dinikmati? Susu kedelai memberikan kedua keuntungan tersebut, yaitu nikmat dan sehat. Di balik rasa dan aromanya yang khas, susu ini bisa bersaing dengan susu sapi. Minuman bernutrisi ini bebas laktosa, jadi sangat baik untuk siapapun yang alergi dengan susu sapi. Pada pembuatannya, susu kedelai biasanya ditambahkan protein, mineral, dan vitamin B. Minuman ini kaya akan isoflavon, namun kandungan kalsium dan vitamin B12 & D di dalamnya hanya sedikit. Maka dari itu, beberapa merek menambahkan nutrisi-nutrisi penting tersebut ke dalamnya, agar gizinya semakin tinggi.

Di zaman serba modern dan canggih seperti saat ini, banyak pula jenis makanan dan minuman yang ditawarkan. Sofdrink dan junk food adalah salah satu contohnya, dan banyak dikonsumsi oleh segala usia terutama kawula muda. Tapi, sayangnya bahaya junk food dan softdrink dapat menganggu tubuh Anda dalam memproduksi insulin. Hasilnya risiko terkena diabetes pun

Ph.meningkat.Ph. dan digantikan dengan minuman sehat seperti susu kedelai. karena kedelai merupakan sumber protein yang baik di mana pengeluaran insulin bisa diseimbangkan. Alangkah baiknya kebiasaan sering mengonsumsi softdrink segera dikurangi.D) hal 13 Diabetes di Usia Muda (Holistic Health Solution) hal 102 . Sumber: Terapi Kedelai (Earl Mindell R.