You are on page 1of 6

Contoh Soal dan Pembahasan 1. Bacalah kalimat berikut dengan saksama!

Bambu adalah material alami yang sering dipandang mata . . . ia memiliki banyak kelebihan, . . . murah, tahan air . . . mempunyai banyak mamfaat. Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . . . (Ujian Nasional Tahun 2007) a. karena, serta, dan b. sehingga, antara, serta c. namun, juga, dan d. padahal, yakni, dan e. bahkan, misal, juga Jawaban: d Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi titik-titik yaitu pilihan d. 2. . . . siswa kelas I dan kelas II yang harus mengikuti upacara, . . . siswa kelas III. Konjungsi kolerratif yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebutialah . . . . (Ujian Nasional Tahun 2006) a. Tidak hanya . . . , juga demikian b. Baik . . . maupun . . . c. Sedemikian rupa . . . , sehingga . . . d. Bukan hanya . . . , melainkan juga . . . e. Tidak saja . . . , begitu saja . . . Jawaban: d Kunjungsi tersebut koleratif pertentangan. 3. Para tawanan perang yang selamat banyak berkisah tentang keganasan tentara Jepang di Cina, . . . rakyat Cinaselalu mengungkit msalah ini untuk menhujat Jepang . . ., tim pengusut internasional yang dipimpin Amerika tidak menemukan bukti kuat karena semua dokumen telah dibawa pulang ke Jepang akhir tahun 50-an dan tidak satu pun salinan tersimpan. Konjungsi yang tepat untuk menghubungkan kalimat-kalimat tersebut yaitu . . . . (Ujian Nasional Tahun 2006) a. sehingga, akan tetapi b. sehingga, karena c. oleh arena itu, maka d. kemudian, sehingga e. bahkan, di samping itu Jawaban: a Konjungsi sehingga dan akan tetapi tepat untuk mengisi titik-titik tersebut. 4. Perpustakaan dapat menjadi sumber belajar . . . koleksi buku yang ada di perpustakaan lengkap. Konjungsi antarklausa yangtepat untuk melengkapi kalimat di atas yaitu . . . . (Ujian Nasional Tahun 2006) a. agar b. jika c. dan d. supaya

kelihatan 5) agak : kemerahan. Tips Untuk mengetahui makna kata ulang. Raja Yordania mengenakan pakaian kebesaran dan penghormatan. . Konfiks pe-an berfungsi membentuk kata benda. . Jadi.e. Besok kamu jangan kesiangan lagi datang ke penginapan kami. Imbuhan ke-an dan pe-an yang maknanya sama dengan imbuhan per-an dalam kalimat tersebut terdapat pada kalimat . Makna konfiks ke-an antara lain: 1) tempat : kelurahan. c. (Ujian Nasional Tahun 2006) a. Konfiks per-an berfungsi membentuk kata benda. searti dengan kediaman dan pedesaan. 2. kata hubung yang di gunakan jika. Jawaban: e Perhentian memiliki makna tempat. kekuningan 6) hal : keduniaan Contoh Soal dan Pembahasan 1. dan makna kata. lihat konteks kalimatnya. akhir kata (sufiks). dan konfiks (gabungan awal dan akhir). . Kaka dirawat dirumah sakit karena keguguran dan pendarahan. Saya singgah ke kediaman raja di pedesaan itu. d. sehingga Jawaban: b Konjungsi antarklausa ini merupakan persyaratan. persembunyian 3) bermacam-macam : peralatan. Konfiks ke-an berfungsi membentuk kata benda abstrak. Makna konfiks pe-an antara lain: 1) proses : pembentukan 2) tempat : pembuangan 3) hal : pendidikan c. Setiap wanita akan mempertahankan kecantikan dan pembekalan hidup. kerajaan 2) terlampau : kebesaran. a. sisipan (infiks). perkelahian b. Imbuhan dapat diletakkan di awal kata (prefiks). ibu sedang membumbui sayur lodeh. Ketika aku datang. kehujanan 4) dapat di: kedengaran. 4. perkotaan 2) tempat : perhentian. Imbuhan Imbuhan merupakan unsur yang penting karena imbuhan dapat mengakibatkan perubahan jenis kata. persyaratan 4) hal : perpisahan. kebanyakan 3) terkena : kebanjiran. Makna konfiks per-an antara lain : 1) daerah : perkampungan. b. e. Perhentian bus kota tepat di depan sekolah kami.

membatalkan e. Badan khusus itu harus diberi penegakan hokum. (1). dan per-an berikut! (1) Mereka mencari keadilan karena tidak menerima BTL. Ayah memagari tanaman dengan bambu. . pe-an. Adik memunguti mangga yang jatuh di kebun. . (1). Pahamilah deretan kalimat yang menggunakan kata berimbuhan ke-an. . . . (Ujian Nasional Tahun 2006) a. dan (4) c. (3). d. misalnya menutup atau . (2). dan (4) e. (5) Kediaman presiden selalu dijaga aparat. 5. (4) Persembunyian pejabat itu tercium wartawan. kalimat tunggal memiliki subjek dan predikat atau setidak-tidaknya predikat saja. dan ke-an memiliki fungsi yang sama sehingga ada kesamaan mereka. (Ujian Nasional Tahun 2006) a. Pisau itu melukai tangan kanannya. . Contoh: . sementara kegiatan yang merusak lingkungan serta mengajukannya ke pengadilan. (1). dan (3) b. dan (4) d. (2). Kurs uang rupiah turun mendekati Sembilan ribu. Kalimat yang menggunakan imbuhan ke-an. a. Jawaban: a Membumbuisemakna dengan memagari yang artinya memberi. (3). c. . Struktur Kalimat Kalimat Tunggal Kalimat tunggal adalah kalimat yang di dalamnya terdapat satu klausa. (2) Persidangan kasus di Indonesia banyak yang bias. (Ujian Nasional Tahun 2006) a. mensegel c. Dengan kata lain. Mang Adun membului ayam dengan teliti. . (3). pe-an. memberhentikan d. menghentikan b. . Kata berimbuha me-kan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yaitu . pe-an. (3) Penegakan peradilan harus dilaksanakan di Indonesia. dan (5) 4. (2).Kalimat yang mengunakan kata berimbuhan me-i yang semakna dengan kata brimbuhan me-i dalam kalimat tersebut yaitu . (2). Pemerintahan diminta membentuk badan khusus yang dapat mengambil alih pencegahan kerusakan lingkungan yang semakin parah. dan per-an yang bermakna sama terdapat dalam kalimat nomor . e. meniadakan Jawaban: a menghentikan → me(N) + henti + kan Tips Konfiks per-an. 3. . b.

. sedangkan. e. Salah satu fungsi utama kalimat disebut induk kalimat. sedangkan klausa yang lebih rendah kedudukannya disebut anak kalimat. bukan . . Sudah sewajarnya kalau para pengedar narkoba dikenali hukuman karena berbahaya bagi suatu bangsa. berpola S-P. . . Contoh Soal dan Pembahasan 1. . 2) Nisa akan membuat roti. dapat diketahui bahwa struktur inti kalimat sebagai berikut. Banyak nelayan di berbagai wilayah pantai Indonesia takut melaut sejak terjadinya gelombang tsunami. Kalimat ini dibedakan atas: a) Setara penggabungan/penjjumlahan Konjungtor yang digunakan: dan. berpola S-P-O Struktur kalimat tunggal terdiri atas kalimat aktif dan pasif. c) Setara pemilihan Konjungtor yang digunakan: atau. namun. 3) Kalimat majemuk campuran Kalimat majemuk campuran adalah kalimat yang terdiri atas tiga pola kalimat atau lebih dan hubungannya ada yang setara dan ada yang bertingkat. b. . 1) Wiwid Febriani belajar. Rupiah diperkirakan akan mengalami tekanan dan kewajiban cicilan utang luar negeri jatuh tempo tahun depan. K S P O Dari dua contoh di atas. S P K 2) Hari ini Nisa akan membuat roti. . baik . Kami telah menyaksikan berita itu ketika kami menonton televisi kemarin. Kalimat Majemuk Kalimat Majemuk adalah kalimat yang memiliki dua pola kalimat atau dua klausa. . c. serta. b) Setara pertentangan Konjungtor yang digunakan: tetapi. . yaitu: 1) Kalimat majemuk setara Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang terdiri atas pola yang sederajat kedudukannya. . . Kalimat yang berpola SPO + SPOK adalah .1) Wiwid Febriani belajar di kamar. (Ujian Nasional Tahun 2006) a. . maupun . tidak .tetapi . Demokrasi di PBB belum berjalan seperti harapan banyak negara karena adanya hak veto. melainkan . 2) Kalimat majemuk bertingkat Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk yang pola-polanya tidak sederajat kedudukannya. d. . lalu . kemudian. Macam kalimat majemuk. b. . . . . .

penderita e. 4. membutuhkan d. (Ujian Nasional Tahun 2006) a. Banyak peternak unggas yang khawatir dengan merebaknya kasus flu burung di Indonesia. Buku itu sangat membantu siswa untuk menyelesaikan tugas dari guru. . S . kehidupan yang lebih baik c. .P – O . _ S__ _ P _ K S–P b. (Ujian Nasional Tahun 2006) a.Jawaban: a Kami telah menyaksikan berita itu ketika S P O kami menonton televisi kemarin. . sasaran d. Ket. . Pola kalimat tersebut yaitu . Subjek kalimat tersebut . Peran kata peternak unggas dalam kalimat tersebut sebagai . Kehidupan yang lebih baik membuthkan perjuangan dan pengorbanan dengan sungguhsungguh. kehidupan b. . 3. . . (Ujian Nasional Tahun 2006) a. S .P K S–P–O K P–O-K c. pelaku b. penanggap c. dengan sungguh-sungguh Jawaban: b Kehidupan yang lebih baik membutuhkan perjuangan dan pengorbanan S P O dengan sungguh-sungguh. S - P -O-K S-P K S-P e. S – P – O d. . S P O K 2. pelengkap Jawaban: a Peternak unggas artinya orang yang melakukan pekerjaan beternak. perjuangan dan pengorbanan e. .

Majas penegasan Contoh: Saya khawatir serta waswas akan keselamatannya. 6. wajarlah kalau tingkah lakunya sopan. Majas. (3) dan (4) Jawaban: e Kalimat (3) dan (4) berpola S-P-O. Ungkapan atau idiom adalah kata yang memiliki makna khusus dan tidak dapat diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa dan situasi lain. (1) (2) (3) (4) Syukur belajar mengaji di mushola. Hujan deras sedang mengguyur kota Jakarta. Majas pertentangan Contoh: Kaya atau miskin bukanlah suatu ukuran nilai seseorang.Jawaban: c Buku itu sangat membantu siswa S P O untuk menyelesaikan tugas dari guru. Kalimat-kalimat tersebut yang memiliki pola yang sama yaitu . (2) dan (3) d. mobilnya sudah batuk-batuk. . Contoh: Bahasa menunjukan bangsa artinya budi bahasa (tutur kata dan kelakuan) seseorang menunjukan sifat dan asal-usul keturunan seseorang. Parto memotong kue ulangtahun. . (Ujian Nasional Tahun 2006) a. (1) dan (2) b. Ungkapan. Fany sedang belajar bermain bola. . b. Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap sususnannya. Majas pebandingan Contoh: Baru 3 km berjalan. Macam-macam majas: a. Majas sindiran Contoh: Otakmu memang otak udang! c. . (1) dan (3) c. d. Peribahasa Majas atau gaya bahasa adalah cara pengarang atau seseorang dalam mempergunakan bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan buah pikiran yang terpendam di dalam jiwanya. Contoh: Sebagai orang yang berdarah biru. biasanya mengiaskan makna tertentu. (2) dan (4) e. K ____ ______ P O K 5.