P. 1
Awal Masa Kanak

Awal Masa Kanak

|Views: 14|Likes:
Published by Bang Nasrul Khuluq
psikologi perkembangan
psikologi perkembangan

More info:

Published by: Bang Nasrul Khuluq on Aug 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2014

pdf

text

original

AWAL MASA KANAK-KANAK Pada umumnya orang berpendapat bahwa masa kanak-kanak merupakan masa yang

terpanjang dalam rentang kehidupan saat dimana individu relatif tidak berdaya dan tergantung pada orang lain. Bagi kebanyakan anak ( young children ) dalam uraian selanjutnya digunakan kata “anak-anak” yang menunjuk pada pengertian anak yang masih kanak-kanak, masa kanak-kanak seringkali dianggap tidak ada akhirnya sewaktu mereka tidak sabar menunggu saat yang didambakan yakni pengakuan dari masyarakat. Ciri- ciri awal masa kanak-kanak yaitu: Sebutan yang digunakan orang tua. Sebagian besar orangi tua menganggap awal masa kanakkanak sebagai usia yang mengundang masalah atau usia sulit. Sebutan yang digunakan para pendidik. Para pendidik menyebut tahun-tahun awal masa kanak-kanak sebagai usia prasekolah untuk membedakan dari saat dimana anak dianggap cukup tua, baik secara fisik dan mental, untuk menghadapi tugas-tugas pada saat mereka mulai mengikuti pendidikan formal. Sebutan yang digunakan para ahli psikologi. Para ahli psikologi menggunakan jumlah sebuatan yang berbeda untuk menguraikan ciri-ciri yang menonjol dari perkembangan psikologis anak selama tahun-tahun awal masa kanak-kanak. Tugas dalam perkembangan pada awal masa kanak-kanak • Perkembangan fisik. • Kebiasaan fisologis. Keterampilan pada awal masa kanak-kanak Keterampilan khusus awal masa kanak-kanak.. Pilihan penggunaan tangan. Kemajuan berbicara dalam awal masa kanak-kanak Peningkatan dalam pengertian Peningkatan dalam keterampilan berbicara Emosi yang umum pada awal masa kanak-kanak Amarah Takut Cemburu Ingin tahu Iri hati dan gembira

rekan bisa saja laki-laki atau perempuan dan dari segala umur. karena dalam periode ini hampir semua permainan menggunakan mainan. anak tidak lagi memberikan sifat-sifat manusia. atau benda-benda kepada mainannya. dan televisi Konstruksi dan membaca Perkembangan moral pada awal masa kanak-kanak Kehidupan dan kematian Fungsi tubuh dan ruang Berat dan bilangan Waktu dan diri sendiri Kesadaran sosial dan keindahan Jenis disiplin yang digunakan pada awal masa kanak-kanak Disiplin otoriter Disiplin yang lemah Disiplin demokratis . Menjelang berakhirnya awal masa kanak-kanak. Bermain pada masa awal kanak-kanak Masa awal kanak-kanak sering disebut tahap bermain. Dalam setiap tahap. Teman baik adalah teman baik bukan hanya teman bermain yang cocok tetapi juga seseorang pada siapa individu dapat berkomunikasi dengan bertukar pendapat dan saling percaya dengan meminta atau memberi nasihat. radio. Pola bermain awal masa kanak-kanak yaitu: Bermain dengan mainan dan permainan Dramatisasi dan film. Anak lebih menyukai teman bermain yang sejenis.Sedih dan kasih sayang Bentuk perilaku awal dalam pelbagi situasi sosial Bentuk perilaku sosial yang paling penting untuk penyesuaian sosial berhasil tampak dan mulai berkembang dalam periode ini.binatang. Teman bermain adalah orang dengan siapa individu terlihat dalam kegiatan yang menyenangkan. Bermacam-macam minat bermain yaitu anak yang sangat cerdas lebih menyukai permainan sandiwara. Penggolangan teman Rekan adalah orang yang memuaskan kebutuhan akan teman dengan berada dalam lingkungan yang sama dimana ia dapat dilihat dan didengar.kegiatan-kegiatan kreatif dan buku-buku yang memberikan informasi daripada yang bersifat hiburan.

Hubungan dengan sanak keluarga: ada dua kondisi dalam hubungan dengan sanak keluarga sehingga dapat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial anak. dan kejanggalan. cara berbicara dan perilaku yang sesuai. Bahaya psikologis Bahaya dalam berbicara . Hubungan keluarga pada awal masa kanak-kanak Hubungan orang tua dan anak: perubahan-perubahan dalam hubungan orang tua yang dimulia sejak tahun kedua masa bayi berlangsung terus selama awal masa kanak-kanak dan biasanya dalam tingkatan yang lebih tepat. Peranatara penggolongan peran seks adalah dalam masa kanak-kanak. orang tua dan anggota keluarga lain merupakan perantara utama untuk penggolongan peran seks. kecelakaan.Minat pada awal masa kanak-kanak Minat agama Minat pada tubuh sendiri Minat terhadap diri sendiri Minat terhadap seks Minat terhadap pakaian Penggolongan peran seks Mempelajari stereotip peran seks adalah sekumpulan arti yang dihubungkan dengan kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Kondisi-kondisi yang membentuk konsep diri pada awal masa kanak-kanak Cara pelatihan anak Cita-cita orang tua Posisi urutan Ketidaknyamanan lingkungan Meningkatnya individualitas Bahaya pada awal masa kanak-kanak Bahaya fisik: bahay fisik awal masa kanak-kanak menimbulkan reaksi psikologis maupun fisik. terutama penyakit. Arti ini berhubungan dengan penampilan dan bentuk tubuh individu yang sesuai dengan jenis pakaian. Hubungan dengan saudara: tidak semua berhubungan dengan saudara bersifat bertentangan dan kalaupun terjadi pergesekan hanyalah sekali-sekali saja.

Sementara menyesuaikan diri dengan tuntutan dan harapan baru satu. Masuk kelas satu merupakan peristiwa penting bagi kehidupan setiap anak sehingga dapat mengakibatkan perubahan dalam sikap. BAB VI AKHIR MASA KANAK-KANAK Permukaan akhir masa kanak-kanak ditandai dengan masuknya anak ke kelas satu.Bahaya emosional Bahaya sosial Bahaya bermain Bahaya dalam perkembangan konsep Bahaya moral dan bahaya penggolongan peran seks Bahaya dalam hubungan keluarga Bahaya kepribadian Beberapa kondisi penting yang mendukung kebahagiaan selama awal masa kanakkanak. Pada usia tersebut anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan yang dianggap penting untuk kebehasilan sesuai diri pada kehidupan dewasa. terutama anak laki-laki. kurang memperhatikan dan tidak bertanggung jawab terhadap pakaian dan benda-benda yang dimilikinya sendiri. Lingkungan yang merangsang dimana anak memperoleh kesempatan untuk menggunakan kemampuannya semaksimal mungkin. Karena kebanyakan anak. Ciri. Label yang digunakan oleh para pendidik: para pendidik melebelkan akhir masa kanak-kanak dengan usia sekolah dasar. nilai.ciri akhir masa kanak-kanak Label yang digunakan oleh orang tua: bagi banyak orang tua akhir masa kanak-kanak merupakan usia yang menyulitkan. Bagi sebagian besar anak hal ini merupakan perubahan besar dalam pola kehidupan anak. hal yang wajib untuk anak berusia enam tahun di amerika saat ini. anak mengalami gangguan emisional sehingga sulit untuk hidup bersama dan bekerja sama. Label yang digunakan para ahli psikologi: bagi ahli psikologi akhir masa kanak-kanak adalah usia berkelompok suatu masa dimana perhatian utama anak tertuju pada keinginan diterima . Kesehatan yang baik yang memungkinkan anak menikmati apa pun yang ia lakukan dan berhasil melakukannya. dan perilaku. juga bagi anak yang telah pernah mengalami situasi prasekolah selama setahun. kebanyakan anak berada dalam keadaan tidak seimbang.

Perkembangan fisik pada akhir masa kanak-kanak Tinggi: kenaikan tinggi per tahun adalah 2 sampai 3 inci. menyapu. berpakaian. . dan keterampilan tidak memerlukan perhatian sadar yang penting pada awal masa kanak-kanak. Keterampilan menolong orang lain: keterampilan menurut kategori ini bertalian dengan menplong orang-orang lain. Keterampilan sekolah: disekolah anak mengembangkan berbagai keterampilan yang diperlukan untuk menulis.5 inci Berat: kenaikan berat lebih bervariasi daripada kenaikan tinggi. Kesederhanaan: perbandingan tubuh yang kurang baik yang sangat mencolok pada akhir masa kanak-kanak menyebabkan meningkatnya kesederhanaan pada saat ini. Gigi: pada permulaan pubertas. Keterampilan yang dipelajari anak-anak yang lebih besar sebagian bergantung pada lingkungandigem dan sebagian lagi bergatung pada apa yang sedang digemari oleh teman-teman sebaya. Perbandingan tubuh: meskipun kepala masih terlampau besar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. berkisar antara 3 sampai 5 pon per tahun. beberapa perbandingan wajah yang kurang baik menghilang dengan bertambah besarnya mulut dan rahang. Dirumah mencakup membersihkan tempat tidur.5 pon. harus dapat makan. melukis. muncul selama masa remaja. anak-anak mempunyai sejumlah besar keterampilan yang mereka pelajari selama tahun-tahun prasekolah. hidung menjadi lebih besar dan lebih berbentuk. mandi dan berdandan sendiri hampir secepat dan semahir orang dewasa. Rata-rata perempuan sebelas tahun mempunyai berat badan 88. Rata-rata anak perempuan sebelas tahun mempunyai tinggi badan 58 dan anak laki-laki 57. menggambar. Keterampilan awal masa kanak-kanak Pada permulaan akhir masa kanak-kanak. dahi melebar dan merata. Kategori keterampilan akhir masa kanak-kanak Keterampilan menolong diri sendiri: anak yang lebih besar. dan mewarnai dengan krayon.5 pon dan anak laki-laki 85. Keempat gigi terakhir disebut gigi kebijaksanaan.umumnya seorang anak sudah mempunyai dua puluh gigi tetap. bibir semakin berisi. Perbandingan otot dan lemak: selama akhir masa kanak-kanak jaringan lemak berkembang lebih cepat daripada jaringan otot yang perkembangannya baru mulai melejit pada awal pubertas.oleh teman-teman sebaya sebagai anggota kelompok terutama kelompok yang bergengsi dalam pandangan teman-temannya.

maka dalam periode ini meningginya emosi di periode ketidakseimbangan. Ciri-ciri geng anak-anak Geng anak-anak merupakan kelompok bermain Untuk menjadi anggota geng anak harus diajak Anggota geng terdiri dari jenis kelamin yang sama Minat dan kegiatan bermain pada akhir masa kanak-kanak Bermain konstruktif Menjelajah Mengumpulkan Permainan dan olahraga Hiburan Perubahan dalam hubungan pada akhir masa kanak-kanak Sikap terhadap peran orang tua Harapan orang tua Metode paltihan anak Status sosial ekonomi Pekerjaan orang tua Perubahan sikap kepada orang tua Pertentangan antarsaudara Perubahan sikap kepada sanak keluarga dan orang tua tiri Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep dini pada akhir masa kanak-kanak . yaitu saat dimana anak menjadi sulit dihadapi. Bidang-bidang yang mengalami kemajuan Penambahan kosa kata Pengucapan Pembentukan kalimat Periode meningginya emosi Pada akhir masa kanak-kanak. Karena emosi cenderung kurang menyenangkan.naik sepeda dan renang. ada waktu dimana anak sering mengalami emosi yang hebat. Meningginya emosi akhir masa kanak-kanak dapat disebabkan karena keadaan fisik dan lingkungan.Keterampilan bermain: anak yang lebih besar belajar pelbagi keterampilan seperti melempar dan menangkap bola.

kecelakaan. bahaya moral. Bahaya psikologis yaitu bahaya dalam bicara.Kondisi fisik Bentuk tubuh Nama dan julukan Lingkungan sekolah Keberhasilan dan kegagalan Seks dan Intelegensi Bahaya pada akhir masa kanak-kanak Bahaya fisik yaitu penyakit. Kebahagiaan pada akhir masa kanak-kanak Akhir masa kanak-kanak dapat dan harus merupakan periode yang bahagia dalam rentang kehidupan. kesederhanaan. bahaya dalam konsep diri. bentuk tubuh yang tidak sesuai. Banyak faktor yang menimbulkan kebahagiaan anak-anak. ketidakmampuan fisik. bahaya bermain. Beberapa diantaranya juga merupakan tiga faktor kebahagiaan yaitu penerimaan atau dukungan. . kasih sayang dan prestasi terpenuhi. bahaya dalam penggolongan peran seks. bahaya sosial. kecanggungan. bahaya yang menyangkut minat. bahaya hubungan keluarga.bahaya dalam perkembangan kepribadian. kegemukan. bahaya emosi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->